Sponsors Link

Inilah 6 Cara Mengobati Cacar Air di Sekitar Mata Paling Ampuh Langsung Sembuh

Sponsors Link

Masyarakat Indonesia secara umum percaya bahwa setiap orang setidaknya sekali dalam seumur hidup akan mengalami penyakit cacar. Penyakit cacar terutama cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Karakterisik utama dari penyakit ini adalah munculnya lenting-lenting berwarna merah yang berisi air bening. Selain menyebabkan gatal, penyakit cacar air juga kadang disertai dengan batuk, pilek, dan demam ringan.

ads

Mayoritas pengidap cacar air adalah wanita dewasa yang tengah hamil atau orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang buruk. Penyakit ini juga bisa merupakan indikasi dari adanya komplikasi infeksi virus herpes zoster. Anak balita biasanya mendapatkan vaksin untuk terhindari dari cacar tapi ketahui terlebih dahulu efek samping vaksin cacar air. Untuk alternatif penyembuhan, Anda bisa melakukan cara mengobati cacar air di mata dengan langkah berikut ini.

  1. Jangan Pernah Mengucek/Menggaruk Mata

Sifat cacar air memang akan terasa sangat gatal hingga penderitanya secara sengaja atau tidak akan mencoba menggaruk area mata yang dipenuhi dengan cacar. Akan tetapi, menggaruk atau mengucek area mata malah akan membuat cacar pecah dan menimbulkan infeksi yang lebih parah. Oleh karena itu, Anda perlu menahan diri untuk tidak menggaruk area tersebut.

Apalagi, virus cacar air adalah jenis virus yang mampu menyebar dengan cepat melalui media udara maupun barang bekas pakai. Jika sudah terinfeksi, seseorang hanya perlu waktu 11 hari untuk mendapatkan lenting-lenting kemerahan dan lebih dari dua minggu untuk sembuh. Mengonsumsi buah yang baik untuk cacar air bisa Anda jadikan alternatif untuk meminimalisasi keluhan.

  1. Mengompres dengan Air Hangat

Untuk menyiasati rasa gatal yang Anda dapat, cobalah mengompres area mata dengan air hangat. Anda bisa menggunakan kain atau handuk. Pastikan handuk yang Anda gunakan steril agar tidak memperburuk infeksi yang terjadi di area mata Anda. Cara yang paling aman adalah celupkan handuk pada air hangat, peras lalu kompres di area mata yang terasa gatal.

Sebagai bentuk pencegahan penyebaran, ada baiknya Anda memisahkan handuk sendiri dari handuk milik anggota keluarga yang lain. Jangan lupa untuk rutin mencuci handuk bekas digunakan dalam cara mengobati cacar air di mata untuk menghilangkan virus yang barangkali menempel.

  1. Mengonsumi Obat Antihistamin

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat, adalah hal yang lebih baik jika Anda memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, pengonsumsian obat Anda akan disesuaikan dengan saran dokter. Akan tetapi, obat-obat alergi jenis antihistamin bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi rasa gatal karena cacar air.

Jangan keliru, zat antihistamin yang diperkenankan untuk dikonsumsi adalah zat antihistamin yang terkandung dalam obat seperti obat CTM. Sementara itu jika zat antihistamin terkandung dalam bentuk salep maka Anda tidak dianjurkan untuk menggunakannya dalam rangka mengobati cacar air. Pilihan salep yang tepat untuk mengobati cacar air adalah salep calamine.

  1. Menggunakan Salep Calamine

Jika Anda enggan mengonsumsi obat oral, cara mengobati cacar air di mata dengan menggunakan obat atau salep untuk diaplikasikan bisa jadi alternatif. Hanya saja Anda perlu lebih berhati-hati agar  salep tidak masuk ke dalam kelopak mata. Jenis salep yang paling direkomendaiskan adalah salep calamine dan sejenisnya.

Salep calamine penggunaannya memang diperuntukkan mengatasi berbagai gangguan kulit seperti rasa gatal karena cacar air, luka lecet, sakit, dan iritasi. Botol calamine sebaiknya dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan. Pakailah media kapas untuk mengaplikasikan salep pada area mata yang dipenuhi cacar. Biarkan  mengering.

Sponsors Link

  1. Mengonsumsi Obat Antivirus

Penderita cacar air dewasa dengan keluhan ringan sesungguhnya tidak disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan antivirus. Sebab meski disebabkan oleh virus, cacar air biasanya akan sembuh sendiri seiring dengan waktu. Oleh karena itu, menjaga asupan makanan dan berhenti mengonsumi makanan penyebab kurap, cacar air dan penyakit kulit lainnya perlu dilakukan.

Akan tetapi, cacar air yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama serta diiringi dengan keluhan lain seperti demam tinggi saat cacar air maka penderita cacar di bawah usia 12 tahun diperbolehkan untuk mengonsumsinya. Akan tetapi, pengonsumsian obat antivirus tentu saja harus berada di bawah pengawasan dan resep dokter.

  1. Mengonsumi Obat-obatan Penunjang

Ada perbedaan cacar air dan campak yang mendasar. Cacar air biasanya tidak muncul sendiri. Cacar air selalu timbul dengan keluhan lain seperti rasa gatal dan nyeri yang tidak tertahankan serta demam. Untuk mengatasi keluhan-keluhan lain yang muncul, Anda disarankan untuk mengonsumsi obat-obatan penunjang seperti obat antipiretik untuk menurunkan panas serta obat analgesik untuk mengurangi rasa nyeri.

Sponsors Link

Ada banyak jenis obat analgesik dan antipiretik yang bisa Anda temukan di berbagai apotek dan toko obat. Untuk hasil terbaik dari cara mengobati cacar air di mata, konsultasikan penggunaan obat-obatan tersebut dengan dokter pribadi Anda. Hal tersebut dimaksudkan untuk meminimalkan risiko komplikasi yang barangkali akan terjadi.

Selain dengan enam cara di atas, cara paling mendasar yang perlu Anda lakukan untuk terhindar dan bisa mengobati cacar air di sekitar mata adalah dengan tetap menjaga kebersihan. Meski Anda mengalami cacar air, tidak lantas membuat Anda berhenti mencuci wajah atau mandi. Sebab bayi yang sudah imuninasi masih kena cacar air sering terjadi.

Agar terhindar dari risiko buruk, gunakanlah sabun ringan atau sabun yang biasa diperuntukkan bagi bayi atau balita. Sabun jenis tersebut cocok untuk kulit yang sensitif karena mengalami cacar air. Lekas keringkan tubuh menggunakan handuk dengan hati-hati dan jangan sampai mengusik cacar air hingga membuatnya pecah.

Meski disebabkan oleh virus, cacar air ringan di sekitar mata Anda biasanya akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Apalagi jika Anda melakukan perawatan yang baik seperti menjalankan 6 cara mengobati cacar air di mata tersebut. Jika cacar air semakin parah dan menimbulkan keluhan lain, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Barangkali Anda akan disarankan untuk melakukan penyembuhan dengan bahan herbal seperti cara mengobati bisul dengan bawang merah.

 

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan