Sponsors Link

11 Cara Mengobati Kutil Kelamin Dengan Kapur Sirih yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Menjadi momok pada kulit kelamin, kutil yang muncul sebagai benjolan daging ini tergolong dalam infeksi menular seksual. Artinya, kutil kelamin dapat terjadi ketika penderita melakukan kontak langsung dengan pasangan yang telah terinfeksi terlebih dahulu. Pada awal kemunculan kutil, gatal belum dirasakan sebelum kutil bertambah banyak baik tumbuh terpisah satu-satu maupun secara bergerombol dengan jelas. Penyakit yang dapat dialami oleh baik pria maupun wanita ini menyerang hampir keseluruhan bagian organ genital bahkan tenggorokan yang dapat ditularkan melalui seks oral. Meskipun kutil terdapat pada area yang tidak bisa dijangkau seperti anus atau vagina, namun dokter masih dapat mengetahui keberadaan kutil dengan bantuan spekulum atau proktoskop. (Baca juga: Perbedaan kutil kelamin dan kutil biasa)

ads

Kutil kelamin termasuk dalam jenis penyakit kulit yang tidak memiliki pengaruh yang mengancam nyawa serta pada umumnya tidak menyebabkan rasa nyeri yang berlebihan. Namun, rasa gatal dan menurunnya kepercayaan diri menjadi alasan terbesar bagi penderita untuk segera menyembuhkan kutil kelamin. Tindakan pengobatan yang biasa dilakukan ialah melalui pemberian obat berbahan kimia atau operasi pengangkatan kutil khususnya pada wanita hamil. Namun kedua cara ini memiliki risiko dan efek samping yang membuat penderita harus berhati-hati dalam menentukan langkah pengobatan. Maka pengobatan kutil kelamin tradisional menjadi cara yang dapat dipilih, seperti memanfaatkan kapur sirih.

Kapur sirih yang dikenal sebagai obat eksim tradisional ini terbuat dari pembakaran batuan karang yang kemudian ditumbuk hingga halus. Sering digunakan untuk kesehatan dan kecantikan wanita, kapur sirih memiliki berbagai kandungan zat yang bermanfaat seperti kalsium, karvakol, sineol, kadinen, kavinol, dan zat samak atau tanin yang baik bagi kulit. Selain mengobati kutil kelamin, kapur sirih juga menjadi bahan dalam cara memutihkan labia minora yang hitam. Untuk melakukan pengobatan dengan kapur sirih, Anda dapat memilih kapur sirih yang tidak berkutu, terdaftar di BPOM, tidak palsu, dan tidak kadaluarsa. Berikut ini merupakan cara mengobati kutil kelamin dengan kapur sirih:

  • Membalut Kapur Sirih dengan Alat Perekat (Plester)

Cara menghilangkan kutil dengan kapur sirih melalui metode ini relatif mudah dilakukan dan bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan maupun diganti dengan bahan serupa, seperti mengganti air hangat dengan alkohol berkadar rendah atau mengganti plester dengan perban tempel. Namun alkohol dapat menyebabkan iritasi bagi sebagian orang sedangkan penggunaan alat perekat dapat disesuaikan dengan kenyamanan penderita.

Waktu terbaik menerapkan ramuan kapur sirih dan mengganti secara rutin ialah ketika malam hari karena kulit akan langsung beristirahat. Biasanya, kutil akan sembuh dalam 1 minggu namun jika tidak terjadi perubahan Anda dapat berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Berikut beberapa langkah caranya:

  1. Sebelum melakukan tindakan pengobatan, pastikan bahwa Anda telah membasuh kulit di sekitar kutil sampai bersih dengan air hangat.
  2. Suhu yang agak tinggi akan membunuh bakteri yang masih menempel.
  3. Setelah itu, Anda dapat mengoleskan kapur sirih secukupnya atau berkisar 1 sendok makan pada kutil lalu rekatkan dengan plester hingga benar-benar rapat.
  4. Penggunaan plester bertujuan untuk menghindarkan kutil dari virus, bakteri, air, serta benda asing yang mengganggu proses penyembuhan kutil kelamin.
  5. Kapur sirih dan plester dapat diganti setelah 3 hari untuk mencegah potensi jamur dan keringat berlebih.
  6. Sebelum pergantian ini, Anda juga tidak boleh lupa untuk membasuh area kutil dengan air hangat.
  • Ramuan Kapur Sirih dengan Sabun Colek

Paduan kapur sirih dengan sabun colek ini menjadi cara yang lebih umum digunakan namun merk maupun standar kandungan sabun colek yang baik masih dipertanyakan karena belum ada penelitian lebih lanjut. Sebagai bahan kimia, sabun colek juga mungkin memiliki efek jangka panjang yang belum diketahui terlebih lagi ketika sabun dapat menyebabkan iritasi pada bagian genital yang penting atau tidak bisa diterapkan jika kutil menyerang area kulit kelamin tipis yang terlalu sensitif. Beberapa langkah cara yang bisa anda lakukan sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Selain menggunakan kapur sirih saja pada cara yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, Anda juga bisa menyampurkan sabun colek yang tidak terlalu padat dan lembap yang biasa digunakan untuk sabun cuci piring.
  2. Kadar sabun colek dengan kapur sirih harus seimbang atau 1:1.
  3. Langkah berikutnya serupa yaitu dioleskan pada kutil dan dibalut dengan plester tetapi ditunggu terlebih dahulu setelah rasa panas dan perih berkurang.
  4. Metode ini ampuh untuk membunuh kuman dan mengangkat kutil lebih cepat namun tidak semua kulit cocok dan kutil sembuh dengan sabun colek.
  5. Keluarnya darah kotor dari kutil menjadi hal yang wajar karena akar kutil telah memasuki pembuluh darah lalu mengelupas dengan sendirinya. Anda hanya perlu mengoleskan obat antiseptik melalui kapas untuk menghentikan pendarahan.

Cara mengobati kutil kelamin dengan kapur sirih dapat diterapkan sebagai pemanfaatan bahan alami yang tidak sulit ditemukan. Tetapi variasi metode yang dapat dipilih lebih sedikit daripada bahan alami lain, seperti daun sirsak untuk mengobati kutil kelamin. Jika tidak ingin menggunakan kapur sirih, Anda dapat memilih obat herbal yang dijual di pasaran namun harganya lebih mahal daripada kapur sirih. Selain itu, penerapan cara pencegahan kutil kelamin juga baik untuk dilakukan agar Anda tidak merasa terganggu atau tidak nyaman. Membiasakan setia dengan satu pasangan serta memilih alat pengaman yang berkualitas baik ketika berhubungan seksual menjadi pencegahan yang utama.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan