Sponsors Link

11 Cara Membunuh Kutu Scabies Paling Cepat Dalam 1 Hari

Sponsors Link

Penyakit scabies termasuk dalam golongan jenis-jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu atau tungau. Tempat yang lembab dan pakaian yang kurang bersih bisa menjadi penyebabnya. Kutu yang bersarang pada kulit berukuran sangat kecil sekitar 0,3-0,4 mm. Rasa gatal timbul saat telur-telur kutu mulai menetas, dan gatal yang hebat membuat penderita refleks untuk menggaruknya.

ads

Telur yang berukuran kecil tidak bisa dilihat dengan mata biasa, harus menggunakan alat bantuan seperti mikroskop atau kaca pembesar. Karenanya jika anda mulai merasakan gejala seperti gatal-gatal yang tak kunjung sembuh, segera lakukan pemeriksaan medis ke dokter. Agar penyakit semakin mudah sibasmi sampai ke titik penyebaran kutu sekalipun.

Pengobatan Tradisional Kutu Scabies 

Setelah anda melalui tahap diagnosa mengenai penyakit ini maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara membunuh kutu-kutu yang membuat tubuh anda merasa gatal dan kesehatan mulai terganggu baik secara medis atau tradisional, seperti :

  • Salep permethrin

Permethrin adalah obat luar dalam bentuk krim atau salep yang bermanfaat untuk membunuh kutu scabies. Obat ini masuk dalam golongan insektisida dan obat nyamuk dengan keunggulannya untuk melumpuhkan hama atau serangga akibat scabies. Memiliki efek samping kulit seperti terbakar, ruam pada kulit, dan iritasi kulit ringan. Hentikan pemakaian obat ini jika terjadi reaksi alergi terjadi pada tubuh anda dan bagi penderita asma disarankan untuk lebih berhati-hati.

  • Salep neon zalf

Obat ini berkhasiat mengatasi penyakit kulit selain cara membunuh kutu scabies, seperti panu, penyakit kurap kering, kutu air, dan kadas. Komposisinya mengandung bahan aktif vaseline dan asam salisilat. Gunakanlah obat ini pada bagian yang gatal saja, karena dikhawatirkan akan timbul iritasi jika dioles pada luka yang tidak terinfeksi. Neon zalf merupakan obat keras sehingga jangan sampai terkena bagian tubuh yang sensitif seperti mata dan mulut.

  • Salep nosib

Jika didengar dari namanya maka akan terdengar sedikit aneh, namun terlepas dari hal itu siapa sangka jika manfaatnya ternyata mampu menyembuhkan penyakit akibat infeksi bakteri, virus dan jamur. Selain itu penyakit bisul dan kutil juga bisa disembuhkan dengan salep nosib ini. Efek samping yang ditimbulkan biasanya iritasi ringan, alergi yang tidak terlalu serius dan sensasi panas sesaat.

  • Salep salisilat 2-4 

Obat ini mengandung salicylic acid sebanyak 2% dan sulfur 4% oleh karena itu disebut dengan salisilat 2-4. Berkhasiat untuk mengatasai berbagai jenis masalah kulit seperti kutu scabies, jerawat, kutil, psoriasis bahkan ketombe. Asam salisilat yang terkandung didalamnya akan bekerja menghilangkan sel-sel kulit mati pada lapisan kulit. Kemudian kandungan sulfur atau belerang dapat mengobati bekas luka, kudis dan jerawat karena belerang memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi. Efek sampingnya sama seperti salep scabies lainnya yakni iritasi kulit dan kulit menjadi kering. Minum air putih merupakan cara mengatasi kulit kering yang aman ketika sedang pengobatan.

  • Salep scabimite

Didalam obat ini mengandung zat permethrin yang berguna untuk membunuh serangga dengan cara kerjanya memperlambat sistem polarisasi dinding sel yang diakibatkan oleh kutu scabies. Obat ini hanya digunakan untuk sekali pakai, berkisar selama 8 sampai 12jam penggunaan. Untuk hasil yang lebih maksimal gunakan pada malam hari karena pada saat itu organ tubuh mulai beristirahat sementara kulit yang diobati tetap bekerja. Pada pagi harinya jangan lupa mencuci kulit yang telah diolesi krim. Sama seperti salep permethrin efek samping yang terjadi biasanya mual, sakit kepala, iritasi kulit hingga kejang. Hentikan pemakaian jika efek samping tidak normal.

  • Lidah buaya
Sponsors Link

Lidah buaya atau sering disebut aloe vera adalah salah satu obat tradisional yang terbukti efektif membunuh kutu scabies. Selain mudah didapatkan, cara penggunaannya juga mudah cukup ambil lendirnya saja dan oleskan pada luka scabies. Bisa dilakukan berulang-ulang dan tentunya tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Jika pengobatan dirasa sudah selesai dan scabies telah sembuh, tetap oleskan lidah buaya ini agar bekas hitam akibat luka bisa memudar. Rasa gatal adalah efek normal yang biasa terjadi, dan berkisar tidak lama. Lidah buaya juga dipercaya untuk melembabkan kulit akibat efek samping dari salep scabimite dan lainnya. Tanpa membuat kulit iritasi dan kulit menjadi segar kembali.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun bermanfaat unutk menghilangkan bekas luka bakar, pelepuhan, peradangan atau bahkan dapat membunuh kutu scabies. Caranya mudah cukup oleskan minyak zaitun pada luka gigitan kutu. Akan lebih baik jika ditambah dengan tumbukan kunyit atau bubuk kunyit. Sayangnya kunyit akan membuat kulit sedikit menguning, untuk itu campurkan tepung beras dengan perbandingan secukupnya. Jika tidak ada minyak zaitun alternatif lainnya dapat diganti dengan minyak kelapa, tenang saja karena fungsinya masih tetap sama.

  • Daun sirih
ads

Daun sirih sudah sejak lama dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan antiseptik yang dimilikinya terbukti mampu cara membunuh kutu scabies. Caranya cukup mudah yakni rebus daun sirih seperlunya dan campur dengan garam. Gunakan air tersebut untuk mandi, bisa di pagi atau sore hari. Pengobatan akan lebih maksimal jika setelah mandi tubuh diolesi dengan tumbukan daun sirih yang sudah dicuci sebelumnya.

  • Cuka

Cuka pada umumnya digunakan sebagai bahan pendukung masakan, seperti bakso atau tambahan pada masakan lain. Rasanya yang asam membuat selera makan menjadi meningkat. Namun dibalik manfaatnya dalam urusan dapur, ternyata cuka juga mampu membunuh kutu scabies beserta telur-telurnya. Caranya tinggal oleskan cairan ini pada kulit yang terinfeksi dengan kapas, tutup luka hingga kapas menjadi kering. Rasanya cukup meyakitkan, namun ini adalah ciri normal penggunaan dari cuka atau cuka apel.

  • Jeruk nipis / lemon

Manfaatnya sama dengan cuka, jeruk nipis dan lemon memiliki kandungan asam alami yang dibutuhkan untuk tubuh mengatasi penyakit kutu scabies. Memang terasa sedikit perih, namun lama-kelamaan rasa tersebut berangsur hilang. Cara penggunaannya mirip seperti cuka.

  • Buah mengkudu

Memiliki bau yang cukup menyengat. Dan rasanya juga cukup pahit, meski begitu manfaatnya sungguh diluar dugaan. Kutu scabies mati akibat ramuan buah mengkudu ini. Tumbuhan yang biasa tumbuh di pekarangan rumah ini bisa dimanfaatkan dengan di blender dengan air yang cukup, lalu usapkan pada kulit yang terjangkit scabies. Ampas dari buahnya juga bisa digunakan kembali untuk membalut luka agar proses pengobatan dapat maksimal. Namun jika anda kurang menyukai aroma yang ada pada mengkudu, anda dapat memilih alternatif lain sebagai penggantinya.

Pencegahan Datangnya Kutu Scabies

Itulah beberapa pengobatan secara medis dan tradisional. Pengobatan harus dilakukan secara rutin bahkan berulang-ulang hingga kutu scabies benar-benar mati dan tidak menghinggapi tubuh anda alergi. Yakinkan pada diri anda kesembuhan akan dengan mudah datang menghampiri. Hilangkan segala rasa bosan agar penyakit tidak datang lagi di kemudian hari. Mencegah adalah hal terbaik yang bisa anda lakukan sebelum anda terserang kutu scabies, diantaranya:

  1. Hindari kontak fisik dengan penderita

Kutu scabies dapatg berpindah dari penderita ke orang sehat sekalipun melalui jabat tangan atau hubungan seksual. Maka dari itu pentingnya mengingat untuk menjaga jarak dari penderita sangat ditekankan agar peyakit tidak menular.

  1. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Benda-benda pribadi seperti handuk dan pakaian tidak sebaiknya digunakan bersamaan dengan orang lain. Boleh saja jika pemakainya tidak memiliki riwayat penyakit apapun, namun jika penyakit kulit seperti kutu scabies dan penyakit kulit eksim lain menyerang tubuh seseorang maka jangan pernah meminjam pakaian darinya. Kemudian jika ditinjau dari segi lingkungan, kebersihan hewan peliharaan juga harus tetap terjaga.

Sponsors Link

Selalu mandikan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing setiap hari atau 2 hari sekali. In bertujuan agar kutu scabies tidak menyebar pada kulit lain dan pada anda tentunya. Kebersihan tempat tidur juga bisa menjadi faktor datangnya kutu scabies, karena mereka suka tempat kotor nan lembab. Selalu cuci seprai 3 hari sekali, dan jemur hingga benar-benar kering. Menjaga kerbersihan diri serta lingkungan adalah upaya yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Makan-makanan bergiszi untuk kulit

Banyak sekali makanan sehat untuk kesahatan kulit yang bisa kita konsumsi sehari-hari, mulai dari umbi-umbian, buah hingga sayuran hijau. Soal rasa, sayur-sayuran memang sedikit agak pahit namun hiraukan saja hal tersebut karena dibaliknya ada segudang manfaat yang sangat diperlukan tubuh.

  1. Beri ruang pada rumah anda untuk sinar matahari

Sinar matahari yang berlebihan memang bisa merusak jaringan kulit, apalagi jika kulit sedang dalam tahap pengobatan oleh salep. Namun jika untuk mencegah, paparan sinar matahari justru penting karena kandungan vitamin D nya yang berguna untuk tubuh. Kamar tidur harus mendapat asupan sinar matahari yang cukup, karena kamar merupakan tempat dimana kita menghabiskan waktu unutk tidur berjam-jam. Atau dengan cara lain yakni menjemur kasur, guling dan bantal dalam paparan matahari yang terik. Dengan begitu, cara membunuh kutu scabies tidak akan tumbuh karena tempat tidur tidak lagi lembab oleh suhu udara.

  1. Sesekali mandilah dengan air hangat

Air hangat akan membuat tubuh menjadi rileks dan hangat. Apalagi jika diterapkan pada musim penghujan eperti ini. Lelah seharian berutinitas juga akan hilang dengan mandi air hangat. Manfaat lain dari air hangat adalah sifatnya yang mampu membunuh kutu scabies. Karena mereka menyukai tempat yang lembab bukan suhu yang panas. Namun jangan terlalu sering mandi menggunakan air hangat, karena dapat membuat kulit kering dan badan tersa kurang segar.

Demikian ulasan dari membunuh kutu scabies yang bisa anda ketahui agar anda bisa terhindar dari kutu yang berbahaya dan mematikan ini.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan