Sponsors Link

6 Cara Mengecilkan Pori-pori Kulit Secara Permanen Paling Ampuh

Sponsors Link

Kulit kita memiliki pori-pori yang berfungsi sebagai tempat keluarnya sebum dan keringat dari dalam tubuh. Sebum ini berfungsi untuk menjaga kelembaban alami kulit, sementara keringat dibutuhkan untuk sarana keluarnya ‘sampah’ dari dalam tubuh. Oleh karena itu, keberadaan pori-pori sangat dibutuhkan oleh tubuh dan kulit kita. Namun, seringkali pori-pori kulit terlihat sangat besar sehingga mengganggu penampilan. Hal ini khususnya jika terjadi pada kulit wajah.

ads

Tampilan pori-pori yang besar akan membuat kulit tidak terlihat mulus dan membuat make up tampak kurang sempurna. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang mencari cara mengecilkan pori-pori kulit. Sebenarnya, ukuran pori-pori kulit tetap sama dan tidak bisa membesar atau mengecil. Ukurannya tergantung pada faktor genetik seseorang. Akan tetapi, karena satu dan lain hal, pori-pori bisa semakin tampak dan mengganggu. Biasanya, penyebabnya ada kotoran atau sel kulit mati yang menempel dan mempertegas ukuran pori-pori. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa membantu pori-pori tampak lebih kecil:

  1. Masker buah jeruk

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah menggunakan masker buah jeruk. Dalam hal ini, Anda bisa bebas memilih jeruk apa saja, bisa jeruk nipis, jeruk lemon, ataupun jeruk buah biasa. Hal ini dikarenakan jeruk kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kandungan dalam buah jeruk ini akan membantu mencerahkan wajah sekaligus mengurangi minyak di kulit dan mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu, masker buah jeruk akan sangat membantu membuat pori-pori kulit terlihat lebih kecil.

Untuk membuatnya, Anda cukup mengambil air perasan jeruk dan mengoleskannya di wajah. Biarkan selama kurang lebih 15 menit. Anda akan merasa segar setelah menggunakannya, namun sebaiknya jangan gunakan masker ini setiap hari karena bisa membuat kulit terlalu kering dan sensitive terhadap sinar matahari.

  1. Masker lidah buaya

Selain ada manfaat lidah buaya untuk kutil kelamin, lidah buaya ternyata juga memiliki manfaat mengecilkan pori-pori kulit. Anda cukup mengambil daging lidah buaya dan mengoleskannya ke kulit Anda secara merata dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas. Selain bisa mengecilkan pori-pori wajah, gel lidah buaya ini juga bagus untuk menenangkan kulit setelah terpapar panas matahari. Jika Anda tidak memiliki tanaman lidah buaya di rumah, kini juga telah tersedia di pasaran gel lidah buaya yang telah diproduksi oleh aneka brand kecantikan.

  1. Masker buah-buahan

Ada banyak manfaat dari buah-buahan yang disediakan oleh alam. Tidak hanya bisa dimakan, buah-buahan tersebut juga bisa diolah untuk dijadikan masker alami untuk kulit. Jika concern permasalahan kulit Anda adalah pori-pori kulit yang besar, maka akan sangat baik jika Anda memilih buah-buahan yang kaya akan vitamin A, C dan E.

Buah-buahan yang bisa Anda coba antara lain pepaya, alpukat, pisang, strawberry, dan tomat. Buah-buahan ini sangat kaya antioksidan dan vitamin yang bahkan bisa menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet yang sering menjadi penyebab pigmentasi kulit. Untuk menggunakannya, Anda cukup menghaluskan buah pilihan Anda dan mengoleskannya ke kulit. Anda juga bisa mencampurkannya dengan madu ataupun susu untuk menambah manfaatnya.

  1. Toner teh hijau
Sponsors Link

Tidak hanya masker, perawatan kulit lain yang sangat penting adalah menggunakan toner. Toner akan memberi kesegaran sekaligus membersihkan kulit, terutama pada kulit wajah. Jika selama ini Anda telah mencoba beragam toner yang dijual di toko dan merasa kurang cocok dengan zat kimia dalam bahannya, maka tidak ada salahnya Anda mencoba membuat toner sendiri di rumah.

Anda bisa menggunakan teh hijau sebagai bahan toner ini. Cara mengecilkan pori-pori kulit Cukup campurkan teh hijau dengan air, lalu oleskan campuran ini menggunakan kapas seperti cara memakai toner biasanya. Anda bisa menyimpan teh hijau di kulkas untuk menambah sensasi segarnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker dengan cara membasahi kapas dengan teh hijau ini dan tempelkan ke kulit seperti kompres. Ramuan teh hijau ini bisa digunakan selama 1 minggu sebelum Anda harus membuat ramuan yang baru. Kandungan antioksidan di dalam teh hijau juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengencangkan kulit wajah. Hemat, kan?

  1. Toner cuka apel
Sponsors Link

Cuka apel merupakan bahan yang berkhasiat untuk penderita diabetes dan banyak penyakit lainnya. Namun, ternyata cuka apel juga bermanfaat untuk kecantikan, lho, seperti sebagai cara menghilangkan panu di muka. Memang, cuka apel memiliki bau khas yang menyengat. Bau tersebut berasal dari cuka yang sangat asam, akan tetapi kandungan inilah yang berkhasiat untuk membantu regenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Untuk membuat cuka apel tidak terlalu ‘keras’ untuk kulit, sebaiknya Anda mencampur cuka apel dengan air terlebih dahulu sebelum mengoleskannya ke kulit. Celupkan kapas ke larutan cuka apel tersebut dan gunakan seperti Anda memakai toner. Lakukan rutinitas ini setiap hari untuk memperoleh hasil maksimal.

  1. Scrub alami

Mengeksfoliasi kulit sangat penting untuk bisa memperoleh kulit dengan pori-pori kulit. Maka, cara mengecilkan pori-pori kulit berikutnya adalah dengan melakukan scrub ke wajah. Anda bisa membuat scrub sendiri di rumah dengan memanfaatkan kopi dan gula di dapur Anda.

Cukup campurkan kopi dan gula dengan takaran 1:1 dan campur dengan sedikit air sehingga berbentuk pasta. Anda juga bisa mengganti air dengan minyak zaitun untuk menambah efek melembabkan wajah. Gosok perlahan campuran berbentuk pasta tersebut ke kulit untuk mengangkat sel kulit mati, lalu bilas bersih dengan air. <elakukan scrub kulit secara rutin juga bisa menjadi cara mengembalikan pigmen kulit, lho! Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Kesehatan