Sponsors Link

9 Cara Mencegah Penuaan Kulit Wajah yang Paling Aman dan Manjur

Sponsors Link

Penuaan adalah hal yang tidak bisa dihindari, karena penuaan adalah bagian dari proses alami yang terjadi kepada semua makhluk hidup. Meskipun demikian, terkadang tubuh mengalami penuaan dini yang tidak seharusnya. Penuaan dini tersebut sebagian besar disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Bagian tubuh yang biasanya terkena penuaan dini adalah kulit wajah.

ads

Banyak orang yang ingin kulit wajahnya terlihat awet muda. Mereka melakukan cara apapun seperti menggunakan baking soda dan es batu untuk membuat kulit wajah awet muda. Padahal terdapat bahaya baking soda untuk kulit wajah dan ada efek samping es batu bagi kulit wajah. Sebenarnya ada cara aman yang bisa dilakukan untuk membuat kulit wajah terlihat awet muda. Cara mencegah penuaan kulit wajah tersebut, di antaranya:

1. Tidur yang Cukup

Cara pertama yang dapat dilakukan sebagai cara mencegah penuaan kulit wajah adalah dengan tidur yang cukup. Pasalnya, ketika kita tidur, kulit akan melakukan regenerasi yang mana sel kulit lama yang mati akan digantikan dengan sel kulit baru. Jika kita kurang tidur, proses regenerasi sel kulit pun akan terganggu. Akibatnya kulit wajah bisa mengalami penuaan dini. Sehingga tidur yang cukup harus kita lakukan sebagai pencegahan penuaan pada kulit wajah.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memang sangat ajaib. Dengan meminumnya setiap hari minimal 8 gelas per hari saja kita bisa terhindar dari berbagai macam gangguan kesehatan. Begitu pula dengan gangguan pada kulit wajah. Air putih dapat memelihara kesehatan kulit wajah dengan cara mengencangkan kulit wajah dan mencerahkan kulit wajah. Sehingga selain menjaga kesehatan kulit, membiasakan untuk meminum air putih setiap hari juga dapat dilakukan sebagai cara mencegah penuaan kulit wajah.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita, begitu pula dengan kesehatan kulit wajah. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang setiap harinya dapat dilakukan sebagai cara mencegah penuaan kulit wajah. Sebaliknya, jika kita memakan makanan yang tidak sehat, seperti makanan berminyak, makanan cepat saji, makanan olehan yang mengandung zat buatan, makanan yang beralkohol, dan sebagainya, justru akan membuat kulit wajah kita mengalami penuaan dini dan menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah. Untuk itu, konsumsilah makanan sehat untuk mencegah penuaan kulit wajah.

4. Membersihkan Kulit Wajah dengan Benar

Rajin mencuci wajah menggunakan sabun pencuci wajah tidak akan memberikan garansi bahwa kulit wajah kita akan awet muda jika kita melakukannya dengan cara yang kurang tepat. Banyak orang yang membersihkan kulit wajahnya dengan cara yang kurang tepat yang tidak akan memberikan efek baik yang maksimal untuk kulit wajahnya.

Cara yang kurang tepat tersebut salah satunya adalah mencuci kulit wajah lebih dari dua kali sehari dengan sabun pencuci wajah. Sabun pencuci wajah sebaiknya digunakan tidak lebih dari dua kali sehari, sebab hanya akan mengeringkan wajah dan membuat kulit wajah mengalami penuaan dini. Oleh karena itu, kita harus membersihkan kulit wajah dengan benar agar untuk mencegah penuaan kulit wajha.

5. Lembabkan Kulit Wajah

Sponsors Link

Cara mencegah penuaan kulit wajah selanjutnya yaitu dengan melembabkan kulit wajah. Kulit wajah yang kerin akan membuat kulit wajah mengalami penuaan dini. Kulit wajah yang kering juga dapat menimbulkan lebih banyak keriput di kulit wajah kita. Itulah mengapa penting bagi kita untuk melembabkan kulit wajah. Cara mengatasi kulit kering bisa dengan mengoleskan pelembab pada kulit wajah.

6. Manfaatkan Bahan Alami Sebagai Masker Wajah

Ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan masker wajah sebagai cara mencegah penuaan kulit wajah. Beberapa bahan alami tersebut adalah kunyit, susu, lidah buaya, dan mentimun. Cara untuk membuat maskernya cukup mudah. Kita hanya tinggal menghaluskan kunyit, lidah buaya, atau mentimun, kemudian oleskan pada wajah kita. Tunggu selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan bersih. Sedangkan untuk susu, kita dapat langsung mengoleskannya pada kulit wajah kita atau mencampurnya terlebih dahulu dengan bahan alami lainnya seperti madu dan minyak zaitun. Selain untuk kulit wajah, ada juga khasiat kunyit untuk kulit dan khasiat mentimun bagi kulit.

7. Manfaatkan Zat Anti Oksidan

Sponsors Link

Zat anti oksidan yang bisa dengan mudahb ditemukan dalam berbagai makanan ternyata dapat mencegah penuaan kulit wajah. Tomat adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan zat antioksidan. Sehingga mengonsumsinya dapat memberikan kita khasiat tomat untuk kulit. Selain dikonsumsi, zat antioksidan juga bisa digunakan sebagai bahan masker atau bahan perawatan kulit wajah lainnya yang dioleskan langsung pada kulit wajah.

8. Gunakan Serum Anti Penuaan

Tidak salahnya jika kita mencoba untuk menggunakan serum anti penuaan yang dijual bebas di pasaran. Akan tetapi, pastikan terlebih dahulu bahwa kondisi tubuh kita benar-benar cocok dengan serum anti penuaannya. Berkonsultasi pada dokter juga bisa dilakukan untuk mencari tahu serum anti penuaan apa yang cocok untuk kita.

9. Rajin Olah Raga

Cara mencegah penuaan kulit wajah selanjutnya yaitu dengan rajin oleh raga. Lakukanlah olah raga minimal dua kali seminggu untuk memelihara kesehatan kulit wajah. Selain itu, berolah raga juga dapat menurunkan tingkat stress. Sehingga sangat baik untuk mencegah penuaan kulit wajah. Terlebih lagi olah raga juga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Demikianlah informasi mengenai cara mencegah penuaan kulit wajah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan