Sponsors Link

5 Cara Mengobati Bisul dengan Kunyit yang Mudah Terbukti Langsung Sembuh

Sponsors Link

Pernahkah Anda merasakan bisul? Pasti Anda merasa bahwa bisul begitu mengganggu keseharian Anda. oleh karena itu, Anda ingin sekali segera menghilangkan dan menyembuhkan bisul tersebut. Bisul adalah benjolan pada kulit yang biasanya juga disertai warna memerah dengan adanya cairan nanah di dalamnya. Bisul disebabkan oleh bakteri penyebab infeksi yang menyerang pada pori-pori kulit.

ads

Bisul dapat muncul di mana saja saat keadaan kulit tidak bersih. Namun, tempat yang paling sering terkena bisul yaitu bahu, bokong, ketiak, dan paha. Daerah yang disebut tadi merupakan daerah yang rawan terkena bisul karena sering berkeringat dan sering terjadi gesekan antar kulit. Jika bisul muncul pada kelopak mata, bisul ini lebih dikenal dengan nama bintitan. Baca pula bisul pada kemaluan wanita.

Jika Anda mengalami bisul, biasanya ada beberapa gejala yang akan muncul. Gejala tersebut menyertai adanya benjolan merah di kulit. Gejala lain tersebut antara lain yaitu:

  • Kulit yang terinfeksi menjadi bengkak, dan nyeri jika disentuh.
  • Adanya titik putih di tengah benjolan. Ini menandakan adanya nanah
  • Kulit sekitar benjolan memerah dan nyeri jika di sentuh. Baca gejala penyakit bisul lainnya.

Bisul sebenarnya mampu sembuh tanpa memerlukan pengobatan medis. Dalam beberapa hari kemudian, bisul akan menghilang jika Anda menjaga kebersihan kulit. Tetapi Anda tetap memerlukan saran dokter dan penanganannya jika Anda mengalami hal berikut:

  • Merasa demam tinggi
  • Bisul terus membesar dan mengalami nyeri
  • Bisul muncul pada lebih dari satu area bahkan mengalami kondisi yang lebih serius
  • Tak kunjung sembuh setelah 14 hari terjangkit.

Bisul ini memang bisa menjangkit siapa saja. Namun ada beberapa faktor lain yang akan meningkatkan resiko seseorang terserang bisul. Beberapa faktor penyebab tersebut antara lain yaitu:

  • Memiliki kontak langsung dengan penderita terlebih jika Anda satu rumah dengan penderita.
  • Kurang menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan
  • Sedang memiliki sistem imun yang lemah sehingga mudah terjangkit penyakit dan virus mudah berkembang biak
  • Memiliki masalah kulit lain sebelum memiliki bisul

Dalam mengobati dan menangani bisul, sebenarnya dapat menggunakan cara yang mudah dan sederhana. Anda dapat melakukannya tanpa harus melakukan pengobatan medis. Beberapa penanganan ringan yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Lakukan kompres pada daerah yang terjangkit bisul. Anda bisa melakukannya dengan air hangat dalam waktu tiga kali sehari. Rutin melakukan hal ini akan membantu bisul semakin mengecil. Jangan lupa menggunakan kain yang bersih dan lembut untuk mengompresnya.
  • Jika bisul mulai membesar dan pecah, bersihkan pecahan bisul dengan kain halus atau kasa. Tutup bisul yang pecah dengan kasa jauh lebih aman agar bakteri tidak menyebar pada bagian kulit lainnya.
  • Jangan lupa untuk mengganti perban tiga kali sehari agar tetap terjaga kebersihan bisul
  • Obati dengan berbagai bahan tradisional atau alami yang telah direkomendasikan oleh dokter.

Mengobati bisul memang hal yang sederhana asalkan rutin dan Anda konsisten melakukannya. Hal penting yang perlu Anda perhatikan yaitu jangan sampai Anda memencet bisul tersebut dan menggaruknya atau membuat infeksi pada bisul semakin parah. Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan diri serta lingkungan agar bisul tidak bertambah pada area kulit yang lainnya. Cari tahu pula cara mengobati bisul dengan bawang merah.

Kandungan Kunyit dan Manfaatnya

Sponsors Link

Kunyit memiliki beragam kandungan dan manfaatnya. Tidak hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu dapur, kunyit juga berfungsi untuk meredakan bisul yang Anda rasakan. Bagaimana kunyit bisa memberikan begitu banyak manfaat? Berikut akan dijelaskan kandungan dan manfaat kunyit bagi kesehatan.

Kunyit memiliki kandungan zat warna khusus yang disebut kurkuminoid. Zat warna ini memiliki beberapa kandungan seperti diarilheptanoid, dihidrokurkumin, dan desmetoksikurkumin. Selain zat warna, kunyit juga memiliki kandungan minyak atsiri sebesar 2-3%. Kandungan lainnya yaitu fruktosa, glukosa, pati dan dammar. Kunyit juga mengandung mineral yang terdiri dari magnesium besi, kalsium, natrim, dan beragam mineral lainnya.

Kunyit memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat tersebut antara lain mematikan kuman dan juga mengurangi kembung pada perut. Tidak hanya itu kunyit juga berguna untuk mengurangi diare yang Anda rasa karena mampu mengurangi adanya gerakan pada usus akibat bekerja ekstra. Kunyit juga mampu menstimulus empedu untuk bekerja lebih giat dalam memecah lemak pada tubuh. Manfaat lainnya yaitu menjaga kesehatan kulit, mengurangi kejang yang Anda alami dan meredakan batuk.

Mengobati Bisul dengan Kunyit

ads

Kunyit memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya memiliki kandungan tertentu yang bersifat antiseptik. Anti septik akan membantu mengurangi rasa nyeri dan bengkak pada bisul. Selain itu, kunyit akan bekerja untuk membantu mematikan virus atau bakteri penyebab bisul. Lantas bagaimana cara mengolah kunyit agar dapat digunakan sebagai obat menyembuhkan kunyit? Berikut penjelasannya.

  1. Campuran Kunyit dan Madu

Anda hanya membutuhkan kunyit dalam bentuk parutan atau bubuk dan juga madu serta sedikit air. Siapkan dua sendok teh kunyit yang sudah diparut atau bubuk kunyit yang dijual di lingkungan Anda. Kemudian tambah juga sedikit madu asli agar aman untuk kulit. Tambahkan sedikit saja air agar kedua bahan tersebut tercampur dengan baik. Jika sudah, aplikasikan campuran tersebut yang bentuknya akan seperti pasta pada daerah yang terkena bisul. Ratakan pasta tersebut dan diamkan selama 20 sampai 30 menit.

Setelah selesai, jangan lupa membilas dengan air bersih. Usap bisul Anda perlahan dengan kain kering yang lembut. Anda bisa melakukan hal ini tiga atau sampai empat kali sehari secara rutin agar hasil yang Anda dapatkan maksimal. Namun, jika Anda mengalami alergi atau iritasi seperti gatal, memerah, bahkan menemui bisul semakin parah, maka hentikan penggunaan kunyit tersebut dan carilah solusi dengan berkonsultasi kepada dokter terkait keluhan Anda. Dokter akan menyarankan Anda menggunakan obat sebagai pilihan lainnya. Baca khasiat cara mengobati herpes dengan kunyit.

  1. Campuran Jahe dan Kunyit

Jahe dan kunyit tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur melainkan juga untuk kebutuhan dalam menangani bisul. Ini dikarenakan jahe memiliki sifat anti inflamasi yang mampu membunuh kuman dan menghilangkan darah kotor pada bisul. Anda hanya perlu menyiapkan bubuk jahe dan bubuk kunyit atau parutan keduanya. Kemudian siapkan sedikit air saja agar kedua bubuk dapat tercampur dengan tekstur yang kental seperti pasta.

Jika sudah jadi, oleskan campuran tersebut pada bisul Anda. Pastikan kulit area bisul telah bersih sehingga tidak menyebarkan bakteri pembuat bisul semakin parah. Diamkan selama 15 menit. Jika sudah, bilas dan bersihkan bisul dengan air bersih. Jangan lupa mengeringkan dengan kain halus dan lembut. Tepuk-tepuk saja agar bisul tidak terluka. Lakukan hal ini rutin tiga kali dalam sehari sehingga hasil pengobatannya maksimal.

  1. Campuran Kunyit dan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan yang dapat Anda andalkan dalam mengobati semua penyakit kulit. Kandungannya memang luar biasa dan sudah terbukti digunakan oleh beragam industri kecantikan sebagai bahan perawatan kulit. Oleh karena itu, campuran kunyit dan lidah buaya bisa menjadi cara yang tepat agar bisul Anda segera sembuh.

Bagaimana membuatnya? Siapkan lidah buaya secukupnya dan ambil dagingnya saja. Kemudian haluskan daging lidah buaya tersebt. Pastikan daging buah telah bersih terlebih dahulu. Jika sudah bersih, kemudian tambahkan bubuk kunyit dan campur sampai rata. Oleskan campuran tersebut kemudian diamkan selama 15 menit. Apabila sudah kering, bersihkan bekas olesan tadi dan keringkan dengan handuk lembut.

  1. Campuran Kunyit dan Air
Sponsors Link

Anda juga bisa menggunakan campuran bubuk kunyit dan air saja tanpa harus menggunakan tambahan bahan lainnya. Sama halnya dengan membuat campuran sebelumnya, siapkan 2 sendok teh bubuk kunyit dan air secukupnya agar bubuk menjadi pasta. Usahakan untuk membuat campuran agar tidak terlalu encer. Kemudian oleskan secara merata campuran tersebut dan diamkan selama 15 menit. Tunggu hingga mengering dan bilas bersih dengan air. Jangan lupa keringkan perlahan dengan handuk yang lembut dan usap secara lembut.

  1. Campuran Kunyit dengan Minyak Zaitun

Selain menggunakan air, Anda juga bisa memilih menggunakan minyak zaitun untuk mengobati bisul Anda. Siapkan 3 sendok teh bubuk kunyit kemudian campurkan beberapa tetes minyak zaitun sampai bubuk kunyit berubah konsistensi menjadi seperti pasta. Jika sudah tercampur rata, oleskan campuran tersebut pada bisul dan daerah sekitarnya agar bakteri atau virus penyebab hilang dan mati. Setelah itu diamkan sampai kering agar meresap.

Apabila sudah, bersihkan dengan air mengalir dan tepuk tepuk hingga kering. Jangan mengusapnya dengan kasar agar bisul tidak pecah dan semakin parah. Cari tahu pula cara mengobati keputihan dengan kunyit. Ternyata bahan makanan di sekitar Anda dapat dimanfaatkan untuk mengobati bisul. Meski demikian perhatikan pula bahwa bahan yang Anda gunakan sudah bersih dan kulit yang akan Anda aplikasikan juga bersih. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terkait obat tradisional yang bisa Anda gunakan agar terjamin aman.

Jangan enggan untuk berkonsultasi agar penanganan yang dilakukan tepat. Jika dokter mendiagnosis bisul Anda cukup parah, maka ikuti saja saran dokter jika harus mengonsumsi obat obatan. Mengonsumsi obat sesuai dosis dan sesuai resep dokter adalah kunci agar bisul Anda cepat sembuh. Meski bisul sudah mulai mengempes, jangan hentikan pemakaian obat agar bakteri penyebab infeksi juga hilang dan tidak menginfeksi bagian kulit lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan