Sponsors Link

4 Cara Mengobati Panu Dengan Bawang Putih Terbukti Berkhasiat Ampuh

Sponsors Link

Beberapa dari Anda mungkin sudah tidak asing dengan penyakit panu. Salah satu penyakit kulit ini menjadi penyakit kulit yang paling sering dialami oleh banyak orang, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Yang membuat penyakit ini mudah dikenali adalah gejalanya yakni bercak atau flek bersisik yang halus pada kulit. Bercak ini tidak beraturan bentuknya serta dapat memiliki beragam warna mulai dari putih hingga kecoklatan. Selain itu, penderita panu juga akan mengalami gatal pada bercak yang mencolok ini terutama ketika sedang berkeringat. Karena mirip dengan gejala infeksi kulit lain, Anda sebaiknya memelajari perbedaan panu dan bercak putih di wajah sehingga tidak keliru dalam pengobatannya.

ads

Panu disebabkan oleh infeksi jamur akibat kurangnya seseorang dalam menjaga kebersihan tubuh. Penyakit ini juga dapat ditularkan melalui pemakaian barang bersama orang lain khususnya barang yang bersentuhan dengan kulit seperti handuk, pakaian, selimut, dan lain-lain. Selain cara penularan panu yang jarang disadari, beragam faktor risiko juga mudah meningkatkan penyakit panu, misalnya cuaca yang terlalu lembap, lemahnya sistem kekebalan tubuh, dan meningkatnya minyak dan keringat pada kulit. (Baca juga: Jenis-jenis Panu)

Kandungan Bawang Putih

Untuk mengobati panu, Anda dapat mencoba obat yang ditelan maupun dioleskan melalui resep dokter. Namun terkadang beberapa orang tidak cocok dengan kandungan bahan kimia di dalamnya sehingga bahan alami dapat dipertimbangkan. Salah satu bahan tradisional yang dapat digunakan untuk cara menghilangkan panu di muka dan bagian tubuh lainnya ialah bawang putih.

Di samping menjadi bumbu dapur untuk melezatkan makanan, rupanya bawang putih mengandung allicin sebagai zat anti bakteri dan sulfur yang bersifat anti jamur. Terdapat antioksidan yang berasal dari vitamin C dan E sebagai pemicu perbaikan jaringan yang terinfeksi sekaligus mencegah penyakit akibat infeksi jamur melalui peningkatan daya tahan tubuh. Bawang putih juga dapat menjadi alternatif pengobatan jerawat, komedo, penyembuhan luka wajah, hingga zat anti kanker. Anda juga sebaiknya mengetahui cara mengobati gonore dengan bawang putih yang terbukti ampuh mengatasi masalah kelamin.

Pengobatan Dengan Bawang Putih

Bawang putih dapat berguna melalui gosokan dengan kulit yang terserang panu. Digosokkan secara halus dan perlahan, bawang putih yang telah dipotong menjadi dua bagian yang sama besar dapat dimanfaatkan secara bergantian. Bahan alami yang berperan dalam cara mengobati keputihan bernanah ini memiliki zat semacam getah yang dapat dirasakan ketika menyentuh permukaan daging bawang.

  1. Menggosokkan kedua bawang putih ini dapat dilakukan selama kurang lebih 5 menit.
  2. Setelah digosokkan dengan merata, Anda dapat membilasnya dengan air hangat.
  3. Kebiasaan ini dapat dilakukan dua kali dalam sehari, pada umumnya sebelum tidur malam dan setelah mandi di pagi hari. Cara ini tidak menghambat aktivitas sehari-hari dan relatif mudah dilakukan karena cukup memerlukan 1 bahan saja.
  4. Jika cara ini tidak bisa dilakukan secara mandiri, misalnya ketika panu menyerang kulit di area yang sulit dijangkau maka Anda dapat meminta bantuan kepada orang lain yang terpercaya.

Meskipun awalnya terasa sedikit perih, hal ini biasanya dapat ditahan bahkan oleh anak-anak. Rasa perih dapat menandakan bahwa zat dalam bawang putih sedang bekerja memasuki kulit. Hal ini terbukti menyembuhkan panu secara ampuh dalam beberapa hari yang ditandai dengan munculnya tanda-tanda panu akan sembuh. Untuk menjauhkan diri dari potensi kuman dari lingkungan, sebaiknya bawang putih dicuci sampai bersih sebelum digunakan, begitu pula dengan pisau untuk memotong bawang putih.

Makanan yang Panu Berkembang

Sponsors Link

Ketika dalam proses penyembuhan, Anda juga disarankan untuk tidak melakukan pantangan bagi penderita panu, misalnya menggaruk panu secara berlebihan, stress yang dapat membuat jamur berkembang lebih aktif, dan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu seperti:

  1. Telur, karena dapat memicu ruam merah yang lebih gatal karena kandungan protein telur.
  2. Daging dan ikan, karena dapat menimbulkan infeksi kulit sehingga memperparah rasa gatal yang sudah ada.
  3. Sayuran kubis dan kecambah yang direbus sehingga kandungan sulfurnya hilang, meskipun kedua sayuran ini tidak memicu rasa gatal tetapi sifatnya menghambat penyembuhan panu terutama jika Anda menggunakan bawang putih yang secara alamiah lebih lama menyembuhkan daripada salep atau obat kimia.
  4. Alkohol, karena melemahkan kekebalan tubuh sehingga pertumbuhan jamur dapat lebih cepat untuk memperluas jaringan panu.
  5. Makanan hasil olahan laut / seafood, karena memicu rasa gatal terutama jika memiliki kulit dan lidah yang sensitif.

Cara mengobati panu dengan bawang putih terbilang efektif dan ampuh bagi kebanyakan orang. Selain minim risiko, bawang putih juga mudah ditemukan dan harganya relatif murah. Namun cara ini memiliki kekurangan tertentu seperti tidak bisa dilakukan di sembarang tempat karena mengganggu kenyamanan orang lain serta mungkin tidak bisa dilakukan sendiri jika panu berada di area sulit dijangkau. Selain bawang putih, Anda mungkin berminat menerapkan cara mengobati panu dengan lengkuas yang juga berbahan tradisional.

Khasiat bawang putih bagi kesembuhan panu ini tentu bermanfaat dalam mengurangi ketidaknyamanan selama beraktivitas serta meningkatkan rasa percaya diri atas kembalinya warna kulit Anda. Tetapi Anda harus berhati-hati terhadap iritasi bagi kulit yang terlalu sensitif dan rasa perih yang mungkin mengenai mata.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan