Sponsors Link

18 Cara Memperbanyak Sperma Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Sperma adalah sel reproduksi pada pria yang diproduksi oleh testis. Sperma mulai diproduksi saat pubertas hingga pria meninggal. Memperbanyak sperma adalah hal penting bagi pria supaya bisa menghasilkan keturunan. Sperma yang sehat ukurannya seperti setengah sendok makan atau lebih dan memiliki 15 juta sperma per milimeter. Namun bila sperma yang dihasilkan kurang dari setengah sendok, hal tersebut menandakan kurangnya kualitas sperma. Kualitas sperma yang tidak bagus akan menyebabkan sulitnya pembuahan pada rahim.

ads

Sperma dengan kualitas buruk akan mati sebelum  sampai ke sel telur karena sperma berenang sangat lambat. Sperma yang sehat memiliki kepala oval dan ekor yang panjang dan bekerja sama untuk mendorong satu sama lain untuk maju dan bergerak cepat, menggeliat, dan berenang menembus sel telur melalui leher rahim. Semakin banyak sperma yang sehat, maka kemungkinan terjadinya kehamilan akan semakin besar.

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kualitas sperma. Berikut 18 cara untuk membantu memperbanyak sperma secara alami :

  1. Hindari menggunakan celana ketat

Cara memperbanyak sperma secara alami bila anda menggunakan celana boxer atau celana longgar direkomendasikan bagi para pria. Celana yang ketat akan membuat testis tertekan sehingga testis tidak akan dapat menghasilkan sperma dalam jumlah banyak. Celana ketat juga dapat menyebabkan testis tidak dapat bernafas karena tidak adanya ruang udara yang menyebabkan suhu udara panas pada testis yang berakibat menurunnya jumlah sperma yang dihasilkan oleh testis. Gunakan celana dalam berbahan katun untuk mengurangi suhu panas dan keringat berlebih yang beresiko memudahkan penyakit atau virus masuk ke dalam organ vital. Pada saat tidur sebaiknya tidak menggunakan celana dalam agar suhu testis selalu dalam keadaan sejuk sehingga keesokan harinya akan didapatkan banyak sperma yang berkualitas. (baca juga: Jenis jenis penyakit kulit)

  1. Konsumsi madu

Madu merupakan bahan alami yang kaya akan manfaat. Sejak jaman dahulu, madu dipercaya menambah vitalitas bagi para raja. Mengkonsumsi madu secara rutin 2 kali dalam sehari sangat dianjurkan. Berikut khasiat mengkonsumsi madu secara teratur :

  • Meningkatnya sistem kekebalan tubuh yang membuat kandungan senyawa dalam sperma seimbang dan menghasilkan sperma yang sehat, aktif, dan gesit. Hal ini didapat dari kandungan vitamin C pada madu.
  • Stamina pria terjaga dan kualitas yang optimal dalam berhubungan didapat dari kandungan aprodisak pada madu.
  • Kandungan Vitamin B dan zinc pada madu yang dapat memicu sperma agar dapat berproduksi dengan baik.

Artikel lainnya:

  1. Hindari merokok

Seperti yang sudah sering kita dengar, merokok bukan hanya tidak baik bagi kesehatan namun juga membuat kualitas sperma menjadi buruk, menurunkan jumlah sperma yang diproduksi oleh pria, menjadikan sperma bergerak lambat, dan sel sperma beresiko cacat. Selain itu kandungan zat di dalam rokok menyebabkan menyempitnya pembuluh darah yang mengalirkan zat untuk pembentukan sperma. Sel sperma dengan kualitas yang buruk dan cacat akan menghambat dalam mendapatkan keturunan. (baca juga: Penyebab gatal pada kemaluan)

  1. Tidak minum Alkohol
Sponsors Link

Alkohol menimbulkan berbagai macam penyakit di dalam tubuh dan dapat memperburuk kondisi tubuh. Kinerja fungsi hati dapat terganggu oleh alkohol karena menyebabkan tingginya hormon estrogen dalam tubuh. Kelebihan hormon estrogen mempengaruhi hormon testosteron yang berdampak pada kualitas sperma  yang buruk dan berkurangnya produksi sperma. Dengan mengkonumsi alkohol 2 gelas dalam satu hari akan memberikan dampak negatif jangka panjang pada kualitas sperma yang tentunya merugikan pria. (baca juga: Cara menghilangkan keloid)

  1. Pola makan sehat

Cara memperbanyak sperma secara alami dalam mengatur pola makan yang sehat dengan gizi dan nutrisi seimbang merupakan salah satu cara yang bisa meningkatkan kualitas sperma yang sehat. Nutrisi yang kurang dapat memperlambat proses memproduksi cairan sperma. Hindari makanan olahan seperti sosis, nugget, dan kentang goreng beku dan karena memiliki lemak yang tinggi dan rendah protein. Gantilah dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak seperti sayur dan buah yang mengandung antioksidan yang tinggi. Berikut sayur dan buah yang dapat meningkatkan kualitas dan memperbanyak sperma:

ads
  • Kecambah, merupakan salah satu jenis sayur yang kaya vitamin. Vitamin C pada kecambah berfungsi meingkatkan kesuburan. Kurangnya vitamin C pada tubuh menyebabkan lengketnya sperma yang menyulitkan dalam pembuahan. Vitamin E pada kecambah mampu membentuk testosteron yang digunakan untuk pembentukan sperma. (baca juga: Gejala kandidiasis)
  • Wortel, mempunyai kandungan beta karoten dan likopen yang selain berfungsi untuk memperbanyak sperma dan memperbaiki struktur bentuk sel sperma agar sperma dapat bergerak aktif dan sehat yang memudahkan sperma masuk ke rahim.
  • Tomat, selain memiliki rasa yang lezat dan segar juga memiliki kandungan likopen yang mencegah terjadinya kerusakan oksidatif pada sperma.
  • Buah Naga, Kandungan herbal yang dimiliki oleh buah naga mampu memperbaiki kualitas sperma. Buah naga juga mengandung xeronine dan anti oksidan yang kuat yang bagus untuk mengatasi masalah kesehatan.
  • Bawang Putih, mengandung selenium yitu antioksidan yang diperlukan untuk motilitas sperma. Ada pula kandungan allicin, senyawa allicin mengandung organosulfur yang dapat melindungi sel sperma dari kerusakan dan mengoptimalkan sirkulasi darah ke organ seksual sehingga dapat meingkatkan kualitas dan jumlah sperma.
  • Asparagus, mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Antioksidan dapat mengurangi jumlah radikas bebas di dalam tubuh dan memperbanyak jumlah sperma.
  • Buah Jeruk, memiliki zat bio aktif yang berfungsi melindungi sistem reproduksi dari kerusakan sel. Selain itu vitamin C yang ada pada jeruk dapat membangkitkan vitalitas tubuh. Dengan tubuh yang sehat, jumlah sperma akan meningkat dan memperbaiki kualitas sperma. (baca juga: Makanan sehat untuk kesehatan kulit)
  1. Berolahraga secara teratur

Olah raga teratur dapat meningkatkan hormon testosteron sehingga jumlah sperma yang dihasilkan jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang jarang melakukan olahraga. Namun olahraga berlebihan dan penggunaan steroid malah akan berdampak sebaliknya. Steroid memang membuat masa otot pria bertambah, namun dampaknya adalah mengecilkan testis dan mengurangi kesuburan sperma. Olahraga yang dianjurkan untuk memperbanyak sperma adalah olahraga yang ringan seperti berenang, jogging, push up, sit up, dll. (baca juga: Obat biduran alami)

  1. Berhati-hati dalam mengkonsumsi obat kimia

Perlu diperhatikan saat meminum obat-obatan karena akan mempengaruhi jenis masalah yang dialami tubuh. Beberapa obat kimia dapat menyebabkan jumlah sperma berkurang bahkan menyebabkan kemandulan. Sebaiknya gunakan obat herbal agar tidak mempengaruhi jumlah sperma. (baca juga: Cara mengobati bisul)

  1. Jangan stress

Stres dapat menurunkan gairah seksual pada pria. Hormon stres dapat mengganggu sel Leydig pada tubuh yang bertugas mengatur produksi testosteron. Apabila tubuh terlalu banyak stres, fungsi seksual tubuh akan menurun dan berhenti untuk memproduksi sperma. Cobalah untuk melakukan rekreasi atau mendengarkan musik agar pikiran kembali rileks. Sebaiknya lakukan hubungan seksual saat hati dan perasaan emosi dalam keadaan yang baik untuk memperlancar sperma masuk ke dalam sel telur.

  1. Hindari melakukan hubungan seksual setiap hari

Melakukan hubungan seksual setiap hari hanya akan mengurangi jumlah kuantitas sperma yang dihasilkan dan membuat sperma encer. Sperma yang encer atau sedikit merupakan sperma yang tidak sehat. Hubungan seksual sebaiknya dilakukan 2-3 kali dalam 1 minggu dengan jeda waktu 1 hari. Sperma memang dapat diproduksi setiap hari, namun untuk mendapatkan sperma yang matang dibutuhkan waktu 3 hari. Hanya sperma yang matang yang mampu berenang untuk membuahi sel telur. (baca juga: Cara Mencegah Penyakit Menular Seksual)

  1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi
Sponsors Link

Tiram, daging sapi, dan daging ayam merupakan makanan kaya akan zat besi. Kandungan zat besi dalam tubuh dapat melancarkan aliran darah ke alat vital yang penting untuk meningkatkan jumlah cara memperbanyak sperma secara alami dan meningkatkan level testosteron.

Tidak perlu mengkonsumsi tiram setiap hari, cukup delapan buah setiap minggu karena senyawa seng dapat disimpan di dalam tubuh kita. Tiram adalah hewan laut yang cepat menyerap polutan dari laut. Berikut ini adalah tips aman mengkonsumsi kerang :

  1. Pilih tiram yang dijual di supermarket atau penjual terpercaya untuk memastikan tiram berasal dari daerah yang jauh dari polusi.
  2. Jangan membeli tiram yang sudah mengeluarkan bau seperti bau logam atau bahan kimia dan berlendir.
  3. Bersihkan dengan air mengalir.
  4. Rebus keram hingga benar-benar matang untuk mematikan bakteri. (baca juga: Cara mengobati panu)

Baca :

Masih ada beberapa macam cara untuk memperbanyak sperma sebagai berikut :

  1. Tidur yang cukup, kurang tidur adalah salah satu faktor yang dapat merusak sperma. Pada saat tidur, tubuh memproduksi sperma dengan aktif,  istirahat yang cukup untuk dewasa adalah 7-8 jam sehari. Sperma pria yang suka begadang berumur lebih pendek daripada sperma pria yang cukup tidur.
  2. Hindari berendam di air panas, mandi uap atau sauna dapat menurunkan kualitas sperma dari segi jumlah maupun motilitas. Maksimal waktu berendam air panas adalah 30 menit dengan suhu maksimal 39 derajat celcius.
  3. Minum air putih yang cukup, mengkonsumsi 6-8 gelas setiap hari dapat menghancurkan racun di dalam tubuh dan menghambat terjadinya penyakit pada kelamin. Hormon akan lambat diproduksi bila air di dalam tubuh kurang. Untuk mendapatkan kualitas sperma yang baik, sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh.
  4. Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam amino, keju, susu, telur, dan daging merah merupakan makanan yang kaya akan asam amino. Mengkonsumsi makanan tersebut secara cukup dapat memperbanyak sperma secara alami. (baca juga: Penyakit kelamin wanita)
  5. Kurangi bersepeda, menurut beberapa ahli dudukan pada sepeda dapat membuat testis terguncang dan menurunkan jumlah sperma. Gunakan pelindung atau pengaman untuk mengurangi guncangan pada testis.
  6. Mengkonsumsi makanan yang mengandung DHA dan Omega 3, perbanyaklah mengkonsumsi salmon, sarden, ikan teri, kepiting, dan udang yang banyak mengandung asam lemak Omega 3 dan DHA yang berfungsi meningkatkan aliran darah ke testis dan meningkatkan jumlah sperma.
  7. Kurangi minuman bersoda, minuman bersoda menurunkan jumlah sperma pria hingga 30%. Kandungan zat kimia pada minuman bersoda membuat kualitas sperma menurun apabila dikonsumsi secara berlebih. Zat kimia tersebut juga ditemukan pada botol atau kaleng soda. (baca juga : Penyebab biduran)
  8. Kurangi minum kopi, mengkonsumsi kopi secara berlebih akan membunuh sel sperma yang sehat. Kandungan phytoestrogen dan kafein yang terkandung di kopi dapat menghambat produksi sperma dan membuat sperma berwarna kuning dan bau tidak sedap.

Itulah, sekilas beberapa ulasan bagaimana cara cepat untuk bisa anda memperbanyak sperma anda dengan cara yang mudah dan juga alami tanpa perlu anda berobat atau meminum obat-obatan.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Gaya Hidup