Sponsors Link

Terbukti Manjur, 5 Cara Mengobati Luka Bakar Dengan Kulit Ikan yang Mudah Dicoba Sekarang!

Sponsors Link

Ketidakhati-hatian dalam bekerja dan beraktivitas yang berhubungan dengan api dan benda panas bisa menyebabkan kulit terkena luka bakar. Oleh karena itu sebelum beraktivitas sebaiknya lakukan pencegahan luka bakar dengan memakai pengaman dan lebih teliti lagi dalam beraktivitas. Saat terkena benda panas berupa cairan, misalnya air panas atau minyak panas, maka akan terlihat kulit merah seperti terbakar.

ads

Banyak tindakan yang bisa dilakukan untuk mengobatinya, seperti menggunakan obat untuk kulit terbakar atau bisa juga dengan cara mengatasi luka bakar dengan lidah buaya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba cara mengobati luka bakar dengan kulit ikan. Berikut cara penggunaan kulit ikan sebagai pengobatan untuk luka bakar.

1 . Gunakan Kulit Ikan Nila

Kulit ikan yang bisa digunakan untuk mengobati luka bakar adalah kulit ikan nila atau kulit ikan tilapia. Penggunaan kulit ikan nila atau tilapia untuk luka bakar ini juga telah dilakukan penelitiannya di Nucleus of Research and Development of Medicines (NPDM) di Federal University of Ceara (UFC) dan telah dpernah dicoba oleh tim dokter di Dr Jose Frota Institute Burns Unit di Fortaleza. Diketahui, kulit ikan nila mengandung kolagen, lebih tahan terhadap penyakit dan mengandung banyak pelembab.

 2. Bersihkan Kulit Ikan Nila Hingga Steril

Sebelum menggunakan kulit ikan nila untuk pengobatan pada kulit bekas terbakar, kulit ikan harus diproses dan dibersihkan dulu sedemikian rupa dan harus disterilkan agar aman untuk membantu pengobatan medis. Diketahui, kulit ikan nila ini ternyata lebih efektif dan cepat dalam mengobati luka bakar dibanding salep untuk luka bakar.

3. Tempelkan Kulit Ikan Pada Kulit Yang Terkena Luka Bakar

Cara mengobati luka bakar dengan kulit ikan nila selanjutnya adalah dengan menempelkan langsung kulit ikan pada kulit yang terkena luka bakar. Tentunya setelah kulit ikan diproses, disterilkan dan dipastikan aman untuk mengobati luka. Kandungan kolagen yang tinggi dan mampu memberikan kelembaban ekstra pada kulit sangat bagus untuk membantu sel kulit membuat jaringan baru untuk menggantikan sel kulit yang telah rusak akibat terbakar.

4. Tutup Dengan Kain Perban

Setelah menempelkan kulit ikan pada kulit yang terkena luka bakar, tutup bagian tersebut dengan kain perban. Kulit ikan ini juga mengandung omega-3 yang berperan sebagai antioksidan yang juga bagus untuk kulit dan juga mampu untuk menenangkan peradangan pada luka bakar, sehingga penderita luka bakar bisa lebih nyaman selama proses pengobatan.

5. Biarkan Selama 10 Hari

Setelah menempelkan kulit ikan pada kulit yang terbakar dan memasang perban, biarkan tetap terpasang selama 10 hari. Menurut dokter yang telah melakukan pengobatan kepada pasien penderita luka bakar, rasa sakit akibat luka bakar pada pasien akan jauh berkurang ketika kulit ikannya ditempelkan. Sehingga penderita luka bakar tidak lagi bergantung  pada obat penghilang rasa sakit. Setelah 10 hari, saat perban dibuka, luka bakar akan sembuh dan kulit ikan telah mengering.

Demikianlah 5 cara mengobati luka bakar dengan kulit ikan nila atau ikan tilapia. Simak juga penanganan pada kulit bersisik dan mengelupas, penyebab bekas luka terasa sering gatal atau cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami dan cepat.

Sponsors Link
, , , ,