Sponsors Link

7 Cara Mengobati Cacar Air dengan Jagung Yang Bisa Anda Ikutin

Sponsors Link

Cacar air, atau varisela dalam dunia medis, merupakan penyakit yang umumnya diderita oleh anak kecil berusia di bawah 10 tahun. Namun, ini bukan berarti orang dewasa tidak mungkin menderita penyakit cacar. Cara penularan cacar air bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa, terutama mereka yang belum pernah terkena penyakit ini sebelumnya.

ads

Penyakit ini disebabkan oleh virus varicella zoster. Gejala cacar air yang paling awal dan mudah terlihat adalah munculnya ruam di kulit yang kemudian akan menjadi bintik merah berisi air. Penderita akan merasa gatal pada bintik tersebut hingga akhirnya bintik tersebut mengering dan menjadi koreng hingga mengelupas.

Pengobatan Cacar Air 

Seseorang yang menderita cacar air biasanya juga akan merasakan demam pada tubuhnya. Maka, dokter mungkin akan meresepkan obat penurun panas untuk mengatasi demam yang dialami. Selain obat dari dokter, telah menjadi rahasia umum bahwa cacar bisa diobati dengan jagung. Apakah benar demikian?

Jagung, jika diaplikasikan ke kulit yang terkena cacar air, dipercaya bisa memberi efek dingin di kulit. Efek ini akan membuat penderita cacar lebih nyaman dan demam mungkin juga bisa berkurang. Selain itu, sensasi dingin yang dirasakan juga bisa membantu mengurangi rasa gatal akibat cacar air. Lalu, bagaimana cara yang paling efektif untuk mendapatkan manfaat jagung untuk cacar air? Yuk simak pembahasannya!

  1. Pastikan Anda menggunakan jagung manis muda

Jika Anda berniat mencoba cara mengobati cacar air dengan jagung, pastikan jagung manis muda yang ada dalam daftar belanjaan Anda. Jagung manis muda akan sangat aman untuk digunakan oleh penderita cacar dari segala usia. Bahkan, jagung manis muda juga akan aman untuk diaplikasikan ke wajah yang terdampak bintik cacar juga.

  1. Tempelkan langsung ke kulit

Untuk mendapatkan manfaat jagung manis muda secara maksimal untuk cacar air, aplikasikan jagung secara langsung ke kulit yang terkena cacar air. Kandungan vitamin E, air dan karbohidrat jagung akan bereaksi maksimal dalam mengobati cacar air. Anda tetap bisa mengkonsumsinya dengan dimakan ataupun diminum, tapi menempelkannya langsung ke kulit adalah cara yang paling efektif.

  1. Cuci jagung hingga bersih

Jangan lupa untuk mencuci jagung terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Jagung telah terpapar banyak debu dan kuman selama perjalanannya hingga ke tangan Anda. Jangan sampai debu dan kuman tersebut berpindah ke kulit yang terkena cacar hingga malah menginfeksinya.

  1. Parut jagung sehalus mungkin

Untuk meningkatkan efek pengobatan jagung untuk cacar air, pastikan Anda memarut jagung sehalus mungkin. Air yang keluar dari jagung akan memberi efek dingin di kulit sehingga kulit akan terasa nyaman. Mungkin karena hal ini juga jagung juga dimanfaatkan sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi. Selain itu, rasa gatal pada bintik cacar air juga akan sedikit berkurang akibat sensasi dingin yang ditimbulkan jagung.. Cara ini juga akan mempercepat bintik cacar mengering sehingga penderita cacar lebih cepat sembuh.

Sponsors Link

  1. Parutan jagung sebagai scrub

Biasanya, penderita cacar air akan merasa kesal karena cacar akan meninggalkan bekas di kulit. Memang bekas cacar biasanya akan hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, namun ada kalanya beberapa bercak tertinggal dan tidak hilang. Tidak hanya itu, bercak atau bekas cacar biasanya juga akan hilang dalam waktu yang cukup lama. Untuk mengatasinya, Anda juga bisa memanfaatkan jagung manis muda, lho!

Selain bisa membuat bintik cacar cepat kering, parutan jagung juga bisa membantu mengatasi bercak di kulit atau bekas yang tertinggal setelah cacar sembuh. Gunakan parutan jagung sebagai scrub alami tubuh. Gosok perlahan-lahan di area kulit yang terdapat bercak cacar. Lakukan cara ini secara rutin sebagai cara agar cacar air tidak berbekas.

  1. Mandi
Sponsors Link

Meski akan tidak nyaman untuk penderita cacar air mandi, dia tetap harus mandi seperti biasa. Mandi secara teratur akan membantu membersihkan badan dari kotoran yang menempel yang bisa menyebabkan cacar semakin parah. Namun, yang perlu diingat adalah sebaiknya pasien berhati-hati saat mandi. Jangan ampai dia tidak sengaja memencet atau memecahkan bintik cacar air.

  1. Tetap ikuti petunjuk dokter

Walaupun Anda sangat mempercayai cara mengobati cacar air dengan jagung merupakan cara yang efektif, tidak berarti Anda mengesampingkan pengobatan dari dokter. Dokter lebih mengetahui pengobatan yang tepat untuk cacar air yang diderita. Oleh karen itu, tetap konsumsi obat yang diresepkan sesuai anjuran. Tetap periksakan diri secara rutin untuk memantau perkembangan pengobatan yang dilakukan. Dengan begitu, pengobatan cacar air akan berlangsung lebih sempurna.

Secara medis, pengobatan cacar air dengan jagung memang belum terbukti kebenarannya. Bahkan, secara medis cara mengobati cacar air dengan jagung bisa berpotensi menimbulkan infeksi di luka cacar air. Apalagi jika Anda tidak menjaga kebersihan selama melakukan cara tradisional ini. Maka, jika selama Anda melakukan pengobatan dengan jagung untuk cacar air yang diderita, segera konsultasikan pada dokter jika ada gejala-gejala yang tidak biasa. Selain itu, untuk sementara sebaiknya batasi interaksi dengan penderita cacar sebagai cara mencegah cacar air menular pada orang lain.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan