Sponsors Link

Cara Mengobati Vitiligo dengan Kunyit Langsung Sembuh Total

Sponsors Link

Mengobati penyakit kulit vitiligo memang tergolong tidak mudah, namun dipercaya ad acara tradisional mengobati vitiligo, misalnya dengan memanfaatkan kunyit. Cara mengobati vitiligo dengan kunyit merupakan resep tradisional yang tentu mudah dan murah untuk dicoba. Tidak hanya itu, pengobatan dengan menggunakan kunyit tentu tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya sehingga aman untuk Anda coba sendiri di rumah. Tapi sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara pengobatan vitiligo ini, ada baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu sebenarnya apa yang dimaksud dengan penyakit vitiligo? Simak terus, ya!

ads

Vitiligo adalah satu jenis penyakit kulit dimana penderitanya mengalami perubahan warna kulit akibat hilangnya sel melanosit secara progresif. Kulit penderita vitiligo akan berubah menjadi warna putih, dimana hal ini juga disebut dengan istilah depigmentasi. Jika pada orang yang memiliki kulit sehat terdapat sel-sel melanosit yang berfungsi memberi warna pada kulit, pada orang yang menderita vitiligo sel-sel melanosit ini akan dihancurkan sehingga tidak lagi terdapat sel melanosit di kulit. Hal ini mengakibatkan pigmen warna penderita vitiligo rusak dan kulitnya pun berubah warna menjadi putih.

Penyebab Vitiligo

Vitiligo disebabkan oleh banyak hal dan banyak faktor. Penyebab perubahan warna kulit pada vitiligo merupakan interaksi antara faktor-faktor di lingkungan dengan genetik penderita itu sendiri yang memicu terjadinya penghancuran melanosit. Hal ini disebabkan oleh sistem pertahanan tubuh yang dimiliki oleh penderita menganggap bahwa sel melanosit termasuk dalam jenis sel yang harus dihancurkan. Karena hal ini pula vitiligo digolongkan dalam jenis penyakit autoimun. Penderita yang mengalami vitiligo terkadang lebih beresiko untuk menderita penyakit autoimun lainnya, seperti penyakit Addison, hipertiroid, hipotiroid, hingga alopecia atau kebotakan.

Penyebab vitiligo di atas memang bukan satu-satunya penyebab. Ada banyak kemungkinan penyebab terjadinya vitiligo, namun sayangnya penyebab pasti penyakit ini belum diketahui. Vitiligo seringkali muncul di daerah-daerah tubuh, alih-alih seluruh tubuh. Umumnya, vitiligo muncul di area sekitar wajah, siku, lutut, tangan, pergelangan tangan, kaki, dan bagian tubuh lainnya.

Kandungan Kunyit Sebagai Pengobatan

Obat untuk menyembuhkan vitiligo bisa ditemukan di apotek. Dari banyaknya cara menyembuhkan vitiligo, tahukah Anda jika ada obat alami yang tersedia di dapur kita? Ya, ada obat alami untuk mengobati vitiligo dengan aman, salah satunya dengan menggunakan kunyit. Mengapa kunyit?

Kunyit adalah salah satu jenis rempah-rempah yang asli dari India. Rempah-rempah ini telah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati beragam penyakit kulit, hingga membantu merawat kesehatan kulit, seperti membantu mencerahkan warna kulit secara alami. Kunyit yang berasal dari India ini telah banyak dibudidayakan di wilayah Asia yang lain, termasuk Indonesa. Tidak hanya sebagai obat, kunyit juga banyak digunakan sebagai bahan masakan.

Berdasarkan uji penelitian dan uji klinis, kunyit masih sedikit digunakan sebagai obat alami vitiligo. Namun, secara teori kunyit memiliki peran sebagai obat dan hal ini telah dibuktikan dalam literatur Ayuverdic. Pada penderita vitiligo akan terjadi stress oksidatif yang memicu peningkatan produksi hydrogen peroksida dan spesien oksigen reaktif dalam kulit. Kunyit yang mengandung curcumin sebagai antioksidan akan membantu kondisi vitiligo tersebut dengan cara berikut:

  • Membantu mengambil atau mengurangi spesies oksigen reaktif
  • Menghambat peroksida lipid
  • Meningkatkan kadar encim antioksidan dan menurunkan gejala yang memicu stress oksidatif
  • Modulasi protein Nrf2 yang berfungsi sebagai pengatur antioksidan tubuh
Sponsors Link

Dengan peran kunyit di atas, maka kita mengetahui bahwa kunyit bisa mengatasi stress oksidatif yang terjadi pada penderita vitiligo. Tentu saja hal ini membantu dalam cara mengembalikan pigmen kulit serta membantu terjadinya repigmentasi pada kulit.

Cara Mengelolah Kunyit Untuk Mengobati Vitiligo

Tidak hanya itu, kunyit juga bisa berperan sebagai anti inflamasi yang mencegah peradangan. Pada beberapa kasus vitiligo, kulit penderita akan mengalami peradangan meski hal ini cukup jarang terjadi. Curcumin yang dikandung dalam kunyit sebagai bahan antioksidan dan anti inflamasi juga bisa membantu memperbaiki kulit yang rusak. Sifat regeneratif yang dimiliki kunyit akan sangat membantu mengobati vitiligo.

Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini akan dibahas beberapa cara dan tips memanfaatkan kunyit sebagai obat tradisional vitiligo yang paling ampuh:

  1. Sebagai lulur
Sponsors Link

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengobati vitiligo dengan kunyit adalah menggunakannya sebagai lulur. Caranya adalah Anda mencampurkan 5 sendok teh bubuk kunyit dengan 250 ml minyak mustard dalam satu wadah bersih. Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata dan gunakan sebagai masker atau lulur di area kulit yang mengalami vitiligo. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin dua kali sehari hingga 12 atau 15 bulan.

  1. Konsumsi langsung

Selain menggunakannya sebagai obat oles di luar tubuh, mengobati vitiligo dengan kunyit juga bisa dilakukan dengan diet herbal menggunakan kunyit. Bisa jadi vitiligo yang Anda alami merupakan dampak dari kondisi kesehatan di dalam tubuh. Jika demikian, pengobatan dari dalam tubuh pun akan sangat bermanfaat untuk dilakukan, salah satunya dengan melakukan diet herbal.

Anda bisa mengkonsumsi bubuk kunyit sebagai minuman secara teratur. Bubuk kunyit bisa menjadi minuman sehat untuk Anda dan cukup membantu mengatasi vitiligo yang dialami. Anda bisa juga mencampur bubuk kunyit dengan buah asam untuk membuat minuman segar dan menyehatkan. Bahkan, resep ramuan kunyit ini telah terkenal sebagai ramuan tradisional melancarkan haid. Maka, tidak heran jika cara mengobati vitiligo dengan kunyit yang satu ini menjadi pilihan favorit banyak orang. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Herbal