Sponsors Link

Cara Mengobati Eksim Dengan Madu Terbukti Paling Efektif

Sponsors Link

Madu telah lama dikenal memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan, salah satunya sebagai cara mengobati eksim. Madu yang mengandung begitu banyak zat bermanfaat memang sangat baik untuk digunakan sebagai perawatan kulit. bakteri memiliki manfaat untuk membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh melalui proses detoksifikasi atau pembuangan racun dan kuman dari dalam tubuh. Dengan proses inilah madu memberi manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

ads

Tidak hanya itu, madu yang dikonsumsi secara langsung juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Dengan daya tahan tubuh yang terjaga, maka penyebab aneka penyakit pun akan jauh dari kita, termasuk penyebab penyakit eksim basah dan kering. Penyakit eksim sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu eksim atopik, eksim numular, neurodermatitis, eksim statis, eksim seboroik, eksim dishidrotik, eksim verikosa, dan eksim diskoid. Namun, di masyarakat kita umumnya hanya dikenal 2 jenis eksim, yaitu eksim basah dan eksim kering.

Perbedaan eksim basah dan eksim kering pada dasarnya terletak pada penampakannya, dimana eksim basah menunjukkan keluarnya cairan sehingga eksim akan terlihat bbasah. Sementara itu, eksim kering hanya terlihat sebagai kulit yang kering dan kasar. Namun, kedua jenis eksim ini memiliki kesamaan, yaitu rasa gatal yang ditimbulkan sangat hebat. Kedua penyakit ini juga mudah menyebar ke bagian kulit yang lain dan mudah kambuh.

Di toko obat atau apotek mungkin telah banyak tersedia obat-obatan yang ditujukan untuk cara mengobati eksim. Obat-obatan tersebut mungkin cukup efektif, namun tentu saja obat-obatan kimia tidak akan seaman obat-obatan alami. Salah satu obat alami untuk mengobati eksim, seperti yang telah kita bahas di awal, adalah madu. Maka, berikut ini akan kita bahas mengenai khasiat madu untuk eksim serta bagaimana cara mengobati eksim dengan madu tersebut. Simak terus, ya!

Manfaat Madu untuk Eksim

Madu merupakaan cairan yang mengandung banyak sekali vitamin yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, merawat kecantikan kulit, hingga sebagai suplemen kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh. Bahkan, madu bisa termasuk dalam obat eksim tradisional yang paling ampuh. Madu bisa membantu mengatasi penyakit kulit seperti gatal-gatal karena madu mengandung zat anti inflamasi dan antibakteri. Oleh karena hal inilah madu dipercaya juga berkhasiat untuk mengobati eksim.

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2003, yang diterbitkan dalam ‘Pelengkap Terapi di Medicine’, 80% dari pengguna madu salep yang ridak memiliki pengobatan sebelumnya mengalami peningkatan yang signifikan dalam mengobati gejala eksim. Tidak berhenti di situ, publikasi mengenai manfaat madu untuk penyakit eksim juga diterbitkan dalam ‘Jurnal Perawatan Luka’. Dalam jurnal tersebut disebutkan bahwa salep madu yang terbuat dari campuran madu, lilin lebah dan minyak zaitun bisa meringankan gejala gatal akibat eksim.

Madu mengadung flavonoid yang bisa menghambat terjadinya radikal bebas dimana radikal bebas ini bisa menjadi penyebab peradangan dan rasa gatal di kulit. Selain itu, madu juga bisa berfungsi sebagai anti alergi sehingga tentu saja bisa membantu mempercepat penyembuhan penyakit eksim. Bahkan antibakteri di dalam madu dihasilkan oleh enzim hydrogen peroksida yang dikenal sangat ampuh membunuh bakteri yang menyebabkan eksim kering menahun.

Untuk bisa mendapatkan manfaat madu untuk eksim di atas, Anda bisa melakukan beberapa cara yang variatif dan sangat mudah untuk dilakukan. Cara-cara ini bisa Anda coba sendiri di rumah.

Cara Mengobati Eksim dengan Madu

Telah sedikit dibahas di atas bahwa madu bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan jika diminum langsung. Selain itu,madu juga bisa digunakan sebagai obat oles topikal di area kulit yang mengalami masalah. Dari banyaknya elternatif cara, berikut ini beberapa cara mengobati eksim dengan madu yang bisa Anda coba:

Sponsors Link

  1. Diminum langsung

Rutin mengkonsumsi madu akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk mencegah reaksi alergi. Pengobatan dari dalam menggunakan madu ini bisa dilakukan dengan meminum madu secara langsung maupun mencampurnya dengan air. Di samping mengkonsumsi madu, Anda juga harus menyertainya dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Konsumsi air putih setidaknya 8 hingga 10 gelas air per hari. Cara ini bisa membantu memperlancar detoksifikasi tubuh sehingga racun dan bakteri dapat dikeluarkan dari tubuh. Anda juga bisa mengkonsumsi makanan untuk menyembuhkan eksim lainnya.

  1. Menggunakan madu sebagai obat oles

Selain pengobatan dari dalam, pengobatan secara eksternal pun dapat dilakukan dengan menjadikan madu sebagai obat oles. Dalam hal ini, Anda cukup mengoleskan madu murni ke permukaan kulit yang terkena eksim. Biarkan  madu meresap ke permukaan kulit selama beberapa menit, lalu bisa menggunakan air hangat hingga bersih.

Dengan mengoleskan madu ke permukaan kulit yang terkena eksim, anti bakterial yang dikandung oleh madu dapat mencegah kulit Anda terkena infeksi akibat menggaruk kulit yang gatal. Tentu hal ini dapat membantu proses peenyembuhan eksim. Tidak hanya itu, mengoleskan madu juga dapat membantu meringankan gatal-gatal yang dialami sehingga Anda pun tidak tergoda untuk menggaruk kulit yang bisa memperparah kondisi eksim.

Kedua cara mengobati eksim dengan madu di atas sebaiknya dilakukan secara bersamaan untuk mempercepat penyembuhan. Cara ini membutuhkan ketelatenan, namun tetap patut untuk dicoba mengingat caranya yang alami dan aman. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Herbal