Sponsors Link

27 Cara Menyembuhkan Herpes Paling Mudah dan Cepat

Sponsors Link

Herpes merupakan jenis penyakit kelamin menular pada wanita yang disebabkan oleh virus. Penyakit herpes menular melalui mulut, vagina, dan kulit yang luka. Virus pada herpes dapat hilang dan timbul kembali pada waktu tertentu.  Herpes disebabkan oleh kontak langsung dengan penderita, hubungan seksual dengan penderita. Herpes zoster merupakan penyakit infeksi kulit yang memiliki gejala sama dengan cacar air yaitu munculnya gelembung yang berisi cairan pada seluruh tubuh. Setelah seseorang mengalami penyakit cacar air, virus Varicella zoster penyebab cacar air yang ada di dalam tubuh tidak hilang 100%.

ads

Virus tersebut menetap dan berdiam di dalam sel saraf. Pada saat daya tahan tubuh lemah disertai stres, virus tersebut akan timbul kembali menyerang tubuh yang akan menyebabkan penyakit herpes zoster. Penularan penyakit ini berasal dari cairan yang dikeluarkan oleh penderita saat bersin, batuk, dan kontak langsung dengan penderita. Herpes zoster menyerang semua dari bayi, anak-anak, dewasa, dan manula. Herpes genital atau disebut juga herpes simpleks merupakan infeksi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh virus herpes simplex yang menular melalui kontak langsung. Herpes genital terbagi dua macam yaitu HSV 1 dan HSV 2 yang memiliki karakteristik berbeda :

  1. Herpes simpleks tipe I (HVS 1) atau yang sering disebut dengan cold sores sering dijumpai pada anak-anak. Penyakit herpes simpleks tipe I menyerang daerah mulut, hidung dan daerah pinggang ke atas. Saat mengenai dinding mukosa mulut akan terlihat seperti sariawan. Penularannya melalui kontak fisik langsung dengan penderita, kontak dengan benda yang telah terpegang oleh penderita, dan menggigit jari.
  2. Herpes simpleks tipe 2 (HVS 2) sering dijumpai pada alat kelamin, anus dan selangkangan.

Gejala Penyakit Herpes

Infeksi herpes genital yang menyerang ibu hamil dapat menyebabkan kematian pada janin apalagi jika infeksi terjadi pada awal kehamilan. Pada trimester I bayi akan terancam mengalami keguguran, sedangkan pada trimester II bayi akan lahir secara prematur. Bayi yang lahir selamat tetap akan terkena infeksi herpes yaitu infeksi kulit, infeksi mata, hingga radang otak, berikut beberapa gejalanya sebagai berikut:

  • Gelembung kecil atau bintil. Awalnya kulit akan terasa gatal atau hangat, lalu berkembang menjadi benjolan yang terasa menyakitkan. Bintil gejala penyakit herpes bisa muncul terpisah atau mengelompok berukuran kecil berwarna kemerahan dan padat yang berisi cairan putih atau transparan. Bintil ini dapat muncul di anggota tubuh lain seperti paha, pantat, lengan dan area mulut. (baca juga: Gejala penyakit kelamin)
  • Terdapat lecet atau lepuhan pada area kelamin dan anus. Lepuhan ini menimbulkan rasa gatal dan akan terbuka menjadi lubang kecil yang basah dan terasa perih. Luka yang terbuka biasanya dalam jangka waktu satu sampai empat hari, pada kondisi inilah biasanya mudah menular.
  • Rasa gatal dan panas di sekitar alat reproduksi setelah melakukan hubungan seksual.
  • Rasa nyeri saat buang air kecil dikarenakan adanya lecet atau lepuhan di area penis, ujung penis dan anus.
  • Gejala flu seperti demam, sakit kepala, tidak nafsu makan, dan nyeri pada sendi terutama pada leher dan punggung. Gejala ini biasanya pada tahap awal penyakit.
  • Keputihan tidak normal pada wanita yaitu munculnya keputihan dengan warna cairan hijau, kekuningan, berbusa, berbau amis, atau disertai dengan noda darah. Kehamilan di luar kandungan, kemandulan, dan kanker leher rahim merupakan resiko dari keputihan abnormal. Jika tidak segera diobati keputihan yang bersifat kronis akan sulit untuk diobati. (baca juga: Penyebab penyakit scabies)

Tingkat keparahan infeksi herpes:

  • Pengobatan awal, dokter akan memberikan resep obat antiviral untuk jangka waktu 7-10 hari.
  • Pengobatan dalam waktu tertentu, pengobatan ini diberikan hanya saat penyakit muncul kepada penderita herpes yang tidak memiliki infeksi. Tentunya pengobatan ini dilakukan setelah melakukan pengobatan awal menggunakan obat antiviral.
  • Pengobatan teratur, pengobatan ini diberikan jika mengalami infeksi teratur. Infeksi teratur disini adalah infeksi yang diderita sampai enam kali dalam setahun. Penderita ini harus minum obat antiviral secara teratur agar infeksi dapat berkurang.

Cara Pengobatan Penyakit Awal Herpes

Herpes dapat segera diobati, obat antiviral biasanya diresepkan oleh dokter kepada penderita herpes kelamin tahap awal. Berikut beberapa obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengobati herpes:

  • Asiklovir

Merupakan kategori anti virus topikal, tersedia dalam bentuk krim dan pil yang terbukti cepat dan aman jika digunakan secara teratur setiap 4-5 jam selama 7-10 hari. Cara penggunaannya, oles tipis pada bagian luka yang terkena virus herpes. Jika dalam 10 hari penyakit tidak kunjung sembuh, segera konsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Obat ini tidak diperbolehkan bagi wanita hamil, penderita maag akut, dan penderita gagal ginjal. Obat untuk cara menyembuhkan herpes ini memiliki efek samping seperti kulit sensitif terhadap sinar matahari. (baca juga: Cara mencegah cacar air)

  • Betason N Cream

Merupakan salep yang secara ampuh dapat menghilangkan bekas luka herpes. Cara penggunaannya, bersihkan area kulit yang luka kemudian oleskan secara tipis merata setiap 6 jam sekali. Salep ini tidak diperbolehkan bagi pengidap tuberkolosis kulit. Pemakaian salep ini dalam jangka panjang akan memberikan efek sistemik pada pengguna. Efek sampingnya adalah kulit iritasi, pecah dan kering.

  • Valasiklovir
Sponsors Link

merupakan obat antiviral yang lebih efisien sehingga tubuh kita dapat menyerab lebih banyak dan cukup digunakan sekali dalam sehari. Obat ini selain untuk mengobati penyakit herpes kelamin juga dapat digunakan untuk mengobati herpes mulut.

  • Famsiklovir

Mengandung pensiklovir yang dapat menghambat penyebaran virus herpes simpleks. Obat ini dapat menyerap dengan baik dan tertahan lebih lama di dalam tubuh sehingga cukup digunakan sekali dalam sehari. (baca juga : Cara mengobati panu)

  • Valtrex Tablet

Merupakan obat dalam bentuk tablet yang dapat dengan cepat menyembuhkan penyakit herpes. Valtrex dapat mengobati beberapa jenis virus penyebab herpes baik itu herpes labialis, herpes zoster, dan herpes simplek. Pada herpes zoster Valtrex dikonsumsi tiga kali sehari selama 7 hari. Pada herpes simplek pengobatan awal herpes simplek menggunakan Valtrex dua kali sampai selama 10 hari, pengobatan selanjutnya hanya dalam 5 hari. Obat ini tidak diperbolehkan bagi penderita gagal ginjal. Efek samping yang ditimbulkan oleh obat Valtrex adalah mual, pusing, gemetar, dan sering buang air kecil.

  • Zovirax Cream

Merupakan salep antivirus topikal yang dapat menyembuhkan penyakit herpes zoster, herpes simplek, dan herpes genital. Cara penggunaannya adalah dioleskan pada area yang terkena virus herpes sebanyak empat kali sehari. Salep ini tidak diperkenankan bagi yang memiliki alergi pada salep dan ibu hamil. Efek sampingnya adalah munculnya iritasi pada kulit dan rasa terbakar pada kulit. (baca juga: Cara mengobati eksim)

Baca juga :

Obat-Obat Alami Menyembuhkan Penyakit Herpes Paling Mudah

ads

Penggunaan obat diatas bila digunakan secara teratur akan mempercepat proses penyembuhan, namun hasilnya akan berbeda tergantung dari masing-masing orang. Beberapa kasus menyebutkan bahwa terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan tersebut malah akan membuat tubuh resisten terhadap antibiotik tersebut. Berikut ini adalah obat alami yang secara cepat dapat menyembuhkan herpes:

  1. Bawang Putih

Bawang putih dapat mengatasi infeksi pada kulit karena kandungan antibiotiknya dapat membantu membunuh virus herpes. Cara penggunaannya kupas bawang putih secukupnya lalu haluskan dan campur dengan jinten hitam. Oleskan campuran tersebut ke seluruh tubuh yang terdapat luka, diamkan campuran tersebut sampai mengering dengan sendirinya.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antivirus yang dapat membunuh virus di dalam tubuh penyebab penyakit herpes dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu lidah buaya juga mengandung senyawa anti inflamasi yang berkhasiat untuk proses penyembuhan luka yang timbul akibat penyakit herpes. Cara penggunaannya, cuci bersih daging lidah buaya lalu oleskan pada luka akibat penyakit herpes. Lidah buaya aman digunakan pada bagian area kelamin, wajah, maupun mulut.

  1. Daun dewa merah

Daun dewa merah memiliki kandungan akrobiotik yang dapat menjadi obat menyembuhkan penyakit herpes. Cuci bersih daun dewa merah lalu tumbuk sampai halus lalu oleskan pada luka kulit herpes. (baca juga: Cara mengobati bisul)

  1. Kunyit

Kunyit merupakan obat tradisional yang sejak jaman dahulu ampuh digunakan untuk mengobati penyakit herpes. Kunyit dapat digunakan dalam berbagai macam cara seperti dioleskan pada bagian yang luka atau dikonsumsi secara langsung.

  1. Prunella vulgaris

Prunella vulgaris merupakan tanaman herbal yang memiliki sifat anti herpetic atau anti peradangan. Tanaman ini berkhasiat untuk membersihkan racun di dalam tubuh dan mengurangi rasa gatal pada luka. Cara mengkonsumsi tanaman ini adalah diseduh seperti teh tanpa menggunakan pemanis. Tanaman herbal Prunella vulgaris dapat ditemui di toko herbal.

  1. Daun binahong

Daun binahong memiliki kandungan antibiotik alami yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka ringan pada penyakit herpes. Cara penggunaanya, cuci bersih daun binahong secukupnya lalu tumbuk atau giling sampai halus. Setelah lembut oleskan daun binahong tersebut pada kulit yang terkena herpes sampai penyakit dan cara menyembuhkan herpes.

  1. Daun Waru landak

Waru landak merupakan tanaman yang memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kulit salah satunya adalah herpes. Cara penggunaannya, keringkan sepuluh lembar daun waru lalu giling atau tumbuk sampai menjadi bubuk. Oleskan bubuk daun waru landak di kulit yang terkena herpes. Setelah itu tutup luka yang sudah dioles menggunakan kain kasa. Untuk hasil maksimal, lakukan hal tersebut sampai herpes kering.

  1. Jintan hitam

Jintan hitam atau yang dikenal dengan habbatusauda merupakan obat tradisional yang mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengobati penyakit herpes. Cara penggunaannya, campurkan satu sendok teh jintan hitam dengan temu putih, sambiloto, dan brotowali ke dalam air yang mendidih lalu tunggu sampai ramuan tersebut menyusut. Minum ramuan tersebut secara teratur untuk mempercepat kesembuhan penyakit herpes.

  1. Sambiloto

Air rebusan sambiloto dipercaya dapat mengobati penyakit herpes. Sambiloto dapat menjadi ramuan atau diminum secara rutin. (baca juga: Makanan sehat untuk kesehatan kulit)

  1. Brotowali

Walaupun memiliki rasa yang pahit, rebusan atau jamu brotowali memiliki khasiat yang mampu menyembuhkan peyakit herpes. Lakukan cara tersebut secara berulang agar mendapatkan hasil maksimal.

  1. Daun gude

Tanaman gude dapat membantu menyembuhkan penyakit herpes. Cara penggunaannya, giling daun gude yang masih segar sampai halus lalu oleskan pada gelembung yang berair pada tubuh, tutuplah luka menggunakan kain kasa. Ganti ramuan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari agar mempercepat proses penyembuhan.

Cara mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh penyakit herpes :

  1. Baking soda. Oleskan baking soda pada area yang terkena herpes menggunakan kapas. Kandungan pada baking soda dapat membersihkan dan mengeringkan luka pada herpes.
  2. Teh celup dingin. Tanin yang terkandung oleh teh dapat mengobati infeksi, cara penggunaannya : rendam teh celup, lalu angkat dan dinginkan kantong teh tersebut. Setelah kantong teh tidak lembab, tempelkan pada luka herpes, diamkan selama 30 menit. Untuk hasil maksimal tekan kantong teh pada luka.
  3. Solar. Bahan bakar ini terbukti dapat membuat gelembuh berisi cairan pada kulit dapat dengan cepat mengecil dan mengering. Oleskan solar pada kulit luar sebanyak tiga kali sehari.
  4. Minyak Zaitun. Minyak zaitun mengandung antioksidan tinggi yang dapat menyembuhkan penyakit herpes. Cara pengobatannya, campurkan satu gelas minyak zaitun panas dengan minyak lavender dan lilin dari lebah. Setelah campuran tersebut dingin, oleskan pada area yang terkena herpes.
  5. Antiseptik. Pada penderita herpes di bibir atau herpes labial, kumur 3-4 kali setiap hari menggunakan antiseptik dapat meredakan herpes. (baca juga: Trikomoniasis)
  6. PK (Permanganat Kalium). PK merupakan serbuk berwarna ungu kehitaman yang dapat digunakan untuk berendam dengan dicampur air hangat.
  7. Es batu. Kompres luka menggunakan bongkahan es yang telah ditumbuk lalu bungkus es batu tersebut menggunakan handuk atau kain selama 10-15 menit untuk mengurangi rasa sakit pada luka dan mempercepat penyembuhan. Hindari menempelkan es langsung ke kulit yang luka.
  8. Air garam. Jaga kebersihan area kulit yang luka menggunakan air garam atau air tawar untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit herpes. (baca juga: Cara menghilangkan keloid)
  9. Tepung jagung. Tepung jagung dapat membantu menyerap kelembaban pada kulit yang terkena herpes dan meredakan gatal-gatal yang timbul. Cara penggunaanya, balurkan tepung jagung ke kulit yang terkena herpes menggunakan kapas kering.

Perawatan Tambahan Pada Penderita Herpes

Sponsors Link

Selain obat-obatan dan obat alami diatas, perawatan tambahan dibawah ini perlu dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit herpes dan meringankan gejala-gejala yang timbul akibat penyakit herpes :

  • Gunakan pakaian yang longgar dan berbahan nyaman, bahan katun merupakan bahan yang direkomendasikan karena memiliki selain nyaman digunakan dan memiliki tekstur yang halus dan lembut, bahan katun dapat menyerap keringat karena memiliki pori-pori yang besar yang dapat memperlancar sirkulasi udara. Pakaian yang ketat hanya akan membuat kulit menjadi iritasi dan membuat luka semakin parah yang beresiko menimbulkan infeksi sekunder pada luka.
  • Berendam menggunakan air panas, berendam di dalam air panas dapat mengurangi ketidaknyamanan karena infeksi herpes seperti rasa gatal dan nyeri.
  • Gunakan handuk dengan benar, jangan usap atau gosok handuk pada kulit. Penggunaan handuk dengan cara menepuk-nepuk dengan pelan dapat mengurangi lecetnya luka yang akan sulit untuk sembuh.
  • Hindari pemakaian plester, penggunaan plester atau apapun yang memiliki bahan perekat dapat memberikan iritasi pada kulit.
  • Hindari penggunaan antibiotik, jika luka terasa gatal, jangan gunakan antibiotik karena hanya akan memperlambat penyembuhan pengobatan, cukup gunakan lotion kelamin.
  • Penuhi kebutuhan minum Anda, dengan minum banyak air putih akan membuat air seni tidak pekat sehingga mengurangi rasa sakit saat buang air kecil. Guyuran air ke area kelamin saat sedang buang air kecil juga membantu mengurangi rasa sakit.
  • Hindari cahaya matahari, pada saat terserang penyakit herpes jauhkan kulit Anda dari sinar matahari dan panas yang berlebihan karena akan membuat iritasi kulit semakin parah.

Perawatan dan pengobatan untuk anda lakukan untuk cara menyembuhkan herpes yang tepat akan berdampak pada penyembuhan luka yang lebih cepat, mengurangi infeksi sekunder lain yang timbul, mengurangi tingkat keparahan infeksi, dan meminimalkan penyebaran pada pasangan seksual.

Baca juga :

Cara mencegah penyakit awal herpes, yang harus anda ketahui sebagai berikut:

  • Gunakan kondom, penggunaan kondom secara konsisten dan benar selain dapat menghindari tertularnya penyakit herpes dari pasangan juga dapat membantu melindungi kulit dari lecet yang dapat menyebabkan infeksi.
  • Hindari stres, pada saat stres dan sakit, tubuh akan mudah terserang infeksi karena kekebalan tubuh menurun. Rawatlah diri Anda untuk membantu mencegah penyakit
  • Olahraga secara teratur, olahraga teratur selain dapat mencegah stres juga baik untuk tubuh kita. Pada saat tubuh kita sehat, infeksi tidak akan mudah menular.
  • Istirahat yang cukup, istirahat secara cukup dapat menghindarkan diri dari stres dan membuat tubuh terasa segar.
  • Hubungan seksual yang sehat, lakukan hubungan seksual dengan satu pasangan saja untuk mengurangi dampak penularan herpes genital. (baca juga: Penyebab mandul)
  • Rajin cuci tangan, mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktifitas menggunakan sabun dan air hangat dapat mengurangi resiko tertularnya infeksi.
  • Pola makan sehat, makanan yang sehat seperti buah dan sayuran dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk menghindari resiko infeksi. Hindari makanan yang dapat memicu alergi pada tubuh.
  • Jangan menggaruk atau mencukur area luka, rasa gatal yang timbul pada penyakit herpes memang mengganggu, namun jangan menggaruknya apalagi jika masih beberbentuk gelembung karena bila pecah akan menyebabkan penularan virus herpes ke bagian tubuh lainnya.
  • Mandi menggunakan antiseptik, gunakan antiseptik pada saat mandi atau berendam dengan air hangat.

Pantangan Makanan Penderita Herpes

Berikut ini adalah makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah penyakit herpes menyerang dan mencegah virus herpes aktif kembali :

  • Makanan laut seperti kerang, telur kepiting, udang, dan lobster
  • Daging kambing
  • Minuman beralkohol
  • Buah-buahan seperti buah nangka, buah sirsak, buah alpukat, buah salak.
  • Terasi
  • Tape singkong

Komplikasi penyakit herpes, berikut ini adalah komplikasi yang sering terjadi pada penderita penyakit herpes:

  • Herpes yang ada di sekitar mata dapat menyebabkan peradangan pada saraf mata yang dapat berdampak menjadi kebutaan.
  • Ruam herpes dapat merusak pigmen kulit sehingga menimbulkan bekas luka pada kulit.
  • Jika tidak menjaga kebersihan akan berdampak pada infeksi bakteri pada luka herpes.
  • Timbulnya bekas putih di sekitar luka herpes.
  • Terjadi masalah pada saraf seperti inflamasi pada otak, masalah pada keseimbangan badan, dan masalah pada pendengaran.
  • Peradangan otak yang disebabkan oleh infeksi virus herpes simpleks I.
  • Pada ibu hamil dapat menularkan penyakit mereka pada bayi yang baru lahir dan menyebabkan kondisi yang berbahaya seperti infeksi otak, perkembangan berat badan lambat, infeksi kulit kronis, dan yang paling parah adalah kematian.
  • Pada penderita AIDS yang sedang menjalani kemoterapi herpes dapat menyebabkan komplikasi berat pada otak, sumsum tulang belakang, mata, hati, tenggorokan, dan paru-paru.

Baca juga :

Itulah beberapa sekilas dari keterangan tentang artikel cara menyembuhkan untuk pengobatan dari penyakit herpes dengan cara paling mudah dan paling cepat. Semoga dengan ini anda bisa mengetahui apa dari penyakit herpes yang sebenarnya agar bisa cepat anda tangganin.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan