Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Balanitis Secara Medis Ataupun Terapi Tradisional

Sponsors Link

Penyakit bisa berupa apa saja. Salah satunya ada yang disebut dengan balanitis. Penyakit ini berupa kelainan pada ujung kepala penis atau glans penis. Balanitis bisa disebababkan oleh berbagai hal, namun yang paling umum diketahui, balanitis disebabkan oleh infeksi. Sejauh ini infeksi yang menyebabkannya bisa jadi berupa infeksi jamur, bakteri, atau karena iritasi kulit, penyakit menular, dan kelainan kulit. Balanitis juga menjadi ukuran terjadinya gejala penyakit kelamin. Jadi anda harus waspada.

ads

Infeksi yang terjadi juga bisa menyebabkan masalah selanjutnya berupa peradangan pada kulit yang menutupi  bagian penis yang tidak dikhitan. Berikut beberapa obat untuk balanitis alami dan medis sekaligus cara menghilangkan balanitis dengan obat-obat tersebut yang selama ini dilakukan pihak medis kepada pasien.

1. Krim Anti Jamur

Cara menghilangkan balanitis sebetulnya bergantung pada penyebabnya. Namun bila tidak terlalu parah, balanitis bisa dihilangkan dengan krim anti jamur untuk menghilangkan jamur penyebab balanitis dari bagian luar kulit. krim anti jamur juga bisa dioleskan sekali seminggu sebagai cara mencegah penyakit menular seksual akibat infeksi jamur.

2. Tablet Anti Jamur

Selain cara di atas, cara menghilangkan balanitis berikutnya bisa berupa mengonsumsi tablet khusus anti jamur, sehingga terjadi proses pengobatan dari dalam tubuh. Tablet anti jamur yang dipilih harus sesuai dengan jamur penyebab infeksi anti jamur infeksi yang disebabkan oleh infeksi candida. Obat yang umumnya digunakan antara lain nistatin, klotriazol, fluconazol, mikonazol, dan imadiazol. Dukungan tablet anti jamur ini juga bisa menghindarkan wanita dari berbagai macam penyakit kelamin wanita yang ada di sekitar kita.

3. Mengonsumsi atau Suntik Antibiotik

Untuk menghilangkan balanitis bisa juga dengan mengonsumsi atau menyuntik antibiotik. Khususnya untuk balanitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Antibiotik yang umumnya disarankan untuk menghilangkan balanitis ialah penisilin, fluksoksasilin, dan eritromisin. Dapat juga berupa antibiotik metronidazol, koamiksoklaf, dan klindamisin. Suntik antibiotik juga dapat membantu anda dari jenis-jenis penyakit kulit yang berbahaya di sekitar kita seperti herpes dan penyakit kulit yang disebabkan oleh virus HIV.

4. Krim steroid ringan

Cara menghilangkan balanitis yang diakibatkan oleh inflamasi atau alergi bisa menggunakan krim steroid. Krim ini juga bisa membantu untuk mengurangi peradangan akibat infeksi balanitis. Akan tetapi penggunaan krim steroid harus sesuai dengan petunjuk dokter, karena jika berlebihan atau tidak sesuai prosedur, akibatnya bisa memperparah infeksi.

5. Khitan

Cara menghilangkan balanitis yang cukup ekstrim untuk kalangan di luar agama islam ialah khitan. Proses ini dilakukan jika balanitis masih terjadi secara berulang meski sudah diobat dengan berbagai macam jenis obat, mulai dari antibiotik maupun anti jamur. Balanitis yang berulang mengindikasikan pasien memiliki kondisi fimosis. Sehingga pengobatan terbaik untuk menghilangkan balanitis ialah dengan khitan.

6. Terapi di Rumah

Sebetulnya ada cara sederhana di rumah yang dapat dilakukan untuk menghindari balanitis atau menghilangkannya. Cara menghilangkan balanitis sebelum parah ialah bisa dengan menghindari penggunaan sabun pada alat kelamin. Pasien bisa menggunakan krim pelembab sebagai ganti sabun untuk membersihkan alat kelamin. Di samping itu untuk membersihkan alat kelaim dianjurkan untuk menggunakan air hangat yang kemudian dikeringkan secara perlahan. Ditambah juga dengan makan makanan sehat untuk kesehatan kulit guna menghindarkan diri dari gangguan kulit kelamin.

Sponsors Link

7. Mandi dengan air garam

Sekali-kali anda bisa mandi dengan air asin untuk menghilangkan bakteri yang ada di tubuh. Cara menghilangkan balanitis dengan mandi air asin ini terbilang cara tradisional yang sangat murah.Air asin dari garam bisa menjadi antiseptik yang ampuh untuk menghilangkan bakteri. Untuk orang yang masih sehat, air asin dari garam dapat membantu  menjaga tubuh terhindar dari infeksi bakteri dan jamur. Setelah menyiram tubuh dengan air garam, pastikan untuk membilas tubuh dengan air hangat. Bahkan banyak orang memilih cara menghilangkan keputihan dengan garam. Dengan kata lain, garam cukup ampuh sebagai antiseptik alami.

8. Menghindari aktivitas seksual

Cara menghilangkan balanitis dan sekaligus mencegah penularan pada pihak lain, anda harus menghindari aktivitas seksual sementara waktu sampai dinyatakan benar-benar sembuh oleh dokter. Terutama jika infeksi balanitis disebabkan oleh jamur dan bakteri yang menular, anda harus benar-benar menunggu sampai kondisi alat kelamin anda bersih. Jika anda tetap melakukan aktivitas seksual selama balanitis masih menyerang, dikhawatirkan balanitis akan menyebabkan rasa nyeri di bagian alat kelamin semakin parah. Di samping itu, kami sarankan agar anda melakukan aktivitas seksual dengan pelindung seperti kondom.

Demikian pemaparan tentang cara menghilangkan balanitis dari segi medis maupun dari sisi terapi di rumah. Meskipun cara-cara di atas terbilang cukup mudah dilakukan namun lebih baik tidak terkena penyakit sama sekali, karena balanitis tetap dapat mengganggu aktivitas harian.

Sponsors Link
, , , ,