Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Bekas PK di Kulit yang Terbukti Paling Mujarab

Sponsors Link

PK adalah singkatan dari  Permangat Kalium. Zat Kalium permanganat dikenal juga dengan nama kristal Condy yang mana memiliki fungsi sebagai agen pengoksidasi. PK berupa Bubuk kristal atau butiran berwarna ungu gelap yang tidak berbau sering digunakan untuk menghilangkan warna, mengontrol rasa dan bau. Bubuk ini biasanya digunakna di pabrik-pabrik pengolahan air. Akan tetapi, ada juga yang menggunakannya sebagai obat eksim. Sayangnya PK bisa menyebabkan luka bakar pada kulit, bahkan rasa nyeri, bengkak, dan kemerahan. Sehingga perlu perhatian dari medis untuk menggunakan obat ini. lalu apa yang harus anda lakukan jika PK nempel di kulit? Berikut cara menghilangkan bekas PK di kulit:

ads

1. Cuci Sampai Bersih

Hapus jejak PK di kulit anda dengan cara mencuci tangan atau seluruh tubuh anda atau cuci hanya dibagian yang mendapatkan ceceran PK. Pastikan anda mencuci tangan dengan benar-benar bersih. Bersihkan semuanya dengan sabun pembersih yang anda punya. Gosok selama kurang lebih minimal 15 menit untuk benar-benar menghilangkan pengaruh PK di kulit. supaya ini bisa menjadi cara pencegahan penyakit kulit akibat kena PK yang efektif.

2. Segera Minta Tolong Dokter

Bila kondisi kulit yang terpapar PK menunjukkan tanda-tanda kritis seperti luka bakar atau mengalami iritasi kulit sampai dermatitis, segera saja untuk pergi ke dokter. Anda bisa langsung masuk ke ruang gawat darurat untuk minta PK yang menyerang bagian kulit anda dibersihkan. Segera minta pengobatan karena hal ini bisa menyebabkan anda mengalami gangguan jenis-jenis penyakit kulit dan juga gangguan psikologis maupun biologis lainnya seperti gangguan saraf, gangguan emosional, kelesuan, dan lain sebagainya.

3. Gosok kulit dengan air hangat

Jika PK menempel di kulit tubuh anda, membersihkannya saja dengan air dingin dan sabun kadang tidak cukup. Jadi kami sarankan langkah selanjutnya berupa menggosok kulit dengan air hangat. Bila PK menempel di tangan atua bagian tubuh lainya, segera kendurkan kristal senyawa PK dengan air hangat. Jangan sampai senyawa ini memasuki pori-pori tubuh anda karena bisa menibulkan penyakit kulit. bila segera diatasi, sel-sel kulit mati akibat terkena PK akan segera mengelupas. Akibat terkena tidak seperti penyakit kulit eksim, yang membuat kulit mengering lalu mengelupas, kulit kena PK bisa terlihat seperti terbakar.

4. Gunakan salep antibiotik

Supaya anda tidak memilii bekas PK di kulti anda bisa menggunakan salep dengan kandungan antibiotik untuk membantu mengurangi risiko. Cara menghilangkan bekas PK di kulit dengan salep antibiotik ini kerap juga digunakan untuk menghilangkan bekas luka bakar lainnya. Akan tetapi, jika tingkat keparahan sangat tidak memungkinkan untuk disembuhkan dengan salep, maka kami sarankan supaya anda pergi ke dokter. Sebab, bila bekas PK juga bisa menyebabkan serangan kanker kulit. Karenanya, cara mencegah penyakit kanker kulit dari tubuh anda salah satunya ialah melindungi kulit tubuh anda dari paparan serbuk PK yang berbahaya.

5. Gunakan perban kasa steril

Untuk melindungi kulit dari bekas PK sebelummnya gunakan perban kasa steril, terutama setelah anda mengoleskan salep sebagai cara menghilangkan bekas PK di kulit. Untuk memaksimalkan fungsi salep, jangan lupa untuk lilitkan perban ke bagian kulit yang terpapar PK. Tujuannya agar bagian tersebut tidak mengalami infeksi. Waspadai jika kulit sering keluar bintik merah. Ketahui lebih lanjut apakah ini akibat paparan PK atau karena biang keringat biasa.

6. Makan Maknaan yang Tinggi Antioksidan dan Protein

Makan makanan yang tinggi antioksidan dan protein merupakan cara menghilangkan bekas PK di kutil yang kami rekomendasikan kemudian. Makanan dengan kandungan antioksidan tinggi dan protein dapat membantu menyingkirkan bekas luka akibat PK dengan cara alami. Perlahan-lahan namun pasti pengobatan berlangsung dari dalam tubuh, di mana kandungan sehat dari makanan meremajakan kembali bagian kulit yang terbakar akibat terpapar PK.

Sponsors Link

Bila dalam waktu lama kulit yang tadinya terpapar PK menunjukkan gejala kanker kulit, segera saja bawa ke dokter dan pastikan anda mendapatkan perawatan yang tepat. Kanker kulit masih bisa diobati dengan teknik tertentu seperti pelaseran atau kemoterapi bila sudah memasuki stadium tertentu. Maka, sebelum hal buruk terjadi, lebih baik anda mencegahnya dengan memastikan anda memiliki gaya hidup sehat, makan makanan yang tinggi antioksidan dan protein supaya sistem  kekebalan tubuh anda selalu dalam keadaan tinggi.

7. Minum banyak air putih

Cara menghilangkan bekas PK di kulit berikutnya yang sangat murah ialah dengan minuma air putih yang banyak. Setelah kulit yang terpapar PK mendapatkan pertolongan pertama, anda tidak lanjuti dengan memberikan nutrisi, protein, vitamin, dan oksigan ke daerah terebut. Air putih akan memperlancar distribusi vitamin, protein, dan lain-lain di dalam tubuh sehingga mempercepat proses penyembuhan sekaligus menghilangkan bekas PK.

Satu hal lagi bahwa serbuk PK juga bisa beresiko menimbulkan penyakit berbahaya jika berinteraksi dengan vitamin C. Maka, serbuk PK sebaiknya dihindari oleh anda yang biasa melakukan suntik Vitamin C untuk perawatan supaya terhindar dari bahaya suntik Vitamin C untuk kulit yang terpapar dengan PK.

Supaya anda terlindungi dari PK, maka kami sarankan agar anda selalu mengenakan pakaian pelindung. Anda bisa menggunakan sarung tangan, kacamata, jas pelindung dan lain-lain selama bekerja supaya terhindar dari bahan kimia yang diseburkan di atas. Hindarkan diri dari kegiatan merokok selama bekerja di dekat sumber PK. Karena bahan kimia ini juga mudah terbakar.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan