Sponsors Link

Cara Mengobati Vitiligo dengan Lada Hitam yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Setiap orang yang menderita vitiligo pasti mencari cara mengobati vitiligo yang paling efektif. Banyak cara-cara tersebut yang menggunakan obat-obatan kimia maupun perawatan medis, padahal sebenarnya ada alternatif cara alami, yaitu cara mengobati vitiligo dengan lada hitam. Tentu cara ini menarik sekali untuk dikulik lebih jauh, apakah benar efektif dan aman mengingat bahannya yang alami?

ads

Vitiligo sendiri adalah sebuah gangguan pada kulit dimana gejalanya berupa perubahan warna kulit menjadi bercak-bercak putih. Penyakit ini bisa muncul di mana saja, namun umumnya di area kulit yang sering terkena paparan sinar matahari langsung, seperti tangan, kaki, leher, bahkan wajah. Meski paparan sinar matahari ini bukan merupakan satu-satunya penyebab vitiligo, namun faktor ini dicurigai menjadi pemicu hilangnya pigmen warna pada kulit sehingga penderita menunjukkan perubahan warna kulit. jika tidak segera diobati, penyakit ini sangat mungkin untuk menyebar ke area kulit lainnya.

Cara mengobati vitiligo ada berbagai macam, seperti salah satunya cangkok kulit menyembuhkan vitiligo yang perlu diteliti lagi tingkat efektivitasnya. Namun ada cara yang paling aman untuk dicoba yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami, salah satunya dengan menggunakan lada hitam. Mungkin hal ini membuat Anda bertanya-tanya kandungan apa yang dimiliki lada hitam sehingga bisa mengatasi penyakit kulit ini? Maka, di artikel kali ini akan dibahas lengkap tentang khasiat lada hitam untuk vitiligo dan cara penggunaannya. Simak terus, ya!

Khasiat Lada Hitam

Selama ini kita mungkin telah banyak menggunakan laa hitam sebagai bahan penyedap makanan. Namun, ternyata di balik manfaat lada hitam sebagai penyedap makanan terdapat khasiat lada hitam sebagai obat herbal. Hal ini ditemukan dalam sebuah penelitian yang menunjukkan lada hitam memiliki potensi untuk mengobati penyakit pigmen kulit. Kandungan khasiat lada hitam sebagai berikut:

  • Di dalam lada hitam terkandung zat bernama piperin yang memegang peranan dalam rasa pedas dan gurih pada lada hitam.
  • Menurut publikasi British Journal of Dermatology, para peneliti dari King’s College London menemukan bahwa piperin ini bisa merangsang pigmentasi pada kulit.
  • Seperti yang telah diketahui sebelumnya, pada vitiligo pigmen kulit rusak dan menghilang, maka diduga penggunaan piperin ini akan bisa mengembalikan pigmen yang hilang tersebut.

Dalam percobaan yang dilakukan untuk mengungkap rahasia lada hitam sebagai cara mengembalikan pigmen kulit, tim peneliti Universitas King London melakukan percobaan menggunakan kulit tikus. Tim peneliti menggunakan efek piperin dan bentuk turunannya dengan mengoleskan zat tersebut dan mengujinya dengan radiasi UV ataupun tanpa radiasi UV.

Dari pengujian yang dilakukan, piperin dan bentuk turunannya yang dioleskan ke kulit tikus tanpa radiasi UV akan menstimulasi pigmentasi di kulit sehingga kulit menjadi berwarna cokelat terang dalam waktu kurang lebih 6 minggu. Sementara itu, jika piperin dan bentuk turunannya dioleskan dengan radiasi sinar UV, kulit akan menjadi lebih gelap. Dari pengujian itu pula didapatkan hasil bahwa terapi kombinasi akan lebih efektif dan juga menghasilkan efek yang lebih tahan lama. Tidak hanya itu, terapi kombinasi juga memberi hasil pigmentasi yang lebih baik. Terapi piperin hanya dengan menggunakan sinar UV akan menghasilkan warna kulit yang tidak merata, sehingga mengkombinasikan dengan terapi tanpa sinar UV akan menjadi lebih baik.

Menurut salah seorang peneliti, Profesor Antony Young, pengobatan topikal dengan piperin dapat erangsang pigmentasi kulit, bahkan hasilnya bisa lebih baik secara kosmetik jika dibandingkan dengan terapi vitiligo dengan cara konvensional. Hal ini tentu akan memberi peluang lada hitam, yang mengandung piperin, juga berpotensi memiliki kemampuan untuk mengobati vitiligo.

Sponsors Link

Cara Mengobati Vitiligo dengan Lada Hitam

Melihat pembahasan tentang khasiat lada hitam di atas, kita telah sedikit memahami bahwa khasiat tersebut bisa didapatkan dengan menggunakannya sebagai obat topikal atau oles. Berikut ini adalah berbagai cara dan tips dalam menggunakan lada hitam untuk obat vitiligo.

  1. Sebagai lulur atau masker

Cara yang pertama ini memang sedikit membutuhkan usaha untuk membuatnya. Namun, Anda jangan khawatir untuk membuatnya karena takut repot. Anda hanya perlu menumbuk lada hitam hingga halus dan menjadi bubuk. Lalu, campurkan bubuk lada hitam ini dengan sedikit air sehingga teksturnya menjadi kental dan mudah untuk dioleskan pada kulit. Oleskan campuran ini di kulit yang terkena vitiligo seperti memakai lulur atau masker.

Sponsors Link

Sedikit tips cara menyembuhkan vitiligo dengan lulur lada hitam ini adalah usahakan untuk membuat campuran yang kental menyerupai pasta. Tekstur yang tepat akan membuat lada hitam lebih mudah menempel di kulit. Selain itu, usahakan untuk tidak menggunakan lada hitam bubuk yang telah tersedia di toko. Hal ini dikarenakan lada bubuk instan seringkali mengandung campuran bahan lainnya.

  1. Campuran salep

Di Ayurvedic, lada hitam telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai obat tradisional vitiligo yang dipercaya keampuhannya. Lada hitam digunakan sebagai campuran salep serta campuran minyak Ayuverdic sebagai pengobatan eksternal yang membantu meningkatkan produksi melanin.

Cara mengobati vitiligo dengan lada hitam di atas harus dilakukan dengan rutin dan konsisten. Memang, pengobatan akan memakan waktu yang cukup lama karena pengobatan ini termasuk pengobatan yang alami. Namun, pengobatan vitiligo menggunakan lada hitam akan sangat aman dan layak untuk dicoba.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal