Sponsors Link

3 Cara Mengobati Eksim Dengan Daun Sirsak yang Mudah dan Gampang

Sponsors Link

Daun sirsak mungkin belum terlalu dikenal khasiatnya untuk kesehatan, meski telah cukup banyak dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alami. Salah satu manfaat daun sirsak adalah untuk mengobati eksim yang tentu saja sangat menarik untuk dicoba. Sirsak Annona muricata memiliki kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi eksim. Apa sajakah itu? Di artikel ini akan kita bahas lengkap tentang penyakit eksim dan cara mengobati dengan daun sirsak. Simak terus, ya!

ads

Eksim adalah penyakit yang juga dikenal dengan nama eczema yang merupakan jenis penyakit kulit akibat kulit yang sensitif dengan zat atau bahan tertentu. Akibat sensitivitas kulit yang berlebihan ini, kulit memunculkan reaksi alergi yang muncul dalam bentuk kulit menjadi kemerahan dan gatal. Pemicu alergi bisa bermacam-macam dan tidak hanya muncul akibat bahan-bahan kimia, seperti makanan, minuman dan perlengkapan mandi dengan bahan tertentu. Paparan cahaya matahari dan faktor kejiwaan seperti stress juga bisa menimbulkan penyakit eksim di beberapa orang. Bahkan, ada beberapa anggapan bahwa mandi terlalu lama bikin eksim pada orang-orang tertentu.

Ada dua jenis eksim yang bisa diderita oleh seseorang berdasarkan penampakan eksim tersebut. Jenis yang pertama adalah eksim basah atau numularis dermatitis dan jenis yang kedua adalah eksim kering atau neuro dermatitis. Kedua jenis eksim ini akan membuat penderitanya mengalami rasa gatal yang sangat hebat di bagian kulit yang terkena eksim. Untuk lebih jelasnya seperti berikut:

  • Eksim basah ditandai dengan munculnya bintil berisi air dan basah. Ada banyak penyebab penyakit eksim basah, namun umumnya eksim jenis ini sering muncul di bagian tubuh yang lembab dan sering berkeringat, termasuk bagian kaki atau tumit.
  • Eksim kering ditandai dengan kulit yang menjadi lebih tebal dan terasa gatal. Bila penebalan kulit ini dikelupas, maka akan keluar cairan yang mengeluarkan aroma tidak sedap.

Kedua jenis eksim di atas sama-sama menunjukkan warna kemerahan. Selain penggolongan di atas, eksim, yang juga disebut dermatitis, juga memiliki beberapa jenis lainnya. Terlepas dari jenis-jenis dermatitis yang ada, umumnya seseorang yang mengalami eksim basah akan berubah menjadi eksim kering setelah beberapa waktu. Jika eksim kering ini terkelupas, maka eksim akan kembali berubah menjadi eksim basah. Hal ini berarti kedua eksim ini merupakan proses, bukan merupakan jenis yang berdiri sendiri. Lalu, bagaimana cara menyembuhkannya?

Mengobati Eksim dengan Daun Sirsak

Jika memang penyakit kulit eksim disebabkan oleh alergi terhadap bahan atau kondisi tertentu, bagaimana bisa daun sirsak membantu mengobati penyakit ini? Jawabannya ada pada kandungan yang dimiliki oleh daun sirsak yang mampu mengatasi eksim yang menyerang kulit.

Daun sirsak mengandung bahan kimia, salah satunya bernama Annonacin, yang berguna sebagai anti radang dan anti noceptive. Artinya, daun sirsak bisa memperingan alergi yang dialami tubuh dan membuat tubuh lebih bisa menahan sakit. Untuk bisa mendapatkan manfaat daun sirsak sebagai obat eksim, Anda bisa melakukan beberapa cara mengobati eksim menggunakan daun sirsak seperti berikut ini:

  1. Mengolahnya menjadi teh

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengolah daun sirsak menjadi teh. Dosis yang digunakan adalah 24 helai daun sirsak untuk setiap 60 kg berat tubuh. Jadi, jika Anda memiliki berat tubuh 120 kg, maka Anda membutuhkan 48 helai daun sirsak dan begitu seterusnya. Anda bisa merebus daun sirsak tersebut dan meminum airnya atau menumbuknya menjadi lebih halus dan kemudian menyeduh tumbukan daun sirsak tersebut.

Sponsors Link

Jika Anda tidak ingin repot mengolah daun sirsak sendiri, di pasaran telah tersedia juga daun sirsak yang sudah siap minum. Olahan ini telah tersedia dalam bentuk teh siap seduh maupun kapsul yang berisi daun sirsak bubuk. Anda harus mengkonsumsi daun sirsak ini secara teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sifat antibiotik, antibakteri dan anti noceptive dalam sirsak akan bisa mengobati penyakit eksim dalam 3 minggu dengan pemakaian teratur.

  1. Sebagai masker

Cara kedua dalam mengambil manfaat daun sirsak untuk mengobati eksim adalah dengan menjadikannya sebagai masker. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan menumbuk daun sirsak yang terlah dibersihkan hingga halus. Lalu, jadikan daun sirsak yang telah ditumbuk tersebut sebagai masker dengan mengoleskannya di permukaan kulit yang terdapat eksim. Biarkan selama beberapa menit kemudian bilas hingga bersih.

Sponsors Link

  1. Kompres daun sirsak

Jika Anda tidak ingin repot dengan langkah-langkah seperti merebus dan menumbuk daun sirsak, ada cara yang paling praktis untuk mengobati eksim dengan daun sirsak. Anda cukup mencuci bersih beberapa helai daun sirsak lalu remas-remas hingga sarinya lebih mudah keluar. Lalu, balurkan daun sirsak tersebut di atas kulit yang terdapat eksim. Biarkan selama 1 hingga 2 jam dan lakukan secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Metode ini juga efektif sebagai cara mengobati bisul secara alami.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengkombinasikan ketiga cara di atas, atau setidaknya mengkonsumsi daun sirsak sebagai teh dan juga melakukan pengobatan topikal atau oles. Kombinasi pengobatan dari dalam dan luar tubuh tentu akan memberi hasilyang lebih efektif dan juga aman.

Cara mengobati eksim dengan daun sirsak ini juga aman dicoba karena alami dan tidak mengandung bahan kimia apapun. Selamat mencoba, ya!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan