Sponsors Link

12 Cara Menghilangkan Biang Keringat Pada Bayi yang Wajib Dicoba

Sponsors Link

Biang keringat atau dalam istilah medisnya disebut dengan miliaria adalah salah satu gangguan kesehatan pada kulit yang bisa terjadi akibat terjebaknya keringat, sel-sel kulit mati, serta bakteri di bawah kulit. Penyakit ini dapat menyerang bagian kulit tubuh mana saja. Akan tetapi ada bagian kulit tubuh tertentu yang lebih rentan untuk terkena biang keringat. Bagian tubuh tersebut di antaranya dada, paha, punggung, jidat, leher, tangan, dan area ku;lit tubuh lain yang lebih sering berkeringat.

ads

Setiap orang memang berpotensi untuk terkena biang keringat, terutama bagi orang yang tinggal di wilayah yang memiliki iklim tropis dan cuaca panas. Akan tetapi bayi dan anak-anak lebih rentan untuk terserang biang keringat. Hal itu dikarenakan kelenjar keringat yang dimiliki oleh bayi dan anak-anak belum terbentuk secara sempurna. Sehingga ketika mereka berkeringat, kemungkinan keringat tersebut untuk terperangkap di bawah kulit sangat besar. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki seorang bayi, Anda harus lebih rajin untuk melakukan tindakan pencegahan biang keringat pada bayi Anda.

Biang keringat yang terjadi pada bayi dapat memunculkan gejala atau cici-ciri biang keringat pada bayi, di antaranya:

  • Muncul bintik-bintik pada permukaan kulit yang terserang biang keringat
  • Kulit yang terserang tersebut juga bisa menjadi sedikit bengkak atau ruam pada kulit bayi
  • Pada jenis biang keringat tertentu, bintik-bintik yang muncul bisa berisi nanah atau memiliki warna yang menyerupai warna kulit
  • Bayi lebih rewel dari biasanya, karena biang keringat bisa menimbulkan gatal dan rasa perih yang sangat menggangu si bayi

Biang keringat yang terjadi pada bayi tentunya harus segera diatasi, karena meskipun masalah kulit ini bukan termasuk ke dalam golongan penyakit yang serius atau mematikan yang bisa mengancam nyawa si penderitanya, biang keringat juga sangat mengganggu si bayi dan membuat si bayi menderita karena perasaan nyeri seperti tersengat yang ditimbulkan oleh si biang keringat.

Cara Menghilangkan Biang Keringat pada Bayi

Cara menghilangkan keringat pada bayi dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan si biang keringatnya. Biang keringat yang terlihat parah, seperti bintik-bintik yang ditimbulkannya mengandung nanah, lebih baik harus ditangani oleh ahli medis. Akan tetapi, biang keringat yang tingkat keparahannya masih ringan, masih bisa disembuhkan dengan melalui perawatan di rumah atau dengan pemberian obat biang keringat tradisional.

Di bawah ini adalah beberapa cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang bisa dipraktekan di rumah:

1. Menggunakan Bedak Biang Keringat

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang pertama adalah dengan menggunakan bedak biang keringat. Bedak yang dikhususkan untuk menyembuhkan biang keringat biasanya mengandung zat khusus tertentu, seperi calamine, zinc oxide, dan sebagainya untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan oleh biang keringat. Terdapat banyak jenis dan merek bedak biang keringat yang dijual secara bebas di pasaran. Anda hanya tinggal membeli dan memilih bedak biang keringat yang cocok untuk bayi Anda.

2. Menggunakan Sabun Biang Keringat

Cara menghilangkan biang keringat pada bayi selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun biang keringat. Sama seperti bedak biang keringat, sabun biang keringat yang diperuntukkan untuk menyembuhkan biang keringat mengandung zat khusus sebagai bahan aktifnya. Ada beberapa sabun untuk biang keringat pada bayi yang dijual bebas di pasaran. Anda dapat mencoba sabun terebut untuk memandikan bayi Anda.

3. Menggunakan Lotion dan Krim untuk Biang Keringat

Selain menggunakan bedak dan sabun, menggunakan lotion atau krim untuk biang keringat juga bisa menjadi cara menghilangkan keringat pada bayi. Lotion atau krim untuk biang keringat pada bayi ada yang dapat dibeli tanpa resep dokter atau harus dengan resep dokter. Akan tetapi, berbeda dengan penggunaan sabun dan bedak untuk biang keringat yang dapat digunakan sehari-hari, lotion atau krim untuk biang keringat biasanya dinajurkan untuk tidak sering digunakan dan hanya boleh digunakan pada saat dibutuhkan saja.

Sponsors Link

4. Hindari Tempat Panas dan Lembab

Biang keringat pda umumnya terjadi saat bayi berkeringat. Untuk itu, usahakan untuk selalu menghindari tempat atau ruangan yang memiliki suhu udara yang panas dan lembab untuk menghindari bayi sering berkeringat secara berlebih. Jika tidak memungkinkan untuk menghindari tempat panas yang lembab, kipas-kipas bayi Anda menggunakan kipas angin tangan untuk mencegah si bayi kepanasan dan memporoduksi keringat yang berlebih.

5. Memilih Pakaian yang Tepat untuk Bayi

Pakaian ternyata bisa menjadi penyebab seseorang terkena biang keringat. Menggunakan pakaian yang terbuat dari kain yang dapat menyerap panas, seperti dari kain nilon atau polister, sangat tidak baik untuk bayi atau siapa saja. Sebab pakaian yang terbuat dari kain tersebut dapat membuat yang memakainya kepanasan dan tubuhnya akan memproduksi keringat berlebih. Untuk itu, sangat disarankan untuk memilih pakaian untuk bayi yang terbuat dari kain yang lembut, adem, dan bisa menyerap keringat. Pakaian yang terbuat dari katun adalah contoh pakaian yang baik untuk dipakai bayi, sebab kain katun dapat menyerap keringat dan adem saat dipakai.

Selain jenis kain, perhatikan juga tingkat ketetatan pakaian si bayi. Sangat tidak dinajurkan untuk memakaikan pakaian yang ketat pada bayi. Sebab tidak hanya akan menahan keringat, pakaian ketat juga sangat tidak bagus untuk kelancaran aliran darah dan akan membentuk ruam merah pada kulit bayi.

6. Sering Mengganti Pakaian Bayi

ads

Selain harus pandai dalam memilih jenis pakaian yang dikenakan oleh bayi, kita juga harus sering mengganti pakaian bayi, terutama jika pakaian yang dikenakan telah lembab atau basah oleh keringat. Baju yang lembab hanya akan memperburuk biang keringat atau bahkan akan membuat area kulit lainnya terkena biang keringat.

7. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memang sangat terkenal akan kemampuannya sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Biang keringat adalah salah satu masalah kulit yang bisa diobati dengan lidah buaya. Gel lidah buaya yang dingin, sangat baik sekali untuk menenagkan biang keringat. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat meredakan rasa nyeri akibat biang keringat. Namun, hati-hati sebelum menggunakan lidah buaya, sebab getah kuning yang terkadang bercampur dengan gel lidah buaya dapat menimbulkan reaksi alergi, serta terdapat efek samping lidah buaya untuk kulit.

8. Menggunakan Madu

Madu adalah produk alam yang sangat ajaib, sebab madu dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Mengoleskan madu pada permukaan kulit yang terkena biang keringat dapat membantu proses penyembuhan biang keringat, dan dapat mengurangi rasa perih yang dirasakan oleh bayi saat terkena biang keringat. Akan tetapi, pastikan madu yang digunakan untuk menghilnagkan biang keringat pada bayi adalah madu yang benar-benar alami, bukan madu yang telah melewati proses pabrik.

9. Menggunakan Es Batu

Memang aneh terdengar, namun siapa sangka ternyata es batu dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gejala gatal yang timbul akibat serangan biang keringat. Ada beberapa alternatif cara untuk menggunakan es batu sebagai cara menghilangkan biang keringat pada bayi:

  • Menggosokkan es batu langsung pada area kulit yang terkena biang keringat
  • Menggunakan kain untuk membungkus es batu, kemudian gosokkan secara lembut pada kulit yang terserang
  • Menyelupkan kapas pada air dingin yang berisi es batu, kemudian letakkan kapas pada permukaan kulit yang terserang

Harus diingat bahwa bayi memiliki kulit yang sangat sensitif, sehingga penggunaan es batu untuk menyembuhkan binag keringat yang sedang diderita oleh bayi Anda sangat tidak disarankan, kecuali jika dokter membolehkan.

10. Menggunakan Mentimun

Selain terdapat khasiat mentimun bagi kulit, mentimun juga bersifat dingin sehingga bisa digunakan untuk mengurangi gejala yang timbul akibat biang keringat pada bayi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam memanfaatkan mentimun untuk menghilangkan biang keringat pada bayi. Cara tersebut, anatara lain:

  • Memotong mentimun kemudian letakkan pada bagian yang terkena biang keringat
  • Menumbuk halus mentimun, kemudian tempelkan mentimun yang ditumbuk tersebut pada permukaan ulit bayi yang terkena biang keringat

Sayangnya, getah mentimun dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa bayi. Sehingga sebelum menggunakannya Anda harus memastikan bahwa bayi Anda tidak emmiliki alergi pada mentimun atau getah mentimun.

Sponsors Link

11. Menggunakan Bubuk Ketumbar dan Bubuk Cendana

Ternyata kombinasi antara bubuk ketumbar dan bubuk cendana bisa menjadi obat tradisional biang keringat alami yang cukup ampuh. Di bawah ini adalah cara menggunakan bubuk ketumbar dan bubuk cendana untuk menghilangkan biang keringat pada bayi:

  • Siapkan bubuk ketumbar, bubuk cendana, dan air bersih matang secukupnya
  • Campurkan ketiga bahan tersebut
  • Oleskan campuran ketiga bahan tersebut pada area permukaan kulit yang terkena biang keringat
  • Diamkan hingga kering
  • Bersihkan hingga bersih
  • Lakukanlah cara ini secara berulang hingga biang keringat sembuh

Apabila biang keringat tidak kunjung sembuh dan atau bertambah parah, hentikan pemakaian dan segera hubungi dokter.

12. Menggunakan Minyak Jarak

Minyak jarak dapat digunakan sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi. Cara menggunakan minyak jarak untuk mengatasi binag keringat adalah hanya dengan mengoleskannya pada kulit yang terkena biang keringat. Hentikan pemakaian minyak jarak bila timbul gejala yang tidak diinginkan.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan biang keringat pada bayi yang dapat Anda coba. Perlu diingat bahwa kulit bayi sangat sensitif, sehingga jika ingin melakukan perawatan biang keringat sendiri di rumah, Anda harus lebih berhati-hati.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan