Sponsors Link

Cara Mengobati Psoriasis dengan Lidah Buaya Terbukti Berkhasiat Ampuh

Sponsors Link

Tanaman lidah buaya telah lama dikenal manfaatnya untuk kesehatan kulit. Tidak hanya digunakan untuk perawatan kulit, lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Salah satunya adalah cara mengobati psoriasis dengan lidah buaya yang sangat menarik untuk dibahas di artikel kali ini. Tidak hanya karena caranya yang alami, dengan memanfaatkan lidah buaya sebagai obat herbal psoriasis tentu biaya yang dikeluarkan lebih murah.

ads

Psoriasis itu sendiri adalah salah satu jenis penyakit kulit yang menjadi penyebab kulit kering bersisik dan pecah-pecah, hingga muncul bercak merah bersisik keperakan. Kulit yang mengalami psoriasis akan terasa gatal, nyeri dan panas hebat seperti terbakar. Tidak berhenti di situ, area kulit yang terkena psoriasis juga bisa mudah berdarah.

Psoriasis umumnya muncul di area wajah, siku, tangan, dada, kaki, punggung bawah, hingga kulit kepala. Pada dasarnya, psoriasis tidak bisa disembuhkan, namun bukan berarti penderita psoriasis tidak bisa mengendalikan penyakit. Seseorang penderita psoriasis bisa mengendalikan gejala sehingga dia tidak akan menderita psoriasis terlalu parah.

Penyebab dan Gejala Psoriasis

Psoriasis dipengaruhii oleh siklus hidup sel-sel kulit, dimana sel-sel kulit mengalami pertumbuhan yang tidak normal. Pada seseorang yang menderita psoriasis, sel-sel kulit akan tumbuh dengan sangat cepat sehingga mengakibatkan terbentuknya sisik yang tebal, kering dan terasa gatal. Seringkali penyakit ini disepelekan karena dianggap sebagai gejala kulit kering biasa, namun pada beberapa penderita psoriasis, dia akan bisa mengalami kelumpuhan, terutama jika penyakit ini berhubungan dengan arthritis.

Ada beberapa penyebab umum psoriasis, antara lain trauma pada kulit akibat gesekan, infeksi bakteri streptokokus, stress, hingga konsumsi obat-obatan tertentu. Gejala awal psoriasis sendiri adalah munculnya bercak menonjol dengan tepi berwarna merah, kering dan sangat gatal. Kulit pun menjadi terkelupas seperti sisik berwarna keperakan. Bercak ini bisa pecah dan menyebabkan rasa nyeri. Meskipun psoriasis muncul di satu area tertentu, bukan mustahil untuk psoriasis menyebar ka area kulit lain. Seseorang yang menderita psoriasis biasanya juga akan menderita penyakit komplikasi lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, ataupun depresi.

Untuk lebih mengetahui lebih lanjut mengenai psoriasis, ada beberapa jenis psoriasis yang perlu diketahui, yaitu:

  • Prosiasis eritrodermis – merupakan jenis psoriasis yang berbahaya, karena menyebabkan seluruh kulit penderita mengalami kemerahan matang dan bersisik. Kulit pun kehilangan fungsinya sebagai pelindung sehingga penderita psoriasis jenis ini sangat mudah mengalami penyakit infeksi.
  • Psoriasis Arthritis – biasa muncul menyertai peradangan sendi sehingga menyebabkan nyeri sendi, pembengkakan dan kaku.
  • Psoriasis Guttate – adalah jenis psoriasis yang muncul sejak seseorang maih kanak-kanak. Psoriasis jenis ini muncul dalam bentuk bintik-bintik merah kecil di permukaan kulit, biasanya di badan dan kaki.
  • Psoriasis Inverse – yaitu jenis psoriasis yang muncul di ketiak, pangkal paha, bagian bawah payudara dan lipatan-lipatan tubuh lain. Jenis psoriasis ini biasanya diawali dengan munculnya bercak yang sangat merah, bisa tampak sangat licin dan bersinar.
  • Psoriasis kuku – psoriasis ini akan menyerang dan merusak kuku akibat tumbuhnya banyak sisik seperti serbuk di bagian bawah kuku. Jenis psoriasis ini termasuk jenis yang sulit disembuhkan.
  • Psoriasis plak – jenis inilah yang paling banyak menyerang penderita psoriasis sebagai akibat peradangan pada kulit yang membuat kulit berbercak merah dengan lapisan keperakan.
  • Psoriasis Pustular – banyak dialami oleh orang dewasa yang ditunjukkan dengan munculnya pustule putih dikelilingi kulit merah.
    Sponsors Link

  • Psoriasis scalp – seperti namanya psoriasis jenis ini terlihat di batas rambut seperti ketombe. Penyebab psoriasis kulit kepala bisa beragam, maka kenalilah penyebab tersebut untuk mengendalikan gejala.

Dari pembahasan penyebab dan gejala dari beberapa jenis psoriasis di atas, kita mengetahui bahwa psoriasis sering melibatkan kekeringan dan rasa gatal pada kulit. Tidak hanya itu, kulit menjadi merah dan mudah terluka. Oleh karena itu, pengobatan sangat perlu untuk dilakukan, salah satunya dengan menggunakan lidah buaya yang dipercaya bermanfaat untuk menyembuhkan psoriasis.

Cara Mengobati Psoriasis dengan Lidah Buaya

Menurut studi di tahun 2012, ditemukan bahwa gel lidah buaya sangat efektif sebagai obat tradisional psoriasis. Dalam studi tersebut ditemukan bahwa lidah buaya memiliki tingkat efektivitas sebesar 81% untuk mengobati peradangan kulit akibat psoriasis. Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dengan pengobatan psoriasis menggunakan lidah buaya:

  • Membantu penyembuhan luka – lidah buaya mengandung senyawa glukomanan yang sangat membantu pertumbuhan sel kulit. Dengan manfaat ini, maka luka yang disebabkan oleh psoriasis akan lebih mudah sembuh.
  • Meningkatkan pembentukan kolagen – glukomanan dalam lidah buaya juga berperan dalam pembentukan kolagen yang membuat kulit tetap lembab dan terasa nyaman. Hal ini tentu membantu pemulihan kulit yang kering dan bersisik akibat psoriasis. Manfaat ini pula yang menjadikan lidah puaya sering dipakai dalam cara menghilangkan bekas cacar.
    Sponsors Link

  • Mengurangi peradangan – lidah buaya juga memiliki sifat antiradang yang bisa mengurangi ruam kemerahan dan rasa gatal pada penderita psoriasis.

Dengan manfaat-manfaat di atas, Anda bisa melakukan cara mengobati psoriasis dengan lidah buaya seperti berikut ini:

  1. Gel lidah buaya segar sebagai masker

Cara pertama yang pasti bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan gel lidah buaya segar sebagai masker di area yang terkena psoriasis. Caranya, Anda cukup memilih lidah buaya yang segar dan cuci bersih sebelum digunakan. Lalu, kupas lidah buaya tersebut untuk diambil gel-nya saja. Oleskan gel lidah buaya tersebut di area kulit yang terkena psoriasis dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

  1. Menggunakan gel lidah buaya kemasan

Jika Anda ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya kemasan yang telah banyak dijual di pasaran. Untuk lebih efektif, sebaiknya Anda memilih gel lidah buaya dengan kandungan minimal 70% lidah buaya murni. Penggunaannya pun sama, yaitu dengan mengoleskan gel ke kulit yang bermasalah. Tidak hanya mengobati psoriasis, lidah buaya ini juga bisa menjadi  pengobatan hiperpigmentasi, lho!

Perlu diketahui, meski lidah buaya bisa membantu melembabkan kulit, jika Anda menggunakannya terlalu sering bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Selain itu, sebaiknya Anda juga menguji dahulu penggunaan lidah buaya di area kulit yang sehat untuk memastikan kulit Anda tidak memunculkan reaksi alergi. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Herbal