Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Bau Darah Haid Secara Alami

Sponsors Link

Semua wanita yang ada di dunia ini mengalami siklus menstruasi jika mereka sudah menginjak dan melewati masa pubertas. Biasanya setiap wanita merasa tidak nyaman ketika siklus menstruasi itu sudah datang. Biasanya wanita akan mengalami yang namanya sakit atau nyeri ketika menstruasi, menjadi mudah emosi, dan bahkan beberapa ada yang tak nyaman karena bau darah haid itu tercium dan menyengat. Jika Anda mengalami ini tentu saja Anda akan merasa sangat tidak nyaman bukan? Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan infromasi kepada Anda mengenai cara menghilangkan bau darah haid sehingga Anda bisa mengatasinya. Berikut adalah infromasi lengkapnya untuk Anda :

ads
  1. Rajin berganti pembalut

Biasanya bau akan sangat menyengat ketika kita mengganti pembalut atau mungkin berkemih. Nah jika Anda ingin supaya bau darah haid tidak menyengat dan tidak menganggu Anda maupun orang di sekitar Anda maka kami sarankan supaya Anda rajin atau sering mengganti pembalut ya. Kami sarankan untuk mengganti pembalut 3 hingga 4 jam sekali. Atau kalau tidak ganti pembalut ketika sudah penuh dan Anda juga bisa ganti pembalut setelah buang air kecil atau buang air besar. Dengan sering mengganti pembalut maka bau darah haid tidak akan menyengat dan menganggu Anda.

Baca juga : penyebab menstruasi berlebihan

  1. Membersihkan vagina dengan benar

Tips kedua yang bisa Anda lakukan supaya bau darah haid itu tidak menyengat adalah dengan membersihkan vagina dengan benar. Selama mengalami siklus menstruasi Anda harus memberishkan vagian secara rajin ya. Jika tidak ingin bau menyengat maka kami sarankan untuk membersihkan vagina dengan benar. Arahnya dari depan ke belakang ya, jangan membilas vagina dari bagian belakang ke depan ya. Karna selain bisa mengatasi bau darah, cara ini juga bisa mencegah terjadinya berpindah bakteri dari anus ke vagina sehingga bisa membuat vagina tetap bebas dari bakteri dan kuman ya.

  1. Hindari penggunaan produk wewangian

Biasanya ketika vagina mengeluarkan bau tidak sedap entah itu waktu menstruasi ataupun sedang tidak menstruasi, banyak sekali wanita yang akhirnya menggunakan berbagai macam jenis produk untuk area kewanitaan yang mengandung wewangian. Misalnya saja seperti menggunakan tissue basah wangi, pembalut berpewangi, sampai semprot wangi organ intim karena ingin menhilangkan bau. Padahal menurut penelitian univerisity chicago, penggunaan produk seperti itu malah menyebabkan bau darah haid dan vagina akan menjadi parah dan semakin menyengat. Selain bisa menyebabkan baunya menjadi parah, zat kimia yang terkandung di dalam produk tersebut bisa menyebabkan Anda mengalami keputihan, sampai infeksi pada area genital Anda.

Baca juga : keputihan setelah operasi kista

  1. Rutin mandi

Cara menghilangkan bau darah haid yang keempat adalah dengan rutin mandi. Terutama ketika hari pertama dan juga hari kedua biasanya Anda akan  mengalami menstruasi yang sangat deras. Sehingga darah akan keluar lebih banyak, selain bisa membuat Anda jadi tidak nyaman darah haid juga bisa membuat Anda menjadi memiliki bau yang menyengat dan juga berlebihan ya. Oleh karena itu cara mengatasinya adalah dengan rutin mandi. Jika Anda rutin mandi dan rutin mengganti pembalut terutama ketika sedang deras-derasnya maka bisa mengurangi bau yang menyengat dan menganggu Anda ya.

  1. Cuci tangan hingga bersih

Setelah Anda mengganti pembalut atau mungkin membasuh vagian saat menstruasi maka sebisa mungkin untuk sering menjaga kebersihan tangan Anda. Karena biasanya bau vagina atau bau darah menstruasi itu sangat menyengat ketika Anda mengalami menstruasi. Dan bahkan baunya bisa menempel di tangan dan tidak mudah hilang. Oleh karena itu setelah atau sebelum mengganti pembalut usahakan untuk mencuci tangan sampai bersih ya. Anda bisa menggunakan sabun cuci tangan khusus atau mungkin gel anti bakteri sehingga bau menyengatnya tidak sampai berbekas dan juga tangan akan selalu higienis ya.

Baca juga : cara membersihkan kemaluan setelah haid

Sponsors Link

  1. Ganti celana dalam ketika bocor

Biasanya ketika awal dari siklus menstruasi kita, hari pertama atau hari kedua akan deras-derasnya. Selain itu terkadang kita tidak menyadari jika mungkin saja darah haid bocor dan sampai merembes ke celana dalam kita. Jika sudah merembes dan menempel ke celana dalam maka bau darah haid akan jadi lebih menyengat daripada sebelumnya ya. Oleh karena itu kami menyarankan supaya Anda mengganti celana dalam ketika merasa sudah bocor. Atau jika Anda berpergian dan sedang haid, maka kami sarankan supaya selalu membawa pemabalut dan juga celana dalam cadangan sehingga bisa menghinadri bau yang menyengat tersebut.

  1. Hindari penggunaan sabun

Ketika bau darah haid jadi menyengat, maka mungkin ada wanita yang memilih untuk menggunakan sabun untuk membersihkan alat kelaminnya. Tujuannya mungkin sederhana karena ingin membuat miss V jadi lebih bersih dan wangi. Namun kami menyarankan supaya Anda tidak menggunakan sabun untuk membersihkan dan membuat wangi miss V Anda. Sabun dapat menganggu keseimbangan Ph dari miss V dan malah bisa menimbulkan infeksi atau alergi.

Baca juga :

Nah itu tadi informasi mengenai cara menghilangkan bau darah haid yang bisa Anda coba. Semoga dengan infromasi itu Anda bisa mengatasi keluhan Anda selama ini. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat untuk Anda ya!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup