Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Kutil Dengan Getah Pepaya yang Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Kulit menjadi salah satu bagian tubuh yang mudah terserang bakteri, virus, dan jamur karena berkontak langsung dengan udara dan lingkungan. Disebabkan oleh virus HPV, kutil menjadi penyakit yang sering dialami oleh baik wanita maupun pria mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penyebab beragam jenis-jenis kutil ini juga mudah ditularkan, misalnya melalui hubungan seksual pada kutil kelamin yang disebut dengan infeksi seksual menular. Seseorang yang rendah kekebalan tubuhnya juga mudah tertular, seperti efek transplantasi organ dan penderita HIV.

ads

Kutil ditandai dengan benjolan daging kecil yang biasanya berjumlah cukup banyak yang mampu menyerang area kulit manapun, mulai dari tangan, leher, ketiak, kaki, bahkan di sekitar alat kelamin. Virus HPV memicu penumpukan protein keras pada permukaan kulit sebagai benjolan. Yang menjadi masalah bagi penderita kutil ialah rasa tidak nyaman dengan munculnya benjolan walaupun sejatinya kutil tidak memiliki risiko terlalu tinggi bagi tubuh. Kutil yang menyerang organ kelamin bahkan mampu menimbulkan pendarahan ketika berhubungan intim. Maka bagi Anda yang ingin melakukan pengobatan kutil dapat memanfaatkan bahan alami yang cukup populer yaitu getah pepaya.

Pepaya dikenal memiliki khasiat mulai dari buah, daun, biji, hingga getahnya untuk bidang kecantikan, kesehatan, keragaman kuliner, dan lain sebagainya. Dalam topik ini, getah pepaya akan dibahas sebagai bahan untuk diterapkan dalam cara menghilangkan kutil. Dalam jenis kutil tertentu misalnya pada area kelamin, Anda perlu mengetahui juga efek samping pengobatan kutil kelamin sehingga dapat lebih berhati-hati memilih jenis pengobatan.

Pengobatan Kutil Secara Alami

Getah pepaya mengandung enzim perombak protein atau protease yang dinamakan papain. Enzim yang paling banyak ditemukan pada getah buah pepaya ini biasa digunakan sebagai bahan baku krim kecantikan karena bisa membasmi flek dan noda kotor pada wajah. Dengan wujud berwarna putih dan lembut seperti susu (silky milk), Anda dapat memanfaatkan getah pepaya untuk mengobati kutil. Selain getah pepaya, Anda juga dapat menerapkan cara menghilangkan kutil dengan kapur sirih.

Sebelum memanfaatkan getah pepaya, Anda dapat mengambil getah pepaya pada tangkai, tulang daun, dan batang pepaya yang sehat dan bersih. Jika membeli getah pepaya yang telah dikemas, pastikan bahwa getah tersebut benar-benar alami atau mengandung bahan kimia hanya sedikit saja. Namun getah yang diambil langsung dari pohon tentu lebih terjamin kualitasnya. Lalu, Anda dapat menerapkan cara menghilangkan kutil dengan getah pepaya sebagai berikut:

1. Mengoleskan dan Membalut Getah

Getah yang sudah berbentuk cair memiliki keuntungan berupa kemudahan untuk langsung diusapkan atau dioleskan pada kutil. Berikut beberapa caranya yang bisa anda lakukan:

  1. Namun Anda harus membersihkan kulit di sekitarnya terlebih dahulu agar bakteri dan kuman yang masih menempel dapat berkurang.
  2. Cara ini juga dapat dilakukan tanpa plester atau perekat tetapi dalam mengoleskan getah harus agak menekan. Namun Anda juga harus memastikan bahwa tangan dan lingkungan di sekitar Anda tidak kotor sehingga meningkatkan potensi bakteri maupun virus baru.
  3. Setelah dioleskan, Anda dapat merekatkan plester atau perban berukuran sesuai dan membiarkannya selama 20 sampai 30 menit.
  4. Hal ini akan membantu penyerapan getah pepaya. Terakhir, buka perekat untuk membilas kutil dengan air hangat. Kebiasaan ini akan mempercepat pengikisan kutil jika dilakukan setiap hari.

2. Menambahkan Cuka pada Getah Pepaya

Sponsors Link

Perpaduan antara cuka sebagai bahan alami lain yang dikenal efektif menghilangkan ciri-ciri kutil berbahaya dengan khasiat getah pepaya sangat direkomendasikan. Dengan beberapa langkah mudahnya sebagai berikut:

  1. Seperti cara yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, ramuan cuka dan getah pepaya dapat dioleskan lalu dibalut dengan plester. Ramuan ini baru bisa dibilas setelah menunggu 20 hingga 30 menit.
  2. Jika Anda melakukan kebiasaan ini secara rutin, maka ciri-ciri kutil akan sembuh dapat segera terlihat.

Meskipun lebih rumit, cara ini dinilai lebih efektif daripada tanpa menggunakan cuka apel namun perbandingan antara getah dan cuka harus diperhatikan agar seimbang. Selain itu, Anda juga harus memerhatikan gejala kutil. Jika kutil yang muncul banyak jumlahnya namun saling berpencar sendiri-sendiri maka setiap kutil hanya dioleskan sedikit ramuan. Namun jika kutil muncul secara bergerombol dalam satu area maka ramuan dapat dioleskan agak banyak untuk mempercepat penyembuhan keseluruhan kutil.

Cara menghilangkan kutil dengan getah pepaya termasuk salah satu cara mengobati kutil secara alami yang tidak mengandung obat kimia sehingga efek sampingnya rendah. Getah pepaya juga mudah ditemukan di sekitar rumah atau harganya dapat dijangkau jika membeli. Sayangnya cara yang dijelaskan di atas hanya dapat dilakukan di rumah saja karena getah pepaya menimbulkan bau yang asing dan mudah lengket atau berlepotan sehingga tidak bisa dikerjakan di sela kepadatan aktivitas. Di samping itu, kutil yang dialami orang lain mungkin menimbulkan perasaan risih bagi orang di sekitarnya sehingga akan lebih baik jika pengobatan dilakukan secara privasi.

Sebaiknya Anda tidak mengiris atau menghilangkan kutil secara paksa karena kutil akan tumbuh kembali. Meskipun kutil memunculkan rasa gatal, tidak nyaman, dan menurunkan kepercayaan diri namun kutil juga termasuk bagian dari penyakit sehingga harus dilakukan pengobatan secara tepat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan