Sponsors Link

5 Cara Menggunakan Caladine Lotion untuk Cacar Air yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Cacar air merupakan penyakit yang timbul akibat infeksi dari virus herpes pada kulit dan membran mukosa yang menyebabkan bentolan di seluruh tubuh dan wajah. Cacar air tidak hanya menyerang anak-anak tapi orang dewasa. Cacar air lebih  mudah menular kepada orang yang belum mendapat vaksin cacar atau belum pernah mengalami cacar air sebelumnya dan orang-orang dengan sistem imun yang rendah seperti bayi, ibu hamil dan lansia. Cacar air sangat mudah menular  melalui udara, kontak fisik, atau barang yang digunakan oleh penderita.

ads

Melalui udara saat cacar air mengering, karena virus siap berpindah tempat pada saat tersebut. Melalui kontak fisik langsung dengan penderita cacar air perlu di hindari karena virus cacar air juga bisa menular melalui sentuhan. Virus juga dapat menular melalui benda yang digunakan penderita, virus menempel dan tertinggal pada benda tersebut dan jika digunakan oleh orang lain maka virus akan ikut berpindah pada orang  lain tersebut.

Cacar air bisa disembuhkan dengan  obat-obatan apotik atau dengan pengobatan tradisional. Obat cacar air yang biasa digunakan adalah sejenis obat non-aspirin seperti acetaminofen yang berfungsi untuk menurunkan demam cacar dan menghilangkan rasa sakit.  Fungsinya sama dengan salep kulit gatal dan bintik merah yang membantu mengurangi rasa gatal dan infeksi atau iritasi akibat gatal dan bintik merah tersebut. Selain obat minum, caladine lotion merupakan obat yang digunakan sebagai antiseptik, anti alergi dan penyejuk kulit yang sangat bermanfaat untuk mengobati cacar air. Berikut merupakan cara pakai caladine lotion untuk cacar air.

  • Gunakan Caladine Lotion Setelah Mandi

Supaya bisa menggunakan caladine lotion secara efektif, pastikan anda sudah membersihkan tubuh anda terlebih dahulu. Terutama are ayang mengalami cacar air, area itu juga harus dibebaskan dari debu. Bersihkan tubuh seperti biasa, jangan menggosok tubuh terlalu keras, dikhawatirkan cacar air akan pecah. Jika pecah, anda tidak bisa menggunakan caladine lotion pada cacar air yang baru saja pecah.

Selain lotion caladine, ada juga salep yang kadang digunakan orang untuk mengobati cacar air. Salah satunya ialah memanfaatkan salep yang sama untuk salep luka lecet di kelamin, namun anjuran penggunannya harap ditanyakan terlebih dahulu pada dokter.

  • Pastikan Tubuh Sudah Kering

Berikutnya setelah mandi, cara menggunakan caladine untuk cacar air ialah dengan memastikan tubuh anda sudah kering terlebih dahulu. Jangan oleskan lotion ketika tubuh masih basah dengan air, karena ini sama saja dengan membuat khasiat caladine lotion yang anda oleskan memudar atau malah cenderung jadi hilang. Caladine lotion pun bisa dimanfaatkan sebagai salep untuk kulit melepuh. Dengan syarat penggunaan hanya di sekitar bagian kulit yang melepuh, bukan tepat di tengah-tengahnya. Ini bertujuan untuk mengurangi iritasi.

  • Oleskan pada bagian yang terpapar cacar air

Setelah dipastikan tidak ada air di tubuh anda, anda bisa mengoleskan caladine lotion di bagian kulit yang terpapar cacar air secara perlahan. Pastikan untuk tidak menekannya, karena jika cacar air pecah sebelum waktunya, keadaan ini bisa meninggalkan bekas yang parah. Karenanya, pastikan saja anda dapat mengoleskan saleb secara perlahan di area cacar air.

Cara menggunakan caladine lotion untuk cacar air ini hampir mirip dengan resep manfaat daun sirih untuk kutil kelamin. Di mana daun sirih bisa dtumbuk dan dijadikan lotion untuk dioleskan pada bagian kulit yang mnegalami kutil kelamin. Hasilnya perlahan-lahan area yang terpapar kutil akan mengering. Cara mengoleskan caladine lotion ini hasil akhirnya akan serupa, di mana cacar air akan perlahan mengering sehingga mengelupas. Untuk menghilangkan bekasnya, anda perlu mengoleskan caladine lotion lagi atau menggunakan ramuan lain seperti masker daun sirih untuk menghilangkan bekasnya secara efektif.

  • Gunakan kain yang lembut
Sponsors Link

Setelah mengoleskan caladine lotion di bagian kulit yang terpapar cacar air, pastikan setelah itu anda mengenakan pakaian dengan bahan yang lembut. Tujuannya supaya cara pakai caladine lotion untuk cacar air ini tidak kena gesekan oleh kain yang kasar. Di samping itu, kain kasar yang bergesekan dengan cacar air bisa mennggores cacar air, akhirnya cacar air bisa meletus sebelum waktunya. Efek buruknya lagi, cairan cacar air bisa menempel di kain dan menyebar ke area tubuh lainnya. Tentunya anda tidak ingin cacar anda menyebar ke seluruh tubuh, maka dari itu, kami sarankan agar anda memilih kain yang lembut dan tidak berpotensi menimbulkan luka ketika bergesekan dengan cacar air di tubuh anda.

  • Gunakan caladine lotion secara rutin 2-4 kali sehari

Guankan caladine lotion secara rutin, minimal dua kali sehari setelah mandi. Maksimalkan penggunaannya tapi jangan terlalu sering. Tujuannya adalah untuk mengurangi efek infeksi di kulit tubuh anda. Selain untuk membantu mengurangi efek buruk cacar air di kulit, caladine lotion juga kerap digunakan para ibu untuk mengatasi kulit kering. caladine lotion menjadi seperti salep untuk kulit kering. tidak hanya untuk orang dewasa, kadang para ibu juga menerapkannya untuk mengatasi kulit kering pada bayi. Tentu saja, pilihan caladine lotion yang diambil yang sesuai dengan kulit bayi. Memilih caladine lotion benar-benar menjadi cara umum sebagai cara mengobati kulit kering pada bayi.

Bahkan ada juga yang menjadikan caladine lotion sebagai pelembab untuk kulit dehidrasi. Kandungan senyawa pada caladine lotion bisa membantu mempertahankan kelembaban kulit. karena itu jugalah caladine lotion cocok digunakan untuk membantu mengurangi dampak cacar air. Di mana kulit akan teriritasi, kering, dan nampak terdehidrasi. Dengan menggunakan caladine lotion keadaan itu bisa dihindari. Demikian pemaparan tentang cara pakai caladine lotion untuk cacar air yang harus anda ketahui.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Cacar