Sponsors Link

11 Cara Mencegah Herpes Zoster Dengan Cepat yang Bisa Anda Coba

Sponsors Link

Herpes zoster yang lebih dikenal dengan nama cacar ular atau cacar api adalah salah satu dari jenis jenis penyakit kulit yang ditandai dengan lepuhan kemerahan dan berisi cairan di bagian tubuh tertentu seperti ciri ciri herpes di bibir. Jenis herpes ini berlangsung dalam jangka panjang dan virusnya bisa bertahan seumur hidup di dalam tubuh. Ada banyak jenis obat herpes, mulai dari bahan alami (obat herbal) dan obat kimia (medis) yang berasal dari dokter dapat meringankan gejala dan mempersingkat kemunculannya. Jenis obat antivirus paling ampuh untuk mengatasi herpes zoster karena bisa membunuh virus reaktivasi dari virus cacar air atau varicella zoster. Jika pernah mengalami cacar air biasanya memiliki kemungkinan mengalami herpes zoster atau cacar api. Penderita herpes zoster akan mengalami lenting (bentol berisi air) kemerahan di bagian tubuh tertentu yang terasa nyeri. Ada beberapa perbedaan herpes zoster dengan herpes genital.

ads

Post herpetic neuralgia biasanya muncul pada orang yang telah menderita herpes zoster sebagai jenis komplikasinya. Cara penularan penyakit herpes simplex berbeda dengan herpes zoster. Kondisi ini umumnya terjadi ketika saraf penderita rusak akibat herpes zoster karena tidak dapat mengirim sinyal dari kulit ke otak. Tubuh para penderita akan mengalami kebingungan dalam penghantaran impuls sehingga akan merasa nyeri parah dan berlangsung bulanan bahkan tahunan. Penderita yang lanjut usia atau lebih dari 60 tahun memiliki risiko yang tinggi, sedangkan usia 70 tahun ke atas semakin tinggi risikonya. Penderita yang memiliki imunitas rendah seperti pengidap infeksi HIV dan limfoma Hodgkin juga memiliki risiko tinggi untuk menderita herpes zoster. Berdasrkan sebuah penelitian dari American Academy of Family Physicians (AAFP), angka kejadian herpes zoster 15 kali lebih besar pada penderita HIV daripada populasi normal.

Ada macam macam penyakit herpes dengan gejala yang berbeda juga. Gejala herpes zoster mirip dengan gejala cacar air antara lain ruam yang disertai lenting berkelompok di satu sisi tubuh saja; ruam yang diawali dengan benjolan merah, kemudian berubah menjadi pembengkakan yang sedikit berair dan berakhir menjadi kerak kering (terlihat seperti segerombolan cacar air kecil-kecil); rasa sakit, gatal, dan kesemutan pada ruam yang juga berlaku di bagian tubuh saat ruam baru akan muncul; demam; sakit kepala; panas dingin; kelelahan; dan sensitif terhadap cahaya. Berikut beberapa cara mencegah herpes zoster yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit ini.

Cara Pencegahan

Saat ini sudah tersedia vaksin yang bisa mencegah terjadinya herpes zoster dan melindungi tubuh dari kemungkinan terjadinya post herpetic neuralgia bernama Zostavax. Vaksin ini bisa mencegah terjadinya herpes zoster pada seseorang sekitar 50%. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan masyarakat agar vaksin ini diberikan kepada orang dewasa di atas usia 60, kecuali orang-orang yang memiliki defisiensi sistem imun karena vaksin ini mengandung virus hidup. Zostavax berbeda dengan vaksin cacar yang biasa diberikan pada bayi dan balita yang berumur kurang dari 2 tahun. Vaksin zostafax mengandung 14 kali lebih banyak virus cacar hidup daripada virus cacar pada anak sehingga vaksin ini tidak boleh diberikan pada anak-anak.

Rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita post herpetic neuralgia dapat disembuhkan dan dicegah. Sebagian besar rasa nyeri dapat menghilang dalam satu hingga dua bulan, sedangkan pada penderita tertentu rasa nyeri dapat bertahan hingga satu tahun lebih. Orang-orang yang berusia di atas 60 tahun bisa melakukan tindakan pencegahan dengan menyuntikkan vaksin untuk herpes zoster. Jika sudah atau sedang menderita penyakit ini tidak perlu khawatir karena ada banyak alternatif obat yang dapat dipilih. Para penderita harus bersabar karena mengobati nyeri akibat post herpetic neuralgia membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Vaksin cacar air atau imunisasi varicella untuk anak-anak bisa mencegah  gejala herpes zoster yang parah dan komplikasi yang ditimbulkannya. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa yang belum pernah terserang cacar air juga perlu melakukan vaksin ini agar benar-benar terhindar dari penyakit. Orang tua yang telah memasuki usia 50 tahun juga perlu melakukan vaksin herpes zoster yang dikenal sebagai imunisasi varicella zoster. Vaksin ini akan mencegah keparahan gejala dan komplikasi akibat herpes zoster. Penyebaran infeksi akibat virus zoster bisa dilakukan dengan beberapa cara mencegah herpes zoster berikut yang sebenarnya lebih mudah untuk dilakukan. Berikut penjelasannya.

  1. Harus menghindari kontak dengan orang-orang yang belum pernah terkena cacar air dan memiliki sistem kekebalan (imunitas) tubuh yang lemah.
    Sponsors Link

  2. Rajin cuci tangan dengan menggunakan sabun terutama setelah buang air dari toilet dan sebelum makan.
  3. Harus menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik dengan menerapkan gaya hidup sehat yang terdiri dari konsumsi makanan dan minuman bergizi, istirahat yang cukup, mengurangi stres atau gangguan psikologi lainnya, serta olahraga teratur.
  4. Jika belum pernah menderita cacar air, sebaiknya tidak berdekatan dengan orang yang sedang cacar. Jagalah jarak agar tidak terjadi kontak fisik seperti bersentuhan tangan dengan penderita. Virus bisa menyebar dari penderita herpes zoster kepada orang lain yang tidak pernah terkena cacar terutama kontak langsung dengan ruam atau lesi kemerahan secara sengaja atau tidak sengaja. Bahkan kontak dengan cairan penderita seperti air keringat bisa tertular penyakit ini, setidak terkena cacar air bukan herpes zoster.
  5. Jika sedang mengalami herpes zoster harus sering mencuci tangan atau membersihkan tubuh agar penyakit ini tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Perhatikan dengan benar kondisi tubuh agar penyakit ini tidak berlangsung lebih lama karena akan merasa sangat menderita.
  6. Jagalah sistem kekebalan tubuh agar tidak menurun sehingga virus sulit untuk menginfeksi tubuh, terlebih kalau ada anggota keluarga yang terkena.
  7. Cucilah berbagai barang yang tersentuh oleh penderita dengan air panas (mendidih) agar virus tidak menyebar luas kepada orang lain terutama anggota rumah lainnya.
  8. Rawatlah kulit agar tetap sehat dengan konsumsi suplemen yang mengandung vitamin E dan memakai cream atau lotion agar kelembapan kulit terjaga.
  9. Virus ini juga bisa menyebar luas melalui bersin, batuk, dan lesi kulit (luka atau noda pada kulit). Sebelum muncul benjolan berair biasanya para penderita bisa menularkan herpes kepada orang lain.
  10. Lesi kemerahan atau ruam pada kulit tidak boleh digaruk saat terasa gatal karena bisa menyebabkan luka yang mudah terinfeksi dan berusaha untuk mencegah virus tidak sampai ke kuku karena mudah menyebar ke mana saja termasuk melalui benda-benda yang dipegang.
  11. Para penderita sebaiknya memakai pakaian bertangan panjang jika ruam atau benjolan herpes ada di tangan atau memakai celana panjang kalau benjolan tersebut ada di kaki. Mengapa demikian? Karena virus bisa beterbangan atau menyebar melalui udara sehingga mudah menular kepada siapa saja terutama orang-orang terdekat yang berada di rumah yang sama.
ads

Cara Pengobatan Medis

Tidak hanya cara mencegah, siapapun harus mengetahui cara menyembuhkan herpes zoster karena tidak mengetahui cara pengobatan akan membuat Anda atau penderita di dekat Anda bisa menderita dalam waktu yang lebih lama. Seorang penderita harus segera berkonsultasi ke dokter saat melihat berbagai gejala yang menunjukkan herpes zoster. Dokter lebih tahu tentang kondisi pasiennya setelah melakukan diagnosis dan analisis. Dokter segera melakukan penanganan terbaik sesuai kondisi untuk mencegah  kondisi yang lebih parah dan tidak diinginkan. Dokter biasanya lebih mengutamakan pasien yang sudah pernah terkena cacar air karena kemungkinan virus aktif kembali semakin besar.

Cara Pengobatan di Rumah

Tidak hanya mendapat perawatan dari dokter, sebenarnya para penderita juga bisa menggunakan berbagai obat herpes alami (herbal) di rumah. Berbagai perawatan rumahan bisa digabungkan dengan perawatan dari dokter agar hasilnya maksimal. Penerapan cara pengobatan di rumahan dan obat herpes alami saja tidak cukup karena butuh dokter untuk mengevaluasi kondisi pasien sehingga berbagai gejala bisa dihilangkan. Begitu juga sebaliknya, hanya mengandalkan obat-obat medis tanpa didampingi perawatan di rumah dan obat-obat alami (herbal) akan memperlambat proses penyembuhan.

Berbagai perawatan rumahan dan obat herpes alami zoster yang bisa dicoba di rumah antara lain istirahat yang cukup untuk mengembalikan kekebalan atau kekuatan tubuh, kompres ruam atau lepuhan dengan menggunakan air dingin untuk mengurangi rasa sakit dan gatal, serta memakai losion calamine untuk mengurangi rasa gatal. Berbagai obat alami dan perawatan rumahan dapat digunakan untuk meringankan gejala herpes zoster. Kondisi ini akan hilang dalam beberapa minggu dan jarang kambuh kembali. Gejala penyakit herpes zoster yang tidak kunjung hilang atau berkurang dalam waktu 10 hari berarti penyakit itu tergolong bandel atau parah sehingga harus segera konsultasi ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Jenis pengobatan yang umum diberikan adalah antiviral. Obat ini tidak dapat menghilangkan virus tetapi bisa memberhentikan perkembangbiakan virus penyebab herpes dalam tubuh.

Jenis obat antiviral untuk mengobati herpes antara lain Aciclovir, famciclovir, dan valaciclovir. Antiviral tersebut dalam bentuk tablet, salep, dan obat tetes mata yang dipakai sesuai tujuan dan tempat aplikasi. Aciclovir biasanya dikonsumsi sebanyak 5 kali dalam sehari. Famciclovir dan valaciclovir adalah turunan dari acliclovir dengan penggunaan dosis hanya 3 kali dalam sehari. Penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan secara total, tetapi bisa dicegah dan diobati agar tidak kambuh kembali dalam waktu cepat. Kesehatan dan daya tahan tubuh harus dijaga untuk mencegah dan mengobati penyakit herpes. Konsumsi vitamin C, vitamin E, vitamin B12 juga dapat dilakukan untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Itulah beberapa hal pencegahan dan pengobatan yang bisa dilakukan agar terhindar dan sembuh dari penyakit herpes zoster yang tentu saja tidak mengenakkan. Selamat hidup sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan