Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Nyeri Pada Testis Menurut Penyebabnya

Sponsors Link

Anda tentu menyadari pentingnya testis selama aktivitas seksual yang berperan dalam produksi sel sperma dan hormon testosteron. Bagaimana jika testis terasa nyeri dan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda? Terdapat beragam alasan mengapa sakit pada telur kemaluan pria sehingga Anda harus mengetahuinya untuk menemukan cara menghilangkan nyeri pada testis. Adapun penyebab rasa nyeri tersebut pada umumnya beserta cara untuk menghilangkan nyeri pada testis menurut penyebabnya antara lain:

ads

1. Batu Saluran Kemih

Penyakit batu ginjal merupakan terbentuknya endapan mineral seperti batu di dalam ginjal yang turun ke ureter sehingga nyeri menjalar ke bagian bawah perut dan selangkangan. Ketika batu didorong oleh tubuh untuk bergerak keluar, darah akan muncul dalam urin serta adanya rasa sensasi terbakar ketika buang air kecil. Penderita batu saluran kemih dapat minum air putih lebih banyak sekitar 2-3 liter per hari untuk mendorong batu.

Jika endapan kecil akan mudah keluar bersama urin namun jika berukuran besar harus dikeluarkan melalui operasi. Anda juga dapat melakukan kompres hangat pada daerah yang nyeri atau mandi air hangat untuk melemaskan otot-otot yang nyeri. Jika nyeri tidak berkurang, Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung ibuprofen untuk mengurangi inflamasi atau minta seseorang untuk memijit punggung atau pada area ginjal yang sakit.

2. Varikokel

Varikokel merupakan pembesaran pembuluh balik pada testis dimana terdapat benjolan namun biasanya nyeri testis dirasakan sebelum benjolan muncul dan semakin parah ketika melakukan aktivitas fisik. Untuk menghilangkan nyeri pada kasus ini, Anda disarankan untuk beristirahat atau berbaring sambil mengangkat kaki.

Anda juga bisa melakukan yoga dengan melakukan pernafasan secara rutin 3-4 kali dalam seminggu. Namun jika benjolan sudah nampak sangat jelas maka harus dioperasi. Ketahui juga perbedaan varikokel dan radang testis sehingga Anda bisa melakukan pertolongan pertama dengan benar.

3. Hernia Inguinalis

Hernia Inguinalis merupakan proses turunnya usus dari rongga perut ke arah alat kelamin sehingga timbul benjolan yang terasa terbakar atau nyeri terutama ketika Anda sedang berdiri, mengangkat sesuatu, atau batuk. Masyarakat awam masih jarang mengetahui perbedaan hernia dengan varikokel dimana keduanya sama-sama membuat testis nyeri.

Untuk menghilangkan nyeri, Anda bisa mengompres dengan es batu menggunakan waslap bersih selama 10-15 menit. Es batu akan mengurangi sensasi rasa nyeri pada testis. Namun tips ini hanya dilakukan ketika tidak ada luka lecet karena bisa memperparah rasa nyeri. Anda juga bisa memakai truss atau penopang mirip celana dalam khusus pereda nyeri dan mengurangi ketidaknyamanan selama sementara sebelum melakukan operasi sebagai tindakan final guna penyembuhan hernia.

4. Torsio Testis

Torsio merupakan keadaan dimana tali-tali kristal membelit testis sehingga saluran suplai darah ke arah testis menjadi terhenti. Penderita dapat merasakan nyeri secara mendadak ketika bergerak atau merasakan testis agak berat. Ciri-ciri penyakit torsio testis juga dapat diamati jika terjadi perubahan posisi testis menjadi miring, demam, serta nyeri ketika buang air kecil.

Sponsors Link

Untuk menghilangkan nyeri sekaligus menyembuhkan penyakit, Anda harus sesegera mungkin dibawa ke dokter paling lambat 12 jam setelah rasa sakit yang luar biasa. Kemungkinan kecil dokter akan langsung mengembalikan posisi testis atau pada umumnya melakukan operasi. Penderita juga biasanya tidak melakukan aktivitas apapun agar tidak memperparah nyeri.

5. Orkitis

Orkitis ialah peradangan testis yang bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Rasa nyeri yang terjadi akan disertai pembengkakan dan membuat testis menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan. Gejala radang testis lain yang mungkin timbul adalah demam, mual, dan ditemukan darah dalam sperma.

Untuk mengurangi nyeri, Anda bisa memakai celana dalam yang tidak ketat atau sarung serta bed rest dengan meninggikan posisi testis. Jika ingin mengonsumsi obat-obatan, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk mengetahui obat yang sesuai dengan penyebab orkitis, yaitu karena virus atau bakteri.

6. Hidrokel

Hidrokel merupakan keadaan dimana cairan menumpuk pada testis sehingga terlihat lebih besar dan menimbulkan rasa sakit. Meskipun pada kebanyakan kasus penyakit hidrokel bisa sembuh secara sendirinya dalam waktu berbulan-bulan, Anda dapat menghilangkan nyeri yang dapat memicu komplikasi di masa mendatang. Salah satu caranya ialah mandi dengan air hangat yang dicampur dengan garam epsom selama 15-20 menit.

Sponsors Link

Hal ini akan membantu mengendurkan otot sekaligus merangsang cairan untuk keluar melalui kulit sehingga menghambat pembengkakan. Jika tidak kunjung sembuh, maka Anda harus berkonsultasi ke dokter karena bisa jadi terserang penyakit lain yang memiliki gejala serupa. Menjadi salah satu penyakit kelamin yang berbahaya, maka operasi hidrokel juga dilakukan ketika ditemukan ciri-ciri hidrokel , misalnya dapat menekan pembuluh darah.

7. Epididimitis

Epididimitis merupakan peradakan pada organ penyimpan sperma di belakang testis yang disebut epididimis. Epididimitis biasanya turut membuat testis nyeri, sering merasa ingin buang air kecil, pembengkakan dan kemerahan pada skrotum, nyeri saat berhubungan seksual, hingga lapisan kulit skrotum menjadi robek. Anda disarankan untuk mengonsumsi antibiotik serta obat pereda nyeri herbal.

Antibiotik yang mudah ditemukan dapat meredakan rasa sakit sementara karena mampu mematikan virus penyebab rasa sakit. Mengonsumsi antibiotik juga dapat menghentikan penyebaran virus hingga organ di sekitar testis. Selain itu, kompres dingin, minum banyak air putih, maupun mengatur posisi skrotum terangkat juga dapat dilakukan. (Baca juga: perbedaan orchitis dan epidimistis)

Untuk mencegah penyakit di atas, Anda harus menjaga pola hidup sehat dan rajin berolahraga. Selain itu, pemilihan celana dalam yang nyaman juga membantu Anda untuk beraktivitas dengan baik sekaligus mencegah penyakit kelamin. Tidak jarang  pula kondisi mental seperti gangguan stress bisa memengaruhi kesehatan kelamin sehingga Anda harus mampu mengontrolnya. Jika rasa nyeri pada testis belum juga hilang selama beberapa hari setelah melakukan cara menghilangkan nyeri pada testis di atas, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Sponsors Link
, , , ,