Sponsors Link

13 Cara Ampuh dan Mudah Menghilangkan Keloid dengan Bahan Lidah Buaya Segar

Sponsors Link

Salah satu fakta unik dari keloid adalah belum ditemukannya penyebab keloid membesar secara spesifik oleh para ahli. Salah satu alasan yang kerap kali dijadikan kambing hitam dari kelainan kulit yang didera oleh jaringan fibrosa atau kolagen saat dalam proses penyembuhan sebuah luka adalah sistem imun tubuh yang lemah serta faktor keturunan. Benar, keloid adalah kelainan kulit yang diwariskan dalam gen dari orang tua.

ads

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa keloid bisa dicegah, diatasi atau dihilangkan. Menilik pada majunya perkembangan ilmu kesehatan serta kayanya pengetahuan bangsa Indonesia mengenai berbagai jenis pengobatan tradisional. Ada banyak jenis cara menghilangkan keloid yang bisa Anda tempuh jika ingin membuat kulit Anda kembali terlihat mulus dan sehat, baik pengobatan secara medis maupun pengobatan secara tradisional.

Jika Anda pergi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengatasi keloid yang Anda miliki, Anda akan ditawari dengan berbagai jalan yakni penggunaan salep untuk mengobati keloid atau topical retinoid ointment, suntik steroid, pengobatan laser hingga tindakan operasi. Pengobatan jenis medis tersebut tentu tidak membutuhkan biaya yang sedikit namun jelas hasilnya lebih cepat dan praktis.

Sementara itu, Anda memiliki banyak pilihan untuk menghilangkan keloid serta mencegah ciri-ciri keloid kembali muncul jika menggunakan pengobatan tradisional. Ada banyak jenis cara menghilangkan keloid yang bisa Anda tempuh, tentu dengan berbagai jenis bahan rempah yang bisa Anda temukan dengan mudah dan murah di kantong. Salah satu bahan yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menghilangkan keloid adalah lidah buaya.

Sebelumnya lidah buaya banyak dikenal sebab manfaatnya yang banyak untuk kesehatan kulit dan rambut. Tidak heran jika lidah buaya biasa menjadi bahan utama dalam berbagai jenis produk perawatan kulit dan rambut. Lidah buaya mentah juga bisa digunakan untuk menghilangkan keloid yang Anda derita tanpa efek samping namun terbukti ampuh yakni dengan cara berikut ini.

  1. Menggunakan Gel Lidah Buaya Segar

Satu-satunya cara untuk menghilangkan keloid menggunakan lidah buaya tentu dengan memanfaatkan gel yang terdapat dalam lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki banyak kandungan dan manfaat. Gel lidah buaya cukup efektif untuk mengatasi dan menghilangkan keloid sebab gel lidah buaya mampu memuluskan kulit dan menstimulus regenerasi sel kulit baru dan sehat pada kerusakan yang terjadi karena keloid.

Selain itu, gel lidah buaya juga memiliki efek yang baik dalam mendinginkan serta mengurangi rasa perih dan gatal karena reaksi alergi. Ada pun cara mengolah lidah buaya agar bisa diaplikasikan tidaklah rumit. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Siapkan lidah buaya yang sudah dibersihkan,
  • Potong lidah buaya sesuai selera lalu iris kulitnya,
  • Ambil gel lidah buaya dan simpan di dalam wadah yang bersih,
  • Gel bisa digunakan begitu saja ke area kulit yang memiliki keloid, atau
  • Hancurkan gel menjadi pasta dan lulurkan ke area kulit yang memiliki keloid,
  • Biarkan mengering dan nutrisi dalam gel lidah buaya diserap ole kulit,
  • Lakukan sebanyak 5 hingga 6 kali setiap hari selama yang Anda butuhkan.
  1. Menggunakan Campuran Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya memang cukup efektif jika digunakan sebagai cara menghilangkan keloid, namun gel lidah buaya segar akan memberikan manfaat yang lebih optimal jika digunakan untuk luka atau keloid yang baru saja terjadi. Keefektifan penggunaan gel ini berkurang ketika Anda mengaplikasikannya pada keloid yang sudah lama. Oleh karena itu, Anda perlu menambah bahan lain dalam gel lidah buaya Anda.

Sponsors Link

Anda dibenarkan untuk mengombinasikan gel lidah buaya Anda dengan berbagai macam bahan yang memiliki manfaat besar untuk kulit Anda. Akan tetapi, bahan yang umum digunakan untuk mengatasi keloid adalah gel lidah buaya, minyak vitamin E, serta mentega kakao. Jika dikombinasikan, ketiga bahan tersebut akan lebih efektif dalam mengatasi keloid dengan cara sebagai berikut.

  • siapkan gel lidah buaya, 2 sdt minyak vitamin E serta 1 sdm mentega kakao,
  • campur dan aduk tiga bahan tersebut hingga menjadi pasta,
  • aplikasikan pada area kulit dengan keloid yang akan Anda hilangkan,
  • tunggu hingga 30 menit,
  • seka pasta lidah buaya tersebut dan biarkan sisanya mengering sendiri,
  • lakukan secara rutin setiap pagi dan malam.

Dalam mengatasi keloid dengan menggunakan lidah buaya, Anda juga bisa menggunakan sisa lidah buaya yang tidak digunakan untuk dijadikan lulur. Lulur lidah buaya tentu akan membuat kulit tubuh Anda lebih lembut dan terhindar dari berbagai jenis bekas luka seperti keloid. Akan tetapi, menggunakan obat tradisional keloid seperti gel lidah buaya saja tidak cukup untuk menghilangkan keloid atau membuat keloid sepenuhnya tidak lagi muncul.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu alasan keloid muncul adalah sistem imun tubuh yang sedang lemah. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan sistem imun tubuh Anda sehingga proses penyembuhan berbagai luka bisa dilakukan dengan mudah. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi banyak bahan makanan sumber antioksidan serta mampu merangsang produksi kolagen. Dengan begitu, Anda memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk menjadi penderita keloid.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Keloid