Sponsors Link

6 Cara Menghilangkan Koreng Di Kulit Patut Dicoba

Sponsors Link

Koreng pada kulit terjadi akibat bekas luka atau karena penyakit kulit yang meninggalkan bekas berwarna kemerahan, coklat, coklat gelap atau berwarna kehitaman. Koreng ini sangat jelas mengganggu penampilan jika terdapat pada bagian yang terlihat seperti wajah tangan atau kaki. Koreng yang terdapat pada kulit juga bisa mengikis kepercayaan diri seseorang.

ads

Bekas luka atau koreng ini merupakan reaksi alami dari tubuh dalam melindungi kulit yang terluka atau terinfeksi dan juga merupakan bagian dari proses penyembuhan pada kulit. Namun koreng atau bekas luka ini bisa memudar dalam jangka waktu dua tahun atau lebih. Nah, berikut ada cara menghilangkan koreng pada kulit lebih cepat.

1 . Terapi Laser

Cara menghilangkan koreng di kulit yang pertama adalah dengan menggunakan terapi sinar laser atau pulses of light. Sinar laser ini dapat mengurangi bekas luka yang kemerahan pada kulit dengan menghilangkan lapisan atas kulit sehingga mampu merangsang produksi kolagen pada lapisan kulit terdalam. Kegunaan terapi laser ini bisa dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kecantikan. Ini juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan bekas koreng yang sudah lama.

2. Skin Needling

Skin needling atau microneedling adalah teknik untuk membantu merangsang peremajaan kulit. Teknik atau prosedur skin needling ini adalah dengan menusukkan jarum-jarum halus ke kulit. Cara ini diketahui cukup efektif untuk memudarkan bekas koreng pada kulit dan perawatannya juga harus dilakukan secara berulang untuk mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan apa yang diinginkan.

3. Perban Tekan

Perban tekan adalah perban yang dikhususkan untuk penggunaan pada kulit bekas luka. Perban ini berperan dalam melembutkan dan meratakan bekas luka dan biasanya digunakan untuk bekas luka bakar yang luas atau setelah melakukan operasi cangkok kulit. Perban ini terbuat dari bahan elastis yang dikombinasikan dengan pelapis gel silikon dan penggunaannya selama 6 sampai 12 bulan. Perban tekan ini juga harus digunakan dengan pengawasan dokter ya.

4. Gel Silikon

Silikon ini digunakan untuk meminimalisir bekas luka hipertrofik atau keloid dan mengurangi kemerahan pada kulit. Untuk mendapatkan hasil yang efektif, lembaran dari gel silikon ini harus ditempatkan pada bekas luka dalam rentang waktu 12 jam setiap harinya selama kurang lebih 3 bulan pemakaian.

5. Suntikan Kortikosteroid

Cara menghilangkan bekas koreng berikutnya adalah dengan suntikan kortikosteroid ini bermanfaat dalam mengobati keloid dan menghilangkan bekas luka hipertrofik. Prosedur pemakainya adalah dengan menyuntikkannya ke dalam bekas luka untuk mengurangi peradangan, pembengkakan dan meratakan bekas luka. Suntikan ini dapat diberikan selama 3 kali dalam rentang waktu 4 sampai 6 minggu.

6. Obat Luar Bentuk Cream, Salep Atau Gel

Cara paling mudah menghilangkan koreng adalah dengan menggunakan obat oles seperti cream, salep atau gel khusus untuk menghilangkan bekas luka. Untuk mendapatkan obat oles ini bisa membelinya di apotik atau dengan menggunakan resep dokter. Vitamin E biasanya paling banyak direkomendasikan untuk mengatasi bekas koreng pada kulit sekaligus juga bermanfaat untuk melembabkan kulit.

Itulah 6 cara menghilangkan koreng atau cara menghilangkan bekas luka pada kulit yang disebabkan oleh luka ataupun karena berbagai jenis-jenis penyakit kulit. Selain itu dibantu juga dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit. Ketahui juga penyebab bekas luka terasa sering gatal dan penyebab jamur kulit.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan