Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Bekas Jahitan Operasi Caesar Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Memiliki anak mungkin merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Melahirkan bayi ke dunia pasti menjadi momen yang mengharukan sekaligus mendebarkan. Bagi beberapa wanita, proses melahirkan bisa dilakukan secara normal namun tidak demikian bagi beberapa wanita lainnya. Ada hal-hal yang mungkin bisa membuat wanita kesulitan melahirkan secara normal sehingga membutuhkan proses operasi caesar.

ads

Salah satu hal yang bisa membuat para wanita khawatir untuk menjalani proses operasi caesar adalah kemungkinan muncul bekas jahitan operasi yang sulit hilang. Lalu, apakah memang ada cara menghilangkan bekas jahitan operasi caesar yang perlu diketahui? Yuk, simak pembahasannya berikut ini! Pasca seorang wanita menjalani operasi caesar, dia akan melalui serangkaian proses pemulihan bekas operasi, seperti pengeringan luka, bekas jahitan yang mulai menutup, hingga bekas jahitan benar-benar sembuh sempurna. Ketika bekas jahitan telah sembuh, terdapat kemungkinan akan muncul bekas jahitan yang sulit untuk hilang sehingga bagi wanita hal ini dirasa sangat mengganggu penampilan.

Bekas jahitan operasi caesar biasanya akan sedikit timbul jika dibandingkan dengan kulit normal di sekitarnya. Wananya pun biasanya lebih gelap dibandingkan kulit normal. Meski demikian, bekas jahitan ini bisa memudar seiring berjalannya waktu, hingga menyusut dan warnanya sedikit menyerupai warna kulit. Untuk membuat pemudaran bekas jahitan operasi caesar berjalan maksimal, berikut beberapa cara menghilangkan bekas jahitan operasi caesar yang bisa Anda coba:

  1. Hindari paparan sinar matahari langsung

Seperti yang telah kita ketahui bahwa paparan sinar matahari langsung dapat menjadi penyebab hiperpigmentasi pada kulit yang membuat kulit menjadi lebih gelap. Demikian pula yang terjadi jika kulit bekas jahitan operasi caesar terpapar sinar matahari.

Sinar matahari bisa membuat bekas jahitan opeerasi caesar menjadi lebih gelap atau lebih terang dibandingkan warna kulit di sekitarnya. Hal ini tentu saja dapat membuat bekas luka jahitan terlihat lebih mencolok atau kontras sehingga bisa mengganggu penampilan. Kalaupun Anda harus menggunakan pakaian yang terbuka sehingga membuat bekas jahitan caesar terpaksa terpapar sinar matahari, jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya sebelumnya.

  1. Terapi laser

Selain menghindari paparan sinar matahari, Anda bisa mencoba terapi non medis untuk menghilangkan bekas jahitan operasi caesar. Terapi ini dapat dilakukan begitu Anda selesai menjalani prosedur melepas jahitan operasi. Untuk melakukan terapi ini, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis jauh hari sebelumnya untuk memastikan terapi laser yang akan Anda lakukan aman untui dicoba, terutama karena adanya efek samping menghilangkan flek hitam dengan laser yang membuat terapi ini menjadi tidak sepenuhnya aman tanpa efek samping.

  1. Suntik steroid

Terapi non medis selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan suntik steroid. Suntik steroid ini bisa membantu mengatasi bekas luka yang menonjol, termasuk sebagai cara menghilangkan keloid atau bekas luka hipertrofik.

Dengan melakukan suntik steroid, bekas luka yang menonjol bisa terbantu untuk mengecil dan menjadi rata sama dengan kulit di sekitarnya. Penyuntikan steroid bisa dilakukan pada saat operasi caesar dilakukan maupun setelah bekas jahitan telah sembuh.

  1. Penggunaan krim penghilang bekas luka
Sponsors Link

Jika Anda melihat iklan di televisi, mungkin Anda telah sering menemui iklan produk penghilang bekas luka. Krim-krim seperti ini bisa Anda coba sebagai cara menghilangkan bekas luka jahitan operasi caesar. Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah lihatlah efek samping penggunaan krim ini. Jika kulit menunjukkan reaksi alergi setelah pengaplikasian krim, segera hentikan pemakaiannya.

  1. Prosedur bedah

Anda juga bisa mencoba terapi medis untuk menghilangkan bekas jahitan operasi caesar dengan melakukan prosedur bedah. Dengan terapi ini, dokter akan mengangkat kulit yang menonjol dan menutup bekas luka. Melalui prosedur ini akan terjadi sayatan namun luka yang terbentuk akan tidak separah sebelumnya. Prosedur bedah hanya akan menyisakan bekas luka yang lebih tipis dan samar. Namun, pada orang yang memiliki bakat keloid prosedur ini tidak disarankan untuk dilakukan karena hanya akan membuat bekas luka yang berulang.

  1. Mencukupi nutrisi tubuh
Sponsors Link

Kulit kita terbentuk dari kumpulan sel-sel kulit yang membangun jaringan kulit. Setelah melakukan operasi caesar, jaringan kulit ini terluka namun kemudian akan mengalami perbaikan diri sendiri melalui proses yang alami. Untuk itu, Anda harus memastikan untuk memenuhi nutrisi tubuh dan mengkonsumsi air putih yang cukup demi mendukung proses penyembuhan jaringan kulit berjalan maksimal. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi, jaringan kulit yang terbentuk dapat lebih sehat dan meminimalisir terbentuknya bekas luka jahitan.

  1. Menggunakan bahan-bahan alami

Jangan ragu untuk juga mencoba bahan-bahan alami sebagai usaha menghilangkan bekas operasi caesar secara tradisional. Bahan-bahan yang digunakan hampir sama dengan obat tradisional keloid, misalnya dengan menggunakan madu yang dikenal bisa membantu melembabkan, menutrisi dan membersihkan kulit Anda hingga membantu menyamarkan bekas luka.

Anda juga bisa menggunakan vitamin E yang sangat popular untuk membantu menyehatkan kulit dengan mengoleskan dan memijatkan di bagian bekas luka operasi. Atau menggunakan gel lidah buaya, yang kini telah banyak dijual dalam kemasan, yang baik untuk memudarkan bekas luka hingga stretch mark!

Nah, cukup banyak bukan pilihan cara menghilangkan bekas jahitan operasi caesar yang bisa dicoba? Cara-cara di atas bisa Anda pilih sesuatu kebutuhan dan keinginan Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pengobatan