Sponsors Link

15 Cara Mengobati Kanker Kulit Secara Alami

Sponsors Link

Kanker kulit merupakan salah satu penyakit kanker yang menyerang daerah kulit paling luar tubuh sehingga mudah terlihat jelas tanda-tandanya. Kanker kulit lebih mudah menyerang pada orang yang memiliki pigmen kulit berwarna putih karena orang kulit putih hanya memiliki pigmen pelindung ultraviolet lebih sedikit dibanding orang kulit gelap. Penting untuk mengenali ciri dan gejala penyakit kanker kulit agar dapat segera mendapatkan diagnosis tepat waktu. Diagnosa yang tepat akan membantu mempercepat proses pengobatan kanker kulit.

ads

Kanker kulit ditandai dengan munculnya tahi lalat baru pada kulit dan tahi lakat lama yang berubah bentuk, warna dan ukuran. Tahi lalat baru akan muncul di bagian mana saja di kulit seluruh tubuh. Selain itu tahi lalat tersebut memiliki ukuran yang tidak wajar dan cenderung lebih besar daripada tahi lalat normal. Pada waktu tertentu tahi lalat akan menimbulkan pendarahan saat disentuh dan terasa kasar pada permukaan benjolan atau tahi lalat.

Penyebab kanker kulit secara umum ditemui adalah sebagai berikut :

  • Paparan sinar matahari. Melakukan banyak aktifitas di luar rumah dapat memudahkan sel-sel kanker berkembang dengan cepat.
  • Orang kulit putih. Pigmen warna kulit dapat menjadi factor pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubu. Orang kulit putih cenderung memiliki pigmen kulit yang lebih sedikit disbanding orang berkulit gelap.
  • Faktor keturunan. Jika keluarga memiliki riwayat kanker, maka resiko penularan kanker dapat terjadi.
  • Bahan kimia seperti arsenic, minyak bumi, aspal, dan batubara. Hal ini biasanya diderita oleh para pekerja yang berhubungan langsung dengan bahan kimia tersebut.
  • Benjolan atau luka yang tidak kunjung sembuh.
  • Memiliki banyak tahi lalat. Jumlah tahi lalat dapat bertambah oleh karena factor genetic dan radiasi dari sinar matahari.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah. Pada saat system imun di dalam tubuh menurun, penyakit mudah masuk ke dalam tubuh. Pada saat tubuh mengkonsumsi obat-obatan, system imun dalam tubuh akan berkurang.
  • Penyakit kulit seperti lepra dan lupus. Luka bakar.
  • Transplantasi organ. Dapat terjadi pada penderita HIV/AIDS yang melakukan transplantasi organ.

Sel kanker dapat berkembang dengan cepat, namun apabila ditangani dengan tepat akan mengurangi sel jahat penyebab kanker dalam tubuh. Berikut ini adalah 15 cara mengobati kanker kulit secara alami :

  1. Buah Kurma

Sudah bukan rahasia umum bahwa buah kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Buah kurma memiliki banyak nutrisi seperti zat anti oksidan, kalium, zat besi, sulfur, Vitamin A, B2, B12, Vitamin C, mangan, selilosa dan karbohidrat. Kandungan tersebut dapat menghambat dan mematikan sel-sel kanker dalam tubuh. (baca juga: Macam-macam penyakit herpes)

  1. Buah Apel

Buah apel yang dipercaya membuat kulit tampak segar selain memiliki kandungan serat, vitamin C, dan karoten juga tinggi akan senyawa anti oksidan dan senyawa kimia yang dapat melindungi tubuh pada saat terpapar sinar matahari secara langsung, membantu mencegah regenerasi sel kanker dan membunuh sel-sel kanker tersebut. Namun bila mengkonsumsi buah apel secara berlebihan dapat membuat gigi rusak dan berat badan meningkat. Cara mengkonsumsinya cukup dimakan secara langsung atau dihaluskan menjadi jus. (baca juga : Obat tradisional sipilis)

  1. Buah Alpukat

Buah alpukat yang tinggi akan serat selain kaya akan vitamin E, vitamin C, asam folat, dan baik untuk jantung juga dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit. Buah alpukat diperkaya kandungan antiosidan yang dapat mengurangi radikal bebas pada kulit untuk mencegah penyebaran sel-sel kanker yang buruk bagi tubuh dan membantu tubuh melakukan regenerasi sel untuk menggantikan sel-sel yang rusak.

Sponsors Link

Artikel terkait :

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan pengobatan tradisional yang banyak digunakan sejak jaman dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah kanker kulit. Sifat anti kanker pada kandungan minyak kelapa dapat membunuh sel-sel jahat kanker dan mengurangi efek samping yang timbul akibat kemoterapi penderita kanker. (baca juga : Penyakit Impetigo Penyebab Gejala dan Pengobatan pada Anak Dewasa)

  1. Kacang Merah

Kacang merah adalah jenis kacang-kacangan dengan harga terjangkau namun sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak antioksidan tinggi, serat, zat besi, tembaga, magnesium, dan seng. Kandungan tersebut dalam kacang merah dapat melawan sel kanker pada tubuh. (baca juga : Cara penularan kutil kelamin)

  1. Bayam

Sayur bayam selain enak dimakan dan sayuran yang rendah kalori juga mengandung serat yang tinggi, vitamin A, vitamin C, asam folat, flavonoid, dan zat besi yang tinggi. Kandungan di dalam daun bayam tersebut dapat mengurangi resiko terserang berbagai macam penyakit kanker, salah satunya adalah kanker kulit. Senyawa pada bayam dapat membantu membuang racun di tubuh dan membantu mencegah penyebaran kanker ke organ lain. (baca juga : Campak rubella)

ads
  1. Terong

Terong berwarna ungu merupakan salah satu makanan mudah didapat dengan harga murah namun memiliki zat gizi tinggi yang dapat meningkatkan libido, menurunkan kolesterol dalam darah, dan antikanker. Senyawa yang terdapat di dalam buah terong dapat menetralkan sel-sel penyebab penyakit kanker kulit. (baca juga : Penyebab cacar air)

  1. Buah Mengkudu

Buah mengkudu walaupun memiliki rasa pahit dan bau yang menyengat, namun dibalik itu buah mengkudu memiliki kandungan zat yang dapat menghambat pembentukan dan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh dan mencegah penularan sel-sel kanker ke organ tubuh yang lain. Konsumsi mengkudu menggunakan madu untuk mengurangi rasa pahit pada buah mengkudu. (baca juga : Obat pembunuh virus HPV)

  1. Minyak zaitun

Bagi penderita kanker kulit sebaiknya ganti penggunaan minyak biasa dengan minyak zaitun. Minyak zaitun menurut penelitian dapat memecah sel-sel kanker dalam tubuh penderita. Bagi perempuan yang sedang melakukan diet, konsumsi salad dengan minyak zaitun secara rutin untuk mengatasi kanker di dalam tubuh. (baca juga : Gejala penyakit kelamin)

  1. Tomat

Tomat yang sering kita konsumsi sehari-hari ternyata memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh. Selain kaya akan vitamin C, tomat juga mengandung banyak koloid, zat besi, dan zat fosfor yang efektif untuk membantu tubuh melawan sel-sel kanker. Konsumsi tomat dicampur dengan bawang putih dan bawang merah akan menambah khasiat anti kanker. (baca juga : Trikomoniasis)

  1. Buah Anggur

Buah anggur merupakan buah antikanker yang paling manjur karena memiliki banyak kandungan polifenol yang dapat menghambat perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain itu senyawa antioksidan di dalam buah anggur juga dapat meregenerasi sel-sel mati akibat kanker dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Konsumsi jus anggur setiap hari untuk mencegah penyakit kanker dan mempercepat penyembuhan kanker.

Artikel terkait :

  1. Labu siam

Labu siam mengandung senyawa flavonoid yang dapat mengikat radikal bebas dalam tubuh yang dapat terbentuk menjadi sel kanker. Selain dapat dikonsumsi secara langsung untuk mencegah kanker, labu siam juga dapat dijadikan ekstrak berbentuk oles yang digunakan dengan cara mengoleskan pada tahi lalat yang diduga sebagai gejala kanker kulit. (baca juga : Penyakit kulit eksim)

  1. Teh hijau

Kandungan utama pada teh hijau adalah polifenol. Polifenol dapat menghasilkan senyawa anti oksidan lebih kuat dibanding vitamin C dan vitamin E. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin setiap hari dapat menghambat pertumbuhan penyakit kanker dalam tubuh. (baca juga : Penyakit kurap kering)

Sponsors Link

  1. Wortel

Wortel yang sering dikonsumsi sehari-hari memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, karoten, dan mineral yang memiliki banyak kandungan bermanfaat. Konsumsi jus wortel atau dapat juga ditambahkan nanas dan lemon dapat membantu mengurangi sel-sel kanker jahat di dalam tubuh kita. (baca juga : Makanan sehat untuk kesehatan kulit)

Selain 15 cara mengobati kanker kulit secara alami, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu mencegah tubuh dari penyakit kanker kulit adalah :

  • Hindari paparan sinar matahari langsung pada pukul sepuluh pagi sampai sore.
  • Selalu gunakan tabir surya saat keluar rumah.
  • Gunakan pakaian yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.
  • Jangan terlalu sering melakukan aktivitas berjemur dibawah sinar matahari langsung untuk menggelapkan warna kulit.
  • Lakukan pengecekan pada kulit secara teratur baik dari diri sendiri maupun cek up ke dokter.
  • Kurangi merokok. Sudah kita ketahui bahwa merokok dapat menyebabkan sel-sel kanker berkembang.
  • Melakukan olahraga secara teratur.
  • Hindari mengkonsumsi daging yang dimasak setengah matang.
  • Hindari konsumsi makanan yang mengandung banyak pengawet.
  • Jangan menggunakan make up atau perawatan wajah secara sembarangan.
  • Hindari mengkonsumsi alcohol secara berlebihan. (baca juga : Ciri-ciri sipilis)

Jika sudah mengetahui faktor resiko yang menimbulkan kanker kulit, dapat mencegah kita terhindar dari kanker kulit. Namun mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung antioksidan tinggi speerti buah-buahan dan sayur-sayuran dapat membantu pencegahan lebih tinggi. Semoga 15 cara mengobati kanker kulit secara alami diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan