Sponsors Link

8 Cara Mengeringkan Luka Bernanah Secara Alami Dengan Tepat

Sponsors Link

Kulit sering luka sendiri atau saat terluka biasanya tubuh akan mengeluarkan nanah yang bisa berubah warna menjadi hijau. Nanah adalah hasil dari sel darah putih (mekanisme tubuh) melawan bakteri, jaringan yang mati/rusak karena terjadi infeksi, dan bakteri yang mati. Perubahan warna itu terjadi saat mengandung myeloperoxidase, yaitu protein antibakteri hijau yang diproduksi beberapa jenis sel darah putih. Selain itu, infeksi pseudomonas aeruginosa dan infeksi anaerobik juga dapat mengakibatkan nanah hijau yang mengeluarkan aroma tidak sedap. Infeksi anaerobik bisa muncul pada luka jaringan tubuh yang dalam seperti cedera, luka trauma, gigitan, atau operasi.

ads

Luka bernanah dapat meningkat akibat kondisi tertentu pada luka antara lain benda asing seperti potongan logam atau kaca yang tertancap pada luka sehingga menghambat proses penyembuhan, menderita penyakit tertentu yang memperlambat penyembuhan luka seperti penyakit paru-paru, diabetes, kanker, hati, dan ginjal; melemahnya sistem kekebalan tubuh akibat defisiensi nutrisi, efek radiasi, dan penggunaan obat tertentu yang meningkatkan risiko mudah terkena infeksi; trauma yang terjadi berulang kali terhadap luka yang sedang menyembuh sehingga risiko infeksi menjadi lebih besar dan proses penyembuhan terhambat, dan rendahnya pasokan aliran darah akibat kondisi tertentu seperti penyempitan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, merokok, penyakit jantung. Luka bernanah ini biasanya terasa sakit, bengkak, dan hangat saat disentuh sehingga harus segera disembuhkan.

Cara Penanganan

Beberapa jenis luka bernanah bisa sembuh atau mengering sendiri seiring berjalannya waktu, namun luka ini bisa mengakibatkan komplikasi jika tidak dirawat dengan benar. Beberapa penanganan yang perlu dilakukan antara lain membersihkan luka dengan air dan sabun antiseptik untuk mematikan bakteri, kompres luka dengan rendaman kain halus seperti flanel yang direndam air hangat. Kain tersebut harus dicuci bersih dan tidak digunakan oleh orang lain setelah dipakai agar tidak terkena infeksi yang lebih parah atau penularan. Selain itu, minumlah obat pereda rasa sakit agar bengkak juga bisa segera mengempis. Apabila luka tidak sembuh setelah melakukan beberapa hal tersebut maka konsumsilah antibiotik dalam bentuk oral maupun infus agar luka bernanah tidak menyebarkan infeksi atau komplikasi lainnya.

Hal yang dilakukan dokter antara lain menuliskan resep antibiotik yang diberikan melalui infus atau tablet yang dikonsumsi untuk mencegah penyebaran infeksi pada luka bernanah dan pada abses yang lebih dalam (internal abscess) biasanya melakukan operasi kecil untuk membuat sayatan atau memasukkan jarum yang menembus kulit untuk mengeluarkan nanah. Operasi dengan sayatan ini biasanya dilakukan jika pengeringan dengan jarum tidak efektif. Pengobatan luka bernanah bergantung pada area dan tingkat keparahan luka. Terkadang X-ray, MRI, CT scan, dan tes darah perlu dilakukan untuk mendeteksi infeksi. Namun, pada kasus tertentu luka bernanah membutuhkan penanganan medis secara cepat.

Luka bernanah harus disembuhkan oleh dokter jika terjadi satu atau beberapa kondisi antara lain kulit di sekitar luka bernanah tidak dapat merasakan apapun (mati rasa), darah terus mengalir dari luka, luka terasa sangat sakit, anggota tubuh yang terluka tidak bisa digerakkan, bagian dalam luka berwarna merah cerah atau gelap, luka bengkak lebih dari lima hari, luka bernanah berbau tidak sedap, abses berukuran lebih dari 1 cm, sedang menderita penyakit tertentu (kanker, diabetes, HIV/AIDS, penyakit anemia bulan sabit (sickle cell disease), ataupun penyakit vaskular peripheral, menjadi pengguna penyalahgunaan obat-obatan suntik, pengidap luka sedang menjalani pengobatan yang menekankan pada sistem kekebalan tubuh seperti kemoterapi, mengalami demam tinggi, dan sedang hamil. Ada juga obat untuk kulit bernanah secara alami dengan memakai beberapa bahan yang berasal dari alam sebagai berikut.

  1. Kunyit

Kunyit sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Rempah-rempah ini juga bisa digunakan sebagai obat luka bernanah karena kunyit mengandung berbagai antibiotik yang membuat luka tubuh cepat mengering (sembuh). Cara pemakaian, yaitu parut kunyit secukupnya, lalu peras dan ambil airnya. Oleskan air perasan kunyit pada luka bernanah yang telah dibersihkan dan tambahkan air garam yang hangat agar luka cepat sembuh. Gunakanlah metode pengobatan ini secara rutin.

  1. Bubuk Kopi
Sponsors Link

Bubuk kopi juga bisa menjadi obat alami untuk luka bernanah. Bahkan, bahan alami ini juga bisa digunakan untuk mengobati luka tergores, luka terbakar, dan lainnya. Bubuk kopi bisa menyembuhkan berbagai luka karena mengandung zat anti bakteri yang sangat ampuh membunuh bakteri yang bernama Methicillin resistant starhyloccocus aureus. Cara pemakaiannya, yaitu taburkan bubuk kopi hitam pada luka hingga semua luka tertutupi. Bubuk kopi yang digunakan harus murni, bukan bubuk kopi kemasan yang tinggal diseduh. Jika memiliki alergi terhadap serbuk sebaiknya tidak memakai bubuk kopi untuk mengobati luka karena luka bisa semakin parah.

  1. Garam dan Air Hangat

Garam tidak hanya berfungsi sebagai bumbu dapur atau pemberi rasa asin, tetapi juga memiliki berbagai manfaat lainnya seperti mengobati luka bernanah. Banyak orang yang mandi di laut untuk menyembuhkan luka atau penyakit karena sudah tahu kalau garam. Cara pembuatan larutan garam, yaitu siapkan ember, garam, dan air hangat. Campurkan garam ke dalam air hangat, lalu bersihkan luka yang terinfeksi dengan air garam tersebut secara perlahan. Lakukan sebanyak 3 kali daam sehari agar luka bisa cepat sembuh dan mengering.

  1. Minyak Kayu Putih
ads

Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau minyak kayu putih bisa mengobati luka bernanah, tidak hanya menjadi obat untuk masuk angin, alergi, gatal-gatal, dan gigitan serangga. Minyak ini mengandung disenfektan yang bisa mengobati infeksi pada tubuh bagian luar dan analgesik yang berfungsi sebagai pereda nyeri. Cara menggunakan minyak kayu putih mengeringkan luka, yaitu bersihkan luka terlebih dahulu. Kemudian oleskan minyak kayu putih pada luka yang diderita. Jika terasa panas sebaiknya hentikan pemakaian tersebut.

  1. Lengkuas

Tidak hanya kunyit, masih banyak bumbu dapur yang bisa digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati luka bernanah. Salah satu bumbu dapur lainnya adalah lengkuas. Cara pemakaiannya adalah sediakan lengkuas secukupnya, lalu tumbuk bawang merah terlebih dahulu. Setelah itu masukkan lengkuas ke dalam tumbukan bawang merah tersebut. Agar hasilnya lebih optimal sebaiknya tambahkan bawang putih sedikit saja sebagai campuran. Gunakan ramuan tradisional ini secara rutin agar luka yang bernanah cepat hilang.

  1. Daun Senggugu

Daun senggugu mungkin jarang terpikirkan untuk digunakan sebagai obat luka bernanah. Cara pemakaiannya adalah siapkan beberapa lembar daun senggugu yang masih segar. Lalu cuci sampai bersih dan rebus daun tersebut hingga setengah dari takaran sebelumnya. Dinginkan ramuan terlebih dahulu dan oleskan pada luka yang bernanah. Gunakan ramuan ini secara teratur agar luka cepat mongering dan sembuh.

  1. Bawang Merah

Bawang merah juga bisa mengobati luka yang bernanah seperti cara mengobati bisul dengan bawang merah. Bawang merah bisa menyembuhkan luka bernanah asalkan dicampurkan dengan minyak zaitun. Cara penyembuhannya adalah siapkan 1 atau 2 siung bawang merah. Kupaslah kulitnya dan potonglah tipis-tipis. Kemudian, campurkan potongan-potongan tersebut ke dalam minyak zaitun. Hangatkan minyak zaitun terlebih dahulu dan campurkan dengan bawang merah tanpa digoreng. Jika sudah hangat, tempelkan obat tersebut pada luka yang bernanah. Setelah ditempel maka luka harus dibalut dengan kain kasa. Gantilah kain kasa setelah digunakan selama 6 jam. Jika terasa agak panas berarti bawang merah sedang bekerja sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

  1. Bawang Putih

Bawang putih yang dikenal sebagai bahan utama penyedap masakan setelah garam juga bisa menjadi penyembuh luka yang bernanah dan menjadi cara mengatasi keputihan dengan bawang putih. Bawang putih mengandung berbagai manfaat, tetapi juga memiliki efek samping tertentu seperti efek samping memecahkan bisul sehingga harus memakainya dengan cara yang benar. Cara pemakaian bawang putih sebagai obat luka bernanah secara alami sebagai berikut.

  • Siapkan 1 sampai 2 siung bawang putih, lalu kupas bawang tersebut dan tumbuklah hingga benar benar halus.
  • Setelah halus maka tumbukan tersebut akan berbentuk seperti pasta. Pakailah pasta tersebut pada luka bernanah.
  • Diamkan hingga beberapa jam sampai benar-benar terasa kering. Jika merasa gatal atau perih pada luka tidak boleh digaruk atau dipegang. Tidak usah khawatir karena kejadian itu wajar terjadi sebab senyawa yang ada pada bawang putih sedang membasmi bakteri-bakteri yang ada pada luka.

Luka bernanah harus segera disembuhkan dengan cara yang tepat agar dampak infeksi tidak menyebar ke anggota tubuh lain dan menimbulkan komplikasi serius. Pastikan untuk membersihkan tubuh dengan bersih agar tidak ada bakteri atau kuman yang menyebabkan penyakit semakin menyebar. Dokter pasti tahu tentang cara untuk menangani luka bernanah sehingga harus meminta saran dokter tentang cara mengobati luka di rumah. Konsumsi makanan yang sehat, jika perlu tanyakan ke dokter tentang makanan yang harus dikonsumsi dan tidak boleh dikonsumsi agar nutrisi tubuh terjaga. Tubuh yang sehat dengan asupan gizi seimbang akan mempercepat penyembuhan dari dalam tubuh.

Luka bernanah memang bisa sembuh seiring berjalannya waktu, tetapi tidak boleh menyepelekan luka tersebut karena kondisi yang semakin parah bisa menimbulkan masalah baru bagi tubuh. Minimalkan atau kurangi interaksi dengan air jika tidak penting karena luka yang bernanah kalau basah akan sulit sembuh. Jika mandi sebaiknya luka ditutup dengan plastik agar tidak terkena air karena akan terasa perih. Semoga lekas sembuh jika saat ini sedang mengalami luka bernanah! Waspadai juga bintik bernanah pada kulit. Ingatlah mencegah itu lebih baik daripada mengobati jadi harus tahu cara pencegahan penyakit kulit juga.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan