Sponsors Link

6 Cara Mengobati Benjolan di Mons Pubis Terbukti Berkhasiat Ampuh

Sponsors Link

Area kemaluan wanita, atau mons pubis, merupakan area yang kompleks dan sangat sensitif. Area ini pun hampir selalu tertutup yang membuatnya mudah lembab dan mudah terinfeksi kuman dan bakteri. Akibatnya, area ini mungkin sekali mengalami gangguan, salah satunya adalah benjolan di mons pubis. Gangguan tersebut tentu harus segera diatasi dengan cara mengobati benjolan di mons pubis. Simak terus artikel berikut ini, ya!

ads

Mons pubis adalah istilah lain dari kemaluan wanita. Jika dideskripsikan, mons pubis adalah alat reproduksi wanita yang memiliki bentuk menonjol dan sedikit membulat di bagian simfisis pubis. Mons pubis juga disebut mons veneris. Alat reproduksi wanita ini terbentuk dari tumpukan lemak bawah kulit yang saat seorang wanita memasuki usia pubertas akan tumbuh rambut-rambut halus di area ini. Lapisan lemak ini menutupi tulang kemaluan dengan segmen yang akan membentuk labia mayora.

Ada beberapa bagian yang mendukung mons pubis. Mons pubis ini memiliki segmen ke labia mayora yang juga dikenal sebagai bibir yang lebih besar di kedua sisi alur kemaluan wanita. Bagian ini disebut sebagai celah dari venus yang juga mengelilingi labia minora, lubang vagina dan klitoris, bersama-sama dengan bagian lain dari bagian depan vulva. Jaringan lemak yang membentuk sebagian besar area mons pubis merupakan jaringan yang sangat sensitif terhadap hormon estrogen sehingga akan membentuk gundukan yang mulai terlihat saat anak gadis memasuki usia pubertas.

Fungsi utama dari mons pubis ini adalah sebagai pelindung organ kelamin wanita dari benturan luar. Mons pubis juga melindungi alat reproduksi wanita dari infeksi bakteri, terutama saat melakukan hubungan seksual. Saat seorang wanita sedang melakukan hubungan intim, area kemaluannya akan mengalami gerakan yang bisa menyebabkan cedera di bagian halus perempuan. Atas fungsi inilah area mons pubis ada untuk menjaga keamanan dan melindungi organ genital wanita. Tidak hanya itu, mons pubis juga membantu aktivitas rangsangan melalui penciuman aroma yang bisa meningkatkan daya tarik seksual. Di mons pubis terdapat kelenjar sebasea dan keringat yang bisa menghasilkan aroma tertentu yang bisa meningkatkan gairah seksual.

Dengan beragam fungsi dan aktivitas di mons pubis ini, masalah yang bisa menyerang mons pubis pun beragam. Salah satunya adalah munculnya benjolan di mons pubis. Ada beberapa kemungkinan penyebab benjolan di kelamin wanita atau di mons pubis ini, yang tentunya akan mempengaruhi cara mengobatinya, sebagai berikut:

  • Infeksi – infeksi bisa disebabkan oleh kurang terjaganya area mons pubis sehingga memudahkan bakteri untuk menyerangnya. Selain itu, tindakan mencabut atau mencukur bulu kemaluan yang tidak benar juga bisa mengakibatkan munculnya benjolan di area ini.
  • Folikulitis – yaitu radang di folikel rambut kemaluan. Bisa disebabkan oleh perawatan yang salah setelah mencabut atau mencukup rambut kemaluan.
  • Kista kelenjar keringat – kelenjar keringat di area mons pubis ini juga bisa mengalami kista atau pembentukan kantong berisi cairan yang akan menyebabkan munculnya benjolan.
  • Penyakit kelamin – misalnya penyebab kutil kelamin, herpes, scabies, dermatitis, dan lain sebagainya. Penyakit ini biasanya bisa ditularkan melalui hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

Dari beragamnya kemungkinan penyebab munculnya benjolan, maka cara mengobatinya pun berbeda-beda. Berikut akan dibahas beberapa cara mengobati benjolan di mons pubis yang aman dan bisa dicoba sendiri di rumah sebagai penanganan awal:

  1. Menjaga kebersihan mons pubis

Cara pertama ini adalah cara yang paling utama yang harus dilakukan. Cara tersebut adalah menjaga kebersihan area kemaluan. Benjolan yang muncul di mons pubis bisa jadi merupakan dampak dari infeksi bakteri akibat area mons pubis yang tidak higienis. Maka, jangan membuat benjolan semakin parah dan jaga kebersihan area kemaluan.

Sponsors Link

Caranya, ganti celana dalam secara teratur paling sedikit dua kali sehari. Setelah Anda berolahraga dan berkeringat, segera ganti celana dalam Anda. Terutama ketika Anda sedang datang bulan, ganti pembalut setidaknya setiap 4 jam atau dan pelajari cara membersihkan kemaluan setelah haid.

  1. Menjaga kelembaban area kemaluan

Mons pubis merupakan area yang hampir selalu tertutup sehingga area ini rawan menjadi terlalu lembab. Kelembaban yang berlebih bisa membuat area ini menjadi tempat yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur yang bisa menyebabkan benjolan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak memakai pakaian dalam yang terlalu ketat serta memilih pakaian dalam berbahan katun yang menyerap keringat. Memilih pakaian dalam yang tepat bisa membantu Anda menjaga tingkat kelembaban di mons pubis menjadi lebih baik.

  1. Menggunakan obat kutu

Benjolan yang muncul di mons pubis bisa jadi merupakan ciri-ciri terkena kutu kemaluan. Jika demikian, lakukan cara menghilangkan kutu kemaluan, salah satunya dengan menggunakan obat kutu. Konsultasikan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Hindari memencet benjolan
Sponsors Link

Tidak jarang benjolan di mons pubis disertai dengan nanah, gatal, rasa nyeri hingga benjolan yang berwarna merah. Gejala seperti ini mungkin cukup ‘menggoda’ Anda untuk memencetnya dengan harapan mempercepat penyembuhan. Namun, sebaiknya Anda menaham godaan ini dan jangan sekali-sekali memegang apalagi memencet benjolan. Memegang benjolan, apalagi memencetnya bisa saja memperparah penyakit yang mungkin saja sedang menyerang mons pubis.

  1. Hindari mencukur atau mencabut rambut kemaluan

Mencukur atau mencabut rambut kemaluan secara ceroboh bisa menjadi penyebab bentol di bibir kemaluan. Oleh karena itu, ketahuilah cara mencukur atau mencabut rambut kemaluan yang benar dan gunakan antiseptik sebelum melakukan prosedur ini. Pastikan Anda menggunakan pisau baru setiap akan mencukur untuk mencegah timbulnya infeksi. Sementara benjolan masih ada di mons pubis, tahan dulu keinginan untuk mencukur atau mencabut rambut kemaluan hingga benjolan tersebut telah menghilang.

  1. Penggunaan antibiotik dan antinyeri

Cara mengobati benjolan di mons pubis selanjutnya adalah dengan menggunakan obat antibiotik dan antinyeri, terutama jika benjolan yang muncul merupakan abses berisi nanah. Namun, cara ini membutuhkan resep dan petunjuk dokter demi menjaga keamanannya.

Demikian beberapa cara mengobati benjolan di mons pubis. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan