Sponsors Link

7 Cara Mencegah Kulit Berminyak di Wajah Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Kulit berminyak adalah masalah kulit wajah yang dialami oleh banyak orang. Kulit wajah yang berminyak memang lebih rentan terkena berbagai masalah kulit, seperti jerawat misalnya. Oleh karena itu, tidak heran jika orang yang memiliki kulit wajah berminyak akan melakukan apapun sebagai cara menghilangkan kulit berminyak. Salah satu cara yang beredar di masyarakat untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan menggunakan es batu dan baking soda. Padahal terdapat efek samping es batu bagi kulit wajah dan bahaya baking soda untuk kulit wajah.

ads

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kulit berminyak. Cara mencegah kulit berminyak di wajah antara lain:

1. Biasakanlah Membersihkan Kulit Wajah

Cara pertama yang bisa dilakukan sebagai cara mencegah kulit berminyak di wajah adalah dengan membiasakan untuk membersihkan kulit wajah. Mencuci kulit wajah dianjurkan sekali terutama setelah menggunakan make-up dan setelah melakukan aktivitas di luar ruangan.

Sebenarnya menggunakan sabun pencuci muka tidak begitu diwajibkan untuk membersihkan kulit wajah. Mencuci wajah dengan air bersih saja sudah cukup. Akan tetapi, untuk menghapus make-up, Anda bisa menggunakan sabun pencuci wajah agar wajah benar-benar bersih dari make-up. Membiasakan mencuci kulit wajah akan membantu mengurangi minyak yang berlebih di wajah.

2. Jangan Terlalu Sering Membersihkan Kulit Wajah

Mencuci kulit wajah memang sangat penting dilakukan dan menjadi salah satu cara mencegah kulit berminyak di wajah. Namun, mencuci kulit wajah dengan sabun pencuci wajah juga jangan dilakukan terlalu sering. Pasalnya, memcuci wajah dengan sabun pencuci wajah yang terlalu sering bisa membuat kulit wajah lebih berminyak atau bahkan sangat kering. Oleh karena itu, cucilah wajah maksimal dua kali sehari dengan sabun pencuci wajah. Sedangkan mencuci wajah hanya dengan air bersih saja bisa dilakukan lebih dari dua kali dalam sehari.

3. Perbanyak Minum Air putih

Air putih telah terbukti memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Salah satu khasiat air putih adalah untuk memelihara kesehatan kulit. Kulit wajah yang berminyak pun bisa dicegah dan diatasi dengan hanya meminum air putih setiap hari dengan meminumnya minimal 8 gelas per hari.

Tidak hanya dapat mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak, meminum air putih secara rutin juga dapat mencegah kulit kering. Terlebih lagi, membiasakan meminum air putih setiap hari juga dapat menjadikan kulit wajah tampak cerah, sehat, dan awet muda.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Pada Wajah Secara Langsung

Cara mencegah kulit berminyak di wajah selanjutnya yakni dengan menghindari paparan sinar matahari pada wajah. Hal itu dikarenakan, paparan sinar matahari langsung akan membuat wajah memproduksi minyak secara berlebih sebagai mekanisme perlindungan kulit. Tidak hanya akan menghasilkan minyak yang berlebih, paparan sinar matahari pada kulit wajah juga berpotensi mengakibatkan penyakit kulit yang lebih serius, seperti munculnya gejala kanker kulit misalnya.

Apabila Anda terpaksa harus melakukan aktivitas di bawah sinar matahari langsung, jangan lupa untuk mengoleskan sunblock atau sunscreen untuk wajah untuk meminimalisir kerusakan yang bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pelindung seperi payung atau topi untuk menutupi wajah Anda dari sinar matahari.

5. Kurangi Konsumsi Makanan yang Berminyak

Sponsors Link

Tahukah bahwa jenis makanan yang Anda makan juga berpengaruh terhadap kondisi kulit wajah Anda? Makanan berminyak khususnya dapat menyebabkan kulit berminyak di wajah. Oleh karena itu, salah satu cara mencegah kulit berminyak di wajah adalah dengan berhenti atau mengurangi konsumsi makanan yang berminyak. Tidak hanya dapat mencegah wajah berminyak, mengurangi makan makanan ynag berminyak juga bisa mencegah gangguan kesehatan apapun yang diakibatkan oleh terlalu sering konsumsi makanan berminyak, misal: kolestrol.

6. Memanfaatkan Semangka

Semangka adalah buah yang kaya akan vitamin A yang mampu mengurangi minyak yang berlebih di wajah, sehingga memanfaatkan semangka untuk dibuat masker wajah adalah salah satu cara mencegah kulit berminyak di wajah yang patut dicoba. Cara membuat masker semangka sangat mudah. Anda hanya tinggal menghancurkan semangka, bisa dengan memarutnya atau menumbuknya.

Kemudian tempelkan semangka yang telah hancur tersebut ke seluruh wajah. Tunggu 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin tiap minggunya untuk mencegah minyak berlebih di wajah. Selain itu, masker semangka juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering dan mampu mengecilkan pori-pori kulit wajah yang besar.

Sponsors Link

7. Gunakan Kosmetik Khusus Kulit Wajah Berminyak

Apabila kulit wajah Anda cenderung sering berminyak, alangkah baiknya untuk memilih kosmetik yang dibuat khusus untuk kulit wajah berminyak. Dewasa ini di pasaran sudah banyak produk kosmetik yang diperuntukkan untuk kulit wajah berminyak. Kosmetik berjenis ini memang mengandung zat yang mampu menyerap minyak berlebih di wajah.

8. Manfaatkan Mentimun

Mentimun telah terkenal akan khasiat mentimun bagi kulit. Mentimun mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk perawatan kulit. Untuk menggunakan kulit sebagai cara mencegah kulit berminyak di wajah, Anda hanya tingga memotong tipis-tipis mentimin, kemudian tempelkan pada seluruh kulit wajah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu cuci dengan air bersih. Mentimun juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengencangkan kulit wajah.

Itu tadi beberapa cara mencegah kulit berminyak di wajah. Mari kita lakukan cara-cara tersebut agar kulit wajah terhindar dari minyak yang berlebih.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Pencegahan