Sponsors Link

3 Cara Mengobati Keputihan dengan Daun Sirih yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Mayoritas wanita pasti pernah mengalami keputihan termasuk Anda, bukan? Hal ini menjadi bagian dari hasil kerja sistem reproduksi Anda. Adanya keputihan biasanya membuat wanita khawatir, merasa tidak nyaman, dan membuatnya mencari-cari cara agar keputihan segera hilang. Padahal, keputihan belum tentu mengindikasikan bahwa organ reproduksi Anda mengalami masalah. Bisa saja hal ini terjadi sebagai bentuk proteksi diri atau penanda masa periode Anda. Lantas apakah keputihan dapat diobati?

ads

Tentu saja bisa. Bahkan salah satu bahan alami yang ada di sekitar Anda merupakan obat ampuh yang dapat menjadi alternatif Anda dalam mengobati keputihan. Salah satu bahan tersebut yaitu daun sirih. Bagaimana cara mengolahnya? Sebelum membahas bagaimana daun sirih mengobati keputihan Anda, akan dibahas terlebih dahulu macam-macam keputihan dan penyebab keputihan yang berbahaya yang bisa Anda alami.

Penyebab Keputihan

Kebanyakan wanita pasti berpikiran bahwa keputihan adalah hal normal yang terjadi dan tidak memberikan masalah kesehatan. Keputihan jenis tersebut memang ada, tetapi tentu ada keputihan jenis lainnya yang menjadi indikasi bahwa Anda memiliki masalah kesehatan. Berikut akan dijelaskan beberapa penyebab keputihan agar Anda tahu sekaligus waspada terhadap keputihan yang Anda alami.

  • Kondisi Psikologis

Ini adalah penyebab keputihan pada umumnya. Ketika Anda stres dan memiliki banyak aktivitas yang mengganggu kesehatan pikiran Anda, keputihan yang demikian akan Anda alami. Selain itu, keputihan sebagai tanda Anda memasuki siklus menstruasi juga bisa menjadi penyebabnya.

Keputihan ini biasanya berwarna bening dan tidak terlalu kental. Jumlah yang keluar akan semakin meningkat tanpa ada perubahan warna dan bau menjelang datangnya menstruasi Anda. Tidak hanya menstruasi, ternyata memasuki masa awal kehamilan Anda juga akan memberikan gejala keluarnya keputihan pada organ reproduksi Anda.

  • Adanya Bakteri Vaginosis

Seperti yang telah dikatakan di awal bahwa keputihan yang keluar pada organ reproduksi tidak selamanya menjadi hal yang normal. Penyebab lainnya yaitu adanya bakteri penyebab penyakit kelamin yang Anda tidak ketahui. Bakteri ini biasanya mengakibatkan kuantitas keputihan yang Anda keluarkan menjadi meningkat.

  • Trikomoniasis

Infeksi atau penyakit menular seksual ini memiliki ciri keputihan dengan warna kuning. Selain itu Anda akan merasakan gatal dan rasa panas di organ kemaluan Anda. keputihan jenis ini tentu bukan hal normal dan patut Anda waspadai. Segera ke dokter untuk mandapatkan penanganan lebih lanjut.

  • Gonore

Penyakit menular seksual lainnya yang memberikan gejala keputihan adalah gonore. Tetapi terkadang gonore tidak memberikan gejala apa-apa jika Anda tidak jeli dengan perubahan pada tubuh Anda. keputihan yang biasanya akan Anda temui adalah kuning atau hijau.

  • Klamidia

Klamidia juga penyakit menular seksual yang mempunyai gejala keluarnya keputihan dengan warna kuning dan kekentalan yang lebih berat. Penyakit ini memiliki gejala yang hampir mirip dengan gonore.

Penyebab-penyebab yang telah disebut di atas cukup memberikan gambaran bahwa keputihan bukan menjadi bagian yang normal saja dari cara kerja sistem reproduksi. Maka dari itu, jika keputihan mulai menghampiri, Anda memerlukan beberapa antisipasi atau pengobatan keputihan untuk mengatasinya. Salah satunya menggunakan bahan alami yaitu daun sirih. Mengapa daun sirih? Mungkin pertanyaan tersebut membuat Anda cukup penasaran  akan khasiat yang ada pada daun sirih. Oleh karena itu, setelah ini akan dibahas terlebih dahulu tentang khasiat daun sirih sebelum mengetahui bagaimana mengolah daun sirih sehingga dapat dijadikan obat keputihan Anda.

Sponsors Link

Kandungan dan Khasiat Daun Sirih

Jika mengingat daun sirih memiliki manfaat untuk organ kelamin Anda, tentu Anda akan penasaran kandungan apa yang ada pada daun sirih. Bahkan tidak hanya bermanfaat untuk mengobati keputihan, daun sirih memiliki khasiat lainnya yang perlu Anda tahu juga. Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada daun sirih.

  • Bathlepenol

Zat tersebut juga dikenal dengan nama minyak terbang. Kandungan minyak terbang pada daun sirih sangat banyak. Bahkan beberapa orang mengolahnya untuk mendapatkan minyak tersebut. Salah satu fungsi dari minyak terbang adalah sebagai antiseptik alami.

Dengan menjadi antiseptik alami maka daun sirih akan membasmi bakteri dan beramcam penyebab penyakit yang masuk ke tubuh Anda. Selain sifatnya yang baik untuk dijadikan antiseptik, ternyata minyak terbang tersebut juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Dengan adanya antioksidan tersebut, daun sirih sangat berguna untuk mematikan sel-sel penyebab kanker.

  • Polevanolad
ads

Polevanolad adalah senyawa kimia yang dimiliki daun sirih untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Cara kerja polevanolad yaitu mencegah penuaan dini pada kulit, dan melindunginya dari cahaya matahari serta polusi. Dengan pemakaian daun sirih secara rutin, kulit akan lebih sehat, lembut dan terhindar dari kusam serta jerawat.

  • Vitamin C dan Riboflavin

Kandungan vitamin C pada daun sirih dapat membantu Anda terhindar dari penyakit kekurangan vitamin C seperti sariawan. Dengan merebusnya saja, kandungan vitamin C sudah mampu memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Selain dengan cara meminum rebusannya, Anda dapat menggunakan daun sirih sebagai obat kumur alami Anda. Sedangkan kandungan riboflavin pada daun sirih sangat bermanfaat untuk kesehatan mata Anda. Sehingga Anda dapat mengonsumsinya untuk perawatan maupun pencegaha masalah kesehatan mata.

  • Alkaloid

Tidak hanya memiliki kandungan polevanolad, ternyata daun sirih juga memiliki kandungan senyawa alkaloid yang juga memiliki manfaat yang sama yaitu untuk kesehatan kulit Anda. Mencegah timbulnya jerawat atau menghilangkan rasa gatal pada kulit trnyata dapat diatasi dengan senyawa alkaloid. Senyawa ini bekerja bersama polevanolad untuk menjaga dan menjauhkan kulit Anda dari masalah kesehatan.

  • Fitokimia

Zat fitokimia tersebut memberikan peran yang sangat khas yaitu aroma khusus pada daun sirih. Aroma tersebut dikarenakan daun sirih memiliki kandungan fitokimia yang cukup banyak. Tidak hanya memberikan aroma yang khas, fitokimia juga zat yang berperan untuk menangkal racun pada tubuh Anda. selain membasmi racun, fitokimia juga berperan dalam pembentukan kekebalan tubuh Anda.

Begitu luar biasa kandungan dan khasiat masing-masing senyawa daun sirih. Tidak heran jika daun sirih dipercaya oleh masyarakat sebagai obat alternatif yang digunakan untuk beragam masalah kesehatan Anda misal cara mengobati kutil kelamin dengan kapur sirih. Tidak hanya mengandung senyawa atau zat yang telah tersebut di atas, nyatanya daun sirih masih memiliki kandungan bahan-bahan lainnya lagi berupa:

  1. Karbohidrat
  2. Protein
  3. Kalsium
  4. Mineral
  5. Zat besi
  6. Zodium
  7. Vitamin B

Zat-zat tersebut membantu tubuh Anda untuk terhindar dari beragam masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang dapat ditangani oleh daun sirih yaitu:

  1. Menghilangkan bau tidak sedap pada badan atau mulut
  2. Menyembuhkan keputihan
  3. Meredakan radang tenggorokan
  4. Mengobati gonore
  5. Menghentikan pendarahan pada gusi
  6. Mengobati iritasi mata
  7. Mengempiskan bengkak payudara
  8. Mengatasi sembelit
  9. Mencegah adanya kanker

Cara Mengobati Keputihan dengan Daun Sirih

Telah disebut di atas bahwa daun sirih juga mampu mengobati keputihan Anda. pemilihan daun sirih sebagai obat keputihan Anda, bukan mengartikan bahwa Anda hanya mengobatinya dengan daun sirih. Obat alami ini hanya sebagai penanganan awal sehingga sangat disarankan untuk tetap berobat kepada dokter. Terlebih jika penyebab keputihan Anda adalah gejala awal penyakit kelamin. Berikut beberapa cara mengolah daun sirih sebagai obat keputihan Anda.

  1. Merebus Daun Sirih

Cara ini pasti bukan hal yang asing lasi bagi kebanyakan wanita. Dengan mengonsumsinya atau meminum rebusan daun sirih, maka keluhan atau masalah keputihan Anda akan berkurang. Berikut cara mengolah daun sirih sebagai minuman. Siapkan 3 lembar daun sirih berukuran sedang. Jangan lupa untuk mencuci bersih daun tersebut terlabih dahulu. setelah itu siapkan dua gelas air yang akan direbus.

Tunggu air tersebut mendidih. Masukkan daun sirih tersebut pada rebusan ait. Masak dengan api kecil dan tunggu hingga air menyusut sekitar satu gelas saja. Langkah selanjutnya, saring air rebusan tersebut dan minum selagi hangat. Anda bisa melakukannya rutin 1 kali dalam dua hari.

  1. Mencampurnya dengan Perasan Lemon dan Madu

Pengolahan ini juga dapat Anda lakukan jika rasa khas dan bau pada daun sirih tidak Anda sukai. Penambahan lemon dan madu tidak akan mengurangi khasiat atau kandungan pada rebusan daun sirih Anda. Langkah yang digunakan sama yaitu menyiapkan 3 sampai 4 lembar daun sirih yang sudah dicuci dan di rebus dengan 2 gelas air.

Jika sudah masak dan berkurang menjadi 1 gelas air saja, Anda dapat menambahkan perasan 1 lemon utuh dan 2 sendok makan madu. Minum campuran tersebut selagi hangat. Biasakan untuk rutin meminumnya 2 hari sekali agar hasil yang didapatkan optimal.

  1. Menggunakannya untuk Membasuh Kelamin

Selain diolah menjadi minuman, ternyata daun sirih juga aman untuk Anda gunakan sebagai pembersih organ kelamin Anda. Dengan membasuhnya setiap hari atau saat mandi, dapat mengurangi keluarnya keputihan dan membunuh bakteri yang ada di sekitar organ intim Anda. Bagaimana cara mengolahnya? Berikut akan dijelaskan langkah langkahnya. Pertama siapkan 10 lembar daun sirih yang telah di cuci bersih.

Kemudian siapkan pula 2,5 liter air yang nantinya akan digunakan untuk merebus daun sirih. Rebus terlebih dahulu air tersebut. Jika sudah mendidih, masukkan daun sirih. Tunggu sampai air berubah warna menjadi hijau terang. Jika sudah matikan kompor dan saring rebusan tersebut. Usahakan untuk tidak meninggalkan bekas rebusan karena nantinya air akan digunakan untuk membasuh organ kelamin. Sehingga jika penyaringannya tidak bersih, ditakutkan sisa-sisa rebusan tertinggal dan mengakibatkan infeksi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan