Sponsors Link

11 Cara Mencegah Penyakit Kanker Kulit yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Kanker kulit adalah jenis kanker yang terjadi pada kondisi ketika adanya mutasi pada DNA yang menyebabkan kelainan pada sel kulit. Kelainan tersebut mengakibatkan sel kulit tumbuh lebih cepat dan berusia lebih panjang dari biasanya. Selain itu, sel kulit juga akan kehilangan sifat dasarnya. Kanker kulit pada umumnya terjadi pada orang yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung maupun tidak langsung. Masih banyak orang yang keliru membedakan perbedaan biduran dengan kanker kulit. Padahal perbedaan biduran dan kanker kulit ini dapat dilihat dari gejala kanker kulit.

ads

Tentunya kita semua tidak ingin mengalami kanker kulit karena cara menmgobati kanker kulit memerlukan proses dan waktu yang panjang. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara mencegah penyakit kanker kulit. Apa saja cara-caranya? Berikut ini adalah beberapa cara mencegah penyakit kanker kulit:

1. Melindungi Kulit Dari Paparan Sinar Matahari

Karena sering terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat meningkatkan risiko terkena kanker matahari, melindungi kulit dari paparan sinar matahari adalah cara mencegah penyakit kanker kulit yang harus dilakukan pertama kali.

Ada sejumlah cara untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Salah satunya adalah dengan menggunakan sunscreen atau sunblock setiap sebelum Anda keluar rumah atau sebelum Anda akan menghabiskan waktu yang lama di bawah sinar matahari. Pilihlah sunscreen atau sunblock yang mengandung SPF tinggi, minimal 15 SPF. Sebab SPF yang tinggi bisa lebih efektif dalam melindungi kulit dari efek samping paparan sinar UV. Jangan lupa untuk menggunakan kembali sunblock atau sunscreen setelah terkena air.

Selain menggunakan sunblock atau sunscreen, Anda juga bisa menggunakan pakaian yang tertutup untuk meminimalisir risiko terkena kanker kulit. Cara ini sebaiknya dilakukan saat Anda berada di luar ruangan ketika matahari sedang bersinar terik.

2. Hindari Sinar Matahari Antara Pukul 10 Pagi Sampai 4 Sore

Berjemur di bawah sinar matahari memang baik untuk kulit. Namun, perhatikan juga waktunya. Waktu yang baik untuk berjemur adalah sebelum pukul 10 pagi. Di atas pukul 10 pagi adalah waktu yang tidak tepat untuk berjemur. Sebab pada jam-jam tersebut, sinar ultra violet lebih kuat dan bersifat karsinogen atau merusak kulit.

Terpapar sinar ultra violet yang berlebih adalah penyebab dari sebagian besar kasus kanker kulit. Oleh karena itu, hindarilah sinar matahari pada saat sinar ultra violet yang terkandung di dalamnya lebih kuat, yakni antara pukul 10 pagi sampai 4 sore. Jika terpaksa melakukan aktivitas di bawah sinar matahari pada jam-jam tersebut, jangan lupa untuk mengoleskan sunblock atau sunscreen untuk mengurangi efek buruk sinar ultra violet.

3. Hindari Terapi Memutihkan Kulit

Cara mencegah penyakit kanker kulit selanjutnya yaitu dengan tidak melakukan terapi memutihkan kulit. Terapi memutihkan kulit pada dasarnya dilakukan untuk mengubah proses pembentukan pigmentasi. Padahal jika sistem pigmentasi kulit terganggu, perlindungan terhadap sinar ultra violet akan terganggu juga. Sebab salah satu fungsi pigmentasi adalah sebagai agen pencegah efek buruk paparan sinar ultra violet.

Terlebih lagi terapi memutihkan kulit melibatkan zat-zat yang mengandung toksin bagi kulit. Sehingga bila dilakukan dalam jangka panjang, terapi pemutihan kulit akan merusak sel kulit. Bukan hanya terapi memutihkan kulit saja yang harus dihindari, produk-produk pemutih kulit juga sebaiknya dihindari. Sebab produk pemutih kulit juga pada dasarnya melakukan penekanan terhadap proses pigmentasi kulit, yang dapat menggangu proses pigmentasi kulit secara alami. Jika ingin memutihkan kulit, sebaiknya menggunakan bahan alami saja seperti cara memutihkan kulit dengan belimbing wuluh.

Sponsors Link

4. Jangan Melakukan Tanning (Mencoklatkan Kulit)

Manusia memang tidak pernah puas akan keadaan tubuhnya sendiri. Orang yang berkulit lebih gelap ingin memutihkan kulit mereka, dan orang yang berkulit putih ingin membuat kulit mereka lebih gelap. Untuk itulah hadir cara dan produk untuk mengubah warna kulit tersebut. Tanning, sama seperti terapi memutihkan putih, mengubah proses pigmentasi kulit, sehingga tanning bisa menggangu mekanisme pigmentasi dalam melindungi kulit dari efek sinar ultra violet.

Apalagi jika tanning ynag dilakukan menggunakan tanning bed, yakni alat untuk mencoklatkan kulit dengan menggunakan lampu ultra violet buatan. Tanning menggunakan alat-alat ini sebenarnya akan menambah tingkat risiko terkena kanker kulit. Jika memang ingin mencoklatkan kulit, lakukanlah dengan cara alami, yakni dengan berjemur langsung di bawah matahari pada jam-jam sehat, yakni sebelum pukul 10 pagi. Jangan lupa untuk menggunakan sunblock atau sunscreen ketika berjemur untuk mencoklatkan kulit.

5. Perbanyak Konsumsi Vitamin C, B3, D, dan E

Sponsors Link

Cara mencegah penyakit kanker kulit selanjutnya yakni dengan memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin C, B3, D, dan E. Vitamin C dan vitamin E berperan dalam membantu memelihara kesehatan kulit. Kedua vitamin tersebut membantu dalam melancarkan proses regenerasi sel kulit serta mampu menjaga kekenyalan kulit. Meskipun vitamin C sangat baik untuk kulit, hindarilah suntuk vitamin C. Sebab ada efek suntik vitamin C untuk kulit.

Sedangkan vitamin B3 dan vitamin D berkhasiat untuk memperkuat sistem kekebalam tubuh dalam mengatasi kerusakan pada sel kulit. Vitamin D juga dipercaya sebagai vitamin yang cukup efektif untuk mencegah kanker kulit.

Selain cara-cara di atas, di bawah ini adalah cara mencegah penyakit kanker kulit lainnya:

  1. Jangan menggunakan make-up yang sudah kedaluwarsa
  2. Jangan sepelekan sinar matahari yang tidak terik
  3. Sebisa mungkin hindari paparan racun pada kulit
  4. Cobalah untuk konsumsi herbal anti-kanker
  5. Jangan memakan makanan yang termasuk ke dalam pantangan makanan kanker kulit
  6. Aplikasikan pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang

Demikianlah informasi singkat mengenai cara mencegah penyakit kanker kulit. Mulai dari sekarang mari lakukan cara-cara tersebut agar kita terhindar dari kanker kulit.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pencegahan