Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Bekas Kurap dengan Pasta Gigi yang Perlu Anda Ketahui

Sponsors Link

Kurap adalah masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur kulit tertentu akan menyebabkan ruam merah pada kulit tapi tidak gatal dan kemerah-merahan pada kulit area tertentu Anda. Tetapi jika kulit Anda memiliki gejala tersebut, belum tentu Anda terjangkit kurap. Sebab kebnayakan masalah kulit memiliki gejala atau tanda-tanda yang hampir mirip meski penyebabnya berbeda-beda. Sehingga sangat dianjurkan jika Anda memiliki masalah pada kulit, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan penanganan yang benar pula. Beberapa jenis infeksi kurap meliputi tinea corporis, tinea capitis, tinea pedis, dan tinea cruris.

ads

Beberapa gejala lain jika Anda terjangkit kurap yaitu rasa gatal pada kulit, rambut rontok, dan melepuh pada area kulit tertentu. Perlu digarisbawahi bahwa kurap dapat menular. Sehingga, hati-hatilah dalam bergantian atau meminjam barang yang dikenakan orang lain. Tetapi kurap sangat mudah disembuhkan dengan beberapa obat dan krim anti-jamur yang diberikan pada dokter.

Jenis Kurap

Sebelum membahas bagaimana penanganan kurap, ada lebih baiknya jika Anda mengetahui bahwa kurap pada umumnya menyerang 2 area tubuh Anda: kulit tubuh dan kulit kepala. Kurap pada kulit tubuh biasanya berjenis tinea pedis dan tinea cruris. Kurap jenis ini dapat diobati dengan krim atau bedak anti-jamur sekitar 2-4 minggu secara rutin. Beberapa produk yang dapat menyembuhkan yaitu:

  • Clotrimazole,
  • Terbinafine,
  • Miconazole,
  • Ketoconazole

Sedangkan kurap di kulit kepala Anda biasanya berjenis tinea capitis. Kurap jenis ini tidak dapat disembuhkan dengan krim atau bedak anti-jamur, melainkan dengan obat resep dokter yang membutuhkan waktu yang lebih lama sekitar 1-3 bulan untuk masa penyembuhan. Obat tersebut antara lain:

  • Fluconazole,
  • Itraconazole,
  • Griseofulvin

Manfaat Pasta gigi

Pasta gigi terbukti mampu mengurangi masalah kulit. Memang tidak semua orang berhasil sembuh dengan mengaplikasikannya. Sehingga perlu diperhatikan bahan-bahan yang terkandung pada beberapa pasta gigi dan sensitivitas kulit Anda terhadap bahan-bahan tertentu. Berikut beberapa kemampuan pasta gigi dalam penyembuhan kulit.

  • Perawatan Jerawat

Jerawat dapat dengan mudah dihilangkan dengan pasta gigi. Aplikasikan pasta gigi pada malam hari secara rutin ke kulit Anda yang memiliki jerawat. Setelah 2-3 hari jerawat Anda akan berangsur hilang.

  • Meredakan Iritasi Kulit

Sensasi dingin yang ada pada pasta gigi mampu meredakan rasa sakit pada iritasi kulit. Perlu diingat iritasi kulit yang dimaksud tidak adanya luka pda kulit Anda. Sebab apabila kulit terluka dan diaplikasikan dengan pasta gigi, maka iritasi akan semakin parah.

  • Mengurangi Keriput

Kandungan zink dan antioksidan pada pasta gigi sangat membantu untuk mengurangi keriput Anda. Tapi jangan beranggapan untuk menggunakannya sebagai masker atau sabun cuci muka Anda. Hal ini justru akan berdampak buruk bagi kulit Anda. Aplikasikan tipis saja pada bagian keriput.

Sponsors Link

Mengobati Kurap dengan Pasta Gigi

Selain itu, ternyata pasta gigi juga mampu mengurangi kurap Anda. Bagaimana bisa? Pasta gigi mengandung antioksidan yang cukup membantu dalam menyelesaikan masalah kulit Anda. Begitu juga masalah kurap. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pahami untuk mengobati kurap dengan pasta gigi.

  1. Perhatikan bahan yang terkandung pada pasta gigi. Beberapa bahan bisa jadi menambah masalah kulit Anda jika Anda sensitif.
  2. Pilih pasta gigi yang lebih banyak mengandung minyak esensial, hidrogen peroksida, dan antioksida yang mampu mengurangi masalah kulit.
  3. Gunakan tipis-tipis saja pada kurap Anda. Anda dapat mengaplikasikannya langsung Jangan gunakan apabila penyebab kurap di selangkang Anda.
  4. Diamkan beberapa menit sampai kering.
  5. Bilas dengan kain basah perlahan-lahan.
  6. Anda juga dapat mengaplikasikan pasta gigi dengan campuran baking soda.
  7. Lakukan rutin sampai kurap Anda berangsur berkurang.
Sponsors Link

Tidak semua kulit mampu menerima bahan pada pasta gigi. Sehingga cara ini opsional dan hanya dapat dilakukan pada jenis kulit tertentu saja. Apabila 3-4 hari tidak ada perubahan atau justru membuat kulit semakin bermasalah, seperti iritasi kulit, maka disarankan untuk berhenti menggunakannya. Segera konsultasikan ke dokter agar mendapat penanganan yang baik.

Bagi Anda yang sudah sembuh atau tidak memiliki kurap, berikut beberapa aksi yang dapat Anda lakukan agar mencegah Anda dari kurap.

  • Hindari penggunaan barang pribadi dengan orang lain. Misalnya, handuk, jaket, selimut, alat make up, bantal, dan pakaian Anda.
  • Usahakan untuk menggunakan alas kaki pada kamar mandi umum. Meskipun jarang kita temui hal ini diperbolehkan.
  • Hindari penggunaan baju yang terlalu ketat. Penggunaan baju yang terlalu ketat akan menyebabkan tubuh Anda berkeringat berlebih.
  • Bersihkan tangan setelah memegang hewan peliharaan. Anda tak akan pernah tahu bakteri atau virus yang ada pada hewan tersebut meskipun terpelihara.
  • Cuci bersih alat make up, pakaian, sarung bantal dan guling Anda secara rutin. Disarankan menggunakan air hangat agar bakteri dan jamur hilang.

Karena tidak semua jenis-jenis penyakit kulit dapat disembuhkan dengan menggunakan pasta gigi, maka sangat disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih spesialis kulit. Dengan melakukan uji sampel, diagnosis dokter akan selalu tepat.  Sehingga penanganan yang diberikan akan memberikan hasil yang maksimal dalam cara pencegahan penyakit kulit. Bagi Anda yang tetap menginginkan menggunakan pasta gigi dalam merawat dan menangani masalah kulit terutama kurap, usahakan bahan yang Anda pilih tidak mengandung bahan yang justru membuat kulit Anda semakin iritasi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan