Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Bekas Kurap Beserta Penyebabnya

Sponsors Link

Tinea corporis atau sering disebut dengan kurap yang merupakan salah satu dari jenis-jenis penyakit kulit yang dapa tmenular dari satu orang ke orang lainnya. Meskipun terlihat biasa dan sederhana, namun penyakit kulit ini harus segera diatasi karena jika sudah parah maka akan mengganggu penampilan dan membuat anda tidak percaya diri dalam menjalani aktifitas harian. Sementara itu dalam bahasa inggris kurap sering disebut dengan ringworm atau lingkaran cacaing, disebut seperti itu karena memiliki ciri khas mirip dengan namanya. Selain itu pula ciri khas yang paling bisa dikenali adalah kulit terdapat ruam kemerahan dan bersisik kering, serta rasa gatal yang terkadang membuatnya ingin digaruk dan ingin terus digaruk. Padahal perlu anda ketahui, kurap yang gatal harusnya diobati dengan salep bukan digaruk hingga gatalnya hilang, jika gatalnya hilang biasanya kulit rentan infeksi dan sedikit agak lecet dan hal inilah yang sebaiknya dihindari.

ads

Setiap penyakit pasti memiliki penyebab yang terkadang penderitanya tidak sadar bahwa dirinya sedang didekati oleh penyakit secara diam-diam. Anda perlu mengetahui juga apa saja gejala kanker kulit lainnya agar tidak terlambat dalam menanganinya. Tak luput dari itu kurap juga sneak sekali tumbuh di area yang lembab seperti lipatan paha, leher, siku bagian dalam dan lainnya. Tapi tergantung juga oleh penyebab penularannya. Mari kita lihat lebih jelasnya seperti di bawah ini :

Penyebab kurap dan gatal di kulit :

  • Kulit kehilangan kelembaban

Setelah mandi biasanya kita menggunakan lotion pelembab untuk menjaga kulit agar tidak kering dan terjaga kelembabannya. Lantas apa yang akan terjadi jika kulit kita kering? Yang pertama adalah kulit menjadi kering bersisik dan dikhawatirkan mudah terkena penyakit kulit seperti kurap, panu, kadas, kudis dan lain sebagainya. Cara menghilangkan bekas kurap adalah menghindair penyebabnya, yakni dengan menjaga kelembaban kulit dengan baik. Dari faktor makanan ternyata juga mempengaruhi, jika terlalu banyak gorengan maka kulit akan berminyak namun tidak sehat dan hal itu bukanlah kelembaban yang baik ya. Konsumsi saja makanan sehat untuk kesehatan kulit seperti buah, sayur dan masih banyak lagi.

  • Reaksi terhadap obat kimia

Bagi orang-orang tertentu yang selalu menggunakan obat generik atau obat kimi jenis apapun untuk mengobati penyakitnya, tak jarang malah rentan sekali terkena penyakit kurap. Karena kondisi kulit dan tubuh manusi juga pastinya berbeda-beda. Jika dari sisi pekerjaan yang memungkinkan anda berinteraksi langsung dengan obat-obatan kimi maka gunakan pelindung khusus untuk badan supaya tidak terkena langsung. Banyak para pekerja kimia yang menyepelekan hal ini dengan alasan sudah biasa. Padahal tindakan mencegah tentunya lebih baik dairpada harus mengobatinya.

  • Alergi terhadap makanan atau gigitan serangga

Kulit manusia jenisnya macam-macam, ada kulit sensitid dan kulit normal pada umumnya. Sangat disayangkan bagi emreka yang memiliki kulit sensitif karena memiliki pantangan makanan yang tidka bisa mereka konsumsi, seperti alergi makanan laut, alergi daging hingga alergi pada cuaca dingin. Dan harus dipastikan bahwa setiap penderita menyadari akan kelainan pad akulitnya tersebut, dan jangan mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangannya. Penyebab perubahan warna kulit pada kurap lainnya adalah karena gigitan serangga, hal ini juga hampir sama dengan penderita kulit sensitif dimana kulitnya mudah sekali infeksi dan terkena kurap. Selalu gunakan pelindung kulit minimal lotion untuk meminimalisir gigitan serangga,  mandi dengan bersih dan benar, serta jagalah kebersihan pakaian yang anda gunakan.

  • Infeksi bakteri atau jamur

Selain efek dari kulit kering, kurap juga bisa lahir dari kulit yang lembab. Biasanya terletak pada lipatan leher, paha, ketika hingga selangkangan. Karenananya keringkan badan setelah madni dengan handuk sampai benar-benar kering. Kemudian juga jangan pernah membagi barang pribadi anda dengan orang lain, karena handuk adalah media yang paling mudah untuk dihinggapi oleh bakteri dan mudah sekali untuk ditularkannya kembali kepada orang lain. Jika kulit anda sudah mulai terasa gatal, oleskan dengan krim anti jamur agar gaal segera hilang dan tiak menular ke area kulit yang lainnya.

Sponsors Link

  • Kutu scabies

Scabies adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau atau kutu bernama Sarcoptes scabiei, penyakit scabies akan ditandai dengan rasa gatal tidka karuan pada permukaan kulit yang terinfeksi dan dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita. Tidka jarang banyak yang mengeluhkan penyakit kurapnya yang disebabkan oleh kutu scabies. Anda perlu memperhatikan kembali apakah pakaian yang selama ini anda gunakan bersih dan sehat, karena kutu scabies sangat menyukai tempat yang lembab, bau dan tidak bersih. Pahami tentang bagaimana cara membunuh kutu scabies dengan benar  agar hidup semakin sehat dan nyaman.

Cara menghilangkan bekas kurap secara alami dengan bahan sederhana:

Kemudian pembahasan lainnya adalah cara menghilangkan bekas pada kurap yang menghitam tanpa efek samping, yakni dengan menggunakan tanaman herbal yang sangat mudah untuk dibuat di rumah. Anda hanya perlu rajin dan rutin melakukannya setiap hari. Caranya adalah dengan :

  1. Gunakan salep dengan kandungan vitamin E

Kangungan vitamin E mampu mengembalikan kembali epidermis kulit yang rusak akibat penyakit kurap. Anda bisa menemukan obat mengandung vitamin E dengan kapsul yang banyak tersedia di apotek. Obat tersebut dapat diperoleh dengan harga yang sedikit lebih mahal dari obat generik pada umumnya.

ads

  1. Gunakan pasta gigi atau odol

Pasta gigi biasanya digunakan untuk mengatsi kulit yang terbakar akibat cipratan minyak panas atau lainnya. Padahal sebaiknya cukup menggunakan aliran air dingin untuk menogbatinya. Namun benar adanya ketika pasta gigi digunakan sebagai cara menghilangkan bekas kurap yang membandel, caranya dengan mengoleskannya langsung pada permukaan luka kemudian tunggu hingga kering lalu bilas. Lakukan pengobaran ini rutin setiap hari, sampai tidka ada perbedaan warna kulit antara bekas kurap dan kulit sehat anda seperti sebelumnya.

  1. Kentang

Buah yang identik dengan snack ini ternyata memiliki keungguluan lain untuk mengatasi bekas kurap yang menghitam. Caranya dengan memotongnya hingga tipis baru kemudian ditempel pada bagian kulit yang akan disembuhkan.

  1. Lemon atau jus jeruk nipis

Lemon atau jeruk nipis memang sudah lama dipercaya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit terutama untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam. Carnya adalah dengan mengoleskannya langdung pada bekas luka dan bisa ditambah dengan madu untuk menajga kelembaban kulit.

  1. Putih telur

Untuk perawatan muka kita bisa menggunakan putih telur untuk menghaluskan kulit wajah dan meratakan warna kulit. Meskipun memiliki bau yang kurang sedap, putih telur tidak akan diragukan lagi manfaatnya dalam mengatasi noda pada kulit yang susah dihilangkan. Yang pertama jangan lupa memisah kuning telur dan putih telur, kemudian ratakan putih telur ke sulurah bagian yang terkena bekas kurap. Lakukan setiap hari hingga tampak perubahan baik pada kulit anda.

  1. Teh basi

Jangan terburu-buru untuk membuang teh basi ke dalam kantong sampah, untuk sementara waktu simpan dulu teh basi anda untuk mengangkat noda membandel bekas kurap pada kulit anda. Teh yang digunakan bisa celup atau godok, anda bisa mengompresnya langsung diatas bekas kurap dan biarkan sampai 10-15 menit lamanya. Jika sudah kering segera bilas dengan air bersih agar tidak ada bau yang tertinggal dan membuat kulit menjadi lembab.

  1. Beras

Beras yang digunakan untuk pengobatan adalah beras asli yang tanpa kutu, jadi memiliki kualitas baik seperti beras yang akan kita makan. Hancurkan beras hingga halus, kemudian tambahkan perasan kencur dan oles pada bekas kurap anda. Tunggu hingga kering baru dibasuh dengan air. Lakukan setiap hari agar hasilnya terlihat nyata.

  1. Bawang merah

Bawang merah tergolong tanaman umbi lapis yang biasanya digunakan untuk bahan masakan atau bumbu masakan. Memiliki cita rasa yang harum dan sering sekali membuat mata kita pedih saat mengirisnya. Namun di balik itu, bawang merah berkhasiat penting menghilangkan bekas kurap dengan langkah mudah, iris lalu tempelkan. Begitu mudahnya bukan, tapi perhatikan juga jangan sampai terkena mata atau bagian kulit ang sensitif lainnya seperti mulut dan lainnya.

Sponsors Link

  1. Bawang putih

Siapa yang tidak kenal bawang putih sebagai media pengobatan yang paling mujarab. Bumbu masakan yang paling sering digunakan selain bawang merah ini memang terkenal sebagai cara menghilangkan bekas kurap yang paling popular di kalangan masyarakat. Anda bisa menelan langsung bawang putih, minum ekstrak kapsul atau mengoleskan tumbukkan bawang putih pada bekas kurap. Pastikan bahwa bekas kurap yang akan diobati sudah sembuh benar sehingga tidak akan infeksi ketika diberi bawang putih diatasnya.

  1. Lidah buaya

Yang terakhir adalah lidah buaya yang mirip sekali khasiatnya dengan bawang putih. Caranya pun juga mudah, yakni anda bisa mengambil getah berserta dagingnya dan langsung oles pada bekas kurap yang akan diobati. Lakukan setiap hari dan agar efektif gunakan saat anda hendak istirahat, terutama di malam hari.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas pada kurap yang bsia temui dengan mudah. Dengan pengobatan secara alamiah akan membuat tubuh kita lebih sehat, memakan wakut yang sedikit dan tentunya juga tanpa efek samping. Sehat adalah pilihan, dan sebisa mungkin lakukan pencegahan sebelum anda melakukan pengobatan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan