Sponsors Link

16 Cara Menyembuhkan Vitiligo Secara Cepat dan Aman

Sponsors Link

Cara Menyembuhkan VitiligoVitiligo merupakan gangguan pada kulit dimana timbul bercak-bercak yang berwarna lebih muda dari kulit normal yang lama kelamaan menjadi putih akibat hilang, rusak atau tidak berfungsinya sel-sel melanin, pigmen yang menentukkan warna pada kulit, rambut, dan mata. Hilangnya melanin dapat membuat, pigmen kulit memudar dan menimbulkan bercak putih dalam bentuk yang tidak teratur yang semakin lama ukurannya dapat membesar. Vitiligo biasanya menyerang pada daerah yang terpapar sinar matahari terlebih dahulu, seperti wajah, tangan, kaki, lengan, dan bibir. Penderita vitiligo biasanya tidak percaya diri karena memiliki perbedaan warna kulit. (baca juga : Jenis-jenis penyakit kulit)

ads

Vitiligo biasanya muncul dalam salah satu dari tiga pola berikut ini:

  • Pola dalam penyaikt yang dimilik vitiligo adalah generalized, ini merupakan semacam pigmen kulit biasanya yang hilang tersebar luas di banyak bagian tubuh dan berbentuk simetris.
  • Vitiligo juga mempunyai pola yang sangat berbeda lagi macamnya yaitu segmental ini selalu atau sering kali terjadi pada anak muda. Munculnya beberapa gejala seperti, warna kulit mulai hilang pada sisi satu tubuh saja. Ini akan berhenti dan kemudian akan menghilang pada sekitar 1 sampai 2 tahunan.
  • Focal, merupakan pola vitiligo yang terjadi pada satu atau beberapa daerah di tubuh. (baca juga : Penyakit kelamin wanita)

Penyebab penyakit vitiligo selain karena sel-sel melamin yang hilang seperti penjelasan diatas, juga dapat disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

  • Pernah mengalami cedera pada kulit.
  • Kulit pernah mengalami luka bakar.
  • Terpapar bahan kimia tertentu.
  • Mengalami stress yang parah.
  • Riwayat keluarga yang memiliki vitiligo.
  • Memiliki riwayat rambut yang beruba pada usia 35 tahun atau sebelumnya. (baca juga : Cara menghilangkan keloid)

Berikut adalah 16 cara menyembuhkan penyakit vitiligo secara cepat dan aman :

  1. Terapi Ultraviolet A (PUVA)

Merupakan terapi penggabungan  psoralen dan terapi ultraviolet A (PUVA) yang bertujuan untuk mengembalikan warna kulit. Pada terapi ini, pasien diharuskan untuk meminum psoralen dalam bentuk pil atau melalui aplikasi topikal seperti krim yang dioleskan ke kulit setelah itu dokter memberikan sinar ultraviolet A yang disesuaikan dosis cahaya pasien sampai daerah kulit yang dirawat menjadi berwarna merah muda. Pengobatan dilakukan dua atau tiga kali seminggu, dengan jeda satu hari dan memerlukan waktu hingga satu tahun untuk melihat hasilnya. Namun terapi ini tidak dapat dilakukan pada anak-anak karena akan menimbulkan resiko katarak pada mata anak. (baca juga : Cara menghilangkan benjolan pada kemaluan)

  1. Mikropigmentasi

Merupakan pengobatan seperti tato yang bertujuan menciptakan tampilan kulit yang lebih gelap pada area yang terkena vitiligo supaya mendekati warna asli kulit. Pengobatan mikropigmentasi ini terbukti efektif dilakukan walaupun memiliki prosedur yang sulit dan biayanya pun cukup mahal. (baca juga: Cara mengatasi biang keringat pada bayi)

  1. Depigmentasi

Merupakan terapi yang dapat menghilangkan warna asli kulit pasien. Terapi ini dilakukan setiap hari dalam jangka waktu kurang lebih setahun hingga warna kulit sesuai dengan warna kulit yang berubah akibat vitiligo. Namun terapi ini dapat menimbulkan efek samping pada kulit dimana kulit akan menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari.

Atikel terkait:

  1. Blister Grafting
Sponsors Link

Saat area kulit yang dilepuhkan tersebut terluka, akan berpotensi mengembalikan warna kulit ke warna aslinya. Cara pengobatan yang extreme ini membuat pengobatan ini menjadi pilihan kesekian untuk cara menyembuhkan vitiligo. Pengobatan ini juga menimbulkan efek samping seperti munculnya bekas luka permanen, bentuk yang kulit kasar dan juga mempunyai warna kulit yang aneh. (baca juga : cara menghilangkan bekas koreng)

  1. Pencangkokan Kulit (Skin Grafting)

Pencangkokan kulit merupakan pengobatan yang biasanya menjadi pilihan terakhir untuk mengobati vitiligo. Dokter akan memindahkan sedikit bagian kulit normal kemudian bentuk mulai menjadi tempel pada bagian kulit yang mulai terkena vitiligo. Pengobatan ini memiliki efek samping seperti terdapatnya bekas luka atau jaringan parut di kulit, kulit menjadi kasar permanen, dan munculnya perkembangan warna kulit yang aneh. (baca juga : Obat tradisional sipilis)

  1. Terapi kortikosteroid topikal
ads

Jenis pengobatan ini jika pada awal perkembangan penyakit vitiligo dilakukan, akan membuat warna kulit asli kembali lebih mudah. Penggunaan salep atau krim untuk membantu penyembuhan juga diberikan jika penderita sudah memiliki area bercak putih yang besar. Pengobatan kortikosteroid merupakan pengobatan yang mudah dan efektif karena hanya membutuhkan waktu selama 3 bulan. Pengobatan ini memiliki efek samping seperti terjadi penipisan kulit dan munculnya goresan pada kulit. Selain cara pengobatan diatas, dibawah ini adalah cara menyembuhkan vitiligo secara alami:

  1. Menggunakan tabir surya

Penggunaan lotion tabir surya sangat penting digunakan pada penderita vitiligo untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang berbahaya bagi kulit. Gunakan lotion tabir surya setiap kali akan melakukan aktivitas di luar rumah untuk memberikan perlindungan maksimal pada kulit. (baca juga : Cara menghilangkan bintik merah pada bayi)

  1. Lindungi kulit agar tidak terluka

Penderita vitiligo harus melindungi kulit dari luka, karena jika kulit terluka akan menambah mengalami pendarahan dan meningkatkan kemungkinan terkena vitiligo lain pada daerah yang luka tersebut. (baca juga : cara menghilangkan bekas koreng)

  1. Gunakan kosmetik pada kulit yang terserang vitiligo

Kosmetik dapat membantu menyembunyikan dan mengurangi bercak putih pada kulit yang terserang vitiligo. Cobalah beberapa produk kosmetik yang paling cocok dengan warna kulit agar bercak vitiligo dapat tersamarkan dengan baik.

  1. Konsumsi air dari Bejana Tembaga

Pengobatan vitiligo yang  tidak memerlukan waktu yang lama dan dapat menunjukkan hasil adalah dengan rutin mengkonsumsi air yang sudah tersimpan dalam bentuk bejana tembaga. Menyimpan air dalam bejana tembaga dalam waktu yang lama dan mengkonsumsinya dapat membantu dalam mulai memproduksi dalam adanya meningkatkan jumlah produksi dalam melanin yang datang dari tubuh anda, dan kulit Anda akan menunjukkan perubahan kulit yang normal. (baca juga: Penyebab cacar air)

  1. Tanah liat merah

Tanah liat merah dapat memproduksi melanin pada kulit yang baik dalam mengobati vitiligo. Cara penggunaannya, campurkan beberapa sendok makan tanah liat merah dengan ekstrak jahe kemudian aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pasta tersebut pada bagian tubuh yang terserang vitiligo.

  1. Lada Hitam

Lada hitam tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa lada hitam juga dapat menjadi obat untuk cara menyembuhkan vitiligo. Lada hitam memiliki kandungan yang membuat lada hitam terasa pedas dan gurih yang dapat merangsang pigmentasi kulit. (baca juga : Obat pembunuh virus hpv)

  1. Kunyit dan Mustrad Oil

Salah satu pengobatan yang dapat membantu Anda untuk secara mulai dari paling efektif adanya mulai mengurangi adanya muncul gejala dari bercak putih akibat mulai dari adanya vitiligo dan mengurangi penyebaran pada kulit adalah penggunaan kunyit dan minyak mustard. Kunyit mengandung senyawa yang dapat meningkatkan pigmentasi pada kulit. (baca juga: Penyakit impetigo)

Cara penggunaannya, campurkan hingga rata 250 ml minyak mustard organik dengan 5 sendok teh bubuk kunyit. Oleskan campuran tersebut ke daerah-daerah kulit yang terserang vitiligo kemudian diamkan, selama 15 sampai 20 menit. Bilas dan tepuk – tepuk jika sudah kering. Untuk mendapatkan  hasil yang maksimal, ulangi langkah tersebut dua kali sehari. Cara lain penggunaannya adalah hancurkan 500gram akar kunyit dan rendam pada delapan liter air semalaman. Saring rendaman air kunyit lalu campurkan dengan minyak mustard hingga rata. Oleskan pada kulit yang terserang vitiligo dua kali sehari secara teratur.

Artikel Lainnya:

Sponsors Link

  1. Daun Kemangi

Daun kemangi merupakan cara alami yang efektif menyembuhkan vitiligo karena memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antipenuaan. Cara penggunaanya adalah campurkan dua sendok teh daun kemangi dengan jus lemon. Oleskan campuran tersebut pada kulit yang terserang vitiligo dan diamkan selama 15 menit kemudiam cuci dengan air hangat dan keringkan. Ulangi cara tersebut hingga 6 bulan untuk mengembalikan pigmen warna kulit.

  1. Ginkgo Biloba

Ekstrak ginkgo biloba dapat menjadi pengobatan efektif dari vitiligo. Dengan mengkonsumsi suplemen ginkgo biloba tiga kali sehari dapat membantu kinerja pigmen kulit dan membantu mengobati vitiligo. (baca juga : Gejala kandidiasis)

  1. Jahe Merah

Jahe merah memiliki kandungan yang bermanfaat menghilangkan vitiligo pada kulit. Jahe merah dapat mengembalikan sel-sel pada kulit yang rusak akibat vitiligo. Cara penggunaanya cuci bersih jahe merah kemudian haluskan. Oleskan pada kulit yang terserang vitiligo secara merata. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dihindari oleh penderita vitiligo:

  • Hindari sinar matahari secara langsung. (baca juga : Penyakit kurap kering)
  • Hindari mengkonsumsi cabai hijau dan merah.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan seperti mie instan.
  • Hindari mengkonsumsi junk food dan fast food.
  • Hindari mengkonsumsi makanan laut.
  • Hindari keadaan seperti emosi berlebihan dan frustasi. (baca juga : Penyebab kutil kelamin)

Hal-hal diatas harus dihindari oleh penderita vitiligo karena dapat mengurangi efek pengobatan dan mengurangi hasil pada pengobatan yang sudah dijalani oleh penderita. Itulah beberapa cara penyembuhan vitiligo yang dapat anda lakukan baik secara medis maupun pengobatan alami. Segera tanggani dengan cepat bila gejala vitiligo sudah muncul agar tidak menyebabkan masalah yang lebih serius pasa kulit.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan