Sponsors Link

26 Cara Menghilangkan Bekas Koreng Yang Sudah Lama

Sponsors Link

Cara Menghilangkan Bekas Koreng Yang Sudah LamaKoreng timbul secara alami sebagai bentuk perlindungan tubuh dari luka agar tidak muncul infeksi berkelanjutan dan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, koreng juga menutup pembuluh darah yang rusak pada bagian kulit yang luka atau tergores dan melindungi jaringan sel kulit saat proses penyembuhan luka.

ads

Bekas koreng memiliki ketebalan yang bervariatif, proses penyembuhannya pun tergantung pada ketebalan koreng tersebut. Koreng walaupun melindungi luka namun juga dapat mengganggu jika tidak kunjung hilangm sebagai berikut beberapa langkah untuk menghilangkan bekas koreng dengan mudah:

  1. Suntik kolagen

Semakin usia bertambah, produksi kolagen di dalam tubuh menurun sehingga elastisitas kulit juga menurun. Suntik kolagen selain dapat membuat kulit lebih halus dan  mengencangkan kulit juga dapat memudarkan bekas luka di wajah. Namun suntik kolagen harus dilakukan berulang kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Harap diperhatikan bahwa suntik kolagen tidak disarankan bagi wanita hamil atau wanita menyusui karena dapat menimbulkan komplikasi.

  1. Dermabrasi

Dermabrasi adalah metode pengelupasan kulit menggunakan alat khusus semacam roda berlian yang berputar yang akan mengkikis permukaan kulit bekas luka. Dermabrasi dapat membantu mengangkat lapisan kulit yang menggumpal lbih tinggi dari kulit sekitarnya. Setelah dilakukan dermabrasi, kulit baru akan tumbuh dan bekas luka akan sangat berkurang. Dermabrasi dapat digunakan pada bekas jerawat, luka di wajah, bintik hitam atau bekas luka karena gigitan nyamuk pada tubuh. Dermabrasi pada kaki harus dilakukan oleh dokter bedah yang berpengalaman karena kulit kaki sangat tipis sehingga memiliki resiko yang sangat berbahaya.

  1. Chemical peeling.

Chemical peeling merupakan metode pengelupasan kulit menggunakan bahan kimia yang  memberikan sensasi rasa terbakar pada kulit dengan tujuan mengelupas kulit mati dan mempercepat regenerasi sehingga tumbuh kulit baru. Dalam dua minggu akan terlihat hasil dari chemical peeling yaitu kulit mulai mengelupas dan muncul kulit baru yang lebih sensitif, jadik kulit tersebut harus terlindungi dari sinar matahari selama beberapa minggu.

  1. Teknologi laser

Laser adalah pilihan populer untuk memudarkan bekas luka koreng dan lebih baik penyembuhannya dibanding dermabrasi dan chemical peeling. Perawatan menggunakan laser tidak akan terasa sakit karena area sekitar bekas koreng akan dibuat mati rasa dengan menggunakan krim khusus. Laser akan membakar jaringan bekas luka koreng sehingga akan muncul kulit baru. Keuntungan lain adalah bahwa laser dapat menyembuhkan pada luka dengan tepat, sehingga bagian kulit yang mengitarinya tidak terpengaruh.

  1. Suntikan streoid

Suntikan streoid banyak digunakan pada bekas luka keloid yang sudah lama. Suntikan steroid dapat menghilangkan bekas koreng lama, namun perawatannya pun memerlukan proses berulang kali dalam jangka waktu yang lama untuk meratakan bekas koreng. Pada kasus luka kecil suntikan steroid disuntikkan secara langsung ke kulit, sedangkan pada luka yang lebih besar akan disayat terlebih dulu sebelum disuntik streoid. Perawatan suntikan keloid mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi, tetapi relatif mahal dan bisa menyebabkan perbedaan warna pada kulit.

  1. Plester gel silikon (scar sheet)

Scar sheet berbentuk plester merupakan inovasi hebat untuk mengatasi bekas luka. Scar sheet berbentuk plester akan melekat pada kulit  dan gel silikonnya berfungsi untuk melembutkan dan menghilangkan bekas koreng. Gunakan scar sheet yang berbahan dasar silikon yang dijual bebas tanpa resep dokter. Walaupun scar sheet terbukti efektif untuk merawat bekas luka, namun butuh kesabaran  selama 2 sampai 3 bulan sampai bekas koreng benar-benar hilang. Cara penggunaannya, tempelkan scar sheet di atas bekas koreng selama dua belas jam dalam sehari.

Artikel terkait :

  1. Lemon

Buah lemon merupakan perawatan efektif yang alami untuk menghilangkan bekas luka koreng di kulit. Kandungan vitamin C pada lemon selain menghilangkan bekas luka koreng di kulit juga dapat memutihkan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan mempercepat proses regenerasi kulit. (baca juga : Cara mengobati kutil kelamin secara alami)

Cara menghilangkan bekas luka di kulit dengan lemon :

  • Bersihkan kulit yang memiliki bekas luka koreng.
  • Siapkan kapas atau cotton buds.
  • Ambil 1 sendok makan air perasan lemon lalu celupkan kapas atau cotton buds pada perasan lemon.
  • Usapkan kapas atau cotton buds pada bekas koreng di kulit dan diamkan sampai kering.
  • Bilas dengan menggunakan air hingga bersih.

Catatan : Lemon dapat membuat kulit sensitif terhadap cahaya matahari. Solusinya, selalu gunakan tabir surya setiap kali bepergian keluar rumah.

  1. Minyak Biji Pangkal Bunga Mawar

Minyak ini diambil dari biji pangkal bunga mawar yang memiliki kandungan yang berkhasiat untuk menyembuhkan bekas koreng dan noda hitam bekas jerawat. Minyak biji pangkal bunga mawar dapat ditemukan di toko kecantikan, toko online, atau supermarket. (baca juga : Cara mencegah penyakit menular seksual)

Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak biji pangkal bunga mawar :

  • Oleskan minyak biji pangkal bunga mawar pada bekas luka koreng.
  • Pijat lembut bekas koreng dengan gerakan memutar.
  • Diamkan minyak tersebut selama 1-2 jam agar minyak meresap kedalam kulit.
  • Bilas menggunakan air dingin.

Catatan : Minyak biji pangkal bunga mawar aman digunakan menghilangkan bekas luka koreng pada wajah sekalipun bekas luka lama yang sudah menahun.

  1. Daun Pare

Walaupun mmiliki rasa yang pahit, daun pare dapat digunakan sebagai bahan alami untuk memudarkan bekas luka koreng pada kulit. Cara menghilangkan bekas luka dengan cepat menggunakan daun pare :

  • Sediakan beberapa lembar daun pare yang masih segar lalu cuci dengan air hingga bersih.
  • Haluskan daun pare menggunakan blender dengan menambahkan sedikit air.
  • Peras dan ambil sari daun pare menggunakan saringan.
  • Campurkan sari daun pare dengan tepung beras hingga membentuk pasta.
  • Oleskan pasta tersebut pada bekas koreng sambil dipijit selama kurang lebih 15 menit.
  • Diamkan selama 1-2 jam lalu bilas dengan air dingin sampai bersih. (baca juga : Cara menghilangkan keloid)

Catatan: selain menggunakan tepung beras, sari daun pare dapat dicampurkan dengan kopi sebagai scrup alami. Sebaiknya air yang digunakan dalam membuat pasta, tidak terlalu banyak. Penggunakan daun pare dapat mengakibatkan iritasi pada kulit, jadi hindari penggunaan di sekitar wajah.

  1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit. Kandungan antioksidan di dalam teh dapat berfungsi menyembuhkan berbagai permasalahan kulit seperti menghilangkan bekas koreng, mencegah keriput, memperlambat proses penuaan dini, menghilangkan jerawat. Menurut penelitian kandungan antioksidan pada teh hijau lebih kuat dari vitamin E. Cara menghilangkan bekas koreng dengan teh hijau:

  • Seduh teh hijau kedalam air panas.
  • Celupkan kapas atau kasa steril kedalam seduhan teh hijau tersebut.
  • Diamkan kapas hingga tidak terlalu panas.
  • Kemudian usapkan kapas dengan gerakan memutar pada bekas luka.

Catatan : Lakukan cara ini setiap kali kamu selesai mandi untuk menpercepat proses menghilangkan bekas koreng pada kulit. (baca juga : Penyebab penyakit scabies)

  1. Buah Mengkudu
Sponsors Link

Tanaman herbal yang memiliki kandungan antioksidan tinggi selain teh hijau adalah buah mengkudu. Buah mengkudu disebut juga buah noni. Selain digunakan sebagai obat alami asam urat, kolesterol, dan diabetes, buah ini juga ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada kulit seperti menghilangkan bekas koreng dan bekas jerawat. Cara menghilangkan bekas luka dengan jus mengkudu:

  • Pilih buah mengkudu yang segar dan cuci bersih.
  • Haluskan buah mengkudu dengan blender.
  • Oleskan buah mengkudu pada area bekas luka hingga merata.
  • Diamkan selama 15-30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Catatan : Buah mengkudu tidak menyebabkan iritasi pada kulit jadi aman digunakan untuk bagian wajah. (baca juga : Penyakit kurap kering)

  1. Madu

Kandungan nutrisi yang lengkap pada madu dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, bahan alami ini juga efektif untuk menghilangkan bekas luka dan mambantu mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit. Cara mengilangkan bekas luka dengan madu :

  • Campurkan masing-masing dua sendok makan madu dan baking soda di dalam air panas.
  • Diamkan handuk hingga suam-suam kuku.
  • Siapkan handuk kemudian celupkan kedalam air ramuan.
  • Letakan handuk pada bekas luka koreng secara teratur. (baca juga : Makanan sehat untuk kesehatan kulit)

Catatan : Campuran madu dan baking soda juga dapat digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit pada pada bekas luka dan menghilangkan bekas jerawat. Selain cara diatas, madu juga dapat dioleskan secara langsung pada kulit.

  1. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memiliki kandungan nutrisi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit. Di dalam tanaman lidah buaya terkandung sifat anti bakteri, anti inflamasi, dan anti jamur yang dapat membantu menghilangkan kulit mati pada bekas luka koreng. Selain itu kandungan lignin pada lidah buaya dapat mengurangi pembengkakan, membantu memperbaiki kerusakan kulit, serta mempercepat regenerasi sel kulit. Cara menghilangkan bekas luka dengan lidah buaya :

  • Pilih lidah buaya yang masih segar kemudian ambil jel yang terdapat pada tanaman lidah buaya tersebut.
  • Bersihkan area bekas luka dengan air hangat.
  • Oleskan gel lidah buaya pada area bekas luka.
  • Diamkan kurang lebih selama 1 jam atau semalaman pada saat sebelum tidur agar gel tersebut dapat meresap kedalam kulit dengan optimal.
  • Bilas menggunakan air dingin.

Catatan: Getah lidah buaya jika terkena langsung pada kulit dapat menyebabkan iritasi dan rasa gatal.

  1. Minyak Zaitun
ads

Olive oil atau minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi kulit karena minyak zaitun kaya akan anti oksidan, vitamin E dan K, yang baik untuk kulit terutama menghilangkan bekas koreng yang sudah lama menempel di kulit. Cara menghilangkan bekas koreng dengan minyak zaitun :

  • Gosokkan minyak zaitun setelah mandi pada pada bekas luka koreng.
  • Pijat area bekas luka untuk melonggarkan jaringan kulit.
  • Diamkan selama 1-2 jam agar minyak zaitu meresap.
  • Bersihkan dengan air dingin bersih.

Catatan : Untuk hasil yang lebih optimal, campurkan minyak zaitun dengan baking soda, lidah buaya, atau madu. Lakukan secara rutin, dalam beberapa minggu kedepan bekas luka akan perlahan memudar.

  1. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan vitamin yang tinggi yang dapat menghilangkan bekas koreng yang sudah lama. Ramuan mentimun dapat kita lakukan sendiri di rumah karena selain murah, mentimun mudah untuk ditemukan. Mentimun juga tidak menyebabkan iritasi pada kulit wajah seperti halnya lemon. Cara menghilangkan bekas koreng dengan mentimun :

  • Siapkan mentimun yang masih fresh dan cuci dengan air bersih.
  • Buang biji mentimun, lalu campur dengan 4-5 lembar daun mint dan haluskan dengan blender beserta kulit mentimun.
  • Kocok putih telur kemudian campurkan dengan campuran mentimun dan daun mint yang sudah diblender tadi.
  • Oleskan pasta area bekas koreng dan diamkan hingga kering.
  • Cuci bersih dengan air dingin dan gunakan handuk untuk mengeringkannya.

Catatan : Penggunaan mentimun pada wajah aman dan efektif digunakan karena mentimun tidak menyebabkan iritasi pada kulit bahkan dapat mencerahkan dan mengenyalkan kulit.

  1. Daun jarak

Daun jarak merupakan obat herbal yang kaya akan manfaat yang dapat ditemukan di toko herbal dan pasar. Minyak yang terkandung di dalam daun jarak dapat menghilangkan bekas luka koreng yang menghitam. Cara menghilangkan bekas luka dengan daun jarak :

  • Ambil daun jarak beberapa lembar kemudian cuci sampai bersih.
  • Rebus daun jarak hingga mendidih.
  • Setelah air rebusan hangat atau suam-suam kuku, oleskan ke bekas koreng menggunakan kasa atau kapas.

Selain di usap pada bagian koreng, bekas luka dapat direndam ke air hangat setelah mandi. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut secara teratur hingga bekas luka di kaki menghilang.

  1. Air kepala

Cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan menggunakan air kelapa merupakan cara yang paling mudah. Selain dapat menghilangkan dehidrasi, air kelapa memiliki manfaat untuk menghilangkan bekas koreng yang menghitam. Cara menghilangkan bekas luka dengan air kelapa :

  • Siapkan kelapa yang sudah setengah tua.
  • Ambil air kelapa lalu basuhkanlah pada bekas luka koreng.
  • Biarkan air kelapa mengering sendiri
  1. Scrub Daun Mint

Daun mint merupakan tanaman herbal yang memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan dan memiliki kadungan mineral alami yang dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit. Di beberapa daerah daun mint sering dijadikan obat herbal untuk menghilangkan bekas luka. Cara menghilangkan bekas luka dengan daun mint:

  • Sediakan beberapa helai daun mint yang masih segar.
  • Haluskan dengan blender atau dengan cara ditumbuk.
  • Campurkan dengan beras tumbuk, kopi bubuk, atau baking soda.
  • Oleskan pada bekas luka secara perlahan dengan gerakan memutar selama 15-30 menit.
  • Tunggu hingga kering dan bilas menggunakan air bersih.

Catatan : Seperti halnya pada daun pare, daun mint juga dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Hindari penggunaan untuk menghilangkan bekas luka di area wajah. (baca juga : Gejala kandidiasis)

  1. Kedondong

Buah kedondong memiliki manfaat yang baik bagi kulit karena mengandung vitamin C yang berperan sebagai anti oksidan, meningkatkan produksi kolagen, dan membantu mempercepat proses regenerasi pada kulit. Vitamin C yang tinggi pada kedondong dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit. Cukup dengan mengkonsumsi dua buah kedondong setiap harinya dapat membantu menghilangkan bekas koreng yang sudah lama dan merawat kecantikan kulit.

Artikel terkait:

  1. Bawang Putih
Sponsors Link

Bawang putih dapat dijadikan sebagai obat penghilang bekas koreng yang alami dan ampuh. Lakukan pengobatan menggunakan bawang putih sehari sekali secara rutin selama seminggu untuk hasil maksimal. Cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan bawang putih :

  • Ambil beberapa siung bawang putih dan cuci bersih.
  • Blander bawang putih tersebut hingga lembut.
  • Tambahkan satu sendok teh minyak zaitun lalu campur hingga rata.
  • Oleskan campuran tersebut pada bekas luka di kaki.
  • Diamkan hingga 20 menit lalu bilas dengan air.

Catatan : Bawang putih selain untuk menghilangkan bekas koreng juga dapat membersihkan komedo di daerah hidung dan mengempeskan jerawat secara cepat.

  1. Bawang Merah

Kandungan anti inflamasi pada bawang merah dapat menghambat kolagen dalam bekas luka, sehingga dapat menyamarkan bekas luka koreng. Cara ampuh menghilangkan bekas luka dengan bawang merah :

  • Bersihkan area kulit yang terdapat bekas luka dengan air hangat selama 10-15 menit.
  • Siapkan 2 siung bawang merah yang sudah dicuci bersih.
  • Iris bawang merah menjadi 2 bagian.
  • Gosokan irisan bawang merah pada bekas luka selama 10 menit.
  • Diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. (baca juga : Penyebab gatal pada kemaluan)

Catatan : Penggunaan bawang merah untuk menghilangkan bekas luka di kulit wajah dapat membuat mata terasa perih, lakukan dengan sangat hati-hati. (baca juga : Penyakit impetigo)

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh merupakan tanaman langka yang dapat ditemukan di toko kecantikan. Minyak pohon teh efektif untuk melembutkan kulit dan menghilangkan bekas luka secara bertahap. Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak pohon teh :

  • Campurkan satu sendok makan minyak pohon teh kedalam air hangat.
  • Gunakan larutan tersebut untuk mencuci bekas luka.
  • Kemudian bersihkan dengan air dan keringkan dengan handuk.

Catatan : Efek samping penggunaan minyak pohon teh adalah rasa kesemutan dan iritasi ringan pada kulit. (baca juga: Obat biduran alami)

  1. Mentega Kakao (Cocoa butter)

Cocoa butter mengandung vitamin E yang sangat tinggi da banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka lama yang ada di kulit. Cocoa butter memiliki sifat yang mudah meresap pada kulit sehingga jika Anda menggunakannya secara teratur, akan mempercepat penyembuhan kulit. Cara alami menghilangkan bekas luka dengan cocoa butter :

  1. Gosokan cocoa butter pada bekas luka koreng lama.
  2. Diamkan beberapa saat hingga mengering.
  3. Setelah itu bilas dengan air.

Catatan : Cocoa butter dapat juga digunakan untuk mengobati luka stretch mark dan menyamarkan bintik-bintik hitam akibat paparan sinar ultra violet. (baca juga : Macam-macam penyakit herpes)

  1. Beras Kencur

Beras kencur memiliki kandungan yang membantu menghilangkan bekas luka menahun. Bahkan banyak di manfaatkan untuk mengobati pembengkakan luka. Cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan beras kencur :

  • Rendam satu ons beras di dalam air selama dua puluh menit.
  • Saring beras dan tiriskan hingga kering.
  • Kupas satu ruas jari kencur lalu cuci hingga bersih.
  • Campurkan beras dan kencur lalu hancurkan sampai halus dengan menumbuknya atau di blander dengan menambahkan sedikit air.
  • Oleskan pada bekas luka lalu diamkan hingga kering dan bilas dengan air bersih. (baca juga : Gejala penyakit kelamin)
  1. Minyak ular

Minyak ular merupakan obat tradisional dapat mempercepat proses penyembuhan luka, menghilangkan flek hitam pada wajah, dan  menghilangkan bekas koreng lama. Minyak ular dapat ditemukan di toko obat terdekat. Cara menghilangkan bekas luka dengan minyak ular adalah cukup oleskan minyak ular tersebut pada bagian kulit yang memiliki bekas koreng lama dan lakukan secara teratur sampai bekas koreng hilang. (baca juga : Cara menghilangkan bintik merah pada bayi)

  1. Air hangat dan garam

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan pada saat kulit  terinfeksi dan bernanah adalah dengan menggunakan garam dan air hangat. Garam merupakan bahan efektif yang mudah ditemukan untuk membunuh kuman dan menyembuhkan luka. Menghilangkan bekas koreng menggunakan air hangat dan garam adalah campur air hangat dengan garam kemudian oleskan campuran tersebut menggunakan kapas atau kasa pada bekas koreng.

Menghilangkan bekas koreng yang sudah lama membutuhkan waktu dan proses yang lumayan lama, tergantung pada kerusakan pada kulit atau seberapa lebar koreng tersebut. Namun jika cara diatas dilakukan dengan secara teratur, rutin, konsisten, dan sabar akan mendapatkan hasil maksimal, cepat, dan efektif dalam penyembuhan bekas koreng.

 

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan