Sponsors Link

6 Cara Mengobati Neurodermatitis Secara Alami

Sponsors Link

Mungkin anda pernah mendengar Neurodematitis, apa itu? Memang tidak semua orang tahu tentang penyakit ini. Pun demikian Cara Mengobati Neurodermatitis Secara Alami tak banyak yang tahu. Oleh sebab itu pada halaman ini akan di sampaikan beberapa hal tentang penyakit ini, mulai dari gejala, penyebab sampai dengan pengobatan. Terutama pengobatan yang lebih alami, dan tentunya lebih aman. Namun seiring perkembangan jaman, pengobatan yang paling alami memang sedikit terlupakan (terabaikan).

ads

Neurodermatitis atau biasa dikenal juga dengan eksim kering menahun merupakan sebuah penyakit kulit kronis yang dimulai dengan adanya tanda seperti bercak kulit dan terasa gatal. Kondisi kulit yang juga dikenal dengan nama lain lichen simplex chronicus ini akan terasa sangat gatal jika digaruk. Bercak kulit yang terasa sangat gatal inilah biasanya muncul pada leher, pergelangan tangan, lengan, paha atau bahkan pergelangan kaki. Mungkin beberapa dari anda pernah mengalami gejala seperti ini, hal itu bisa langsung di konsultasikan dengan dokter.

Akan tetapi ada banyak Cara Mengobati Neurodermatitis Secara Alami yang harus anda ketahui. Penyakit kulit ini memang kronis, akan tetapi tidak berbahaya dan tidak termasuk ke dalam jenis jenis penyakit kulit menular lainnya. Namun rasa gatal tersebut bisa mengganggu waktu tidur, aktivitas seksual, dan kualitas hidup penderitanya sehari-hari. Hal ini di karenakan gatal akan terasa sangat kuat ketika penderita sedang beristirahat, tidur, atau merasa tertekan. Jadi anda tidak perlu cemas sekali menanggapi kondisi seperti ini.

Meski begitu anda harus lebih peka dan cekatan ketika menemukan gejala serupa seperti yang di sebutkan. Adapun gejala dari neurodermatitis akan di sampaikan pada kalimat berikut.

Gejala Neurodermatitis

Sangat penting mengetahui apa gejala dari kondisi ini. Gejala neurodermatitis akan di tandai dengan timbulnya bercak pada permukaan kulit yang terasa gatal. Bercak tersebut biasanya hanya terdapat satu atau dua saja, dan jarang timbul bercak yang banyak. Bercak yang terasa gatal ini juga bisa muncul di kepala, leher, pergelangan tangan, lengan, pergelangan kaki, hingga alat kelamin (vulva, skrotum), atau anus. Adapun beberapa gejala dari neurodermatitis yakni sebagai berikut:

  • Gatal

Penderita akan merasakan gatal sebagai gejala umum untuk penyakit neurodermatitis. Kondisi gatal terjadi dengan sangat hingga rasa ingin menggaruk tak berhenti. Bahkan gatal juga akan datang dan mengganggu di kala istirahat.

  • Bercak

Timbul bercak pada kulit yang terserang, namun bercak ini tidak banyak timbul dan hanya dua atau tiga saja. Dikarenakan ini bisa terjadi dimana saja, bagi pria harus hati-hati ketika mengalami bercak merah di ujung kelamin pria sebab kejadian ini cukup berbahaya.

  • Nyeri

Selain gatal dan muncul bercak, rasa nyeri juga ikut di rasakan oleh penderita. Tetapi nyeri ini biasanya terjadi apabila tumbuhnya bercak pada bagian kepala.

  • Timbul Luka

Mulai timbul luka terbuka yang juga berdarah pada bercak kulit di sertai rasa gatal akibat dari berulang kali di garuk. Parahnya lagi luka berdarah ini akan memunculkan infeksi. Namun kejadian tersebut cukup jelas sebab luka disebabkan oleh seringnya digaruk, namun apabila kulit sering luka sendiri tanpa sebab harus diwaspadai, ada penyakit berbahaya yang tengah mengintai.

  • Tekstur Kulit Berubah

Pada bagian kulit akan bertekstur kasar atau bersisik lantaran terus menerus di garuk, dan akan semakin terasa gatal sehingga penderita cenderung menggaruk terus dan bisa saja menyebabkan kulit semakin tebal.

Selain gejala, penyebab adalah hal utama yang harus di ketahui mengapa neurodermatitis bisa terjadi. Karena sebelum melakukan pengobatan dan perawatan sangat penting mengetahui penyebabnya seperti berikut ini.

Penyebab Neurodermatitis

Penyebab yang pasti dari munculnya neurodermatitis masih belum diketahui sampai saat ini, akan tetapi kondisi ini diduga berkembang saat terjadi reaksi saraf yang berlebihan terhadap beberapa kondisi, misalnya seperti pakaian yang ketat atau gigitan serangga. Pemicu rasa gatal lainnya pada penyakit neurodermatitis antara lain cedera yang terjadi pada saraf, kulit kering, bersisik dan keriput, keringat, cuaca panas, serta aliran darah yang kurang baik. Pada kasus tertentu, neurodermatitis berkaitan dengan kondisi kulit lainnya, seperti eksim atau psosiaris.

Sponsors Link

Beberapa hal di bawah ini merupakan faktor yang mampu meningkatkan neurodermatitis, sehingga anda bisa mencari Cara Mengobati Neurodermatitis Secara Alami. Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kecemasan

Faktor paling umum adalah gangguan kecemasan seperti stres dan rasa tertekan. Kondisi ini mampu menjadi memicu rasa gatal yang berhubungan dengan neurodermatitis. Meski ini hanya sekedar perasaan saja, namun dampaknya pada kesehatan cukup besar, buktinya saja ketika merasa cemas bisa menjadi penyebab rosacea, penyebab mandul, penyebab penyakit trypophobia, dan beberapa penyakit lainnya.

  • Jenis Kelamin

Pria atau wanita sangat penting untuk menentukan terjadinya neurodermatiris. Dalam hal ini, wanitalah yang rentan terserah resiko penyakit ini.

  • Usia

Selain jenis kelamin, faktor usia juga menjadi pertimbangan penyakit neurodermatitis menyerang. Biasanya penyakit ini akan menjangkit usia 30 sampai dengan 50 tahun.

  • Genetik

Satu lagi faktor yang tidak bisa di pungkiri lagi adalah genetik. Faktor keturunan menjadi resiko terjadinya neurodermatitis yang tidak bisa anda hindari lagi karena sudah dalam satu garis keturunan.

Sponsors Link

Sedangkan untuk beberapa Cara Mengatasi Neurodermatiris Secara Alami yakni sebagai berikut:

  1. Menjaga Kebersihan

Sebagai tahap awal, menjaga kebersihan adalah langkah yang tepat agar tidak terjadi penyakit ini. Seperti yang sudah diajarkan bahwa menjaga kebersihan sama halnya dengan menjaga diri dari penyakit.

  1. Jangan di Garuk

Jangan sering menggaruk kulit, apalagi jika sudah terlihat kondisi neurodermatitis. Penggarukan hanya akan menambah luka di kulit anda.

  1. Lindungi Kulit

Tlaten menjaga kulit, seperti memakai jaket ketika berada di luar atau jika sudah terjadi, usahakan menutup dengan perban pada bagian yang terserang.

  1. Kompres

Lakukan pengompresan pada kulit anda dengan air dingin. Manfaatkan kain untuk membasuhnya. Meski cara ini mudah, namun menjadi salah satu cara dasar dalam pengobatan. Kompres juga termasuk dalam cara mengobati orchitis secara alami, cara menyembuhkan herpes, cara menghilangkan kurap di selangkangan, dan beberapa penyakit lainnya.

  1. Menggunting Kuku

Guntinglah kuku anda ketika sudah terlihat panjang atau tidak pada normalnya. Kuku sangat menyakitkan ketika telah menyerang kulit.

  1. Penggunaan Lotion

Lembabkan kulit anda yang terkena neurodermatitis dengan menggunakan lotion. Sehingga hasilnya kulit anda tidak akan pecah-pecah.

Demikianlah Cara Mengobati Neurodermatitis Secara Alami, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan