Sponsors Link

4 Cara Mengobati Biduran Dengan Daun Sirih yang Dapat Dipraktikkan di Rumah

Sponsors Link

Dalam istilah medis, Biduran sering disebut dengan urtikaria. Salah satu dari jenis-jenis penyakit kulit ini biasa muncul di daerah kulit manapun dan dapat menimbulkan rasa gatal yang mencekam. Di samping rasa gatal, biduran juga memunculkan bentol-bentol warna merah seperti habis digigit nyamuk namun bentol-bentol tersebut sangat rapat.

ads

Bibur biasanya dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh meski kemunculannya Cuma di beberapa bagian tubuh saja. Untuk menghindarkannya dari risiko penyebaran, disarankan supaya anda tidak menggaruk kulit yang mengalami biduran. Lebih baik diberi antibiotik untuk biduran supaya kondisinya tidak semakin parah dan tubuh juga tidak mengalami infeksi berkepanjangan.

Penyakit biduran bisa karena alergi, dan jika tidak segera diobati bentol-bentol dapat berjajar dan bertahan selama berjam-jam sampai berhari-hari. Kenyataannya, keadaan itu dapat menganggu aktivitas seseorang yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk menghilangkan hal itu, beberapa orang memanfaatkan khasiat daun sirih untuk biduran. Berikut merupakan cara mengobati biduran dengan daun sirih yang bisa anda praktikan di rumah.

1. Kompres dengan Lembaran Daun Sirih

Cara sederhana mengobati biduran dengan daun sirih yang pertama ialah dengan mengompres bagian kulit yang biduran dengan daun sirih. Sebelum melakukannya anda pun bisa mencari penyebab biduran terlebih dahulu, apakah itu karena alergi terhadap sesuatu atau karena terkena debu. Penyebab ini dapat membantumu mempermudah penyembuhan.

Cara mudahnya, kompreslah bagian yang terkena biduran dengan daun sirih yang sudah dibersihkan. Sebelumnya rendam daun sirih di dalam air dingin terlebih dahulu, kemudian tempelkan ke bagian kulit yang mengalami biduran. Fungsi dari cara ini ialah mengurangi rasa gatal dan memberikan efek menyegarkan pada bagian kulit yang mengalami biduran. Perlahan-lahan nanti tanda-tanda biduran akan sembuh, yang terpenting adalah kesabaran anda selama merawatnya dengan benar.

2. Meminum Sari Daun Sirih

Cara mengobati biduran dengan daun sirih yang kedua ialah dengan meminum sari daun sirih. Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih kemudian cuci bersih terlebih dahulu daun sirih tersebut. setelah itu rebus daun sirih sampai air berubah warna. Kemudian saring air rebusan daun sirih tersebut dan minumlah air daun sirih tersebut.

Sama seperti menggunakan khasiat air kelapa untuk biduran, konsumsi minuman air daun sirih dua kali sehari secara teratur sampai biduran di tubuh anda menghilang dengan sendirinya. Cara ini sangat efektif sehingga sering dipraktikkan oleh masyarakat Indonesia. Kemudian, selain minum minuman yang terbuat dari sari daun sirih, anda pun bisa mendukung proses penyembuhan dengan makan makanan yang boleh dimakan saat biduran dan menghindari makanan yang dilarang disantab saat masih biduran.

3. Kompres dengan Daun Sirih yang Sudah Ditumbuk

Daun sirih mengandung antiseptik yang dapat mengatasi infeksi akibat bakteri di kulit. daun sirih yang ditumbuk akan mengeluarkan antiseptik lebih banyak daripada lembaran daun sirih utuh,  karenanya cara ini juga cukup efektif sebagai salep untuk mengobati biduran. Caranya sangat mudah, tumbuk daun sirih sampai halus kemudian tempelkan pada bagian kulit yang mengalami biduran.

Tempelkan daun sirih yang sudah ditumbuk dalam beberapa waktu lamanya sampai daun sirih mengering. Manfaat lain dari cara ini adalah memberikan relaksasi, karena kandungan air dari daun sirih yang ditumbuk dapat menyegarkan kulit yang terkena biduran, lalu bisa mengembalikan kondisi alami kulit secara perlahan-lahan. Jika dipakai secara teratur, pengobatan ini akan mencapai manfaat terbaiknya.

Ada yang bertanya, bolehkah penderita biduran mandi? Tentu saja boleh dan justru mandi dengan tata cara yang benar akan membantu mengurangi biduran di seluruh tubuhnya dan mencegah bakteri atau parasit lain menganggu tubuh. jika tidak mandi, dikhawatirkan bakteri yang menempel di tubuh dan tidak dibersihkan justru menggagalkan masker daun sirih yang sudah dilakukan selama beberapa kali sebelumnya.

Sponsors Link

4. Jadikan Daun Sirih Sebagai Masker

Cara selanjutnya untuk mengobati biduran dengan daun sirih ialah menggunakannya dengan cara dijadikan masker. Cara ini lebih baik dilakukan untuk mengobati biduran yang muncul di wajah. Sama seperti menggunakan masker kecantikan wajah lainnya, anda harus membuat daun sirih menjadi masker wajah. Caranya mudah tumbuk daun sirih sampai halus kemudian tempelkan di bagian wajah seperti memakai masker tradisional lainnya. Gunakan selama beberapa saat baru kemudian dibilas. Cara ini sama ketika mengunakan khasiat temulawak untuk biduran.

Mungkin menggunakan daun sirih untuk masker akan menggunakan bekas, namun ini tidak masalah karena kelak bekas akan hilang dengan sendirinya setelah biduran anda menghilang. Untuk proses menghilangkan bekas daun sirih di wajah, lakukan secara alami seperti minum air putih yang banyak agar kulit segera melakukan regenerasi dan menggantikan kulit mati yang memiliki bekas daun sirih. Bisa juga dengan ditambah minum vitamin C untuk mencerahkan kulit, atau sering-seringlah cuci muka dengan air hangat setelah biduran hilang. cara ini selain dapat menghilangkan bekas warna daun sirih di wajah, bahkan bisa membantu wajah semakin kental dan memiliki disinfektan alami.

Demikian pemaparan tentang tiga cara mengobati biduran dengan daun sirih. Semoga informasi ini berguna untuk anda yang belum mengetahuinya dan semakin menambah wawasan bagi anda yang sedang mengumpulkan informasi medis untuk mengobati biduran. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan