Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Kadas di Wajah Secara Alami dengan Cepat

Sponsors Link

Cara Menghilangkan KadasPenyakit kulit memang menjadi penyakit yang membuat penderitanya tidak percaya diri melakukan aktifitas diluar lingkungan, seperti kadas yang terdapat pada wajah. Selain itu juga membuat rasa tidak nyaman ketika sedang menghadiri acara penting seperti rapat kerja atau acara formal lainnya.

ads

Dalam keadaan tersebut tidak mungkin kita menggaruk-garuk bagian yang sakit akbibat kadas. Penyakit kulit ini timbul karena luka yang terlalu sering digaruk, salah menggunakan kosmetik, lingkungan serta pakaian yang kurang bersih. Penderita biasanya mengalami panas dan dingin yang berlebihan pada kulit yang terinfeksi. Kadas merupakan jenis-jenis penyakit kulit yang biasa disebut dengan nama kurap. Kadas sendiri ditandai dengan munculnya:

  1. Kulit menjadi kering dan bersisik
  2. Timbul bercak putih yang menebal dan berbentuk lingkaran di area wajah, leher atau bagian tubuh lainnya.
  3. Gatal yang menyiksa, apalagi pada malam hari
  4. Pada kepala bercak putih dapat menyebabkan kebotakan
  5. Pada kuku akan mengalami penebalan dan merusak jaringan kuku
  6. Kuku berwarna kuning pucat
  7. Kuku menjadi rapuh dan mudah lepasa sewaktu-waktu
  8. Timbul bau tidak sedap pada kuku yang terinfeksi
  9. Terjadi peradangan pada kulit, ciri ini merupakan tanda bahwa luka kadas akan semakin besar
  10. Kulit melepuh dan jika lepuhan pecah akan menular ke bagian kulit lainnya

Pencegahan Penyakit Kadas di Wajah

Kadas memberikan rasa tidak nyaman pada penderitanya, pasalnya gatal-gatal yang menyerang bagian tubuh juga tidak boleh digaruk sepereti gatal pada gigitan nyamuk dan semacamnya. Menggaruk cara menghilangkan kadas di wajah akan membuat luka kadas menjadi menyebar, serta terjadi lecet pada kulit dan menjadikannya infeksi. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini, namun cara yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari juga masih ditinggalkan dan penyesalan akan timbul di belakang. Cara mencegahnya adalah :

  1. Rajin mencuci pakaian, handuk, masker, dan benda pribadi lain

Handuk dan pakaian kotor menjadi penyebab datangnya penyakit ini, karena keringat yang dihasilkan dalam tubuh akan membentuk kuman dan menjadi bibit penyakit. Entah penyakit apapun itu, maka dari itu biasakan mencuci pakaian dan handuk setelah digunakan. Milikilah dua handuk agar tidak kebingungan ketika handuk lainnya sedang dicuci. Pengguna motor yang menggunakan masker mulut juga harus menjaga kebersihan maskernya, karena keringat dapat menyebabkan jerawat bahkan penyakit lain pada kulit wajah. Gunakan tabir surya sebelum keluar menghadap sinar matahari dan jangan lupa bersihkan wajah ketika sesampainya dirumah atau tempat tujuan.

  1. Tidak berbagi handuk dan pakaian pribadi dengan orang lain

Pemakaian bersama benda-benda pribadi menjadi sarana yang mudah untuk menularkan penyakit ini, apalagi jika teman anda memiliki riwayat penyakit kulit. Bukan hanya handuk, pakaian lain seperti baju, celanan jeans bahkan celana dalam juga menjadi penyebab kadas apabila digunakan bersama-sama. Pentingnya menjaga kebersihan diri juga akan berakibat bagi orang lain.

  1. Jika terdapat gejala awal jangan membuatnya menjadi lebih parah
Sponsors Link

Gejala awal yang biasanya timbul adalah gatal di sekitaran kulit. Secara tidak sadar gatal akan membuat penderitanya otomatis menggaruk luka untuk mengurangi rasa gatal yang menyerang. Padahal jika luka digaruk apalagi dengan kuku membuatnya semakin lecet dan parah. Sebaiknya gunakan salep atau obat tradisional agar gatal dapat teratasi. Jangan gegabah mengambil kesimpulan seperti menggaruk luka, pikirkan risiko yang terjadi kemudian.

  1. Gunakan sepatu yang tidak terlalu menutup

Sepatu dengan ventilasi udara yang buruk dapat menyebabkan penyakit kadas tumbuh dan berkembang biak. Karena kelembaban oleh keringat adalah hal yang disukai oleh jamur. Jamur juga bisa menyebabkan bau pada kaki.

  1. Cuci kaki dengan air bersih

Biasakan mencuci kaki menggunakan air bersih. Jangan gunakan air hujan atau air kotor bekas cucian misalnya. Karena air kotor tersebut akan menjadi penyebab timbulnya kadas.  Jika aktifitas dilakukan pada luar ruangan, lebih baik menggunakan sandal jepit atau semacamnya.

  1. Makan-makanan sehat untuk kulit
ads

Mengkonsumsi makanan sehat untuk kesehatan kulit juga bisa menjadi cara pencegahan yang mudah dan optmimal. Seperti pisang, tomat, apel, wortel, sayur mayur dan lain-lain. Makanan tersebut banyak mengandung vitamin serta kolagen yang dibutuhkan untuk protein bagi kulit. Bisa dikonsumsi dengan memakannya langsung atau di jus, tergantung selera anda masing-masing asalkan kandungan didalamnya tidak berkurang.

Mudah sekali cara yang dilakukan untuk mencegah penyakit kadas, tinggal kita saja yang mau melakukannya atau tidak. Disamping itu kita juga harus memahami cara penularan kadas itu sendiri seperti kontak fisik dengan luka atau penderita kadas, tertular oleh hewan peliharaan, dan melakukan kontak tanah ketika menanam atau tidak sengaja tiduran diatasnya.

Tanaman-tanaman untuk Pengobatan Kadas

Jika berbagai upaya pencegahan telah dilakukan dengan menghindari hal-hal yang dapat menularkan penyakit ini namun tidak berhasil dan luka tetap menghinggapi tubuh anda, maka pengobatan perlu dilakukan agar segera sembuh dan wajah kembali normal. Pengobatan sendiri bisa dilakukan dirumah, seperti memanfaatkan tanaman sekitar atau obat-obatan dari apotek.

  • Mycoral cream

Obat ini dapat didapatkan di apotek terdekat. Berbentuk salep dan cara pemakaian dengan di oles. Mycoral bekerja dengan membunuh jamur berkembang biak pada kulit.  Oleskan salep ini ke bagian yang terkena kadas, cukup tipis namun merata, karena jika terlalu tebal pengobatan menjadi tidak efektif. Gunakan setiap pagi dan sore, atau lebih baik ketika akan tidur agar obat bekerja lebih baik ketika anda beristirahat. Memiliki efek samping seperti gatal pada kulit yang diobati namun tidak separah sebelumnya, gangguan pencernaah hingga pendarahan pada kulit.

  • Kunyit

Kunyit merupakan antiseptik alami untuk pengobatan kadas pada wajah. Memiliki sifat melawan tumbuhnya jamur dan obat alami anti peradangan. Cukup dengan memarut kunyit hingga halus, kemudian tempelkan pada wajah. Tunggu sampai kering lalu bersihkan wajah.

  • Lengkuas

Merupakan bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk memasak, namun ternyata memiliki khasiat untuk mengobati kadas pada wajah. Cara menggunakannya cukup mudah yakni cuci lengkuas, tumbuk hingga halus kemudian tempelkan pada kulit yang terinfeksi. Tunggu hingga khasiat obat ini meresap lalu bilas dengan air hangat.

  • Lidah buaya

Lidah buaya memang sering dijadikan obat bagi kulit yang terkena penyakit, seperti kadas, kurap dan panu. Ambil satu buah lidah buaya, cuci bersih, lalu kuliti lidah buaya dan ambil lendirnya. Oleskan saja lendirnya pada wajah dan tunggu hingga kering baru kemudian bilas. Bisa dilakukan di pagi dan malam hari sebelum tidur.

  • Sabun sulfur

Sabun ini mengandung belerang untuk mengatasi berbagai macam penyakit kulit terutama gatal-gatal. Gunakan saja sabun ini ketika mandi atau malam sebelum tidur pada wajah atau area kulit lainnya. Selain dapat membunuh jamu penyebab kadas, sabun sulfur ini juga bisa mencegah timbulnya jerawat serta masalah lain pada kulit wajah.

  • Pepaya mentah
Sponsors Link

Papaya muda atau papaya mentah biasanya kita gunakan sebagai bahan untuk membuat sayur. Selain rasanya yang khas, papaya mentah juga memiliki kelebihan dalam mengatasi penyakit kadas pada wajah. Juga dapat menghanucrkan sel-sel kulit mati pada wajah. Caranya cukup mudah, ambil papaya mentah, kemudian kupas dan potong menjadi bagian kecil. Oleskan papaya yang telah dipotong ke bagian kulit yang terinfeksi. Lalu jika sudah kering dan meresap, bilas dengan air bersih.

  • Bawang putih

Kandungan anti jamur yang dimilikinya sudah sejak lama diketahui oleh nenek moyang kita karena mudah didapatkan dan cukup ampuh mengobati kadas. Caranya dengan menumbuk bawang yang telah dikupas, lalu tempelkan pada luka kads. Jika takut kepanasan atau iritasi dengan menggunakannya pada area wajah, maka gunakan alternatif pengobatan yang bisa dilakukan. Pengobatan ini sering digunakan pada kulit tangan, kepala atau kaki kecuali wajah. Bawang putih juga berkhasiat sebagai obat penyakit kurap kering dan panu.

  • Daun tembakau

Memang cukup aneh mendengar cara ini digunakan untuk cara menghilangkan kadas di wajah, karena tentu kita ketahui tembakau adalah bahan utama pembuatan rokok. Namun dibalik itu tembakau juga berkhasiat mengatasi kadas secara alami dengan kandungan kolagen yang berguna untuk kulit. Kolagen merupakan protein bagi kulit yang membantu mempercepat berbagai masalah pada kulit. Cukup dengan mengambil beberapa helai daun, cuci bersih kemudian cincang hingga halus. Beri sedikit air baru setelah itu tempelkan pada kulit yang terkena kadas.

  • Kapur barus

Siapa sangka jika benda yang sehari-hari mengatasi bau pada toilet dan lemari pakaian ini memiliki fungsi yang terbilang kontras dari fungsi aslinya. Bau menyengat pada kapur barus dipercaya dapat mengatasi berbagai macam infeksi jamur. Caranya dengan menumbuk halus Kanpur barus barus kemudian taburkan pada kulit yang sakit, lakukan berulang kali sampai kulit benar-benar sembuh. Jika takut atau ragu mengaplikasikannya pada kulit waja, maka tinggalkan cara ini dan gunakan cara lainnya saja.

  • Garam

Berasal dari bahan-bahan penyedap masakan di dapur, khasiatnya sungguh diluar dugaan. Karena dapat mempercepat penyembuhan luka dengan kandungan anti jamur yang dimilikinya. Caranya rendam bagian kulit yang terkena kadas, bisa menggunakan air hangat atau air biasa, jika pada wajah gunakan sedikit air dan tempelkan pada area yang sakit. Karena tidak mungkin merendam seluruh wajah pada air garam ini. Cara lain yang mudah dilakukan adalah dengan mandi di air laut, dengan begitu seluruh tubuh terutama wajah juga akan terendam.

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kulit ini. Cara mengobati kadas hampir sama dengan cara mengobati panu karena mereka merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Asal dilakukan rutin dan dilakukan, maka sakit kadas pasti akan sembuh. Pengobatan juga harus disertai dengan menjaga lingkungan tetap bersih terutama kebersihan diri dan lingkungan hidup. Membersihkan wajah setelah beraktifitas juga harus dibiasakan, misal pagi, siang dan malam. Namun jika wajah mengalami iritasi setelah menggunakan cara pengobatan diatas, maka anda perlu berkonsultasi ke dokter dan menempuh jalur pengobatan lain.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan