Sponsors Link

Cara Mengobati Kutil Kelamin dengan Daun Sirsak Terbukti Berkhasiat Ampuh

Sponsors Link

Kutil kelamin merupakan munculnya benjolan daging yang menggerombol seperti kembang kol di sekitar area kelamin. Meskipun ukurannya kecil, kutil kelamin termasuk salah satu infeksi menular seksual yang membuat penderita mengalami gatal akibat virus HPV. Virus penyebab kanker serviks ini juga dapat mengakibatkan pendarahan ketika berhubungan intim. Kutil kelamin dapat menyerang pria maupun wanita. Pada pria, kutil dapat tumbuh di area anus, skrotum, dan penis. Sementara kutil kelamin pada wanita terdapat pada saluran anus, dinding vagina, leher rahim, vulva, dan lain-lain. (Baca juga: kulit kering, bersisik, dan keriput)

ads

Untuk menyembuhkan kutil kelamin, biasanya penderita membeli obat penghilang kutil yang dijual di pasaran. Namun obat ini memiliki efek samping iritasi, rasa sakit, bahkan beberapa kutil tidak berpengaruh terhadap pemberian obat. Maka cara alami dapat dilakukan dengan bahan yang tidak mengandung zat kimia, salah satunya adalah daun sirsak.

Khasiat daun sirsak

Proses pembuatan daun sirsak berasal dari fermentasi sari apel. Buah apel yang telah diolah tanpa pemanis buatan menjadi sari apel ini merupakan minuman non alkohol. Bakteri dan ragi yang terkandung di dalamnya akan memecah gula menjadi alkohol yang selanjutnya akan menjadi daun sirsak. Dikenal dengan kandungan berbagai vitamin yang tinggi, seperti vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E, menjadikan daun sirsak terkait erat sebagai bahan perawatan kulit. Adapun zat lain yang terdapat dalam daun sirsak ialah nutrisi penting seperti natrium, bioflavonoid, fosfor, kalium, klorida, magnesium, kalsium, pektin, dan tembaga.

Pengobatan menggunakan Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan minuman kesehatan yang memiliki banyak khasiat. Tidak hanya berperan dalam memelihara rambut, menstabilkan tekanan darah, dan merawat wajah, nyatanya daun sirsak mampu mengobati kutil kelamin. Asam asetat yang terkandung dalam apel dapat membunuh virus dan bakteri secara efektif dimana zat ini memiliki mekanisme serupa dengan asam salisilat yang akan merusak infeksi kulit sehingga kutil yang melekat akan terkikis dengan sendirinya. Selain membunuh bakteri dan virus, manfaat cuka apel untuk kutil kelamin yang jarang diketahui antara lain dapat mengeringkan kutil, merusak jaringan kutil, sebagai desinfektan, serta memperbaiki imun untuk infeksi kutil kelamin.

Berikut ini merupakan cara mengobati kutil kelamin dengan daun sirsak yang dapat Anda lakukan:

  • Merendam Menggunakan Kapas

Daun sirsak dapat mengobati kutil kelamin dengan cara merendamnya pada kapas berbentuk bola. Balurkan kapas pada area kutil lalu rekatkan plester atau perban dan biarkan selama semalam. Keesokan paginya, lepas perban dan bilas area tersebut dengan air hangat. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah asalkan Anda tidak merasa terganggu dengan pelekatan perban kecil. Pada keesokan pagi pun, Anda dapat merelaksasikan kulit dengan air hangat sekaligus mengatasi kutil kelamin. (Baca juga: Perbedaan raja singa dan kutil kelamin)

Kekurangan dari penggunaan perban ialah kurangnya sirkulasi kulit sehingga sel akan memeroleh efek seperti tercekik. Maka alternatif lainnya adalah dengan hanya menekan bola kapas yang telah direndam selama 30 menit lalu kapas bisa dibuang. Namun, cara ini harus dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam sehari sehingga kurang efektif bagi orang yang memiliki aktivitas yang padat.

Perubahan pada kutil akan terlihat dalam 2 sampai 3 hari, misalnya perubahan warna menjadi putih atau gelap. Jika Anda rutin melakukan cara ini selama seminggu, kutil akan mengempis secara perlahan. Namun jika ternyata kulit Anda terasa sensitif dan kutil tidak sembuh maka Anda dapat segera berkonsultasi ke dokter. Sedangkan untuk cara mengatasi kutil kelamin dengan cepat, Anda dapat menjalankan operasi. Namun operasi memiliki efek samping pengobatan kutil kelamin yang harus dipertimbangkan secara matang.

  • Merendam Tubuh dengan Daun Sirsak
Sponsors Link

Anda dapat menyampurkan daun sirsak dalam rendaman air sedikit demi sedikit. Beberapa orang memiliki kulit yang sensitif sehingga terserang iritasi. Maka, Anda dapat membiasakan diri seperti menyampurkan daun sirsak dengan perbandingan sedikit daripada air, lalu lama kelamaan menambahkan hingga perbandingan kadarnya sama dengan air. Cara ini tentu dapat dilakukan dalam jangka waktu panjang sehingga memiliki efek yang baik untuk kesegaran kulit. Namun tentunya dibutuhkan daun sirsak dengan jumlah yang tinggi dengan biaya yang lebih untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan.

Cara mengobati kutil kelamin dengan cuka apel seperti di atas terbilang mudah dan sederhana. Daun sirsak memiliki kelebihan dalam bahan alami lain seperti mudah ditemukan dan harganya relatif murah. Perlu diingat bahwa daun sirsak hanya memiliki sedikit kandungan asam sehingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk menyembuhkan kutil. Selain itu, penderita anak-anak juga tidak cocok menggunakan apel karena memiliki kulit sensitif. Maka, sebelum menggunakannya Anda harus mencoba terlebih dahulu pada bagian kulit yang lain. Anda juga dapat melindungi area yang tidak terkena kutil dengan minyak zaitun atau minyak kelapa agar tidak terkena daun sirsak yang mungkin menyebabkan rasa terbakar.

Kutil kelamin merupakan penyakit yang mudah timbul dan menyerang banyak orang. Maka sebelum terserang, akan lebih baik jika melakukan langkah pencegahan seperti mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan kulit, selalu menjaga kebersihan vagina, dan melakukan hubungan seks yang aman dan menyehatkan. Selain daun sirsak, Anda juga dapat mencoba manfaat lidah buaya untuk kutil kelamin karena tidak memiliki efek samping yang berbahaya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan