Sponsors Link

7 Cara Membersihkan Luka Impetigo Secara Efektif dan Ampuh

Sponsors Link

Luka ImpetigoImpetigo merupakan penyakit infeksi pada kulit yang terjadi karena gigitan serangga atau dampak penyakit lain seperti kudis dan eksim. Penyakit ini dapat menyerang semua golongan usia, tapi sering terjadi pada bayi dan anak-anak.

ads

Impetigo disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureus dan streptococcus pyogenes dan termasuk jenis-jenis penyakit kulit yang dapat menular ke orang lain. Terdapat dua jenis impetigo, yakni impetigo krustosa dan impetigo bulosa. Penjelasan dari jenis impetigo tersebut adalah:

  1. Impetigo krustosa (luka keropeng)

Merupakan jenis penyakit impetigo yang mudah menular, terutama pada penderita di daerah tropis. Infeksi bisa ditularkan melalui kontak fisik. Kebersihan yang kurang, kelembaban, kepadatan penduduk kota, dan suhu udara yang  tinggi merupakan cara penularan secara predisposisi atau tidak langsung. Impetigo krustosa dapat diobati dengan salep antibiotik, berguna unutk menghilangkan rasa sakit tidak nyaman serta mencegah penularan ke orang lain.

  1. Impetigo bulosa (benjolan berisi cairan)

Impetigo jenis ini ditandai dengan benjolan dengan cairan didalamnya. Sama seperti impetigo pada umumnya, impetigo bulosa juga terjadi pada anak dan usia dewasa. Kelainan kulit ini pada awalnya berwarna jernih, seperti luka lepuh namun makin lama akan berwarna keabu-abuan dan menjadi kuning kehijauan seperti nanah. Pada area sekitar luka, juga terdapat ruam kemerahan. Benjolan ini pun juga mudah rapuh, mudah sobek, cairan nanah keluar dan meninggalkan bekas luka.

Penyakit impetigo sendiri juga memiliki ciri bagi seseorang yang terlanjur menderita penyakit ini, disarankan untuk menjaga kesehatan dan membersihkan lukanya dengan cara sebagai berikut:

  • Membersihkan tangan menggunakan sabun / hand sanitizer

Agar luka yang akan dibersihkan tidak terinfeksi kotoran / kuman, sebelumnya kita perlu mancuci tangan dengan sabun. Pertama basahi tangan dengan air bersih, gosok sabun ke bagian tangan kanan dan kiri, membersihkan bawah kuku, sela-sela jari, kemudian bilas tangan dengan air bersih, keringkan. Kegiatan ini dapat dilakukan sebelum dan sesudah beraktivitas, terutama jika akan makan. Namun apabila kegiatan dilakukan diluar rumah, alternatifnya adalah menggunakan hand sanitizer.

  • Gunakan cairan Rivanol

Untuk membersihkan luka, tuangkan rivanol pada kain kassa secukupnya, kemudian tempelkan kassa yang basah tadi pada luka yang akan dibersihkan. Tekan sedikit agar cairan rivanol meresap pada luka, tunggu sampai kassa mengering. Rivanol juga bisa diandalkan untuk mengobati jenis-jenis bisul seperti furunkel, karbunkel hinga jerawat batu.

  • Gunakan salep (mupirosin, retapemulin, asam fusidat)

Cara lainnya adalah menggunakan salep. Selain membersihkan luka, bekas akibat luka juga dapat berangsur menghilang karena salep ini. Adapun salep yang digunakan bisanya :

  1. Mupirosin, salep antibiotik untuk mengatasi infeksi akibat bakteri pada kulit, seperti impetigo, bisul, dan penyakit kulit lainnya. Obat ini digunakan dengan resep dokter. Maka dari itu, sebelum menggunakannya diwajibkan konsultasi pada dokter terlebih dahulu, agar luka dapat bersih  maksimal.
  2. Retapamulin, obat yang memiliki fungsi seperti mupirosin. Yakni untuk mengatasi infeksi pada kulit.
  3. Asam fusidat, fungsinya juga masih sama dengan kedua obat diatas. Namun dalam performa obat ini mampu membersihkan luka dengan cepat, bahkan dapat menghilangkan infeksi bintik-bintik.
Sponsors Link

  • Jangan garuk luka dengan tangan

Luka yang akan dibersihkan jangan pernah disentuh dengan tangan kotor atau bahkan digaruk. Kaena jika digaruk, akan menimbulkan infeksi baru dan tidak segera sembuh. Jika terasa gatal maka olesi saja dengan salep atau oleskan daging dan lendir lidah buaya. Menggaruk luka hanya akan menggagalkan proses pembersihan, serta dapat menimbulkan gejala kanker kulit karena luka dapat menyebar bahkan bernanah.

  • Minyak tawon

Selain dapat mengobati nyeri sendi, minyak tawon juga berkhasiat untuk membersihkan luka bahkan mengurangi rasa gatal akibat cara membersihkan luka impetigo. Jika luka mulai terasa gatal, dapat diolesi minyak ini secukupnya. Rasa hangat yang diberikan juga memberi kenyamanan rileksasi pada kulit yang terluka. Dengan begitu, luka dalam keadaan bersih atau dengan kata lain infeksi berkurang.

  • Banyak makan makanan berprotein
Sponsors Link

Makanan berprotein seperti keju, yoghurt, dada ayam, telur, ikan dan kacang almond jika dikonsumsi seimbang dengan baik akan membentuk asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Membantu menjaga metabolisme dalam tubuh dan membuat luka bekas impetigo tampak memudar.

  • Jangan menutup luka

Setelah membersihkan luka jangan pernah menutup luka. Biarkan saja dalam keadaan terbuka, agar luka tadi tidak lembab. Udara juga berpengaruh pada kesembuhan dengan cara membersihkan luka impetigo itu sendiri, karena jika luka dibiarkan dalam keadaan lembab maka kuman akan kembali menempel.

Selain itu masih ada beberapa banyak bahan yang bisa anda kelolah sebagai membersihkan luka impetigo anda sebagai berikut:

  • Minum tablet antibiotik
  • Minyak zaitun
  • Lidah buaya
  • Madu
  • Kunyit
  • Kencur
  • Cuci atau bersihkan luka dengan sabun anti bakteri

Demikian itulah beberapa ulasan sekilas dari artikel bagaimana cara membersihkan luka impetigo dengan mudah dan cepat untuk bisa anda sembuhkan di kulit anda.

Sponsors Link
, , ,