Sponsors Link

5 Cara Mengobati Vitiligo Dengan Jahe Langsung Sembuh

Sponsors Link

Vitiligo merupakan penyakit yang termasuk jenis-jenis penyakit kulit yang ditandai dengan hilangnya warna kulit. Hal ini diakibatkan adanya gangguan pada melanin kulit. Melanin merupakan pigmen pada kulit yang mempunyai fungsi memberikan warna pada kulit. Hal ini lah yang menjadi dasar pada kita seluruh manusia mengapa mempungai berbagai jenis warna kulit, karena dipengaruhi oleh komposisi melanin tersebut.

ads

Melanin sendiri dihasilkan atau dibentuk oleh sel kulit penghasil pigmen yang disebut melanosit. Pada vitiligo, sel-sel pembentuk melanin berhenti membentuk atau memproduksi melanin. Akibat tidak enak dipandang maka perlu diketahui cara menyembuhkan vitiligo ini.

Penyebab vitiligo

Vitiligo terjadi akibat keadaan atau proses autoimun tubuh. Hal ini terjadi dimana pigmen kulit yang disebut melanin terkena serangan antibodi karena pigmen tersebut dianggap benda asing. Resiko vitiligo sendiri lebih tinggi pada orang yang sedang menderita gangguan tiroid, diabetes mellitus, Addison disease’s. Resiko lain yang meningkatkan penyebab terjadinya vitiligo adalah akibat stress, serta akibat paparan yang cukup lama dari matahari dan zat kimia tertentu. Keluhan vitiligo sendiri lebih kentara pada orang dengan kulit yang lebih gelap. Selain itu, dikatakan bahwa riwayat keluhan yang sama pada keluarga juga beresiko terjadi pada diri kita. Hal ini kemungkinan karena adanya  faktor genetik yang juga mempengaruhi kerja antibodi dalam tubuh.

Gejala vitiligo

Dampak vitiligo sendiri juga dapat menyebabkan terjadinya perubahan warna rambut atau pertumbuhan uban dengan cepat. Perubahan ini dapat terjadi pada rambut kepala, alis, bulu mata, jenggot dan kumis. Hal ini dikarenakan kemungkinan tingginya paparan matahari pada daerah tersebut.

Vitiligo dapat terjadi pada kulit yang mana muncul bercak atau berubah menjadi lebih putih atau cerah pada daerah kulit tertentu dengan batas yang tegas. Hal ini disebut  sebgai hipopigmentasi. Daerah yang sering mengalami hipopigmentasi akibat vitiligo yaitu pada daerah tangan, kaki, lengan, wajah, sekitar bibir, ketiak, selangkangan, pusar dan alat kelamin.

Dampak vitiligo

Vitiligo merupakan penyakit kulit yang tidak menular karena terjadi akiibat aktivitas antibodi diri kita sendiri (auto imun). Namun, vitiligo dapat menyebabkan dampak tersendiri bagi penderitanya, dalam hal ini dari sisi kosmetik. Dimana penderita vitiligo umumnya merasa kurang percaya diri akibat perubahan warna kulit dan bahkan tidak sedikit yang pada akhirnya mengalami stress.

Pada orang yang menderita vitiligo, kulit yang mengalami perubahan warna menjadi hipopigmentasi tersebut lebih sensitif terhadap matahari sehingga mudah terbakar matahari dan juga beresiko mengalami kanker kulit.

Pengobatan vitiligo dengan jahe

Jahe dikenal juga sebagai tanaman rempah atau bahan masakan dapur yang telah dikenal sejak lama. Jahe dikenal juga di dunia dengan sebutan ginger. Selain dimanfaatkan sebgai rempah-rempah bahan masakan atau makanan, ternyata sejak lama juga jahe digunakan sebagai obat tradisional alami atau obat herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jahe sendiri memiliki kandungan minyat atsiri berupa zingiberin, bomeol, kemferia, sineol, limonen, shogaol, linalool dan kabikol.

Sponsors Link

Jahe sering digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati seperti obat pencernaan yaitu mual, muntah, perut kembung dan menignkatkan nafsu makan. Selain itu juga jahe serng digunakan untuk pengobatan melegakan tenggorokan dan sebagai anti radang. Disisi lain, belakangan juga diketahui bahwa jahe juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional vitiligo.

Banyak yang menganggap pengobatan vitiligo sulit dilakukan mengingat penyebabnya karena proses auto imun, atau dari dalam tubuh sendiri. Oleh karenanya, pengobatan vitiligo yang utama adalah cara mengembalikan pigmen kulit. Namun dikatakan terdapat cara sederhana, yang dapat menghentikan semakin memburuknya atau meluasnya vitiligo. Bahkan dikatakan secara alami mampu membantu proses regenerasi kulit termasuk melanosit atau pigmen kulit. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan dapur, yaitu jahe. Dikatakan bahwa jahe dapat memberikan perubahan dalam kurn waktu 1 hingga 6 bulan penggunaannya:

1. Jus jahe

ads

Jahe memiliki khasiat meningkatkan immunitas tubuh dan sirkulasi darah. Oleh karenanya, dengan mengkonsumsi jahe, diharapkan mampu memperbaiki kerja antibodi yang menyerang pigmen atau melanin hingga terjadi vitiligo. Caranya adalah dengan membuat jahe menjadi jus dan diminu 2 kali sehari. Jika tidak tahan dengan baunya, kita bisa mencampurnya dengann buah serta jeruk nipis.

2. Pasta jahe oles

Jahe di blender atau digiling halus menjadi setengah paat yang mirip seperti pasta. Pasta jahe kemudian ditambahkan minyak biji mustard dan kunyit bubuk lalu diaduk agar merata. Pasta tadi kemudian dijadikan seperti masker atau krim oles pada kulit yang mengalami hipopigmentasi. Dikatakan bahwa jahe dapat melancarkan sirkulasi darah, hingga mampu membantu produksi pimen kulit.

3. Tempelan potongan jahe

Ruas jahe disiapkan dengan cara di cuci bersi, sehingga bagian luar jahe sudah bebas dari tanah dan zat-zat kimia, lalu di potong tipis-tipis. Potongan tipis-tipis tadi diletakkan pada bagian kulit yang mengalami perubahan warna akibat vitiligo. Usahakan seluruh potongan jahe dibiarkan menutup bagian yang terkena vitiligo. Potongan jahe kemudian dibiarkan hingga kering. Hal ini dapat diulang dalam beberapa kali sehari.

Pengobatan vitiligo lainnya

1. Krim oles

  • Pada umumnya jika berkunjung ke dokter biasanya dokter akan memberikan obat luar berupa krim  oles atau salep oles. Contoh obat olesnya yang biasa digunakan adalat salep kortikosteroid. Salep ini biasanya diberikan pada bercak vitiligo yang tidak terlalu besar dan berukuran kecil. Biasanya perbaikan vitiligo kelihatan setelah pengobatan 3 sampai 4 bulan pemakaian. Namun penggunaan obat kortikosteroid perlu dihindari pada daerah sekitar wajah dan juga pada Ibu hamil. Selain itu kortikosteroid juga dapat menipiskan kulit dan menyebabkan guratan pada kulit.
  • Obat oles lain yang dapat digunakan adalah pimecrolimus atau tacrolimus. Penggunaan obat ini juga sering diberikan pada penderita dermatitis. Namun penggunaan obat ini  juga dapat memberikan efek samping seperti membuat kulit menjadi sensitif dengan sinar mmatahari, sehingga mudah terjadi terbakar akibat paparan sinar matahari dan dapat mengalami  iritasi dan kemerahan. Selain itu dapat mengalami rasa sakit dan terbakar.
  • Obat oles hidrokuinon merupakan obat oles yang efektif dalam pengobatan vitiligo. Obat ini biasanya digunakan pada vitiligo dengan bercak kulit hipopigmentasi yang besar dan banyak. Prinsip penggunaannya disebut depigmentasi. Maksud dari penggunaannya bertujuan menyamakan warna pigmen kulit. Obat ini di oleskan pada daerah kulit yang sehat, sehingga dapat melunturkan pigmen kulit sehat sampai warnanya bisa sama dengan bercak kulit vitiligo.

Namun sayangnya pigmen yang luntur tesebut bersifat permanen dan sulit untukk kembali. Akibatnya kulit akan kehilangan perlindungan dari paparan sinar ultraviolet. Dimakan seperti yanng kita ketahui, pigmen kulit juga berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Namun hal ini tidak bisa terjadi jika pigmen semakin terkikis dan terbuang.

2. Analog vitamin D

Penggunaan analog vitamin D ini bukan bertujuan untuk mengobati bercak hipopigmentasi akibat vitiligo. Analog vitamin D ini digunakan sebagai terapi pendamping bagi penderita vitiligo. Hal ini dikarenakan pada penderita vitiligo, biasanya disarankan oleh dokter untuk mengurangi atau menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Hal ini dikarenakan bercak hipopigmentasi vitiligo ini bersifat sensitif terhadap sinar matahari dan mudah iritasi dan terbakar sinar matahri. Akibat menghindari sinar matahari tentu memberikan dampak dapat kekurangan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Oleh karenanya, penderita vitiligo ini diberi analog vitamin D sebagai pengganti vitamin D yang bersumber dari sinar matahari.

3. Fototerapi

Sponsors Link

Fototerapi merupakan salah satu metode terapi berupa terapi cahaya. Fototerapi ini biasanya  digunakan bila keadaan vitiligo sudah meluas dan tidak mempan atau tidak berefek dengan pengguanaan obat oles. Penggunaan fototerapi dengan menerapkan kombinasi cahaya  ultraviolet A (UVA) dan cahaya ultraviolet B (UVB). Paparan cahaya fototerapi di arahkann ke kulit yang terserang vitiligo.

4. Terapi laser

Terapi dengan metode laser juga sering digunakan untuk pengobatan vitiligo. Prinsip terapi laser hampir sama dengan fototerapi. Namun pada umumnya penggunaannya efektif untuk vitiligo yang memiliki bercak hipopigmentasi yang kecil..

5. Cangkok kulit

Cangkok kulit merupakan terapi vitiligo yang termasuk metode invasif. Hal ini dikarenakan metode terapi ini termasuk dalam metode operasi. Metode ini biasanya menjadi pilihan alternatif, dikarenakan penderita yang harus memilih metode ini harus siap dengan dampak operasi itu sendiri seperti rasa nyeri dan resiko komplikasi akibat infeksi. Pada pengerjaannya, kulit yang  sehat (bebas dari vitiligo) diambil dan kemudian diletakkan pada kulit yang mengalami vitiligo. Mengingat ini adalah prosedur invasif, maka metode ini biasanya digunakan pada vitiligo dengan bercak yang kecil dan tidak berkembang.

Pencegahan vitiligo

1. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Salah satu resiko penyebab dari vitiligo adalah akibat paparan sinar matahari yang tinggi. Oleh karenanya, salah satu cara mencegah vitiligo adalah mengurangi paparan sinar matahari. Untuk mengurangi paparan sinar matahari adalah dengan menggunakan tabir surya dengan SPF diatas 15 bila beraktivitas diluar rumah.

2. Pakaian penutup tambahan

Salah satu cara lainnya untuk menghindari sinar matahari yang bisa menjadi pilihan, adalah dengan menggunakan pakaian penutup tambahan. Penderita vitiligo bisa menggunakan pakaian lengan panjang, jaket, celana panjang dan juga topi penutup kepala. Bisa juga menutup bagian kaki dan tangan dengan menggunakan sarung tangan dan kaos kaki.

3. Hindari penyakit yang mempengaruhi imunitas

Penyakit seperti gangguan tiroid, addison disease’s, dan diabetes mellitus dapat mempengaruhi aktivitas sistem imun sehingga menyebabkan vitiligo. Oleh karenanya, sebisa mungkin jaga kesehatan tubuh agar tidak mengalami penyakit tersebut. Namun jika sudah terlanjur mengalami penyakit tersebut, maka segera lakukan pengobatan sebelum dapat memberikan dampak ke sistem imun.

Demikian beberapa ulasan bagaimana mengobati vitiligo yang mudah dengan menggunakan jahe yang bisa anda coba.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan