Sponsors Link

12 Cara Mengobati Hernia Inguinalis yang Mudah Tanpa Efek Samping

Sponsors Link

Hernia inguinalis adalah sebuah kelainan pada tubuh yang terjadi ketika organ dalam tubuh menonjol keluar ke tempat yang tidak seharusnya. Hal ini disebabkan oleh lemahnya struktur penyangga atau otot. Hernia inguinalis juga memiliki beberapa jenis, macam-macam penyakit hernia yang dimaksud seperti hernia skrotalis, hernia femoralis hingga hernia uncalis. Masing-masing dari jenis tersebut dibedakan oleh tempat dimana ia menonjol. Untuk hernia inguinlais sendiri, biasanya terdapat kelainan pada usus yang keluar dari rongga perut melalui dinding perut bagian bawah dekat dengan alat kelamin dan bukan bercak di ujung kelamin pria. Penderitanya kebanyakan adalah kaum pria, belum diketahui pasti kenapa wanita jarang sekali yang menderita penyakit ini. Dan pada pria akan membuat benjolan pada kantung skrotum yang terasa sakit dan panas.

ads

Beberapa peneliti hingga tim medis berlomba-lomba untuk dapat menemukan ide yang tepat tentang cara mengobati hernia inguinalis secara tepat guna dan tepat sasaran. Diantara mereka juga telah menemukan teknik pengobatan baik melalui operasi, obat tradisional hingga pengobatan sederhana yang bisa dilakukan dirumah. Berikut ini adalah pengobatan hernia inguinalis yang bisa anda coba di rumah :

  1. Telur ayam kampung

Hernia inguinalis sering disebut dengan penyakit turun berok. Anda bisa melakukan pengobatan dengan menggunakan telur ayam kampung yang baik kualitasnya. Cara menyembuhkan hernia yang satu ini tergolong unik dan banyak juga yang menerapkannya di rumah. Sebelum membuat ramuan, pastikan dahulu bahwa telur telah dicuci bersih, sehingga nantinya tidak ada kuman yang ikut tertuang dalam ramuan yang akan anda minum. Cara membuatnya adalah masukkan kuning telur dalam gelas dan campur  madu , lalu beri sedikit air panas kurang lebih sampai setengah gelas. Aduk hingga rata dan minumlah obat tradisional ini setiap pagi setiap hati. Efek yang akan ditimbulkan dari ramuan ini sungguh diluar dugaan lho, rasa sakit pada hernia sedikit demi sedikit kan berkurang karena kandungan teluar ayam kampung yang kaya akan protein, memperbaiki struktur jaringan otot yang lemah termasuk mengobati titik dimana hernia terasa sakit sekali.

  1. Kulit manggis

Usahakan selalu minum air putih sebelum bangun tidur yang setelah bangun tidur di pagi hari. Air putih merupakan antioksidan alami, penetral racun dan bisa membersihkan usus yang bermasalah pada penyakit hernia inguinalis. Minum air putih minimal 8 liter sehari, buang air kecil juga akan menjadi lancar jika anda rutin minum air putih.

  1. Daun sirsak

Sama seperti kulit manggis, daun sirsak juga memiliki manfaat yang sama yakni sebagai cara mengobati hernia inguinalis yang mudah dilakukan di rumah. Daun ini mengobati lebih cepat dan efektif bahkan dari pengobatan medis yakni kemoterapi sekalipun. Seperti cara mengobati sipilis dengan daun sirsak yang caranya sama, yakni dengan cara di rebus dan diminum airnya. Tanpa efek samping dan tentunya ramah lingkungan. Caranya adalah ambil 6-8 lembar daun sirsak, cuci bersih dan rebus bersama 2 gelas air saja. Jangan terlalu banyak air, agar sari yang anda dapatkan juga banyak dan bisa merasuk langsung pada sakit hernia anda.

  1. Yoghurt

Yoghurt adalah sebuah produk yang bersal dari olahan susu sapi yang di fermentasi. Banyak kandungan nutrisi yang ada di dalam yoghurt untuk penyembuhan hernia inguinalis. Namun sayangnya tidak semua orang bisa mengkonsumsi yoghurt, bagi mereka yang alergi pada laktosa dan perut sensitif disarankan untuk menggunakan cara pengobatan yang lain saja. Jika dilanggar biasanya akan terjadi bisul timbul karena adanya alergi pada susu. Laktosa sendiri adalah proses pemecehan oleh susu sapi dan gula yang nantinya diolah menjadi bahan yang bermanfaat lain selain susu sapi tersebut. Laktosa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus, terutama pada usus yang menonjol atau turun berok. Siste pencernaan akan dijaa dengan sangat baik, jadi ketika anda menderita hernia inguinalis pencernaan anda akan tetap berfungsi baik. Sebaiknya konsumsi yoghurt dengan rasa plain atau tawar, agar pengobatan berlangsung efektif. 

Sponsors Link

  1. Akar manis

Akar manis merupakan pengobatan dengan cara tradisional yang masih digunakan hingga pada dunia modern seperti saat ini. Khasiatnya yang manjur untuk mengobati hernia inguinalis membuat tanaman ini masih digunakan hingga sekarang. Akar manis mampu mengurangi rasa nyeri akibat hernia inguinalis dan menguatkan kembali otot yang tadinya melemah. Cara membuat ramuan obat dari tanaman ini mudah sekali, anda bisa menumbuknya hingga halus tapi sebelumnya cucilah terlebih dahulu. Campurlah tumbukan tadi ke dalam segelas susu hangat siap minum. Gunakan susu dairy untuk campurannya, jangan menggunakan susu biasa yang dijual di pasaran. Rebusan akar manis adalah salah satu alternatif jika anda alergi terhadap lakotasa seperti yang telah kita bahas sebelumnya.

  1. Memasukkan jari atau menutup mulut saat kambuh

Cara ini mungkin sedikit aneh dan jika dibayangkan mungkin ada sebagian orang yang merasa jijik. Namun ternyata keanehan inilah yang bisa membuat rasa sakit pada hernia inguinalis bisa berkurang. Ketika hernia kambuh, langsung masukkan saja jari anda ke dalam mulut. Hal ini akan menghambat reaksi ingin muntah akibat hernia. Tapi jangan masukkan jari anda setelah makan, karena anda malah bisa jadi muntah saat itu juga. Ingatlah bahwa cara ini bukan hal paten, tapi hanya dilakukan ketika keadaan terdesak saja. 

ads

  1. Teh chamomile

Teh herbal chamomile ini adalah rempah-rempah dari tanaman yang memiliki khasiat penting untuk kesehatan tubuh. Konsumsi teh herbal ini setiap hari dengan air hangat minimal 2 kali sehari. Jika anda rajin meminum obat ini, niscaya penyakit hernia inguinalis anda akan sembuh. Asalkan anda yakin bahwa kesembuhan pasti anda dapatkan.

  1. Mengurangi kebiasaan merokok

Mengurangi kebisaan merokok adalah cara pencegahan sekaligus pengobatan hernia inuginalis yang hampir sama dengan pengobatan herpes simplex. Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung dan sebagai jalur pendukung masuknya sebuah penyakit apapun menyerang tubuh kita. Kebiasaan tersebut tidak dapat dihilangkan dengan cara instant, namun harus melalui beberapa tahap. Yang paling penting adalah niat untuk tidak merokok inilah yang kadang sulit didapatkan oleh pecandu rokok.

  1. Hindari stress agar tubuh rileks

Mengelola pikiran adalah cara untuk mencegah penyakit mudah masuk pada tubuh kita. Sebisa mungkin jaga pola pikir anda agar tidak terlalu stress dan berpikir terlalu berat. Imbangi juga dengan kegiatan yang bertujuan untuk menghibur diri, seperti melihat film, mendengarkan musik atau pergi bersama anggota keluarga. Karena beban berat yang di pikiran bisa membuat seseorang mudah terserang suatu penyakit.

  1. Perbanyak minum air putih

Kulit manggis sudah lama dipercaya untuk mengobati hernia inguinlais dan berbagai macam penyakit seperti kanker prostat, tumor ovarium hingga benjolan di dekat kelamin pria maupun wanita dengan cara yang mudah dilakukan. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara ambil kulit manggis yang telah dipisahkan dari buahnya. Kulit manggis yang biasa digunakan untuk pengobatan adalah yang sudah dikeringkan berhari-hari hingga terlihat sangat kering kerontang. Sebelum merebusnya pastikan anda telah mencuci kulit manggis dengan air bersih. Lalu rebus kulit manggis bersama 1-2 gelas air, jika sudah matang lau saring dan ambil airnya. Minum airnya teratur setiap hari pada pagi hari atau malam sebelum tidur. Jika anda telaten melakukan, pasti dengan izin tuhan penyakit anda akan sembuh perlahan-lahan. Selain kulitnya yang bisa dijadikan untuk pengobatan, buah manggis sendiri juga kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan anda.

  1. Latihan fisik ringan

Latihan fisik ini ialah nama lain dari olahraga, penderita hernia inguinalis sebenarnya tidak boleh terlalu banyak melakukan aktifitas berat seperti mengangkat beban dan lari, karena ditakutkan akan menyebabkan otot perut menjadi lemah kembali. Namun olahraga yang tepat adalah dengan latihan fisik ringan seperti mengangkat kaki ke depan dan ke belakang hingga pinggang, seperti posisi lilin. Kemudian sandarkan juga kaki pada tembok agar tidak terasa pegal, ini juga berguna melemaskan otot-otot pada kakai anda. Latihan ini dianggap cukup ampuh sebagai cara mengobati hernia inguinalis atau turun berok, karena gerakkan mengurut perut ke atas hingga ke bawah pusar akan membantu menaikkan kembali jaringan otot yang tadinya menurun. Konsumsi juga makanan sayur dan buah untuk penderita hernia agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. Kurangi makan-makanan berlemak, bersantan atau makanan lain yang menyebabkan penyakit hernia inguinalis bertambah parah. 

Sponsors Link

  1. Jangan tidur terlalu malam

Tidur terlalu larut malam sangat tidak baik untuk tubuh, apalagi jika hal itu masih dilakukan oleh penderita hernia inguinalis. Anda harus menata jam istirahat anda dengan baik, karena obat dari penyakit juga mengatur gaya hidup sehat dengan istirahat cukup setiap harinya. Jangan gunakan obat-obatan yang membat anda tidur lelap, karena ketergantungan pada obat tersebut juga akan memicu penyakit lainnya. Dan jika terlalu banyak dikhawatirkan menjadi overdosis.

Itulah beberapa cara mengobati hernia inguinalis yang mudah dan aman tanpa efek samping. Bisa anda lakukan di rumah atau di manapun anda berada. Selain pengobatan sederhana tersebut anda bisa memilih pengobatan melalui medis yang tentunya tetap memiliki efek samping. Jika setelah melakukan pengobatan penyakit tak kunjung sembuh dan malah bertambah parah, segera hubungi dokter untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Jangan sepelekan penyakit ini meski belum ada hal yang menjadi pertanda bahwa gejala penyakit ini menunjukkan dirinya berbahaya.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan