Sponsors Link

13 Cara Mengobati Keputihan Abnormal yang Aman Tanpa Rasa Perih

Sponsors Link

Keputihan adalah hal wajar yang pasti dialami setiap wanita, karena biasanya keputihan akan muncul saat sebelum atau sesudah menstruasi. Keputihan yang normal memiliki ciri-ciri yang tidak berbau, berwarna putih cair, dan tidak menimbulkan rasa gatal yang berlebihan. Tapi jika anda menemui ciri keputihan tersebut berbalik dari keadaan sebenarnya, maka anda patut waspada. Karena bisa saja anda sedang mengidap penyakit kelamin wanita yakni keputihan abnormal atau keputihan yang tidak normal.

ads

Keputihan abnormal sering disebut juga dengan leucorrhea yakni suatu kondisi dimana vagina mengeluarkan cairan yang aneh dan tidak pada umumnya keputihan. Keputihan tersebut bisa disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang vagina, memiliki penyakit menular seksual, ada penyakit herpes genital, mengidap kanker serviks serius, hingga sedang hamil. Anda tentu bisa membedakan cairan keputihan mana yang normal dengan yang tidak. Jika masih bingung mengenai kesehatan anda, segera konsultasikan ke dokter untuk menemui jawaban atas kebimbangan anda. Jangan membiarkan ini berlarut lama hingga serius, meskipun tidak memberikan efek sakit secara langsung namun upaya penanganan sebelum menjadi parah tetap perlu dilakukan. Dibawah ini akan kami jelaskan bagaimana cara mengobati keputihan abnormal secara tradisional dan pengobatan sederhana di rumah, yakni :

  1. Jus delima

Buah delima adalah buah yang berasa manis segar dan cukup banyak dikenal oleh masyarakat. Tak heran lagi jika buah ini selain kaya rasa dan vitamin juga bisa berguna untuk mengobati keputihan abnormal. Banyak orang  juga yang tertarik mengobati penyakit mereka karena saat mengkonsumsinya sebagai obat kita hanya akan merasa sedang makan buah saja. Anda bisa rutin mengkonsumsi buah ini dengan dimakan langsung atau di jus agar memudahkan anda menelannya. Minum jus delima ini setiap pagi hari, bisa dicampur dengan es batu agar sedikit lebih segar. Tapi ingatlah bahwa jangan mencampurnya dengan susu, karena akan mengurangi khasiat buah delima itu sendiri.

  1. Buah pisang

Mengkonsumsi dua buah pisang untuk sarapan akan cukup untuk memenuhi energi anda sebelum seharian beraktifitas, tapi juga jangan lupakan makan siang dna makan malam anda. buah yang kaya protein ini ternyata juga menyimpan khasiat tersembunyi yakni mampu mengobati keputihan tidak normal dan membantu tingkat keseimbangan hormon dalam tubuh. Anda bisa mencoba mengkonsumsi buah pisang minimal 2 kali sehari, yang tentunya buah ini juga berguna untuk melancarkan pencernaan anda agar tetap sehat. Selain tiu kandungan kalium didalamnya juga bermanfaat untuk mengatur ritme detak jantung menjadi lebih sehat.

  1. Yoghurt

Susu fermentasi ini sudah lama dikenal sangat baik untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita. Kandungan prebiotik dan bakteri baik didalamnya cukup baik. Yoghurt mamu melawan pertumbuhan bakteri jahat yang menjadi penyebab keputihan tidak normal. Cara mengobati keputihan berwarna kehijauan dengan obat ini cukup mengkonsumsinya setiap hari, sama seperti pisang yoghurt juga mampu melancarkan pencernaan menjadi lebih lancar dan sehat.

  1. Air putih

Sudah bukan lagi rahasia bahwa seseorang yang banyak mengkonsumsi air putih akan selalu sehat tubuhnya. Hal ini dikarenakan air putih merupakan antioksidan alami yang penting bagi tubuh, isa mampu menetralisir racun yang mengendap dalam tubuh melalui saluran sekresi yang telah diolah oleh ginjal kita. Jadi, dengan keluarnya racun tersebut akan membuat proses metabolism dalam tubuh kita menjadi lebih cepat. Selain itu mineral penting yang ada di dalam air putih mampu membersihkan penumpukan virus dan bakteri yang dapat menyerang organ reproduksi wanita. Maka dari itu biasakan minum air putih setiap harinya, minimal 8 liter setiap hari.

  1. Sari cuka apel

Kandungan alami sari cuka apel memang sudah lama dipercaya untuk mengobati keputihan tidak normal pada wanita. Keseimbangan pH juga bisa stabil dengan rutin mengkonsumsinya karena terdapat bakteri baik dalam oragan kewanitaan dan mengurangi aroma tidak sedap dari keputihan yang muncul. Selain mengobati keputihan tidak normal, obat ini juga menjadi cara mengobati kutil kelamin dengan cuka apel secara efektif dan juga memiliki fungsi baik yang sama tentunya. 

Sponsors Link

  1. Bawang putih

Apapun masakan yang dimasak, ditumis atau dicampur dengan bahan rempah yang satu ini akan terasa nikmat sekali di lidah. Karena di dalamnya mengandung zat penting yang berguna sekali untuk tubuh manusia, zat antijamur dan antibakteri tersebut manjur untuk mengobati keputihan tidak normal. Mungkin jika kita makan secara langsung akan menilmbulkan rasa panas tidak enak pada lidah, namun anda bisa mencampurnya dalam masakan dengan porsi bawang putih yang agak banyak. Anda juga bisa menelan anakan bawang putih secara langsung seperti menelan obat. Konsumsi bawang putih setiap hari seccara teratur, agar bakteri yang akan masuk ke organ kewanitaan dapat terhambat.

  1. Daun sirih dan daun sambiloto

Daun sirih dan daun sambiloto sudah dikenal masyarakat luas karena khasiatnya yang mampu menjadi pembersih vagina yang mudah didapatkan dengan harga yang tidak mahal. Zat alami yang dikandung daun sirih adalah ani bakteri dan antijamur yang sama seperti kandungan bawang putih. Cara mengkonsumsinya adalah ambil beberapa lembar daun sirih atau daum sambiloto, kemudian cuci bersih, dan rebus hingga mendidih. Anda dapat meminumnya ketika pagi atau sore hari. Lakukan pengobatan ini secara rutin hingga penyakit keputihan abnormal sembuh total. 

ads

  1. Biji ketumbar

Menggunakan biji ketumbar adalah cara mengobati keputihan menggumpal yang paling efektif. Karena dengan menggunakan metode pengobatan ini, tidak akan ada efek samping yang akan timbul. Di dalamnya terkandung kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C yang memiliki efek mendukung tubuh untuk menyembuhkan diri dari penyakit keputihan tidak normal.

  1. Lidah buaya

Kandungan seperti antioksidan alami, vitamin A dan C serta vitamin E yang membantu fungsi baik dari semua anggota tubuh. Tanaman ini memang sudah banyak yang menggunakannya sebagai obat-obatan. Cara mengkonsumsinya sebagai media pengobatan adalah dengan membalurkan langsung gelnya ke vagina untuk mengurangi keputihan abnormal atau dengan meminum air rebusan lidah buaya yang sebelumnya telah dipisahkan dari lendirnya. Anda harus rajin mengkonsumsinya setiap hari, agar rasas gatal atau tidak nyaman pada vagina juga segera berkurang.

  1. Bersihkan vagina dengan benar

Salah satu akibat sering keputihan yang paling banyak dialami para wanita adalah tidak menjaga kebersihan vaginanya dengan benar. Hal ini tentu bisa dirasakan oleh penderitanya langsung. Padahal menjaga kebersihan hukumnya menjadi wajib jika ingin kesehatan reproduksinya selalu sehat. Anda bisa memulainya dengan membersihkan vagina dari belakang ke depan, hindari melakukan seks bebas yang dapat menimbulkan kecemasan fisik serta psikis dan hindari kebiasaan merokok. Cara yang yang terbilang mudah ini pun masih banyak dilanggar dan mereka hanya mementingkan kepuasan pribadi. Sadarilah bahwa kesehatan anda adalah diri anda sendiri yang sebaik-baiknya mampu menjaga.

  1. Gunakan celana berbahan katun dan tidak ketat

Selain hal penting diatas kita juga perlu menerapkan budaya hidup sehat dengan cara mengobati keputihan abnormal dengan membiasakan diri pada hal sederhana seperti tidak menggunakan celana dalam ketat dan berbahan katun. Karena vagina butuh udara untuk menjaga sirkulasi udara terkait kelembabannya yang tidak boleh berlebihan. Celana dalam juga harus diganti miniman sehari 2 kali, hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan menghindarkan vagina dari bakteri yang mungkin menyerangnya. Hindari wewangian berlebih pada celana dalam untuk mencegah hal burukyang tidak diinginkan.

  1. Gunakan kondom saat berhubungan seks

Penyebab keputihan abnormal yang paling umum terjadi adalah budaya seks bebas yang terus merajalela tanpa mengenal lelah bagi penikmatnya. Tak heran, jika menggunakan kondom memang mengurangi rasa nikmat dari seks dan kepuasan akan hal tersebut menjadi berkurang. Tapi jangan pikirkan hanya dari sisi itu saja, karena kondom sangat penting sebagai cara pencegahan penyakit menular seksual yang mudah dilakukan. dan jika dilanggar maka akibat buruknya akan anda terima sendiri. penderita keputihan juga tidak dianjurkan melakukan hubungan seks hingga penyakitnya sembuh dengan baik, karena pada organ kewanitaannya masih terdapat banyak bakteri, yang ditakutkan adalah penularan virus dari vagina ke organ pria yang tidak diduga.

Sponsors Link

  1. Jangan gunakan sabun kewanitaan, bahkan berbahan herbal

Sabun kewanitaan memiliki kandungan yang tidak dianjurkan untuk membersihkan kemaluan wanita. Karena jika anda terbiasa menggunakan sabun ini maka pH tidak akan seimbang, dan flora baik pada vaginapun akan ikut mati. Sehingga sudah pasti jelas jika kesehatan pragan kewanitaan pun akan ikut terganggu. Untuk membersihkan vagina cukup gunakan air bersih biasa dan lakukan cara membersihkan kemaluan setelah haid dengan benar. Karena apa? Darah yang tersisa setelah haid terkadang masih kurang bersih bahkan tidak dihiraukan ketika mandi besar. Jadi anda perlu memahami cara diatas agar kesehatan vagina juga terjamin.

Demikianlah cara mengobati keputihan abnormal yang bisa dilakukan dirumah kapan dan dimana saja. Lakukan pengobatan dengan niat yang baik, benar-benar untuk mencapai kesembuhan. Jangan perdulikan perkataan orang lain yang menganggap bahwa apa yang anda lakukan hanya buang-buang waktu saja, tapi yakinkan pada diri anda bahwa pengobatan tradisional tidak akan menimbulkan efek samping di kemudian hari. Dengan begitu akan membawa pikiran yang baik bagi tubuh anda juga.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan