Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Keputihan dengan Bawang Putih yang Mudah dan Ampuh

Sponsors Link

Siapa sih yang tidak tahu bawang putih? Salah satu jenis bawang ini selain dapat digunakan untuk menyedapkan makanan, bawang ini juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam jenis gangguan kesehatan tertentu. Hal tersebut dikarenakan bawang putih mengandung mengandung berbagai macam kandungan atau zat yang menyusunnya yang bisa dijadikan sebagai agen penyembuh dan pencegah berbagai banyak macam jenis masalah kesehatan. Berbagai macam masalah kesehatan yang bisa diatasi dan dicegah dengan bawang putih, di antaranya adalah kanker, jantung, wasir, sakit gigi, jerawat, gula darah, masalah tenggorokan, infeksi pada tubuh, dan sebagainya.

ads

Selain jenis penyakit yang di sebutkan di atas, tahukah Anda bahwa bawang putih juga bisa digunakan untuk mengatasi keputihan? Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai sejumlah cara mengatasi keputihan dengan bawang putih. yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah di rumah.

Cara Mengatasi keputihan dengan Bawang Putih

Cairan keputihan sebenarnya berupa sel-sel yang telah mati yang dikeluarkan oleh tubuh. Sehingga, normal dan baik bagi wanita untuk menmgalami keputihan. Frekuensi keputihan biasanya akan meningkat pada saat-saat tertentu, misal pada saat menjelang menstruasi. Sehingga apabila Anda mengalami keputihan, jangan panik, karena keputihan bukanlah suatu masalah kesehatan.

Akan tetapi, keputihan bisa menjadi suatu gangguan kesehatan apabila cairan keputihan berbau tak sedap, memiliki warna yang tak normal (misal keputihan warna hitam), dan sering keluar dalam jumlah yang melebihi batas normal, yakni sekitar setengah sampai satu sendok teh per harinya. Apabila Anda mengalami ini, berarti Anda sedang mengalami keputihan yang tak normal. Perlu tindakan untuk mengatasinya, sebab jika dibiarkan saja akan menimbulkan bahaya keputihan abnormal.

Salah satu cara untuk mengatasi keputihan ini adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Di bawah ini adalah beberapa cara mengatasi keputihan dengan bawang putih yang dapat Anda coba sendiri di rumah:

1. Memakan Langsung Bawang Putih

Cara pertama yng dapat dilakukan sebagai cara mengobati keputihan dengan bawang putih adalah dengan langsung mengonsumsi bawang putihnya. Bawang putih mengandung zat-zat yang cukup ampuh untuk mengatasi keputihan yang tak normal meskipun tanpa dimasak terlebih dahulu. Anda hanya tinggal menyiapkan bawang putih yang telah dikupas kemudian mencucinya hingga bersih. Setelah itu, Anda bisa langsung memakannya. Anda juga bisa memotong bawang putihnya menjadi ukuran yang kecil yang mudah ditelan jika Anda tidak suka mengunyahnya terlebih dahulu.

Mengonsumsi bawang putih secara rutin bisa membantu tubuh dalam mengatasi keputihan yang tidak normal. Selain dapat mengobati keputihan, mengonsumsi bawang putih secara langsung juga baik untuk kesehatan tubuh dan cukup ampuh dalam mengatasi sejumlah penyakit lainnya, seperti sebagai cara mengobati sifilis dengan bawang putih.

2. Menambahkan Bawang Putih Pada Hidangan

Cara selanjutnya untuk memanfaatkan bawang putih sebagai cara mengobati keputihan abnormal adalah dengan menambahkannya pada hidangan atau menjadikan bawang putih sebagai bahan masakan yang Anda buat. Bawang putih memang bisa disebut sebagai salah satu bahan pokok dalam berbagai macam makanan. Sehingga tidak aneh lagi jika mendapati bawang putih dalam makanan.

Apabila Anda tidak suka untuk memakan bawang putih langsung dalam keadaan masih mentah, Anda bisa memasaknya terlebih dahulu, menjadikannya sebagai bumbu masakan, atau menambahkannya ke dalam makanan lain. Dengan cara ini, rasa pahang bawang putih bisa tertutupi oleh rasa makanan lain. Sehingga tidak ada lagi perasaan enggan untuk makan bawang putih untuk mengatasi masalah keputihan yang tidak normal yang sedang dialami.

Sponsors Link

3. Menambahkan Bawang Putih pada Salad

Hidangan salad memang terkenal akan isinya yang biasanya terdiri dari berbagai macam sayuran dan berbagai macam buah-buahan. Namun tahukah Anda bahwa bawang putih juga bisa ditambahkan pada salad untuk menambah cita rasanya serta kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang terdapat di dalam salad? Untuk itulah mengapa cara mengatasi keputihan dengan bawang putih dapat dilakukan dengan menambahkan bawang putih pada salad.

Caranya sangat gampang. Iris tipis-tipis bawang putih yang telah dikupas dan dibersihkan, kemudian tambahkan dan campurkan pada salad. Untuk menambah tingkat kemanjuran dalam mengatasi keputihannya, sayuran atau buah yang dipilih untuk dibuat salad juga harus sayur atau buah tertentu yang bisa dijadikan obat penyembuh keputihan tak normal.

4. Membuat Bawang Putih Menjadi Ekstrak

Cara mengatasi keputihan dengan bawang putih selanjutnya adalah dengan membuat bawang putih menjadi ekstrak. Cara untuk membuat ekstrak bawang putih juga cukup mudah untuk diikuti. Berikut adalah cara untuk membuat ekstrak bawang putih:

  • Siapkan enam sampai tujuh siung bawang putih yang telah dikupas dan dicuci bersih
  • Siapkan air sekitar 400 mililiter
  • Masukan bawang putih dan air yang telah disiapkan ke dalam blender
  • Blender campuran air dan bawang putih tersebut sampai halus
  • Setelah halus, saring campuran air dan bawang putih tersebut untuk mendapatkan ekstraknya
  • Minum ekstrak bawang putih tersebut secara rutin setiap harinya untuk mengatasi keputihan

5. Mengaplikasikan Langsung Bawang Putih Pada Vagina

ads

Selain dapat dikonsumsi langsung, ditambahkan dalam makanan, dan dibuat ekstraknya, bawang putih juga bisa langsung diaplikasikan pada vagina dalam upaya sebagai cara mengatasi keputihan dengan bawang putih. Caranya ANda hanya tinggal mengupas dan mencuci bawang putih kemudian memotongnya menjadi dua bagian yang panjang. Setelah itu, tempelkan pada vagina yang telah dibersihkan sebelumnya. Anda dapat melakukan cara ini setelah mandi atau satu jam sebelum tidur.

Namun cara ini tidak disarankan jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif. Terlebih lagi daerah kemaluan adalah salah satu area tubuh yang memiliki kulit sensitif. Oleh karena itu, jangan lakuakn cara ini jika Anda memiliki kondisi kulit yang sensitif atau sensitif terhadap bawang putih. Jika dipaksakan, kulit kemaluan bisa menegalami iritasi atau bahkan luka.

Itu tadi beberapa cara mengatasi keputihan dengan bawang putih. Cukup mudah, bukan? Jika Anda telah rutin melakukannya tetapi keputihan tidak kunjung sembuh juga atau bahkan bertambah parah. Segera hubungi dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebab keputihan yang tidak wajar biasanya juga merupakan salah satu ciri dari suatu gangguan kesehatan tertentu, seperti ciri-ciri kanker rahim. Oleh sebab itu, jangan ragu-ragu untuk meminta pertolongan dokter jika Anda mengalami masalah keputihan yang tidak normal.

Kandungan yang dimiliki Bawang Putih

Sebenarnya mengapa bawang putih cukup ampuh dalam mengatasi bawang putih? Jawabannya adalah karena zat dan senyawa yang terkandung di dalamnnya. Di bawah ini adalah beberapa kandungan dan fungsi yang terdapat dan dimiliki oleh bawang putih:

1. Kandungan yang Memiliki Sifat yang Sama dengan Obat

Tercatat bahwa bawang putih telah dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan alami yang terbukti ampuh dalam mengobati berbagai macam jenis masalah kesehatan semenjak zaman dahulu kala. Kandungan sulfur yang terdapat di dalam bawang putih lah yang membuat bawang yang satu ini mudah dipotong dan dihaluskan, serta menjadi obat alami untuk bermacam-macam penyakit, seperti khasiat bawang putih unutk bisul.

Tidak hanya itu, bawang putih juga mnegandung acilin. Acilin adalah salah satu zat yang bersifat sama seperti sifat obat. Oleh karena itu, bawang putih bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan alami yang cukup ampuh dan aman. Acilin juga memungkinkan bawang putih untuk menjadi agen penyembuh meskipun dikonsumsi cera mentah.

2. Mengandung Banyak Nutrisi dan Rendah Akan Kalori

Terdapat berbagai macam jenis nutrisi dan mineral yang ditemukan di dalam bawang putih. Nutrisi dan mineral tersebut sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh. Adapun nutrisi dan mineral yang terdapat di dalam bawang putih, antara lain:

  • Vitamin C
  • Vitamin B6
  • Vitamin B1
  • Mangan
  • Selenium
  • Potasium (kalium)
  • Serat
  • Kalsium

Meskipun mengandung banyak nutrisi yang mineral, bawang putih sangat rendah akan kalori. Sehingga mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang sangat banyak tidak akan memberikan efek samping yang buruk dari kebanyakan konsumsi kalori, seperti kelebihan berat badan misalnya.

3. Mengandung Zat yang Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sponsors Link

Bawang putih mengandung zat ayng dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh. Zat antioksidan yang sangat tinggi yang ditemukan di dalam bawang putih juga dapat membantu mencegah tubuh dari serangan radikal bebas dan partikel-partikel jahat lainnya.

4. Mengandung Zat Antibiotik Alami

Salah satu penyebab keputihan yang tidak normal adalah karena adanya serangan bakteri jahat. Seperti yang telah kita tahu, bakteri dapat dilawan dan dihentikan pertumbuhannya oleh antibiotik. Bawang putih mengandung zat antibiotik alami yang bisa berfungsi untuk membunuh dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab keputihan yang tak normal.

Karena kandungan zat-zat yang telah disebutkan di ataslah bawang putih bisa dijadikan obat alami untuk mengatasi bawang putih. Sekarang Anda telah tahu sejumlah cara mengatasi keputihan dengan bawang putih. Tentunya Anda tidak ingin keputihan tak normal muncul kembali, bukan? Cara dan tip di bawah ini dapat Anda terapkan sebagai upaya pencegahan keputihan tak normal menyerang Anda kembali:

  • Gunakan pakaian dalam yang bersih
  • Pastikan kemaluan Anda selalu dalam keadaan kering sebelum menggunakan pakaian dalam
  • Bersihkan dan keringkan kemaluan setiap setelah buang air
  • Konsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang
  • Hindari makanan penyebab keputihan
  • Olah raga yang teratur
  • Kelola stress

Demikianlah artikel mengenai cara mengatasi keputihan dengan bawang putih. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan