Sponsors Link

Bisul Pada Kemaluan Wanita? Bagaimana Pengobatannya?

Sponsors Link

Kita pastinya telah mengetahui beberapa informasi mengenai kesehatan wanita yang terganggu karena timbulnya keputihan, rasa gatal pada vagina, vagina bengkak hingga tumbuh bisul pada kemaluan wanita. Bisul tersebut biasanya juga berisi cairan bakteri, nanah hingga darah yang dimana semua keadaan tersebut tergantung keparahan pada jenis-jenis penyakit kulit pada wanita tersebut. Benjolan atau bisul bisa tumbuh pada area luar vagina, namun ada juga yang tumbuh tepat di dekat klitoris yang sensitif. Ukuran bisul juga bervariasi, ada yang berukuran seperti jerawat pada umumnya, berbentuk kecil hingga besar pun juga ada.

ads

Penyebab tumbuhnya bisul ini bisa dikarenakan oleh kebersihan vagina yang kurang, perawatan yang keliru, pola makan serta pola pikir berlebihan hingga efek dari penyakit menular seksual dari orang lain. Sebagai wanita pasti anda menginginkan tubuh yang sehat tanpa ada gangguan kesehatan apapun. Dan jalan terakhir dari hal tersebut adalah dengan dilakukannya pengobatan. Apa saja sih pengobatan sederhana namun efektif untuk menyembuhkan bisul pada wnaita? Simak saja ulasannya di bawah ini :

  • Jangan pernah menggaruk bisul

Bagaimanapun bentuk serta tingkat kesembuhan yang ada pada kulit anda, sebisa mungkin jangan pernah menyentuhnya dan kemudian menyentuh makanan atau bagian tubuh lain. Karena dikawatirkan akan mudah menular ke kulit lain atau terkesan jorok. Selain itu yang perlu diperhatikan juga adalah jangan menggaruk bisul yang belum atau sudah matang karena akan membuat kulit menjadi infeksi dan bisul menjadi tambah parah. Dalam kondisi tertentu seperti kulit sensitif atau keadaan bisul yang teramat parah, biasanya akan menimbulkan rasa gatal hingga perih. Maka sebaiknya gunakan salep pereda gatal dan perih agar kita tidak reflek untuk menyentuh hingga menggaruknya.

  • Hindari penggunaan sabun kewanitaan

Sabun kewanitaan bukanlah obat bisul tradisional yang bisa anda gunakan untuk meringankan gejala bisul pada kulit vagina anda. Karena sabun tersebut akan membuat vagina kehilangan keseimbangan pH yang padahal sangat dibutuhkan untuk menjaganya tetap sehat dan baik. Mungkin bagi sebagian wanita, sabun kewanitaan berguna untuk membunuh bakteri jahat yang merusak ekosistem vagina, dan membuatnya lebih wangi daripada tidak menggunakannya sama sekali. Dalam poin menghilangkan bakteri mungkin memang benar, namun jeleknya sabun ini malah mengangkat bakteri atau flora baik yang dibutuhkan vagina. Tidak diketahui secara pasti mengapa hal itu terjadi, yang jelas jangan gunakan sabun ini sebagai cara mengobati bisul pada kemaluan wanita ya meskipun terbuat dari bahan herbal dan lainnya yang bersifat aman.

  • Jangan sembarangan memencet bisul

Kita juga perlu mengerti kapan waktu yang teapat untuk memecahkan bisul, lalu pahami juga bagaimana cara memecahkan bisul yang benar tanpa infeksi hingga tanpa bekas luka menghitam pada kulit kemaluan. Banyak sekali tutorial yang bisa anda dapatkan di internet mengenai cara memecahkannya. Biasanya anda perlu menyiapkan kapas, alkohol, hingga tisu kering untuk bahan yang dibutuhkan. Jangan memencet bisul dalam keadaan yang belum matang sempurna, tunggu sampai ia memiliki mata atau berwarna agak pekat seperti kekuning-kuningan. Karena jika salah bisul akan terasa sakit sekali, kulit menjadi lebih nyeri dari sebelumnya dan menunda kesembuhan dalam waktu dekat.

  • Pakailah celana dalam berbahan katun dan tidak terlalu ketat

Sama seperti cara menjaga kebersihan vagina pada umumnya, celana dalam menjadi bagian terpenting dan sangat berpengaruh terhadap kesehatan organ kewanitaan. Celana dalam yang berbahan katun adalah rekomendasi terbaik yang harus wanita terapkan sehari-hari dalam kehidupannya, karena katun memiliki serat kain yang halus dan nyaman untuk kulit vagina yang tipis sensitif. Kemudian katun juga dapat menyerap keringat dengan baik, jadi sirkulasi udara pada vagina dapat terjaga dengan baik. Jangan lupakan ukurannya yang tidak terlalu ketat agar tetap nyaman digunakan dalam aktifitas apapun, mulai dari yang ringan hingga yang berat sekalipun. Imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita bisul agar kesehatan tubuh tetap terjaga, karena makanan tersebut akan banyak memberi vitamin penting serta manfaat yang dibutuhkan untuk tubuh. 

Sponsors Link

  • Jaga kebersihan vagina dengan baik, terutama saat menstruasi

Kebersihan vagina adalah poin yang tidak kalah penting dari beberapa hal yang telah kita bahas. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti saat menstruasi kita harus mengganti pembalut setiap 4 jam sekali, kemudian jika menstruasi sudah selesai jangan lupakan bagaiamana cara membersihkan vagina dengan baik agar tidak ada darah yang masih tertinggal. Bisul pada kemaluan wanita dapat tumbuh tanpa diduga, bahkan saat kita sudah telaten sekali menjaganya. Maka dari itu bagi setiap wanita perlu ditanamankan budaya kesadaran untuk tetap menjaga kesehatannya kapanpun dan dimanapun, tentunya agar terhindar dari bisul yang menganggu.

ads

  • Kompres bisul dengan air hangat

Bisul yang terus-terusan membandel dapat kita sembuhkan dengan mengompresnya dengan air hangat. Gunakan air hangat yang bersih dan keadannya suam-suam kuku, jadi jangan terlalu panas karena akan membuat kulit vagina menjadi tidak baik. Kegunaan air hangat ini sendiri adalah menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan oleh bisul hingga agar nanah cepat naik keatas dan cepat keluar, jadi pada saat nanti muncul ciri-ciri bisul akan sembuh nanah akan ikut keluar dan penyakit bisu bisa hilang total sampai ke akarnya.

  • Jaga pola makan, jangan yang berlemak

Bagi penderita bisul, makanan berlemak adalah pantangan makanan yang tidak boleh dilanggar. Karena selain membuat keadaan bisul bertambah parah dan tidak kunjung sembuh, akan timbul alergi pada kulit yang akan terasa gatal dan tidak karuan. Jaga pola makan anda dengan tetap mengkonsumsi sayur dan buah serta makanan yang rendah lemak, kecuali lemak baik seperti lemak nabati dan lainnya. Selain itu jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi air putih agar bisul juga cepat sembuh, karena racun dalam tubuh akan keluar dengan baik jika anda rutin meminumnya sepanjang hari. Makanan yang tidak baik lainnya adalah makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi, bersantan, berpewarna hingga berpengawet. Meskipun tidak langsung berpengaruh pada kesehatan organ kewanitaan, tapi tubuh akan tetap kena dampaknya. Konsultasikan pada dokter spesialis jika anda belum terlalu paham bagaimana makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi ketika menderita bisul. Jadi dengan begitu kesehatan tubuh tetap terjaga, meskipun sedang menderita bisul.

  • Konsumsi obat antibiotik

Obat antibiotik berguna untuk memberikan perlawanan pada tubuh kita terhadap penyakit lain yang mungkin saja bisa lebih berbahaya daripada bisul pada kemaluan wanita itu sendiri. Manfaat mengkonsumsi obat antibotik adalah untuk infeksi bisul yang terlanjur parah atau bisa disebut dengan infeksi lanjutan. Obat ini pun akan anda peroleh ketika berobat pada dokter, habiskan obat ini benar-benar sampai habis meskipun bisul sebenarnya sudah sembuh. Mengapa demikian? Hal ini tentu berkaitana dengan cara pencegahan bisul yang sekaligus anda lakukan saat menempuh cara mengobati bisul pada kemaluan wanita. Dan diharapkan bisul tidak kembali aktif pada waktu lainnya. Karena jika bisul tumbuh untuk kali kedua, kali ketiga hingga beberapa kelanjutan ke depan tentu akan menimbulkan kecemasan dan stress mendalam bagi penderitanya. Maka dari itu jangan sepelekan obat antibiotik yang baik ini.

  • Jangan dahulu melakukan hubungan dengan suami

Untuk menghindarkan bisul agar tidak menjadi parah sebaiknya jangan lakukan hubungan badan dahulu dengan pasangan anda. Bukan tidak mungkin jika bisul tersentuh atau tergesek dengan kemaluan suami saat dilakukannya penetrasi. Maka dari itu sebaiknya hubungan seksual dihindari dulu dalam beberapa waktu. Yakinlah bahwa keharmonisan rumah tangga akan teranggu akibat hal ini, malahan suami anda juga terselamatkan dari bahaya bisul yang mungkin saja bisa menular ke tubuh suami anda. Cara ini juga efektief untuk menjaga penyakit menular seksual yang bisa terjadi bagi anda atau suami anda. Tetap jaga komunikasi agar kelanggengan hubungan dapat berlangsung dengan baik.

Sponsors Link

  • Konsumsi obat penghilang bisul, atau pembunuh virus penyebabnya

Selain cara diatas yang telah kita sebutkan, anda juga bisa mengkonsumsi pbat secara medis dari dokter untuk menghilangkan bisul kemaluan wanita yang begitu menganggu. Obat ini bisanya akan didampingi dengan antibiotik untuk menyembuhkan bisul benar-benar sampai titik terpusatnya. Jadi jika ada obat, konsumsi dengan teratur, ikuti anjuran dokter serta jangan langgar hal apapun yang menjadi pantangan. Meskipun bisul bukan termasuk penyakit yang terlalu berbahaya, namun menanggulangi penyakit agar tidak bertumbuh parah dan besar merupakan hal yang sebaiknya kita laksanakan.

Demikianlah cara mengobati bisul pada kemaluan wanita yang dengan mudah bisa anda lakukan di rumah atau dengan tenaga dokter. Setelah melakukan pengobatan jangan lupa untuk terus memantau bagaimana perkembangan bisul yang anda derita, jadi anda bisa tahu apakah pengobatan yang selama ini anda lakukan tersebut berhasil atau tidak. Dan jika penyakit sudah sembuh jangan lupa untuk tetap menjaganya, sepertie dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan vagina seperti yoghurt, pisang, dan buah serta sayuran bermanfaat lainnya. Tidak ada kesembuhan yang datang dari orang lain, berbeda kasusnya jika itu hanya sebuah informasi, namun yang tetap melakukan pengobatan dan yang berniat untuk sembuh ya tetap anda sendiri. Jaga kesehatan sebelum anda menyesal nantinya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan