Sponsors Link

9 Cara Mengobati Kapalan yang Sudah Terkelupas Dengan Cepat dan Efektif

Sponsors Link

Kapalan pasti merupakan hal yang sangat mengganggu penampilan, khususnya bagi para wanita yang selalu ingin terlihat mulus dan sempurna. Meski kapalan sering terjadi di bagian tubuh yang tidak terlalu banyak dilihat, namun tetap saja keberadaannya akan mengganggu penampilan. Oleh karena itu, tidak heran jika begitu banyak orang yang mencari cara mengobati kapalan, meski kapalan tidak termasuk dalam jenis-jenis penyakit kulit yang berbahaya.

ads

Kapalan lama kelamaan akan terkelupas dengan sendirinya. Hal ini tentu akan membuat penampilan semakin terganggu. Tidak hanya itu, kapalan yang terkelupas jika tidak segera ditangani bisa menimbulkan rasa perih karena kulitnya yang rusak. Maka tidak heran jika cara mengatasi kulit mengelupas harus dilakukan untuk mencegah kulit semakin rusak. Berikut ini adalah cara mengobati kapalan yang sudah terkelupas untuk membantu Anda mengobatinya:

  1. Rendaman air hangat

Cara pertama untuk mengobati kapalan yang sudah terkelupas adalah dengan merendam area yang kapalan dengan air hangat. Diamkan selama kurang lebih 20 menit sehingga kulit yang terkelupas tersebut melunak. Gosok-gosok kulit di sekitar kapalan perlahan-lahan agar kulit yang terkelupas bisa terangkat.

  1. Oleskan pelembab kulit

Pelembab kulit akan sangat membantu mengobati kapalan yang sudah terkelupas. Anda bisa mengoleskan pelembab kulit ini setelah merendam area yang kapalan dan mengeringkannya dengan handuk lembut. Oleskan pelembab ini menggunakan kasa. Anda juga bisa mengganti pelembab dengan cairan yang mengandung asam salisilat untuk membantu melembabkan dan mengangkat sel kulit mati. Menggunakan pelembab kulit juga sangat efektif sebagai cara mengatasi kulit kering sehingga kapalan tidak terjadi lagi.

  1. Lakukan scrubbing

Scrubbing atau eksfoliasi kulit tidak hanya menjadi cara menghilangkan bekas koreng, tetapi juga sangat membantu untuk mengangkat kulit yang terkelupas dari kapalan. Untuk membuat scrubbing terasa nyaman, pilihlah scrub dengan butiran-butiran yang lembut dan tidak terlalu kasar. Selain itu, Anda juga bisa memilih bahan scrub yang mengandung pelembab, sehingga selain mengangkat sel kulit mati, Anda juga melembabkan area kapalan dan membuat kulit yang baru menjadi lebih lembut.

  1. Gosok dengan batu

Anda mungkin cukup sering menemui batu apung yang dijual di toko peralatan mandi. Batu apung ini juga sangat membantu untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga cukup baik untuk digunakan sebagai cara mengobati kapalan yang sudah terkelupas. Gosok batu perlahan-lahan di area kulit yang membutuhkan. Namun, yang perlu diingat adalah jangan menggosok batu terlalu keras atau berlebihan karena bisa membuat kulit terluka dan malah teriritasi.

  1. Cuci bersih area yang dibersihkan

Jangan lupa untuk mencuci bersih area yang terkelupas. Hal ini karena kulit yang terkelupas membuat area kulit tersebut menjadi lebih sensitive dan membutuhkan perlindungan dari kuman dan kotoran. Oleh karena itu, pastikan tangan dan kaki Anda bersih, terutama setelah kulit terkelupas telah terangkat.

  1. Gunakan sepatu yang nyaman
Sponsors Link

Kapalan atau callus sering disebabkan karena gesekan kulit terhadap benda tertentu secara berulang. Maka, tidak heran jika kapalan sering muncul di kaki atau jari-jari kaki. Untuk itu, setelah mengobati kapalan, jangan lupa untuk mengganti sepatu dengan bahan yang lebih nyaman dan lembut untuk kaki Anda. Selain itu, pastikan juga ukuran sepatu yang Anda gunakan pas pada kaki Anda.

  1. Rawat kulit dengan baik

Perawatan kulit sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Anda perlu untuk mengoleskan pelembab di area-area yang mudah kapalan sehingga area kulit tersebut tidak mudah kering dan muncul kapalan. Fokuskan lotion pelembab pada area tumit dan jari-jari kaki. Anda juga bisa memakai handcream yang melembabkan setiap beberapa jam. Hal ini sangat penting, terutama jika Anda banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC. Dengan melakukan cara ini secara teratur, kapalan yang terkelupas akan terobati, sekaligus Anda mencegah munculnya kapalan yang baru.

  1. Minum cukup air putih
Sponsors Link

Sudah disebutkan secara singkat sebelumnya, kapalan sering disebabkan oleh gesekan kulit terhadap benda tertentu yang terjadi secara konstan. Gesekan ini akan mudah terjadi dan memicu kapalan terutama ketika kulit tersebut kering. Maka, Anda perlu mencukupi kebutuhan air di tubuh Anda untuk mencegah kapalan, sekaligus mengobati kapalan yang sudah terkelupas. Dengan minum air yang cukup, Anda telah membantu memenuhi kebutuhan cairan di tubuh Anda. Tidak hanya badan menjadi sehat, kulit pun akan menjadi lebih lembab karena kebutuhan air pada sel-sel kulit tercukupi.

  1. Konsumsi banyak buah dan sayur

Selanjutnya, Anda juga harus banyak mengkonsumsi buah dan sayuran serta aneka makanan sehat untuk kesehatan kulit. Buah dan sayuran akan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Selain bisa mencegah kapalan dating kembali, Anda juga bisa mencegah penyakit kulit lainnya. Kulit pun bisa tampak sehat dan bercahaya yang membuat Anda lebih percaya diri.

Dalam dunia medis, kapalan dikenal dengan istilah callus. Kapalan sering ditemukan di kaki, jari jemari, tumit, dan tangan. Biasanya, kulit yang terkena kapalan akan terasa keras dan kasar ketika diraba. Selain itu, area kapalan juga memiliki sensitivitas yang rendah terhadap sentuhan sehingga kinerja kulit sebagai indera peraba menjadi terganggu. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan