Sponsors Link

18 Cara Mencegah Kulit Keriput Pada Tangan dan Kaki yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Kerutan atau kulit kering bersisik dan keriput adalah kondisi lipatan kulit yang biasanya identik dengan penuaan. Seseorang yang menua biasanya memiliki sel-sel kulit yang menipis dan mengering sehingga kulit bersisik dan mengelupas serta terjadi kerutan atau keriput.

ads

Faktor lain juga bisa mempercepat proses penuaan sehingga terjadi penuaan dini seperti faktor lingkungan yang disebabkan oleh matahari dan polusi. Lalu adakah cara mencegah penuaan kulit wajah dan keriput? Tentu saja ada. Berikut cara mencegah kulit keriput dan cara mengatasi kulit kering yang bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Minimalkan Paparan Matahari dan Polusi

Cara ini sangat penting untuk dilakukan karena sinar matahari dan polusi udara adalah faktor utama penyebab kulit keriput. Apa yang harus dilakukan? Gunakanlah pakaian berwarna putih atau terang dan topi atau penutup wajah saat berada di luar ruangan. Jika suka berlibur ke pantai sebaiknya mengindari tanning (berjemur) yang berdampak lebih buruk daripada keriput akibat sinar matahari.

  1. Pakailah Produk Tabir Surya

Tabir surya mampu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari dan mencegah penuaan dasar di kulit. Pakailah sunscreen atau tabir surya dengan kandungan minimal SPF 15 pada saat 30 menit sebelum terkena paparan sinar matahari untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya. Pilihlah produk yang juga mengandung zink atau titanium oksida di dalamnya.

  1. Tidak atau Kurangi Merokok

Merokok juga bisa mencegah kulit keriput karena rokok bisa mengurangi oksigen dan nutrisi sehingga jumlah radikal bebas dalam sel tubuh akan meningkat. Radikal bebas adalah penyebab utama penuaan kulit.

  1. Rajin Berolahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga mencegah kulit keriput. Olahraga akan membuat sistem kardiovaskular bergerak sehingga bagus untuk memberi nutrisi dan oksigen secara maksimal terhadap kulit.

  1. Terapkan Pola Hidup Sehat

Konsumsi makanan yang bergizi, minum air mineral yang cukup, dan tidur yang cukup setiap hari adalah pola hidup sehat yang harus diterapkan untuk mencegah kulit keriput timbul lebih cepat. Konsumsi juga delapan sampai sepuluh sajian buah dan sayuran setiap hari. Makan ikan juga harus dilakukan sesering mungkin terutama ikan yang mengandung lemak asam omega-3 seperti mackerel,atau tuna.

  1. Kurangi Stres

Saat merasa stres, tubuh akan mengeluarkan hormon penuaan kuat yang bernama kortisol ke dalam aliran darah. Bila stres sudah kronis, lakukan hal-hal yang bermanfaat seperti yoga, menulis di jurnal, menyanyi, berjalan kaki, meditasi. Kegiatan-kegiatan yang menyenangkan akan meredakan stress sehingga kulit akan senantiasa muda dan sehat.

  1. Tidur dengan Posisi Telentang

Posisi tidur berperan penting untuk menghilangkan keriput di wajah. Tidur tengkurap atau tidur dengan posisi menyamping akan membuat kulit wajah bergesekan dengan sarung bantal atau kasur sehingga meninggalkan garis tidur yang terukir jelas di lapisan kulit teratas. Garis tidur biasanya tidak bisa hilang dengan cepat ketika bangun. Faktanya, posisi tidur terbaik untuk kecantikan kulit wajah adalah berbaring telentang.

Sponsors Link

  1. Penggunaan Kedelai untuk Perawatan Kulit

Kedelai adalah makanan sehat untuk kesehatan kulit yang bisa memperbaiki penampilan kulit dan melindunginya. Berdasarkan penelitian, kedelai yang dioleskan ke kulit atau dikonsumsi sebagai suplemen bisa melindungi atau menyembuhkan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

  1. Sering Minum Cokelat Hangat

Cokelat hangat adalah minuman yang lezat dan ternyata bisa mencegah kulit keriput. Kakao atau cokelat mengandung dua jenis antioksidan (epicatechin dan catechin) yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke sel kulit, menjaga kelembapan, dan membuat kulit lebih halus.

  1. Jangan Terlalu Sering Cuci Muka

Banyak orang menganggap kalau semakin sering cuci muka akan membuat wajah lebih bersih. Faktanya justru tidak demikian, anggapan seperti itu salah. Terlalu sering mencuci muka justru membuat kulit iritasi dan merangsang produksi minyak berlebih. Idealnya, mencuci muka hanya 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. Jika hanya beraktivitas di dalam ruangan, tidak memakai make up, dan tidak berkeringat terlalu banyak, sebaiknya basahi muka dengan air hangat saja pada malam hari.

  1. Pakailah Minyak Zaitun
ads

Minyak zaitun adalah minyak yang berasal dari bahan alami yang efektif menghilangkan keriput dan garis halus serta sebagai cara mengencangkan kulit wajah yang kendur. Minyak zaitun mengandung protein yang kaya mineral dan asam lemak alami yang menutrisi kulit karena mudah diserap oleh pori-pori kulit. Minyak ini juga memiliki kandungan vitamin A dan E yang berfungsi sebagai antioksidan kuat dan menghidrasi kulit kulit tampak lebih muda karena elastisitas dan kekenyalan kulit terjaga. Cara pemakaiannya adalah tuangkan beberapa tetes minyak zaitun di telapak tangan, lalu oleskan di wajah dan leher yang telah dibersihkan. Kemudian pijatlah kulit selama 5-10 menit sebelum tidur malam dan bilas dengan air pada pagi hari.

  1. Pakailah Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya untuk kulit sangat banyak seperti menghilangkan jerawat dan mengurangi kelebihan minyak di kulit. Kandungan asam malat dalam lidah buaya bisa memperbaiki elastisitas kulit dan mengurangi keriput atau garis halus. Zinc yang dikandungnya juga bisa memperbaiki kemudaan kulit. Cara memakai lidah buaya antara lain ambil gel lidah buaya dengan mengupasnya terlebih dahulu, lalu oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Pijat wajah selama 5-10 menit dengan gerakan melingkar yang lembut. Biarkan gel tersebut selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.

  1. Gunakan Masker Putih Telur

Cara yang paling mudah untuk mencegah kulit keriput adalah memakai masker putih telur. Cara memakainya, yaitu oleskan putih telur pada wajah. Biarkan masker mengering selama 15 menit, lalu bilas dengan air.

  1. Gunakan Pisang Sebagai Masker

Kandungan potasium, vitamin B, C, dan E bisa digunakan untuk mengatasi kulit keriput dini melembabkan kulit kering, memperbaiki produksi kolagen, menjaga elastisitas kulit dan kekenyalannya, serta melawan kerusakan akibat radikal bebas. Cara memakainya, yaitu hancurkan dua buah pisang yang telah matang hingga menjadi pasta yang lembut. Oleskan pasta pisang tersebut secara merata pada wajah yang bersih dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air dan pakailah pelembab untuk mengatasi kulit kering dan keriput.

  1. Gunakan Madu

Madu sangat ampuh menjaga kulit agar tetap lembab sehingga mencegah keriput karena kulit yang kering. Vitamin B dan potasium yang dikandung oleh madu bisa memperbaiki elastisitas kulit dan kekenyalannya. Cara memakainya adalah satu sendok madu murni dioleskan pada wajah dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat agar kulit wajah mengencang.

  1. Gunakan Lemon

Khasiat lemon untuk kulit sangat banyak karena mengandung asam sitrat yang mengeksfoliasi kulit, menghilangkan sel kulit mati dan kotoran, serta mengecilkan pori-pori besar agar wajah tampak lebih mulus. Lemon juga bisa mengencangkan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit agar wajah tidak keriput. Cara memakainya, peras air lemon dan celupkan kapas ke dalamnya. Bubuhkan air lemon tersebut dengan kapas pada kulit wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

  1. Gunakan Pasta Nanas
Sponsors Link

Buah nanas mengandung antioksidan seperti potasium dan vitamin C sehingga bisa menetralkan efek buruk dari radikal bebas dan eksidasi sel. Buah ini juga bisa mencegah penuaan dini pada kulit. Selain itu, nanas juga mampu memperbaiki warna kulit dan mengoreksi warna kulit yang tidak seimbang, noda hitam, age spot, dan hiperpigmentasi. Hancurkan setengah cangkir nanas dengan alat blender untuk membentuk pasta yang lembut. Oleskan pada wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Gunakan Alpukat

Khasiat alpukat untuk kulit sangat banyak karena daging buahnya yang lembut dan creamy akan meningkatkan kekenyalan kulit sehingga tampak lebih muda, segar, dan bebas keriput. Buah ini mengandung vitamin B, C, E, dan K, selenium, potasium, zinc, folat, dan beta karoten yang memiliki manfaat luar biasa bagi kulit. Cara memakainya adalah kerok daging buah alpukat dan hancurkan hingga menjadi pasta yang lembut. Oleskan pasta tersebut pada wajah dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air.

Gaya hidup sangat berperan dalam menyebabkan kulit keriput dini. Ingatlah, faktor usia tidak menjadi penyebab utama keriput karena orang yang masih muda juga bisa keriput terutama wajahnya. Jagalah  kondisi tubuh dengan melakukan olahraga secara teratur juga karena kebugaran tubuh bisa mencegah kulit menjadi keriput. Jika memiliki banyak kesibukan sehingga tidak sempat berolahraga secara teratur, lakukan berbagai gerakan fisik dalam kegiatan sehari-hari sehingga sudah melakukan olahraga tanpa disadari. Misalnya, lebih banyak memakai tangga daripada lift, berjalan kaki jika tujuan cukup dekat, biasakan untuk bangkit dari kursi setiap beberapa menit saat bekerja. Gerak tubuh yang banyak akan membantu kulit untuk tampak lebih segar dan tidak mudah keriput.

Jadi, tidak sulit untuk mencegah kulit keriput asalkan memiliki kemauan dan keinginan yang kuat untuk melakukan berbagai kegiatan bermanfaat dalam hidup. Kemalasan untuk berolahraga dan kebiasaan konsumsi makanan yang tidak sehat akan membuat tubuh rentan terhadap penyakit dan kulit menjadi tidak sehat. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pencegahan