Sponsors Link

26 Cara Mengobati Biduran dengan Air Kelapa Super Cepat

Sponsors Link

Biduran adalah salah satu dari banyak jenis-jenis penyakit kulit yang ditandai dengan adanya bentol-bentol pada kulit yang mirip seperti gigitan nyamuk berwarna merah dan gatal. Ketika anda mengalami biduran usahakan jangan menggaruknya, karena akan membuat area kulit lain tertular biduran. Cukup oleskan krim untuk meredakan gatal atau menggunakan bahan-bahan alamai yang nanti akan kita jelaskan di bawah.

ads

Dalam bahasa medis biduran sering disebut Urtikaria, kemuadian untuk nama lainnya adalah Kaligata. Biduran yang terjadi pada kulit anda memiliki beberapa penyebab yang bisa terjadi berulang atau bahkan hanya sekali. Biasanya adalah karena faktor makanan, seperti sea food, daging ayam, telur, susu, keju dan lain sebagainya. Ada yang cocok dengan makanan tersebut da nada yang tidak. Penderita biduran yang memiliki riwayat penyakit akibat alergi makanan hendaknya selalu mawas diri terhadap makanan yang dikonsumsinya. Jangan sampai rasa lapar dan nafsu akan makanan menjadikan diri anda lupa bahwa ada makanan yang tidak bisa anda konsumsi. Anda juga perlu mengerti tentang penyebab biduran lain selain dari alergi makanan.

Pada artikel yang akan kita bahas, disini kita akan menggambarkan apa saja yang menjadi manfaat dan cara mengobati biduran dengan air kelapa. Sebuah kekayaan alam yang wajib kita syukuri, manfaatkan dan selalu jaga kelestariannya. Air pohon kelapa di kenal dengan rasa segarnya ketika haus dan letih, apalagi jika dikonsumsi sambil menikmati senja di pinggiran pantai, maka relaksasi tubuh bisa anda dapatkan dengan baik. Sebenarnya apa aja sih yang menjadi manfaat air kelapa hingga bisa menyembuhkan penyakit kulit biduran?

Manfaat air kelapa dalam mengobati biduran

  1. Mengandung banyak nutrisi penting

Selain nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, air kelapa juga mengandung mineral, vitamin B kompleks, vitamin C, protein, karbohidrat, lemak sehat dan gula yang membuatnya terasa manis. Air kelapa juga mempunyai asama amino yang lebih tinggi daripada susu sapi. Asam amino sangat diperlukan untuk tubuh sebagai penyusun protein dan molekul penting lainnya. Zat asam amino ini tidak diproduksi secara alami dari dalam tubuh, sehingga kita harus mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam amino itu sendiri.

  1. Menghilangkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi

Mengapa cara mengobati biduran dengan air kelapa sangat cocok sekali digunakan? Kita perlu tahu bahwa air kelapa memiliki senyawa anti oksidan yang berguna untuk menetralisir racun dalam tubuh. Dalam dunia medis, anda yang memiliki penyakit diare dan muntah dianjurkan untuk mengkonsumsi air kelapa karena kandungan elektrolitnya mampu membentuk kembali sistem antibodi dalam tubuh.

  1. Melembabkan kulit tubuh yang kering

Pernahkan anda mengalami biduran dan kulit anda menjadi kering? Kebanyakan orang pasti pernah mengalaminya. Untuk cara mengatasi kulit kering anda bisa mencoba membasuhkan air kelapa segar pada bagian kulit biduran secara merata dan beri sedikit gosokkan. Dengan cara seperti itu kulit akan menjadi kenyal, lebih elastis, dan lebih kencang dari sebelumnya. Terapkan juga pada bagian kulit lain jika anda menginginkan hasilnya baik untuk seluruh tubuh.

  1. Melancarkan sirkulasi oksigen pada kulit

Tidak hanya tubuh, kulit juga perlu bernafas, perlu oksigen agar kadar udara yang dimilkinya tidak membuat kulit menjadi kurang oksigen. Air kelapa akan membantu proses sirkulasi oksigen pada tubuh anda. Sehingga akan membuat kulit terlihat cerah dan tetap sehat. Ait kelapa juga salah satu jenis makanan sehat untuk kesehatan kulit dengan rasa segar dan buah yang enak untuk dimakan sehari-sehari.

  1. Memiliki sifat menghidrasi kulit

Hidrasi kulit maksudnya adalah mampu memberikan atau menyeimbangkan kadar air dalam kulit sehingga kulit tidak menjadi kering, kusam dan tidak lembab. Hidrasi sendiri terbentuk oleh kualitas mineral dan nutrisi yang tinggi. Maka dari itu jangan ragu menggunakannya sebagai cara mengobati biduran dengan air kelapa. 

Sponsors Link

  1. Antiseptik alami

Apa yang dimaksud dengan antiseptik? Air kelapa memiliki senyawa antiviral dan antiseptik. Antiseptiknya berguna untuk transfuse darah darurat sebagai pengganti infus yang pada jaman dahulu digunakan selama perang dunia ke 2. Senyawa penting lain yang ada di dalamnya adalah antivirus yang pastinya mampu melawan penyakit.

  1. Melarutkan batu ginjal

Batu ginjal yang mengendap keras pada ginjal dapat dilarutkan dengan rutin meminum air kelapa setiap hari. Hal ini dikarenakan jumlah potassium di dalam air kelapa cukup tinggi. Selain itu kalium akan mencegah darah kotor yang menempel pada dinding-dinding ginjal, sehingga air kelapa mampu menawarkan perlindungan atau pembentukan Kristal batu pada bisa terjadi kemudian.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dari penjelasan diatas kita tentu telah tahu bahwa air kelapa bisa digunakan sebagai infus alami pada keadaan darurat. Apalagi untuk kekebalan tubuh itu sendiri, elektrolit yang tinggi mampu menekan jumlah bakteri penyebab penyakit. Sistem kekebalan tubuh berperan melawan protein dan molekul penting dalam tubuh, dan air kelapa mampu memberikan peran terbaiknya untuk hal tersebut.

  1. Mencegah kerutan wajah

Semakin bertambahnya usia pasti akan semakin banyak pula garis, atau kerutan yang tampak pada wajah. Kerutan merupakan tanda dari kulit yang tingkat elastisnya menurun, dengan membasuh wajah dengan air kelapa akan membuat kulit wajah anda tetap sehat dan kulit menjadi tidak kering meskipun sedikit keriput. Sama seperti kandungan pentingnya yakni vitamin, asam amino, enzim dan potassium yang berperan penting dalam pembentukan sistem epidermis kulit wajah.

  1. Mencegah penuaan dini

Selain mampu menyamarkan kerutan pada wajah, air kelapa juga berkhasiat untuk mencegah penuaan dini. Dalam kata mencegah pastinya identic dengan usia sebelum lanjut usia. Elemen pembentuknya adalah asam laurat dan sitokin. Yang dimana keduanya mampu berproses dalam regulasi sel atau memperbaiki sel kulit yang rusak. Selain mencegah penuaan dini, air kelapa juga mengandung cytokinin yang mampu melawan penyakit kanker.

  • Mencegah uban pada usia lanjut
  • Mengobati jerawat yang membandel
  • Menurunkan berat badan
  • Meningkatkan energi pada tubuh
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengatasi tumit retak
  • Membuat suara menjadi lembut
  • Mengurangi efek kecanduan alkohol
  • Mencegah refluks asam
  • Mengobati cacingan pada perut
  • Meningkatkan sistem metabolisme tubuh
  • Mencegah penyakit kardiovaskular penyakit jantung
  • Menurunkan demam
  • Menaikkan trombosit penderita demam berdarah
  • Mencegah sembelit
  • Baik untuk ibu hamil

Cara mengobati biduran

Biduran dapat disembuhkan dengan bahan obat tradisional biduran yang mudah di dapatkan, namun jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk mencari dan mengolahnya anda bisa menggunakan obat generik yang banyak tersedia di apotek. Banyak sekali cara untuk bisa sembuh, cara mengobati biduran dengan air kelapa pun menjadi salah satunya. Penyakit kulit ini merupakan penyakit yang tidak terlalu berbahaya, anda bisa melakukan pencegahan penyakit ini dengan menghingari penyebabnya. Mudah sekali bukan. Namun jika penyakit sudah terlanjut menghinggapi tubuh anda, jalan terakhir adalah melakukan pengobatan. Seperti di bawah ini yang akan kita jelaskan pengobatannya secara tradisional.

  • Air kelapa hijau

Air kelapa hijau merupakan minuman yang banyak menjadi idola dan andalan ketika panas gerah di siang hari. Minuman ini khas dengan rasa segar yang mampu menghilangkan dehidrasi pada tubuh. Penyakit biduran juga akan luluh jika anda mengkonsumsi air kelapa dengan baik sebagai media pengobatan alternatif. Obat tradisional ini sudah dipercaya sejak jaman dahulu. Anda bisa mengkonsuminya secara langsung tanpa perlu tambahan apapun. Minum air dan makan daging kelapanya untuk mendapatkan khasiat yang anda inginkan. Selain mampu mangatasi penyakit kulit biduran, air kelapa juga bisa dijadikan minuman kesehatan yang kaya akan kandungan antioksidan pelawan penyakit yang mungkin menyerang tubuh. Pilih kualitas kelapa muda hijau terbaik untuk mendapatkan khasiat terbaiknya pula.

  • Daun sirih

Siapa yang tidak mengenali daun sirih. Daun berbentuk kecil serbaguna ini sudah turun-menurun digunakan sebagai media penyembuhan yang paling efektif tanpa efek samping. Daun sirih mampu mengobati penyakit kulit eksim dan penyakit kulit biduran secara mudah. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara merebusnya menggunakan air bersih hingga mendidih. Lalu sarig rebusan air tersebut dan minum selagi hangat. Sebaiknya anda meminu jamu rebusan pada kondisi masih hangat, karena akan membuat perut terasa nyaman. Menurut pengalaman seorang pengkonsmsi jamu rebus, meminum rebusan airnya ketika dalam keadaan dingin akan membuat perut terasa begah dan terasa mual. Justru malah mengerikan bukan, digadang-gadang untuk dijadikan sebuat obat dan ketika salah mengolahnya malah menjad racun dalam tubuh. 

ads

  • Daun kelor

Selain daun sirih ada juga daun lain yang memiliki manfaat sama dalam perannya sebagai obat biduran alami, yakni daun kelor. Daun ini sering dijuluki sebagai daun ajaib karena manfaatnya yang memang berkata demikian. Anda bisa menanam daun kelor di pekarangan depan atau halaman belakang rumah anda, karena tanaman ini sangat mudah di budidayakan dan cocok dengan iklim Indonesia. Cara mengkonsumsinya mudah sekali, yakni rebus daun kelor dan bawang putih dengan 3 gelas air, kemudian sisakan air rebusan hingga menjadi 2 gelas saja. Saring dan minum selagi hangat. Minum rebusan tersebut setiap hari pada pagi dan sore hari.

  • Daun jombang

Daun jombang diperoleh dari tanaman jombang yang biasa hidup liar di pinggiran sungai. Bentuknya sangat unik, dengan buka kecil seperti matahari, dan area sekitarnya ditumbuhi oleh bulu halus. Keadaannya seringkali diabaikan oleh sebagian orang, karena memang terlihat seperti rumput liar semacam gulma. Padahal dibalik bentuknya yang sederhana, tersimpan banyak manfaat untuk kesehatan kita. Anda bisa mengkonsumsinya dengan mengambil segenggam daun jombang, air 2-3 gelas, kemudian rebus dan setelah itu minum selagi hangat. Minum ramuan herbal ini 3x sehari agar khasiatnya lebih terasa pada tubuh.  Mudah sekali bukan cara mengobati biduran dengan air kelapa dan daun jombang, anda perlu mencobanya di rumah.

  • Temulawak dan buah asem

Temulawak dan buah asem memang sudah lama di jadikan sebagai media pengobatan yang tentunya mudah diperoleh dan mudah diolah. Alam memang menyimpan banyak manfaat rahasia dari tumbuhan yang tumbuh secara langka atau liar. Temulawak dan buah asem sangat disayangkan sekali jika tidak dimanfaatkan dengan baik. Cobalah menggunakan perpaduan tanaman ini untuk mengobati biduran dengan cara merebus keduanya secara bersamaan dan ditambah gula aren secukupnya. Dinginkan rebusan dan minum ketika masih hangat. Gula aren berperan sebagai penikmat rasa, agar rebusan tidak terlalu pahit saat diminum.

  • Kunyit

Kunyit sudah lama dikenal untuk mengobati berbagai penyakit kulit, seperti kulit eksi, biduran, bisul, penyakit kurap kering, mengobati jerawat, menyamarkan kerutan dan lain sebagainya. Sungguh diluar dugaan bukan, benda sekecil kunyit mampu menghilangkan penyakit dengan mudahnya. Karena anda hanya perlu menumbuk, lalu merebusnya hingga mendidih, lalu minum setiap hari. Jangan pernah bosan melakukan kegiatan tradisional seperti ini, karena jika ditelateni maka penyakit juga akan takluk terhadap penyakit anda.

  • Jahe

Pada cuaca yang dingin, minuman jahe sangat cocok untuk di seduh dalam keadaan hangat di dampingin dengan makanan kecil seperti kue, dan lainnya. Rasanya yang tajam, pedas dan nikmat ini ternyata memiliki manfaat untuk meredakan penyakit biduran. Caranya adalah dengan menumbuk jahe sampai memar, tambahkan gula jawa, tunggu hingga mendidih, saring untuk menghilangkan sisa ampas, kemudian minumlah saat keadaan hangat. Lakukan pengobatan ini rutin setiap hari, tentunya untuk mendapatkan manfaat terbaiknya terasa oleh tubuh kita. Jahe gepuk memang menjadi andalan pada angkringan, wedangan atau cangkruan di berbagai daerah jawa. Karena memang rasanya yang hangat menyegarkan serta mampu menghilangkan stress dan harga yang ditawarkan lumayan murah.

  • Minyak kayu putih

Minyak kayu putih biasanya digunakan para ibu untuk menghangatkan tubuh bayinya yang kedinginan setelah mandi. Minyak ini juga memiliki aroma khas yang menyegarkan melegakan tenggorokan, mengatasi masuk angin, perut mual dan bisa mengobati biduran. Untuk menggunakannya anda bisa langsung mengoleskannya pada bagian kulit yang kan diobati. Tuangkan minyak ini secukupnya saja, merata tipis ke seluruh permukaan kulit. Lebih baik digunakan dengan jarak lama ketika mandi, yakni sebelum atau sesudahnya. Tenang saja, penyakit biduran bisa disembuhkan dengan mudah asalkan cara yang digunakan juga tepat. Biduran yang tidak terlalu parah bisa sembuh dengan sendirinya tanpa obat apapun, tapi keadaan tersebut tergantung dengan jenis biduran itu sendiri.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun memang sering digunakan untuk merawat tubuh wanita atau bahkan lelaki. Minyak ini mampu membuat rambut, wajah hingga kulit menjadi terawat  dengan cara pemeliharaan yang tepat pula. Meskipun harga yang ditawarkan lebih mahal dari minyak kayu putih, tapi hal itu tidak memudarkan kepercayaan masyarakat dalam menjadikannya media pengobatan yang mujarab. Cara mengobati biduran dengan air kelapa dan minyak zaitun adalah dengan mengoleskannya langsung pada kulit yang terkena biduran. Usahakan untuk tidak menggunakan produk perawatan lain seperti krim pemutih, body lotion dan lain sebagainya. Dapatkan minyak zaitun pada apotek terdekat, atau di pasar tradisional dan semacamnya. Karena seiring berkembangnya zaman anda akan dimudahkan unutk menda[atkan barang apapun yang anda inginka. Manfaatkan kemudahan ini untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

  • Bawang merah

Bawang merah biasnaya digunakan sebagai bumbu dalam masakan, taburan pada makanan berkuah atau untk menghangatkan tubuh bayi yang diletakkan di ubun-ubunnua. Namun siapa sangka bahwa tanaman umbi ini mampu mengobati biduran dengan cara yang terhitung sederhana. Bawang merah bisa anda tumbuk lalu di campurkan pada rebusan tanaman lain seperti kunyit, daun sambiloto, daun kelor, dan lainnya. Siapapun pastinya bisa melakukan cara pengobatan ini dengan mudah. Hal yang perlu diperhatikan demi kesembuhan biduran adalah kesabaran. Kesabaran akan menjalani pengobatan tradisional yang aman tanpa efek samping dan harga yang cenderung miring. Tanaman umbi-umbian memang memiliki manfaat dalam perannya mengatasi berbagai penyakit kulit, seperti kita ketahui bawang putih bisa digunakan unutk mengatasi kutil, bisul dan penyakit kulit lainnya. Tidak perlu diragukan lagi bahwa alam memang sangat memberi manfaat untuk menjunjung kehidupan serta kesehatan agar lebih baik lagi. 

Sponsors Link

  • Leunca

Tanaman leunca memiliki berbagai kandungan penting yang terdiri dari protein, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi dan lainnya. Meskipun namanya agak sedikit asing, tapi ternyata tanaman ini masih mudah didapatkan, bahkan anda juga bisa menanamnya sendiri di rumah. Sebelum mengkonsuminya sebagai obat, anda perlu memperhatikan tingkat kematangan dari tanaman ini. Karena buah leunca yang baik adalah yang masih muda, dikhawatirkan jika terlalu tua atau masih sangat mentah malah membawa racun tidak baik untuk tubuh. Penyakit kulit seperti cacar, biduran, borok, kudis, kurap dan lainnnya akan luluh pada buah leunca ni. Olah buah ini dengan benar, dan gunakan rutin setiap harinya, dengan cara menumbuknya hingga halus lalu balurkan pada area kulit yang terinfeksi biduran.

  • Kompres dengan air dingin

Penyakit kulit biduran seringkali membuat kulit malah terasa gatal dan kadang membuat kita risih. Manfaat dari air dingin adalah mampu menghilangkan rasa gatal pada kulit biduran yang tidak tertahankan. Air yang digunakan juga harus air bersih, bukan air hujan atau air kotor lain. Karena akan sama saja ketika anda menggunakan air yang tidak higienis. Caranya adalah dengan menyiapkan air dingin pada wadah yang telah disediakan, kemudian ambil lap berish dan kompres pada bagian kulit biduran. Lakukan pengobatan ini saat sedang santai, agar khasiatnya meresap sempurna pada kulit. Hindari menggaruk biduran ketika rasa gatal sedang terasa, hal itu akan membuat biduran menjadi semakin lebar hingga menular pada daerah kulit lain.

  • Air hangat

Selain air dingin yang mampu mengobati biduran, ternyata air hangat pun bisa digunakan untuk mengatasi biduran. Caranya sama dengan saat anda mengobatinya dengan air dingin. Air hangat akan memberikan manfaat lebih seperti efek relaksasi yang nyaman hingga membunuh bakteri di sekitar kulit yang terkena biduran. Air hangat juga mampu melembabkan kulit akibat biduran yang membuat kulit menjadi kering dan seikir mengelupas. Selain itu air hangat juga mampu menghilangkan jerawat, mengecilkan pori-pori pada kulit wajah, dan tentu manfaat lain yang dimilikinya. Jangan menggunakan air hangat terlalu sering untuk mandi, karena akan membuat mudah kering dan cepat keriput.

Itulah dia beberapa hal yang bisa ketahui dari cara mengobati biduran dengan air kelapa. Banyak cara ayng bisa anda lakukan untuk mengobati penyakit. Baik cara tradisional yang anda lakukan sendiri di rumah atau melalui tindakan medis. Semua hal itu tergantung kepercayaan dan kecocokan anda menggunakan cara pengobatan tersebur. Jangan lupa unutk mensugesti diri sendiri untuk kesembuhan penyakit yang diharapkan, karena alam bawah sadar tentang apa yang yakini dan pikirkan akan berdampak langsung pada kenyataan hidupayang kita jalanai. Jika kita meyakini kita bisa sembuh dengan pengobatan A maka kita akan sembuh tanpa menggunakan pengobatan lainnya. Tapi jika sebaliknya, maka tidak akan ada hal apapun yang kita peroleh. Meskipun kitabisa sembuh, tapi hasilnya akan berbeda jika kita niatkan memimun obat demi kesembuhan seperti yand diharapkan.

Sponsors Link
, , ,